ceramah singkat islam

Ceramah merupakan pembicaraan di depan umum mengenai suatu pengetahuan ataupun informasi. Ceramah banyak digunakan untuk menyampaikan ajaran keagamaan, seperti kisah, nasihat, petuah, dan petunjuk, baik berupa ceramah panjang maupun ceramah singkat.

Dalam islam, ceramah singkat dapat ditemukan pada saat seorang imam melaksanakan khotbah sholat jumat. Selain itu, ceramah singkat juga disampaikan pada saat bulan puasa, yakni ketika imam memberikan kultum di sela-sela sholat tarawih kepada para jamaah. Apakah Sedulur tertarik untuk mempelajari ceramah singkat islam yang penuh makna? Berikut adalah beberapa contoh yang dapat Sedulur coba pelajari.

BACA JUGA: Pengertian Struktur Teks Biografi Beserta Ciri & Contohnya

1. Ceramah singkat tentang sabar

ceramah
iStock

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah. Segala puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya, kita bisa bersama-sama berkumpul di sini dalam keadaan sehat. 

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai kesabaran. Sabar dalam Islam merupakan satu di antara banyaknya sifat mahmudah, yakni sifat terpuji yang perlu dan mesti terwujud dalam diri setiap umat Nabi Muhammad SAW.

Allah SWT menganjurkan semua umat manusia agar menjadikan sabar dan shalat sebagai pembantu dan penolong dalam hidup dan kehidupan. Oleh karena itu, sabar tidak hanya sekadar pasrah atas segala persoalan dan keadaan tanpa diiringi usaha. 

Sabar merupakan sikap menahan diri dari kesulitan, kesusahan dan menyikapinya sesuai ketentuan syariah Islam. Sabar dilakukan dengan menjaga akal dan menjaga lisan dari perkataan yang tercela, serta menahan anggota badan dari perbuatan yang akan mendatangkan dosa dan keburukan.

Untuk itu, jalan terbaik untuk menghadapi berbagai macam urusan di dunia adalah sabar. Mengapa demikian? karena orang yang sabar akan memperoleh pahala yang besar dan jalan kemudahan dari Allah SWT. Aamiin Allahumma aamiin.

Demikian yang bisa saya sampaikan, besar harapan saya hadirin sekalian dapat mulai melakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

2. Ceramah singkat tentang ikhlas

ceramah
iStock

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul di sini dalam keadaan sehat walafiat. Hadirin sekalian, pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai ikhlas.

Rasulullah SAW mengingatkan, ”Allah tidak menerima amal kecuali apabila dilaksanakan dengan ikhlas untuk mencari ridha Allah semata.”

Maknanya seperti apa? Jadi walaupun keringat dingin bertetesan, segenap tenaga habis, pikiran terkuras, kalau tidak ikhlas, sebesar apa pun amal kita semuanya pasti sia-sia di mata Allah SWT. Maka, sangat rugi orang yang bersedekah habis-habisan jika hanya ingin disebut dermawan.

Maka dari itu, mulai dari sekarang marilah kita membangun rasa ikhlas ketika beramal dan beribadah serta ketika melakukan hal-hal lainnya. Karena ridho Allah SWT sangat penting bagi kita.

Demikian ceramah saya pada kali ini, semoga teman-teman bisa mengambil makna dari ceramah ini dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

BACA JUGA: Pengertian Teks Prosedur Serta Ciri, Jenis, Struktur & Contohnya

3. Ceramah singkat tentang bersyukur

ceramah
iStock

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hadirin yang Allah muliakan, pada kesempatan kali ini saya akan membahas majelis ilmu singkat mengenai syukur. Syukur dalam penerapannya mempunyai banyak dimensi dan warna yang berbeda. Syukur dalam agama Islam mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengatur tindakan yang berangkat dari hati.

Kalau kita mau melihat fenomena kekacauan yang terjadi pada akhir zaman ini, kita akan mendapati bahwa, satu di antara akar masalah dari kekacauan yang terjadi adalah karena kurangnya rasa syukur yang dimiliki oleh manusia. 

