Sudahkah Sedulur mengetahui seperti apa contoh poster layanan masyarakat? Poster layanan masyarakat merupakan satu dari beberapa jenis poster yang dapat Sedulur jumpai dengan mudah. 

Poster tersebut biasanya berisikan beberapa layanan yang dapat diakses oleh masyarakat dan juga sosialisasi mengenai layanan tersebut. Layanan yang dipromosikan melalui poster biasanya dibuat oleh pemerintah.

Pernahkah Sedulur melihat poster layanan masyarakat tersebut? Kalau belum, yuk simak beberapa contoh poster layanan masyarakat di bawah ini!

BACA JUGA: 50 Ucapan Hari Ayah yang Penuh Cinta dan Menyentuh Hati

Apa itu poster?

Detik

Sebelum kita masuk ke pembahasan contoh poster layanan masyarakat, ada baiknya kita terlebih dahulu mencermati penjelasan mengenai apa itu poster. Mungkin Sedulur kerap mendengar kata tersebut atau bahkan melihatnya terpampang di tembok atau tiang listrik pinggir jalan. Tetapi, apakah Sedulur sudah benar-benar tahu apa definisi dari poster tersebut?

Mengutip dari sebuah sumber informasi, poster merupakan karya seni yang berwujud desain grafis, dimana ia memuat berbagai gambar dan huruf dalam sebuah kertas berukuran besar. Biasanya, poster akan ditempel pada dinding atau permukaan datar lainnya, di tempat-tempat yang ramai orang lalu-lalang. Dengan begitu, banyak orang yang akan melihat poster dan mendapatkan informasi darinya. Atas dasar tujuan tersebut, poster biasanya akan dibuat sedemikian rupa agar memiliki warna yang kontras dan kuat.

Poster dapat digunakan sebagai media iklan, pendidikan, sosialisasi, dekorasi, atau bahkan propaganda. Poster pun dapat dimanfaatkan untuk membuat salinan dari karya seni lukis terkenal. Dengan begitu, Sedulur tidak perlu repot-repot merogoh kocek yang dalam demi mendapatkan estetika karya seni yang sama. Untuk membuat poster, biasanya menggunakan cat plakat dengan sifat yang pekat, datar, tepat untuk menggambar hiasan.

BACA JUGA: 10 Kerajinan yang Unik dari Bahan Limbah Bekas dan Caranya

Ciri-ciri poster adalah

Poster adalah karya seni yang berwujud desain grafis, dimana ia memuat berbagai gambar dan huruf dalam sebuah kertas berukuran besar. Biasanya, poster akan ditempel pada dinding atau permukaan datar lainnya, di tempat-tempat yang ramai orang lalu-lalang. Lantas, sebenarnya apa saja ciri-ciri dari sebuah poster?

  • Memuat komposisi antara huruf dan gambar di atas media kertas.
  • Pembuatan poster akan menggunakan bahasa yang efisien (singkat, padat, dan jelas).
  • Mempunyai tulisan berupa frase, klausa, atau kalimat efektif, persuasif, serta komunikatif.
  • Mengandung informasi dan gambar yang menarik perhatian banyak orang.
  • Ukuran poster akan disesuaikan dengan tempat dimana ia akan ditempel.
  • Menggunakan perpaduan warna kuat dan kontras untuk menarik perhatian audiens.

BACA JUGA: 250 Gram Berapa Sendok Makan, Begini Takarannya

Jenis-jenis poster

Merdeka

Setelah mengetahui definisi dari poster dan juga beberapa ciri-cirinya, sekarang saatnya kita masuk ke pembahasan dari jenis-jenis poster. Secara umum, terdapat enam jenis poster yang bisa Sedulur temui di lingkungan sekitar, mulai dari poster layanan masyarakat, poster niaga, poster karya seni, poster kegiatan, poster pendidikan, dan poster himbauan. Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini, Sedulur!

BACA JUGA: 7 Puisi Hari Guru yang Penuh Makna dan Menyentuh Hati

  1. Poster layanan masyarakat

Artikel kali ini berfokus kepada pembahasan dari contoh poster layanan masyarakat. Akan tetapi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan poster layanan masyarakat tersebut? Mengutip dari sebuah sumber, poster layanan masyarakat adalah sebuah poster yang berisikan informasi mengenai berbagai layanan di sekitar kita. Biasanya, layanan tersebut disediakan oleh pemerintah dan dapat diakses dengan mudah oleh rakyat.

