cara mengembalikan mood pasangan

Dalam sebuah hubungan, terjadinya konflik merupakan hal yang umum terjadi. Biasanya suatu konflik disebabkan oleh adanya selisih paham. Di sisi lain, perubahan sikap dan mood pasangan juga bisa memicu terjadinya konflik di antara sepasang kekasih maupun mereka yang sudah menikah. Untuk itu penting bagi Sedulur mengetahui cara mengembalikan mood pasangan.

Nah, supaya bad mood-nya pasangan tak berlarut-larut atau malah menular ke Sedulur, berikut ada beberapa tips cara mengembalikan mood pasangan yang bisa Sedulur coba. Yuk, langsung disimak informasi selengkapnya!

BACA JUGA: Cara Bersikap Dewasa dengan Pasangan Agar Hubungan Baik

1. Jadilah pendengar yang baik

cara mengembalikan mood pasangan
Freepik

Suasana hati yang buruk seringkali bukan datang tanpa alasan. Melainkan hal itu disebabkan oleh adanya masalah yang belum ditemukan jalan keluarnya. Oleh karena itu, cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengembalikan mood pasangan adalah dengan mendengarkan keluhannya.

Dalam hal ini, Sedulur tidak melulu harus menanggapi curahan hati (curhat) pasangan dengan nasihat maupun masukan untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Sebaliknya, Sedulur cukup hadir menjadi seorang pendengar yang baik. Dengan demikian, suasana hatinya pun akan membaik lantaran merasa ada seseorang yang peduli kepadanya.

2. Tidak menghakimi apalagi menyalahkannya

cara mengembalikan mood pasangan
Freepik

Setiap orang tentu punya pandangan atau opininya sendiri soal sebuah permasalahan. Namun bukan berarti Sedulur harus selalu mengungkapkan opini tersebut saat mengetahui masalah yang sedang dihadapi oleh pasangan, apalagi sampai menghakiminya.

Seperti yang disampaikan pada poin sebelumnya, ketika pasangan menunjukkan suasana hati yang buruk karena tengah ditimpa masalah, Sedulur cukup mendengarkan keluhan atau curahan hatinya. Dengan kata lain, tunjukkan simpatimu atas masalah yang sedang dihadapi. Biarkan ia mengalirkan emosi dan perasaannya sehingga suasana hati atau mood-nya pun akan berangsur membaik.

3. Hibur dengan hal yang disukainya

Freepik

Cara yang ketiga, Sedulur bisa hibur dengan hal-hal favorit si dia. Misalnya, jika dia menyukai menu makanan tertentu, Sedulur bisa membuat atau membeli makanan tersebut dan kemudian mengajaknya untuk makan bersama.

Tak hanya itu, Sedulur juga bisa mengajaknya untuk menonton film atau drama kesukaannya. Apalagi saat ini sudah tersedia beragam platform layanan streaming sehingga tak perlu repot-repot ke bioskop untuk menonton film.

BACA JUGA: Ciri-Ciri Jodoh Saya, Apa Sudah Ada di Pasanganmu?

4. Beri dia ruang untuk sendiri

Freepik

Mengembalikan mood pasangan yang sedang badmood tak melulu harus dilakukan dengan mengajaknya menghabiskan waktu bersama. Sebab boleh jadi dia sebenarnya sedang ingin sendirian atau membutuhkan waktu untuk “me time.” Untuk itu, tak ada salahnya memberikan dia ruang untuk menyendiri.

Caranya adalah Sedulur bisa membiarkannya melakukan aktivitasnya seorang diri, sekalipun itu hanya membaca buku di kamar. Tak perlu takut hubungan akan renggang karena Sedulur dan pasangan seolah terpisah untuk sementara waktu. Sebab, Sedulur bisa tetap menunjukkan kepedulian dengan meyakinkannya bahwa Sedulur akan selalu ada untuknya kapanpun ia membutuhkan Sedulur.

5. Tunjukkan perhatian

Freepik

Selain menghiburnya dengan hal-hal yang ia sukai ataupun mengajaknya menonton film, Sedulur juga bisa menunjukan perhatian ketika si dia sedang bad mood. Misalnya dengan membantu pekerjaan rumah yang selama ini lebih banyak diurus si dia. Di sisi lain, Sedulur juga bisa membelikan barang atau makanan yang belakangan sedang diinginkan oleh pasangan namun belum sempat membelinya. 

