Contoh pendahuluan makalah menjadi salah satu topik yang paling sering dicari oleh kalangan pelajar atau mahasiswa di internet. Sebagai pelajar atau mahasiswa, Sedulur pastinya tidak asing lagi dengan tugas penulisan makalah. Makalah termasuk ke dalam salah satu jenis karya tulis ilmiah yang berisikan penelitian, observasi, dan juga kegiatan akademik lainnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), makalah adalah karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi. Dalam suatu karya tulis ilmiah tersebut, biasanya terdapat sampul, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, pembahasan, penutup, dan juga daftar pustaka.

Nah, salah satu bagian terpenting yang wajib ada dalam sebuah makalah adalah bagian pendahuluan. Pendahuluan akan menjadi bab dimana masalah penelitian akan dipaparkan dan selanjutnya menentukan arah kemana penelitian akan dibawa.

Bagi Sedulur yang jarang menulis karya tulis ilmiah, membuat bagian pendahuluan makalah dapat menjadi tantangan tersendiri. Agar Sedulur tidak terlalu lama berkutat pada bab tersebut, pada artikel ini Sedulur akan menemukan berbagai informasi terkait dengan bagian makalah tersebut. Beberapa informasi yang akan dijelaskan adalah definisi pendahuluan pada makalah, struktur dari sebuah pendahuluan makalah, dan juga beberapa contoh pendahuluan makalah. Yuk, langsung simak ulasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 5 Tujuan Penulisan Makalah Serta Cara Membuat & Contohnya

Pendahuluan makalah adalah

Depositphotos

Sebelum masuk ke pembahasan contoh pendahuluan makalah, ada baiknya kita mengulas sedikit mengenai apa yang dimaksud bagian pendahuluan pada sebuah karya tulis ilmiah. Pendahuluan biasanya menjadi bab pertama dalam setiap karya tulis ilmiah. Secara garis besar, bagian tersebut akan mencantumkan kenapa penelitian tersebut dibuat.

Dalam sebuah pendahuluan, biasanya akan terdapat beberapa sub-bab, seperti latar belakang, tujuan penelitian, rumusan masalah, batasan masalah, manfaat penelitian, hingga sistematika penulisan karya tulis ilmiah. Akan tetapi, sub-bab tersebut dapat menjadi berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan jenis karya tulis ilmiah yang dilakukan.

Contohnya dalam sebuah makalah. Bagian pendahuluan makalah umumnya akan diisi tiga sub-bab, mulai dari latar belakang masalah, rumusan masalah, dan tujuan penelitian. Ketiganya akan sangat bermanfaat dalam mengawali perjalanan peneliti untuk melakukan karyanya.

Lebih daripada itu, sebuah pendahuluan akan sangat membantu penulis untuk memetakan arah penelitian. Ia pun juga dapat membantu pembaca untuk mengetahui gambaran besar dari topik penelitian yang tercantum secara sederhana.

BACA JUGA: Mengenal Pengertian Aqiqah Beserta Hukum, Dalil & Syaratnya

Bagian-bagian pendahuluan makalah

Depositphotos

Pada bagian sebelumnya telah ditekankan bahwa secara umum bagian pendahuluan pada karya tulis ilmiah akan berisi beberapa sub-bab, seperti latar belakang, tujuan penelitian, rumusan masalah, batasan masalah, manfaat penelitian, hingga sistematika penulisan karya tulis ilmiah.

Nah, jika berbicara mengenai makalah, maka bagian pendahuluannya akan sedikit berbeda. Sebuah makalah hanya akan mencantumkan tiga sub-bab saja, mulai dari latar belakang masalah, rumusan masalah, dan tujuan penelitian. Lantas, apa penjelasan dari ketiga sub-bab yang biasa ada di dalam pendahuluan makalah tersebut? Yuk, simak ulasan di bawah ini, Sedulur!

BACA JUGA: Value Proposition: Pengertian, Faktor dan Cara Membuatnya

1. Latar belakang masalah

Latar belakang masalah menjadi bagian pertama di dalam sebuah pendahuluan makalah. Latar belakang masalah lazimnya akan menguraikan alasan kenapa fenomena tersebut diangkat dalam penelitian. Dengan kata lain, Sedulur harus menjelaskan alasan di balik pembuatan karya tulis ilmiah dengan topik tersebut. Selain itu, Sedulur juga harus mampu mencantumkan laporan penelitian sebelumnya yang serupa hingga penjelasan singkat tentang teori yang relevan dalam kegiatan penelitian yang dilakukan.

2. Rumusan masalah

Bagian terpenting yang harus ada di dalam sebuah pendahuluan makalah adalah rumusan masalah. Rumusan masalah menjadi inti utama dari jalannya penelitian. Ia akan merincikan masalah yang hendak dibahas dan diteliti. 

Biasanya, rumusan masalah akan ditulis sebagai pertanyaan. Jawaban dari pertanyaan tersebut akan Sedulur temukan pada bab selanjutnya di makalah. Pertanyaan rumusan masalah harus ditulis secara singkat, padat, dan juga jelas. Tujuannya agar pembaca dapat langsung memahami apa yang makalah tersebut teliti.