Allah berfirman tentang keharusan bersyukur dalam surat Al-Baqarah ayat 152 dan 172, artinya seperti ini:

“Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar”

Dalam ayat satunya Allah juga berfirman yang artinya:

“Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah jika kamu hanya menyembah kepada-Nya”

Dari dua ayat di atas, secara jelas Allah telah memerintahkan kita untuk bersyukur atas apa saja yang diberikan.

Selain itu, Rasulullah SAW juga bersabda: “Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin, semua urusannya adalah baik baginya. Hal ini tidak didapatkan kecuali pada diri seorang mukmin. Apabila mendapatkan kesenangan, dia bersyukur, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya. Sebaliknya apabila tertimpa kesusahan, dia pun bersabar, maka yang demikian itu merupakan kebaikan pula baginya.” (HR. Muslim)

Saya kira cukup sampai di sini majelis ilmu singkat mengenai syukur ini, semoga kita bisa mengamalkan syukur ini dalam setiap sendi kehidupan kita. Aamiin.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. Ceramah singkat tentang jujur

ceramah
iStock

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah menghendaki kita untuk berjumpa pada kesempatan kultum kali ini dalam keadaan sehat dan nikmat iman Islam. Tak lupa juga marilah kita ucapkan shalawat serta salam kepada Nabi Muhammad SAW, juga kepada para sahabatnya, keluarganya, dan para pengikutNya.

Saudara muslim yang dirahmati Allah SWT, kita semua tentu tahu atau minimal pernah mendengar bahwa Islam adalah agama yang mengajarkan kejujuran. Urgensi sifat jujur ini bahkan telah dicontohkan oleh Rasul dan Nabi Allah SWT. 

Para Rasul dan Nabi merupakan sosok yang siddiq yang artinya jujur atau benar. Kenapa sih, kita harus berkata jujur? Hal itu karena Allah SWT dalam Alquran Surat Al Ahzab ayat 70 berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kamu kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar.”

MasyaAllah, Maha Benar Allah atas segala firman-Nya. Mengucapkan perkataan yang benar itu adalah perintah Allah SWT, Saudara Muslim. Lantas apa yang akan kita dapatkan ketika jujur? Ya, benar, kita akan mendapatkan ketenangan dalam hidup, karena orang yang berkata jujur selalu mengatakan yang sebenarnya dan tidak cemas untuk menutupi kebohongannya. 

Saudara muslim yang diridhoi Allah SWT, kebohongan itu tidak akan menyelesaikan masalah dan tidak dapat dilakukan sendirian. Sekali seseorang itu berbohong, maka rasa cemas, gelisah, dan resah akan merasukinya. 

Lantas mengapa berbohong tidak dapat dilakukan sendirian? Jawabannya adalah karena berbohong selalu membutuhkan orang lain dan membutuhkan kebohongan-kebohongan lainnya. Naudzubillah min dzalik.

Saudara Muslimku, Daud Rasyid dalam bukunya yang berjudul Islam dalam berbagai dimensi menyebutkan penjelasan sifat jujur dalam hadist yang berbunyi,

“Jujur akan membawa kebaikan. Kebaikan adalah pangkal masuk surga. Orang yang bersifat jujur akan dicatat Allah sebagai orang yang jujur di sisi-Nya. Sebaliknya, dusta akan menjerumuskan orang pada kejahatan. Sedangkan kejahatan adalah pangkal masuk neraka. Orang yang berdusta akan dicatat Allah sebagai orang pendusta di sisi-Nya.” (HR. Bukhari Muslim)

Wallahu a’lam bish-shawab. Kebenaran hanya milik Allah dan kesalahan datang dari manusia itu sendiri. Semoga ada manfaat yang dapat diperoleh dari kultum hari ini. Wabillahi taufik wal hidayah, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

5. Ceramah singkat tentang sedekah

ceramah
iStock

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hadirin sekalian yang dimuliakan oleh Allah, segala puji dan rasa syukur mari sama-sama kita panjatkan. Sebab Allah SWT telah melimpahkan rahmat, berkah, dan hidayah-Nya pada kita semua hingga kita bisa berkumpul di sini dalam keadaan sehat dan tak kurang satu apapun juga.

Pada kesempatan ini, izinkan saya membahas mengenai sedekah dalam agama Islam. Mungkin saudara sekalian sudah pernah mendengar bahwa ada ungkapan sedekah dapat menjadi penolong bagi setiap manusia.