Berbagai hal yang terlihat sederhana bahkan sepele ini bisa sangat berarti bagi pasangan. Sebab hal itu membuatnya merasa bahwa Sedulur peduli akan hal-hal kecil tentang dirinya. Cara tersebut juga bisa sekaligus mengalihkan perhatiannya dari masalah atau sesuatu yang membuat suasana hatinya tidak baik.

6. Berikan dukungan dan motivasi tanpa menghakimi

Freepik

Saat kondisinya mulai membaik, coba secara perlahan dorong dia untuk menyelesaikan masalahnya. Berikan dukungan dan motivasi kepadanya bahwa setiap masalah tentu akan ada solusinya meski mungkin tidak akan mudah. Tak hanya itu, perlihatkan juga kepadanya bahwa Sedulur akan selalu ada di sampingnya sehingga ia tidak perlu merasa harus menghadapi masalah tersebut seorang diri.

7. Jangan menyulut api

Freepik

Mood atau suasana hati seringkali tidak bisa dikendalikan. Untuk itu, ketika pasangan menunjukkan gejala bad mood alias suasana hati yang kurang baik, sebaiknya jangan diambil hati apalagi sampai menyulut api hingga terjadi konflik. Sebab seperti yang disampaikan sebelumnya, boleh jadi bad mood yang dialami pasangan sebenarnya merupakan akibat karena ia sedang mengalami masalah.

Cara ini juga bisa Sedulur terapkan sebagai cara mengembalikan mood pacar yang lagi PMS. Seperti yang diketahui, perubahan hormon hingga nyeri yang dialami saat PMS kerap membuat seorang perempuan merasa uring-uringan.

BACA JUGA: 12 Cara Nembak Cewe yang Romantis Agar Cepat Diterima

Cara mengembalikan mood pasangan LDR

Selain ketujuh tips di atas, Sedulur terutama yang sedang menjalani hubungan jarak jauh alias Long Distance Relationship (LDR) dapat mengikuti cara-cara kembalikan mood pacar berikut ini.

1. Jangan abaikan pesan atau telepon darinya

cara mengembalikan mood pasangan
Freepik

Bukan hal yang mudah memang untuk memantau HP selama 24 jam penuh. Apalagi jika Sedulur memiliki kesibukan lain misalnya bekerja. Namun, ada baiknya Sedulur tidak mengabaikan pesan atau telepon dari pasangan. Misalnya dengan mengecek notifikasi secara berkala saat sedang istirahat. Selain itu Sedulur juga bisa memberikan pemahaman kepada pasangan mengenai jam kerja Sedulur sehingga komunikasi dapat terjalin di samping mood si dia juga ikut membaik.

2. Tunjukkan perhatian melalui pesan

Freepik

Bagi Sedulur yang sedang LDR, cara mengembalikan mood cowok lewat chat juga bisa dicoba. Cara ini juga bisa diterapkan kepada pasangan cewek. Adapun cara mengembalikan mood pacar lewat chat ialah dengan mengirimkannya pesan seperti pertanyaan tentang kabarnya.

Sedikit tips, usahakan untuk mengirim pertanyaan terbuka dan hindari pertanyaan yang kemungkinan jawabannya adalah “ya” dan “tidak.” Sebab percakapan yang dimulai dengan pertanyaan tersebut umumnya tidak akan berlangsung lama dan malah terkesan kaku.

3. Kirim hadiah kejutan

Freepik

Selain cara mengembalikan mood pacar LDR lewat chat, Sedulur juga dapat mengirimkan hadiah sebagai kejutan. Hadiah yang dikirim pun juga bisa beragam, mulai dari makanan hingga barang-barang yang dia sukai. Kejutan kecil yang dikirim Sedulur tentu akan memberikan kebahagiaan untuk si dia karena merasa diperhatikan meskipun sedang menjalin hubungan jarak jauh.

Demikian tadi beberapa tips cara mengembalikan mood pasangan yang bisa Sedulur ikuti. Selain itu juga dipaparkan tips khusus bagi Sedulur yang sedang dalam hubungan jarak jauh (LDR) dengan pasangan. Semoga informasi ini dapat membantu Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.