3. Tujuan penelitian

Selain latar belakang masalah dan rumusan masalah, Sedulur juga harus mencantumkan tujuan penelitian. Tujuan penelitian merupakan bagian pendahuluan yang mengungkapkan sasaran yang hendak dicapai dalam hasil penelitian. 

Tujuan penelitian harus ditulis dalam kalimat pertanyaan. Ia juga harus relevan dengan hasil keluaran penelitian. Selain itu, tujuan penelitian tidak boleh ditulis sebagai pertanyaan seperti wujud rumusan masalah.

Cara membuat pendahuluan makalah

Depositphotos

Sampai poin ini, apakah Sedulur sudah paham mengenai seluk-beluk dari pendahuluan makalah? Apabila Sedulur masih kesulitan untuk membuat pendahuluan makalah? Jangan khawatir! Berikut ini ada beberapa langkah sederhana yang dapat Sedulur coba untuk merangkai contoh pendahuluan makalah.

BACA JUGA: Review adalah Ulasan Singkat, Ini Jenis & Cara Membuatnya

  1. Buat latar belakang masalah

Langkah yang pertama apabila Sedulur ingin membuat contoh pendahuluan makalah adalah buat dahulu latar belakang masalahnya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, latar belakang masalah menjadi bagian pertama di dalam sebuah pendahuluan makalah. Latar belakang masalah lazimnya akan menguraikan alasan kenapa fenomena tersebut diangkat dalam penelitian.

Sedulur dapat menggunakan kerangka berpikir dahulu sebelum mulai menuliskan latar belakang masalah. Dalam kerangka berpikir tersebut, mulai susun pembahasan dari umum hingga terperinci. Sedulur juga bisa menambahkan beberapa kutipan dari para ahli mengenai subjek penelitian yang dipilih.

Nah, apabila kerangka berpikir dirasa sudah lengkap, Sedulur dapat memulai untuk menjabarkan poin-poin yang sudah dituliskan di dalam kerangka berpikir tersebut. Jangan lupa, perhatikan juga kejelasan setiap paragraf yang ditulis, ya! Usahakan dari paragraf satu ke paragraf yang lain selalu kohesif.

  1. Buat rumusan masalah

Langkah yang kedua apabila Sedulur ingin membuat contoh pendahuluan makalah adalah merangkai rumusan masalah. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, rumusan masalah menjadi inti utama dari jalannya penelitian. Ia akan merincikan masalah yang hendak dibahas dan diteliti. Biasanya, rumusan masalah akan ditulis sebagai pertanyaan. Jawaban dari pertanyaan tersebut akan Sedulur temukan pada bab selanjutnya di makalah.

Rumusan masalah ini wajib dibuat sesuai dengan penjelasan yang ada di latar belakang dan harus sesuai dengan topik yang sudah Sedulur pilih. Rumusan masalah juga tidak perlu terlalu panjang, Sedulur cukup menuliskan dua hingga tiga rumusan saja. Agar terlihat lebih baik lagi, Sedulur bisa membuat paragraf pengantar sebelum menyebutkan rumusan masalah yang akan dibahas pada makalah.

  1. Buat tujuan penelitian

Langkah yang terakhir apabila Sedulur ingin membuat contoh pendahuluan makalah adalah membuat tujuan penelitian. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tujuan penelitian merupakan bagian pendahuluan yang mengungkapkan sasaran yang hendak dicapai dalam hasil penelitian. Tujuan penelitian harus ditulis dalam kalimat pertanyaan. Ia juga harus relevan dengan hasil keluaran penelitian.

Bagian ini biasanya akan berisikan beberapa alasan kenapa Sedulur hendak meneliti topik tersebut. Sedulur dapat menambahkan satu paragraf pengantar agar tujuan penelitian terlihat meyakinkan oleh para pembaca.

Referensi & contoh pendahuluan makalah

Biar Sedulur semakin jelas dan tidak bingung. Berikut ini ada beberapa referinsi dan contoh pendahuluan makalah serta karya tulis ilmiah yang bisa Sedulur cermati!

1. Contoh pendahuluan makalah yang baik

99.co

2. Contoh pendahuluan untuk laporan

99.co

3. Contoh pendahuluan untuk proposal

99.co

4. Contoh pendahuluan untuk esai

99.co

5. Contoh pendahuluan untuk artikel

contoh pendahuluan makalah
99.co

6. Contoh pendahuluan untuk karya tulis ilmiah

contoh pendahuluan makalah
99.co

7. Contoh pendahuluan untuk laporan kegiatan

contoh pendahuluan makalah
99.co

8. Contoh pendahuluan untuk laporan

contoh pendahuluan makalah
99.co

9. Contoh pendahuluan makalah tema pendidikan

contoh pendahuluan makalah
Detik

10. Contoh pendahuluan untuk laporan keuangan

contoh pendahuluan makalah
Detik

Nah Sedulur, demikian informasi singkat mengenai contoh pendahuluan makalah yang dapat Sedulur jadikan referensi. Informasi di atas juga dilengkapi dengan beberapa pembahasan penting lainnya, seperti definisi dari sebuah pendahuluan pada makalah dan juga struktur yang membangun pendahuluan makalah tersebut.

Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi Sedulur dan juga menambah pengetahuan serta wawasan terkait kepenulisan sebuah karya tulis ilmiah, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.