Karena siapapun yang melakukan sedekah akan dilimpahkan berkah, rahmat dan pahala dari Allah SWT. Sifat menolong sesama yang ada di diri seseorang menjadi kemurahan hati serta akhlak mulia bagi orang yang memberikan pertolongan tersebut.

Dalam agama Islam pun menganjurkan setiap umatnya untuk melakukan sedekah atau berbagi dengan sesama tanpa terkecuali. Seperti kewajiban dalam membayar zakat bagi umat muslim, orang-orang kekurangan di luar sana juga membutuhkan orang-orang yang berlebih secara harta untuk bersedekah. 

Seperti yang disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW di dalam hadis berikut:

هَلْ تُنْصَرُونَ وَتُرْزَقُونَ إِلَّا بِضُعَفَائِكُمْ

“Tidaklah kalian ditolong dan diberi rezeki melainkan karena adanya (do’a) orang-orang yang lemah (di antara) kalian.” (HR. Bukhari).

Sedekah tidak akan mengurangi harta kita, jika kita dapat melihatnya dari sudut pandang yang berbeda. Dapat bersedekah menjadi hal yang luar biasa sebab dapat berbagi berkah dan rezeki yang sudah Allah SWT janjikan untuk diganjar pahala dan keberkahan.

Semoga kita semua dapat lebih sering dan banyak bersedekah setelah ini. Aamiin allahumma aamiin. Saya sudahi dahulu ceramah kali ini, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

BACA JUGA: Pengertian Teks Laporan Beserta Struktur, Ciri dan Tujuannya

6. Teks ceramah singkat menyentuh hati

ceramah
iStock

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillaahi robbil ‘alamin, wabihi nasta’in ‘ala umuriddunya waddin. Wassholatu wassalamu ‘ala asyrafil mursaliin, waala alihi wa sahbihi ajma’in.

Para hadirin sekalian, kita percaya bahwa Allah itu Maha Mengetahui. Namun seringkali kita lupa bahwa setiap detik kita berada dalam pengawasannya. Sehingga dalam kesendirian, manakala tidak ada orang yang melihat, kita dapat melakukan kemaksiatan dengan leluasa.

Padahal Allah melihat semua perbuatan kita. Inilah yang sering kita lupakan. Oleh karena lupa bahwa Allah itu selalu mengawasi, maka akan merasa aman apabila secara diam-diam melakukan kejahatan, memanipulasi, korupsi, mencuri, berzina dan sebagainya. 

Seandainya setiap saat manusia merasa diawasi oleh Allah, maka ia tak akan berani melakukan perbuatan tercela, kecuali orang-orang yang memang durhaka kepada Allah. 

Hadirin yang berbahagia, sebagai seorang muslim yang beriman, kita harus benar-benar percaya bahwa Allah adalah Dzat yang memiliki kemampuan untuk mengetahui gerak-gerik makhluk-Nya, baik dilakukan secara terang-terangan maupun tersembunyi.

Diterangkan dalam Al-Quran surat Qaf ayat 16,

وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ وَنَعْلَمُ مَا تُوَسْوِسُ بِهِ نَفْسُهُ ۖ وَنَحْنُ أَقْرَبُ إِلَيْهِ مِنْ حَبْلِ الْوَرِيدِ

Artinya, “Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya.” (QS. Qaf: 16)

Kebaikan-kebaikan yang senantiasa kita kerjakan akan mengantarkan kita pada akhir kehidupan dalam keadaan khusnul khotimah. Orang yang dalam hidupnya selalu berbuat baik, beramal taat, dan menghindari perbuatan maksiat, insya Allah ia akan mati dalam keadaan yang menyenangkan. 

Demikian ceramah singkat ini. Hendaklah kita selalu merasa bahwa Allah selalu mengawasi diri kita dalam setiap kesempatan. Billahit taufiq wal hidayah, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

7. Ceramah singkat 1 menit

ceramah
iStock

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Puji syukur kita panjatkan atas kehadiran Allah SWT, yang mana berkat rahmat, taufik, hidayah serta inayahnya, kita semua dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat wal afiat.

