bismillahirrahmanirrahim

Sedulur muslim tentu kerap melantunkan bacaan basmalah atau bismillahirrahmanirrahim. Membaca basmalah terutama dianjurkan ketika akan melakukan suatu pekerjaan atau kegiatan sehingga mendapat keberkahan dari Allah SWT. Misalnya ketika akan membaca Al Quran maupun saat akan menyantap hidangan, dianjurkan untuk melantunkan bacaan tersebut.

Selain melantunkannya, bacaan basmalah juga kerap ditulis dalam berbagai jenis teks, misalnya teks pidato. Oleh karenanya, penting bagi Sedulur mengetahui bagaimana tulisan bismillahirrahmanirrahim yang benar.

Nah, pada artikel kali ini, Super akan membahas tentang tulisan bismillahirrahmanirrahim yang benar, baik dalam tulisan Arab maupun Latin lengkap dengan artinya. Untuk itu, yuk, langsung disimak informasinya di bawah ini!

BACA JUGA: Bacaan Doa Setelah Wudhu Beserta Keutamaan & Artinya

Tulisan bismillahirrahmanirrahim yang benar dan artinya

bismillahirrahmanirrahim
Tebuireng Online

Basmalah merupakan bacaan pembuka yang dianjurkan untuk dilantunkan ketika memulai suatu aktivitas. Bacaan basmalah berbunyi “bismillah” atau dalam versi lengkapnya yaitu “bismillahirrahmanirrahim.” Bacaan atau kalimat basmalah ini juga dapat Sedulur temukan di Al Quran, terutama pada bagian awalan surat, kecuali Surat At Taubah. Oleh karenanya, lafal basmalah disebut sebagai hiasan Al Quran, sebagaimana tercantum dalam sabda Rasulullah SAW yang artinya sebagai berikut.

“Sungguh Allah subhanahu wa ta’ala menghias langit dengan benda-benda langit (matahari, bulan, dan bintang-bintang) dan menghias malaikat dengan Jibril, menghias surga dengan bidadari dan istana-istana, menghias para nabi dengan Nabi Muhammad SAW, menghias hari-hari dengan hari Jum’at, menghias malam-malam dengan lailatul qadar, menghiasi (di antara) bulan-bulan dengan bulan Ramadan, menghias masjid-masjid dengan Ka’bah, menghias kitab-kitab dengan Al-Qur’an, dan menghias Al-Qur’an dengan bismillahirrahmanirrahim.”

Selain melantunkannya sebagai amalan ketika memulai aktivitas, Sedulur juga dapat menuliskan bismillahirrahmanirrahim sebagai pengingat. Berikut adalah lafaz bismillahirrahmanirrahim dalam tulisan Arab dan Latin beserta artinya.

  • Tulisan Arab:

سْمِ ٱللَّٰهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

  • Tulisan Latin:

Bismi-llāhi ar-raḥmāni ar-raḥīmi atau juga dapat ditulis bismillaahirrahmaanirrahiim

  • Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.”

Ragam tulisan bismillahirrahmanirrahim

Freepik

Saat menuliskan bacaan basmalah dalam tulisan Arab, Sedulur dapat menggunakan harakat ataupun tidak. Sekadar informasi, harakat merupakan tanda baca untuk huruf hijaiah atau aksara Arab. Setidaknya ada enam jenis harakat, yaitu fatah, kasrah, damah, tanwin, sukun, dan tasydid.

Sementara itu, berikut adalah penulisan bacaan basmalah dalam dua versi, yaitu dengan harakat dan tanpa harakat yang dapat Sedulur tiru.

  1. dengan harakat

سْمِ ٱللَّٰهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

  1. tanpa harakat

بسم الله الرحمن الرحيم

Di sisi lain, tak jarang pula bacaan basmalah hanya dibaca versi pendeknya, yaitu bismillah. Adapun penulisan bismillah dalam tulisan Arab adalah sebagai berikut.