Contoh poster layanan masyarakat yang dapat Sedulur jumpai adalah poster mengenai program Keluarga Berencana (KB), poster mengenai taat bayar pajak, poster mengenai tata cara pembaharuan Surat Izin Mengemudi (SIM), dan lain sebagainya.

  1. Poster niaga

Jenis poster yang selanjutnya adalah poster niaga. Sesuai dengan namanya, poster niaga akan dipakai sebagai sarana atau media promosi akan suatu produk atau jasa yang dijual. Di dalam poster tersebut, tak jarang Sedulur akan menjumpai berbagai informasi seputar produk atau jasa beserta fitur-fiturnya. Poster niaga masih dianggap sebagai media promosi yang tepat karena mampu menarik perhatian audiens.

  1. Poster karya seni

Poster karya seni juga termasuk ke dalam jenis poster yang akan kita bahas pada ulasan ini. Poster karya seni merupakan sebuah poster yang memiliki sifat ekspresif dan penuh tanda tanya ketika diamati oleh setiap mata yang memandang. 

Hal tersebut lumrah untuk terjadi karena karya seni adalah relatif, tidak semua orang memiliki cara pemahaman yang sama terkait sebuah seni. Poster karya seni biasanya sulit untuk ditebak atau dipahami karena ia memiliki tujuan tersendiri dalam pengaplikasiannya sebagai sebuah karya seni.

  1. Poster kegiatan

Poster kegiatan adalah salah satu jenis poster yang biasanya berisikan informasi mengenai suatu acara atau suatu kegiatan yang hendak diselenggarakan. Poster tersebut juga berfungsi sebagai promosi agar semua orang tahu akan adanya acara tersebut. Tujuan utama dari pembuatan poster ini adalah agar orang yang melihat atau membaca menjadi tahu mengenai tujuan kegiatan lalu tertarik ke tempat diadakannya acara.

  1. Poster pendidikan

Sesuai dengan nama poster tersebut, poster pendidikan merupakan sebuah poster yang dibuat dalam rangka menyebarkan informasi terkait pendidikan. Biasanya, poster jenis ini akan berisi beberapa penjelasan atau pengarahan tentang kemajuan pendidikan, perkembangan pendidikan, dan sebagainya kepada khalayak secara luas.

  1. Poster himbauan

Poster himbauan sejatinya hampir mirip dengan poster layanan masyarakat. Akan tetapi, yang membedakan dari kedua poster tersebut adalah pesan yang hendak disampaikan. Poster himbauan biasanya berisikan larangan untuk tidak melakukan suatu perbuatan tercela atau melanggar hukum. Beberapa contoh dari poster himbauan yang dapat Sedulur temukan adalah poster berupa himbauan untuk menjauhi narkoba, obat-obatan terlarang, hingga tindak kejahatan lain berikut konsekuensi atau risikonya.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Toner untuk Wajah Bruntusan Terbaik & Terbaru

1. Contoh poster layanan masyarakat berbahasa Sunda

Guviral

Poster dapat dibuat dengan berbagai macam bahasa, tergantung siapa target utama yang dituju dari pembuatan serta informasi di dalam poster tersebut. Dalam contoh poster layanan masyarakat ini, dapat Sedulur lihat bahwa poster tersebut berbahasa Sunda, dengan isi pesan yang secara garis besar menghimbau kita untuk tidak membuang sampah secara sembarangan. Dengan animasi anak kecil tersebut, kemungkinan besar poster dibuat untuk ditempel pada papan informasi di sekolah dasar di daerah Jawa Barat.

2. Contoh poster layanan masyarakat tentang peraturan lalu lintas

Gudviral

Contoh yang selanjutnya datang dari Kepolisian Negara Republik Indonesia. Contoh poster layanan masyarakat di atas menyiratkan tentang berbagai informasi mengenai peraturan-peraturan lalu lintas. Beberapa di antaranya adalah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), tidak menggunakan alat komunikasi (smartphone) pada saat berkendara, menghormati hak-hak pejalan kaki dan pesepeda, hingga memakai helm ketika menaiki motor.

