cara bersikap dewasa dengan pasangan

Dalam sebuah hubungan, komunikasi yang baik adalah kunci hubungan dapat bertahan lama. Komunikasi yang baik ini dapat diimplementasikan melalui cara bersikap dewasa dengan pasangan dalam aktivitas sehari-hari.

Cara bersikap dewasa dalam kehidupan sehari hari dapat dilakukan dengan banyak hal. Jika Sedulur bisa melakukannya, maka hubungan Sedulur dengan pasangan tidak hanya akan menjadi hubungan yang baik, namun juga sehat dan langgeng.

Apa saja cara bersikap dewasa terhadap pasangan yang bisa dilakukan? Simak informasi berikut ini, ya!

BACA JUGA: 10 Cara Minta Maaf ke Pasangan dengan Tulus, Agar Baikan

Bagaimana menjalani hubungan lebih baik dengan cara bersikap dewasa?

dewasa
iStock

Menjalani hubungan dengan lebih baik dapat dilakukan dengan cara bersikap dewasa. Meskipun tidak selalu mudah, tetapi kita tetap bisa mencoba melakukannya secara bertahap. Hal ini sangat baik diterapkan dalam segala bentuk hubungan dengan pasangan, termasuk dalam hubungan jarak jauh atau LDR.

Nah, bagaimana yang dimaksud bersikap dewasa tersebut? Simak penjelasannya berikut ini, ya!

1. Selesaikan masalah, bukan lari dari masalah

dewasa
iStock

Cara bersikap dewasa di depan pasangan dapat dimulai dari sikap tanggung jawab pada pribadi masing-masing. Dalam setiap hubungan, pasti ada saja masalah yang terjadi. Namun, ada satu perbedaan yang sangat penting, yakni bagaimana cara menyelesaikannya.

Sebagai pribadi yang bertanggung jawab, Sedulur tidak boleh lari dari masalah. Pastikan untuk menyelesaikan masalah bersama untuk menemukan solusi terbaik. Komunikasikan dengan bahasa yang baik dan halus untuk menghindari masalah yang semakin membesar. 

Dengan penyelesaian masalah yang tepat, hubungan akan bertahan dan semakin erat. Jika Sedulur dan pasangan sudah mampu menemukan solusi bersama atas permasalahan yang ada, itu tandanya kalian sudah mampu bersikap dewasa satu sama lain dalam hubungan. 

BACA JUGA: Ciri-Ciri Jodoh Saya, Apa Sudah Ada di Pasanganmu?

2. Tidak egois dan mau mengalah

cara bersikap dewasa
iStock

Selaras dengan cara pertama, Sedulur juga bisa belajar untuk tidak egois dan mau mengalah dengan pasangan. Jangan pernah memaksakan kehendak jika menghadapi permasalahan yang melibatkan kedua belah pihak. Sedulur juga harus bisa mengontrol emosi dengan tetap menghargai keputusan pasangan.

Dua sikap ini sangat penting dilakukan agar hubungan tetap sehat. Dengan mengontrol ego, Sedulur dan pasangan akan belajar saling memahami satu sama lain. Hal tersebut akan membuat hubungan menjadi semakin harmonis dari hari ke hari. 

3. Jangan terlalu banyak berharap

dewasa
iStock

Cara bersikap bijak dan dewasa dapat ditunjukkan dengan belajar mengontrol harapan. Usahakan untuk tidak terlalu banyak berharap dengan pasangan, karena terlalu banyak harapan seringkali membawa pada rasa kecewa yang mendalam.

Pahami dengan baik bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Baik pasangan atau Sedulur sendiri pasti memiliki kekurangan masing-masing. Cara paling bijak yang bisa dilakukan adalah saling menghargai kelebihan dan kekurangan masing-masing dan tidak berharap terlalu banyak dengan sesama manusia. 

BACA JUGA: 20 Pertanyaan untuk Pasangan Agar Tidak Membosankan

4. Saling percaya dan respect

dewasa
iStock

Salah satu cara bersikap dewasa dengan pasangan LDR dapat dilakukan dengan belajar saling mempercayai dan respect satu sama lain. Seperti contoh ketika komunikasi sedang jarang, cara bersikap dewasa dengan pasangan lewat chat dapat dilakukan dengan tetap memberikan dukungan tanpa mengganggu aktivitas yang sedang dilakukan pasangan.

Saling percaya dan respect juga bisa mengurangi kesalahpahaman yang terjadi. Bukannya membiarkan masalah hingga terjadi pertengkaran, Sedulur dapat belajar mendengarkan apa yang disampaikan pasangan dengan rasa percaya tanpa sedikitpun menghakiminya.  

5. Sabar dan toleransi

cara bersikap dewasa
iStock

Cara bersikap dewasa dengan pasangan selanjutnya adalah dengan bersikap sabar dan saling bertoleransi. Sikap ini sangat penting untuk menghadapi masalah yang ada dalam hubungan. Dengan bersabar, masalah akan selesai dengan kepala dingin.

Toleransi juga sangat dibutuhkan agar tidak saling menyalahkan atas apa yang terjadi. Ketika hubungan dilandasi rasa toleransi yang tinggi, masalah tidak akan berlama-lama menghampiri dan akan mudah diselesaikan bersama-sama. 

BACA JUGA: 100 Tebak Tebakan Romantis untuk Pasangan yang Bikin Baper

6. Menerima kesalahan

cara bersikap dewasa dengan pasangan
iStock

Bagi para wanita, salah satu cara menjadi dewasa di mata pria adalah dengan mau mengakui kesalahan. Jika banyak yang mengatakan bahwa wanita tidak pernah salah, hal itu jelas saja keliru. Baik pria maupun wanita tentu saja pernah melakukan kesalahan dalam hubungan yang dijalani, baik disadari maupun tidak.

Dengan menerima kesalahan dan meminta maaf atas hal yang telah dilakukan, hubungan akan mudah dipertahankan. Mengakui kesalahan juga bisa meningkatkan kepercayaan pasangan akan value diri kita yang bisa membuatnya semakin sayang dan bahagia.

7. Prioritaskan kebutuhan pasangan 

cara bersikap dewasa dengan pasangan
iStock

Salah satu cara bersikap dewasa terhadap wanita yang bisa dilakukan pria adalah memprioritaskan kebutuhan pasangan. Hal ini dapat diawali dengan saling memahami apa saja kebutuhan satu sama lain.

Setelah mengetahui hal tersebut, mulailah untuk memprioritaskan kebutuhan pasangan. Jika sudah berjalan cukup lama, hal ini bisa menjadi kebiasaan dan berjalan secara otomatis. Melakukan hal ini juga bisa menjadi bukti bahwa Sedulur peduli dengan kebahagiaan pasangan.

Seperti misalnya menyiapkan sarapan pagi beserta pakaian kerjanya. Selain itu, pria juga bisa membantu pekerjaan rumah jika pasangannya sedang ada kegiatan di luar rumah. Dengan begitu, semua pekerjaan akan selesai dan hubungan akan semakin harmonis.

Demikian informasi cara bersikap dewasa dengan pasangan yang bisa Sedulur coba. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang sedang belajar untuk bersikap dewasa dalam hubungan yang sedang dijalani. Selamat belajar!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.