Hadirin sekalian, kali ini saya berniat mengangkat tema ceramah mengenai pentingnya menuntut ilmu.

Dalam agama Islam, menuntut ilmu sangat penting karena ilmu dianggap sebagai cahaya dari kehidupan. Ilmu merupakan sarana bagi kita untuk selalu bertakwa kepada Allah SWT. Ilmu pengetahuan juga merupakan sesuatu yang disukai, sepenting-penting sesuatu yang di cari dan sesuatu yang paling bermanfaat daripada lainnya.

Ilmu pengetahuan merupakan sesuatu yang penting, utama, dan mulia. Untuk itu, kita semua harus menyadari tentang hal ini. Setiap pendidik pada lembaga pendidikan manapun harus mampu menyadari akan keutamaan dan pentingnya ilmu dan mempelajari fungsi ilmu pengetahuan agar bisa dirasakan secara menyeluruh, bukan sekedar formalitas belaka.

Sekian yang bisa saya sampaikan, wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

8. Ceramah singkat 5 menit

ceramah
iStock

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji syukur marilah senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan limpahan nikmat dan berkah kepada kita sekalian. Tak lupa shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang menjadi penutup para Nabi dan Rasul, serta sebagai tauladan bagi umat Islam.

Pada kesempatan kali ini, izinkan saya berceramah tentang kejujuran. Betapa kejujuran menjadi hal yang penting dalam meraih berkah dunia dan akhirat.

Nabi Muhammad SAW memiliki sifat yang begitu bersinar dan patut kita teladani. Sifat tersebut adalah amanah dan jujur. Kejujuran merupakan pondasi iman, sedangkan kebohongan adalah benih kemunafikan.

Sifat jujur dan bohong jika bertemu, maka salah satunya akan hilang. Seperti dijelaskan dalam firman Allah Surat Al-Ahzab ayat 24 berikut ini:

يَجْزِيَ اللَّـهُالصَّادِقِينَبِصِدْقِهِمْوَيُعَذِّبَالْمُنَافِقِينَإِنشَاءَ

Artinya: “Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan balasan kepada orang yang jujur, kepada orang-orang yang benar, yaitu orang-orang mukmin. Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala mengazab orang-orang munafik apabila Allah menghendakinya”.

Allah SWT bahkan mengidentikkan sifat jujur sebagai salah satu sifat yang melekat pada diri seorang mukmin. Kejujuran menjadi kunci kebaikan, kunci untuk meraih akhlak yang mulia.

Jika sahabat muslim sekalian ingin memperbaiki akhlak, mulailah dengan bersikap jujur.

Seorang muslim yang jujur, maka hatinya akan merasa lapang. Mereka tidak merasakan tekanan karena hatinya cenderung bersih dan tulus. Banyak kemudahan yang diterima dalam melakukan segala bentuk kebaikan.

Kebaikan apapun, baik habluminallah maupun habluminannas adalah jalan untuk membawa pada kebaikan dan mendatangkan ridha Allah. Ridha inilah yang akan mengantarkan para sahabat muslim sekalian menuju surga.

Sahabat muslim sekalian, jika kalian pernah melakukan kebohongan, pasti untuk selanjutnya akan memikirkan cara bagaimana menutup kebohongan tersebut. Ada rasa takut ketahuan dan ingin menyelamatkan diri. Kebohongan pasti akan ditutupi dengan kebohongan lain.

Kadang kala orang yang sudah terbiasa berbohong, walaupun tidak ada dorongan untuk melakukan dusta, dia akan mencari kesempatan untuk berbohong. Sebuah kebiasaan ini hingga ditulis oleh Allah SWT sebagai seorang pendusta.

Pendapat Al Harits Al Muhasibi menyatakan bahwa pondasi dari segala perkara adalah jujur dan ikhlas. Dari sifat jujur akan lahir sikap yang ramah, ridha, sabar, qanaah, dan zuhud. Sedangkan ikhlas akan melahirkan sikap cinta, toleran, malu, yakin, dan menghormati orang lain.

Inti dari kejujuran adalah hati sebagai pelaksana iman, niat pada saat beramal, dan lisan pada saat berbicara. Jika ketiga hal tersebut mampu dilakukan bersama dengan kejujuran, maka sempurnalah imannya.

