contoh menyublim

Ada tiga macam wujud benda yang ada di dunia ini yaitu benda padat, benda cair, dan benda gas. Meskipun masing-masing benda sudah memiliki wujudnya sendiri, benda-benda itu tetap dapat berubah menjadi wujud yang lain. Perubahan wujud benda salah satunya adalah menyublim. Pada artikel ini, akan dibahas mengenai peristiwa dan contoh menyublim di kehidupan sehari-hari.

Peristiwa menyublim artinya peristiwa perubahan wujud benda dari benda padat menjadi benda gas. Hal ini dapat terjadi akibat adanya perbedaan suhu, yang mana terjadi penurunan suhu menjadi lebih rendah atau semakin dingin. Perlu diketahui, peristiwa menyublim ini tidak mengalami proses pencairan. Biar Sedulur makin paham mengenai peristiwa menyublim, langsung simak artikel berikut ini yang membahan mengenai contoh menyublim di kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA: 6 Perubahan Wujud Benda dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh menyublim pada kapur barus

Kapur barus
Kompas

Contoh peristiwa menyublim yang pertama adalah yang terjadi pada kapur barus. Sedulur pasti tahu, kapur barus yang diletakkan di dalam lemari pakaian, semakin hari akan mengecil ukurannya. Hal itu karena kapur barus mengalami peristiwa menyublim.

Kapur barus terbuat dari pohon kamper (Dryobalanops camphora) yang memiliki kandungan bahan aktif yaitu Naphthalene dan Paradichlorobenzene. Kedua bahan aktif inilah yang akan mengalami penguapan apabila didiamkan beberapa saat dalam suhu ruangan.

Kedua bahan ini juga mengeluarkan aroma khas kapur barus yang kuat. Kedua bahan aktif ini sering digunakan sebagai wewangian, bahan pembalsaman, keperluan medis seperti obat, serta dalam upacara keagamaan.

Contoh menyublim pada salju

contoh menyublim pada salju
Freepik

Contoh menyublim selain kapur barus adalah pada salju di alam. Salju merupakan kristal padat yang berasal dari wujud cair. Karena memiliki permukaan yang sangat tipis, salju sangat mudah untuk mengalami peristiwa menyublim daat terkenal udara.

Meskipun salju berasal dari benda berwujud cair, saat menyublim, salju akan langsung berubah menjadi uap air tanpa melalui perubahan menjadi cairan terlebih dahulu. Salju dapat menjadi contoh menyublim dan mengkristal karena mengalami dua fase perubahan wujud tersebut.

BACA JUGA: 6 Sifat Benda Padat dengan Pengertian, Ciri & Contohnya

Contoh pada penyegar udara

penyegar udara
Tokopedia

Contoh menyublim pada penyegar udara hampir sama dengan 2 contoh menyublim di atas. Penyegar udara merupakan benda berwujud padat yang akan berubah menjadi benda berwujud gas ketika diletakkan pada suhu ruangan. Peristiwa menyublim pada penyegar udara akan lebih cepat apabila terjadi pada lemari uap. Hal itu karena suhu udara yang sangat panas akan membuat zat-zat penyusun penyegar udara menguap lebih cepat.

Contoh pada padatan arsenik

padatan arsenik
Unsplash

Selain 3 contoh menyublim di atas, peristiwa yang terjadi pada padatan arsenik dapat dikategorikan sebagai peristiwa menyublim karena padatan ini langsung mengalami perubahan dari wujud padat menjadi wujud gas. Padatan arsenik akan langsung mengalami peristiwa menyublim karena memiliki titik uap 616 derajat Celsius. Padatan ini tidak mengalami fase meleleh karena memiliki titik leleh yang sangat tinggi yaitu 817 derajat Celsius.

BACA JUGA: Struktur Lapisan Bumi beserta Pengertiannya

Contoh pada es batu

contoh menyublim pada es batu
Freepik

Contoh menyublim di kehidupan sehari-hari selanjutnya adalah perubahan es batu dari bentuk padat menjadi uap air sebelum akhirnya mencair. Es batu yang dikeluarkan dari lemari es dan kemudian didiamkan beberapa saat pada suhu ruangan akan membentuk uap air berbentuk asap putih. Uap air yang keluar dari es batu itulah yang menunjukkan bahwa es batu juga mengalami peristiwa menyublim.

Bagaimana? Apakah Sedulur pernah melihat semua contoh peristiwa menyublim yang disebutkan di atas? Semoga ulasan ini makin menambah wawasan Sedulur tentang penyubliman dan proses perubahan wujud zat.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!