بِسْمِ اللَّهِ

BACA JUGA: Perbanyak Amalan! 5 Bacaan Sholawat Nabi yang Mudah Dihafal

Kaligrafi tulisan bismillahirrahmanirrahim

Selain menuliskannya dalam dua versi seperti yang sudah dipaparkan di poin sebelumnya, Sedulur juga bisa membuat menulis bismillahirrahmanirrahim dalam bentuk kaligrafi. Berikut beberapa contoh kaligrafi bacaan basmalah yang bisa menjadi inspirasi Sedulur.

Contoh 1: kaligrafi berbentuk kapal layar

bismillahirrahmanirrahim
Pinterest

Contoh 2: kaligrafi berbentuk daun

bismillahirrahmanirrahim
Ilmusiana

Contoh 3: kaligrafi berbentuk hati

pngtree

BACA JUGA: Bacaan Ijab Qabul yang Benar Beserta Arab, Latin, dan Artinya

Makna bacaan bismillahirrahmanirrahim menurut ulama

Freepik

Setelah mengetahui tulisan bismillahirrahmanirrahim yang benar, baik dengan huruf Arab maupun Latin beserta artinya, tak ada salahnya Sedulur menyimak makna bacaan basmalah menurut para ulama. Disampaikan sebelumnya, bacaan basmalah memiliki arti, yaitu “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.”

Menurut tafsir para ulama, bacaan ini ternyata memiliki makna yang lebih dalam daripada artinya secara bahasa. Dijelaskan, bacaan tersebut mengandung empat hal penting, sebagaimana dikutip dari Liputan6.

  • Pertama, awalan “bi” dalam bacaan basmalah memiliki makna kekuasaan dan pertolongan. Hal ini mengandung makna bahwa seseorang yang melantunkan basmalah sebelum memulai suatu aktivitas meniatkan perbuatannya atas dasar kekuasaan dan pertolongan dari Allah SWT.
  • Kedua, bacaan basmalah dilantunkan sebagai bentuk pengakuan seorang hamba bahwa Allah SWT merupakan penguasa alam semesta yang agung.
  • Ketiga, bacaan basmalah berkaitan erat dengan kalimat tauhid, yaitu “la ilaha illa Allah” yang merupakan pondasi utama agama Islam. Membaca basmalah juga dianggap sebagai amalan mengagungkan Allah SWT seperti halnya makna yang terkandung dalam kalimat tauhid.
  • Terakhir, bacaan basmalah mengandung dua sifat Allah SWT atau biasa disebut Asmaul Husna, yaitu ar Rahman dan ar Rahim yang sama-sama berasal dari kata rahima.

Sementara dilansir NU Online, bacaan basmalah memiliki makna khabar, yaitu sebagai kalimat penyempurna dari perbuatan yang hendak dikerjakan maupun mengungkapkan suatu informasi. Oleh sebab itu, Sedulur muslim dianjurkan untuk melantunkan bacaan basmalah ketika akan memulai aktivitas termasuk mengungkapkan perkataan atau berbicara. Dengan demikian, Sedulur akan mendapat keberkahan yang bernilai sempurna di mata Allah SWT.

BACA JUGA: Bacaan Doa Akhir atau Penutup Majelis Lengkap dengan Artinya

Keutamaan membaca bismillahirrahmanirrahim

Freepik

Berdasarkan uraian mengenai makna kalimat basmalah seperti yang telah diuraikan di atas, dapat dipahami bahwa bismillahirrahmanirrahim merupakan kalimat yang mulia. Selain itu, melantunkan bacaan ini sebagai amalan sehari-hari juga sangat dianjurkan.

Keutamaan melantunkan bacaan basmalah juga dijelaskan dalam beberapa hadis Nabi Muhammad SAW. Misalnya dalam hadis riwayat Ibnu Marwah, yang artinya berikut ini.