Kejujuran juga merupakan bidang pemisah yang membedakan antara orang mukmin dan orang munafik. Antara penduduk surga dan penghuni neraka. Kejujuran diibaratkan seperti pedang Allah di bumi. Ketika kita meletakkan sesuatu maka akan patah, jika ada kebatilan maka akan menumbangkannya.

Para sahabat muslim, jika kalian mencari kebenaran atas dasar kejujuran dari hati, maka Allah akan menyampaikan kebenarannya. Dengan demikian akan muncul jalan yang sangat lurus terbentang di depan kalian. Begitulah jujur membawa kita semua pada kebaikan.

Demikian sedikit ilmu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga para sahabat muslim sekalian dapat menjaga kejujuran dalam setiap langkahnya, semoga Allah SWT senantiasa melindungi dan memberikan kebaikan pada kita semua.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

BACA JUGA: Kumpulan Contoh Teks Negosiasi Beserta Jenis & Strukturnya

9. Ceramah singkat tentang kematian

ceramah
iStock

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa bersama-sama berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Shalawat serta salam semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi kita, Nabi besar Muhammad SAW, kepada keluarganya, sahabatnya, kepada kita semua, serta kepada seluruh umatnya hingga akhir zaman.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai kematian.

Keyakinan orang beriman akan adanya kematian menyebabkan dirinya selalu berada dalam mode siap siaga. Kita memandang kematian sebagai suatu keniscayaan. Tidak seperti orang kafir yang selalu saja berusaha untuk menghindari kematian.

Marilah saudaraku, kita mempersiapkan diri menghadapi kematian dengan segera bertobat memohon ampunan dan rahmat Allah ta’aala sebelum terlambat. Kematian itu milik semua makhluk Allah, manusia, hewan, tumbuhan termasuk bangsa malaikat dan setan semuanya akan merasakan apa yang namanya kematian.

Kematian pula yang membuat hubungan antara orang-orang yang dicintai dan yang mencintai terpisahkan. Karena kematian, seseorang harus meninggalkan harta benda yang begitu dicintai, begitu dibanggakan dan begitu diagungkan dan sejumlah harta benda yang diklaim adalah miliknya sendiri.

Marilah kita senantiasa berada di jalan Allah SWT agar kita kelak meninggal dalam keadaan khusnul khotimah.

Semoga ceramah singkat ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Saya akhiri sampai disini, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

10. Ceramah singkat tentang menjaga kebersihan

ceramah
iStock

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa berkumpul di sini dalam keadaan sehat wal afiat. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai pentingnya menjaga kebersihan.

Sebagaimana yang tertulis dalam sabda Nabi Muhammad SAW, “Kebersihan merupakan sebagian dari iman”. Hadis tersebut menyatakan bahwa setiap orang yang menjaga kebersihan dalam hidupnya maka ia termasuk pada orang yang beriman.

Bukan hanya itu, bahkan perintah Allah tentang kesucian atau bersuci pun sudah jelas. Misalnya saja ketika kita selesai buang hajat, maka kita wajib membersihkannya. Ketika kita mau melaksanakan shalat, maka wajib bagi kita melakukan wudhu atau tayamum terlebih dahulu untuk membersihkan diri. Kita juga harus mandi janabah, setelah selesai junub.

Dengan bersuci, maka otomatis kita dapat menjaga kebersihan baik diri maupun lingkungan. Allah menciptakan segala hal di bumi pasti ada sebab serta fungsinya, misalnya saja air. Air diciptakan untuk membersihkan diri kita dari segala macam kotoran. Maka banyaklah bersyukur jika kalian hidup di lingkungan yang tidak kekurangan air, dengan demikian kita selalu tampak bersih.

Sekian penjelasan dari saya tentang pentingnya menjaga kebersihan diri. Semoga semua yang saya sampaikan hari ini, bisa bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Nah, itulah 10 contoh ceramah singkat Islam yang penuh makna yang bisa Sedulur pelajari. Semoga informasi ini dapat membantu Sedulur yang sedang mendapatkan tugas untuk memberikan ceramah dalam suatu acara atau lomba. Selamat belajar!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.