3. Contoh poster layanan masyarakat tentang listrik

Gudviral

Contoh poster layanan masyarakat yang satu ini mungkin tergolong spesial. Hal tersebut dikarenakan ia memberikan sebuah informasi yang tidak banyak diketahui masyarakat luas terkait penggunaan listrik rumah tangga.

Di dalam poster, terpampang tulisan untuk mematikan lampu dan peralatan elektronik selama satu jam per hari (di wilayah Jawa dan Bali), maka hal tersebut setara dengan memberikan akses listrik kepada satu rumah tangga di daerah terpencil.

4. Contoh poster layanan masyarakat untuk menjaga lingkungan

Gudviral

Selanjutnya terdapat contoh poster layanan masyarakat yang memberikan pesan untuk selalu menjaga lingkungan. Isu mengenai pemanasan global sudah sering dibicarakan. Dengan adanya contoh poster seperti di atas, kita akan selalu ingat untuk menjaga kelestarian alam demi masa yang akan datang. Contoh poster di atas bisa dijadikan inspirasi untuk desain poster Sedulur dan dikreasikan sesuai topiknya tentang penghijauan.

5. Contoh poster layanan masyarakat tentang bahaya merokok

contoh poster layanan masyarakat
Gudviral

Bahaya merokok menjadi salah satu topik yang biasa diangkat dalam contoh poster layanan masyarakat. Poster berisikan informasi tentang bahaya zat-zat yang terkandung dalam rokok supaya masyarakat menyadari efek negatifnya dan disertai dengan edukasi agar bisa berhenti.

Poster dibuat dengan ilustrasi semenarik mungkin ditambah paduan warna-warna cerah agar dapat menarik perhatian pembaca.

6. Contoh poster layanan masyarakat tentang demam berdarah

contoh poster layanan masyarakat
Gudviral

Contoh poster selanjutnya membahas tentang demam berdarah. Di dalam poster tersebut, dijelaskan beberapa langkah mengenai pencegahan nyamuk penyebab demam berdarah. Langkah-langkah tersebut termasuk mengubur barang bekas, menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, serta menggunakan obat nyamuk atau kelambu pada saat tidur.

7. Contoh poster layanan masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik

contoh poster layanan masyarakat
Gudviral

Sampah plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dapat terurai. Maka dari itu, penggunaannya harus segera dibatasi. Sesuai dengan apa yang tercantum pada poster di atas, dimana ia juga memaparkan solusi alternatif untuk menggunakan tas belanja dari kain yang bisa digunakan berkali-kali.

8. Contoh poster layanan masyarakat tentang imunisasi

contoh poster layanan masyarakat
Gudviral

Contoh poster di atas menerangkan tentang pentingnya imunisasi penyakit campak-rubella. Imunisasi tersebut harus diberikan bagi anak-anak dengan usia 9 bulan hingga 15 tahun. Informasi terkait imunisasi tersebut juga menyebutkan lokasi untuk mendapatkan penanganan, seperti di Posyandu, Puskesmas, Rumah Sakit, dan beberapa fasilitas kesehatan lainnya.

9. Contoh poster layanan masyarakat tentang hidup bersih dan sehat

contoh poster layanan masyarakat
Gudviral

Poster di atas membahas mengenai gaya hidup yang bersih dan sehat.

10. Contoh poster layanan masyarakat untuk mencegah tekanan darah tinggi

contoh poster layanan masyarakat
Gudviral

Contoh poster layanan masyarakat di atas menjelaskan informasi terkait pencegahan tekanan darah tinggi.

11. Contoh poster layanan masyarakat tentang virus COVID-19

contoh poster layanan masyarakat
Gudviral

Poster di atas membahas mengenai virus COVID-19.

12. Contoh poster layanan masyarakat tentang kebiasaan makan ikan

contoh poster layanan masyarakat
Mamikos

Contoh poster layanan masyarakat di atas menjelaskan informasi terkait makan ikan.

Nah Sedulur, di atas merupakan informasi singkat mengenai contoh poster layanan masyarakat. Tidak hanya memaparkan beberapa contohnya, ulasan di atas juga mencakup pembahasan mengenai definisi poster, ciri-ciri poster, dan juga jenis-jenis poster yang dapat Sedulur jumpai. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur dan menambah pengetahuan serta wawasan umum, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.