“Ketika ayat bismillahirahmanirrahim diturunkan, awan-awan lari ke timur, angin tidak bergerak namun laut bergelombang, binatang-binatang dengan penuh perhatian mendengarkan apa yang terjadi, setan-setan dirajam atau dilempari panah api dari langit dan Allah bersumpah demi kemulianNya dan kebesaranNya bahwa menyebut namaNya atas sesuatu niscaya Allah limpahkan berkah pada sesuatu itu.” (HR Ibnu Marwah)

Agar Sedulur dapat lebih memahami keutamaan membaca bismillahirrahmanirrahim, berikut ini sudah dirangkum beberapa keutamaan membaca basmalah sebagaimana dilansir Kumparan yang mengutip buku Islam Menjawab, Tanya Jawab Islam yang ditulis oleh Kyai Abdullah Afif.

1. Mendapatkan keberkahan

Muslim
Pexels

Sebelumnya sudah disinggung bahwa membaca lafal basmalah ketika akan memulai suatu pekerjaan dapat mendatangkan keberkahan. Sementara, apabila tidak melantunkan basmalah, akan terputus keberkahan dari urusan atau pekerjaan yang dilakukan. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadis riwayat Abu Daud, yang artinya sebagai berikut.

“Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan ‘bismillahirrahmanirrahim’, amalan tersebut terputus berkahnya.”

2. Menghindarkan dari keburukan

Membaca Al Quran
Unsplash

Di samping mendatangkan keberkahan, melantunkan basmalah juga dapat menghindarkan dari keburukan, termasuk gibah dan fitnah. Keutamaan ini dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW sebagai berikut.

“Jika kalian duduk di suatu tempat, ucapkanlah bismillahirrahmanirrahim wa shalla Allahu ala sayyidina Muhammad wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihi wa sallam, sungguh siapa yang melakukan itu, Allah akan mewakilkan dengannya seorang malaikat yang akan mencegah mereka (manusia) dari bergosip sampai mereka tidak akan dapat memfitnah kalian.”

3. Mendapat perlindungan dari godaan setan

Masjid
Pexels

Keutamaan membaca basmalah yang ketiga adalah dijauhkan dari godaan setan. Dalam suatu riwayat diceritakan, Rasulullah SAW berkata bahwa ketika seseorang mengucapkan bismillah, maka setan akan menjadi lemah. Sementara, jika dikatakan “celakalah setan” maka setan akan menjadi congkak dan kuat.

“Janganlah kau katakan celakalah setan, karena sesungguhnya saat kau berkata demikian setan kuat dan congkak, ia berkata ‘dengan kekuatanku aku banting dirimu’. Dan saat kau berkata bismillah, ia akan lemah dan kerdil hingga hanya menjadi seperti lalat.” (dari Tafsiir lbn Katsiir halaman 121)

Selain dapat melindungi diri sendiri, membaca basmalah juga dapat melindungi anak keturunan dari godaan setan. Hal ini dijelaskan dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim yang artinya,

“Dari Ibnu Abbas, Rasulullah bersabda, “Seandainya salah seorang dari kalian mendatangi istrinya lalu membaca ‘Bismillah. Allahumma jannibnas syaithana wa jannibis syaithana ma razaqtana,’ niscaya jika ditakdirkan keturunan dari hubungan tersebut, setan selamanya tidak membahayakan anak itu.”” (HR Bukhari dan Muslim)

4. Menjadi pelindung dari malaikat zabaniah

Pexels

Keutamaan melantunkan kalimat basmalah yang terakhir adalah sebagai pelindung dari malaikat zabaniah. Untuk diketahui, malaikat zabaniah merupakan malaikat penjaga neraka yang bertugas memasukkan orang ke api neraka atau menyiksa orang kafir di neraka. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang artinya,

“Siapa yang ingin supaya Allah selamatkan dia dari 19 malaikat penjaga neraka maka hendaklah membaca bismillahirrahmanirrahim niscaya Allah buatkan untuknya yang membaca dari setiap satu huruf itu dengan sebuah surga.”

Demikian tadi ulasan mengenai bacaan basmalah atau bismillahirrahmanirrahim, mulai dari cara penulisan, arti, makna menurut tafsir ulama, hingga keutamaan membaca basmalah. Nah, semoga informasi ini dapat menambah wawasan sekaligus memberikan manfaat untuk Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.