belanga

Belakangan ini, arti belanga banyak dicari orang karena muncul dalam lirik lagu Tulus berjudul “Hati-hati di Jalan”. Seperti yang Sedulur ketahui, Tulus banyak menggunakan kata dan kalimat yang tidak biasa dalam lagunya. Tak jarang, kata atau kalimat tersebut membuat para pendengarnya penasaran.

Begitu pula dengan lagu berjudul “Hati-hati di Jalan” yang sedang viral di media sosial setelah album barunya Manusia resmi rilis pada 2 Maret 2022 lalu. Tulus memasukkan kalimat “asam dan garam bertemu di belanga” di lagu romansa itu. Lantas, apa arti asam dan garam bertemu di belanga? Selengkapnya akan dibahas di bawah ini.

BACA JUGA: Arti Menfess yang Saat ini Sering Digunakan di Twitter

Lirik lagu Tulus “Hati-hati di Jalan”

belanga
Media Indonesia

Istilah belanga menjadi populer karena lagu Tulus “Hati-hati di Jalan”. Maka dari itu, Sedulur perlu tahu lirik lengkapnya terlebih dahulu agar mudah memahami belanga artinya apa. Berikut adalah lirik lagu Tulus “Hati-hati di Jalan”.

Perjalanan membawamu
Bertemu denganku
Ku bertemu kamu
Sepertimu yang kucari
Konon aku juga
Seperti yang kau cari
Kukira kita asam dan garam
Dan kita bertemu di belanga
Kisah yang ternyata tak seindah itu
Kukira kita akan bersama
Begitu banyak yang sama
Latarmu dan latarku
Kukira takkan ada kendala
Kukira ini kan mudah
Kau aku jadi kita
Kasih sayangmu membekas
Redam kini sudah
Pijar istimewa
Entah apa maksud dunia
Tentang ujung cerita
Kita tak bersama
Semoga rindu ini menghilang
Konon katanya waktu sembuhkan
Akan adakah lagi yang sepertimu
Kukira kita akan bersama
Begitu banyak yang sama
Latarmu dan latarku
Kukira takkan ada kendala
Kukira ini kan mudah
Kau aku jadi kita
Kau melanjutkan perjalananmu
Ku melanjutkan perjalananku
Kukira kita akan bersama
Begitu banyak yang sama
Latarmu dan latarku
Kukira takkan ada kendala
Kukira ini kan mudah
Kau aku jadi kita
Kukira kita akan bersama
Hati-hati di jalan

BACA JUGA: Memahami Arti Passion Beserta Cara Menemukannya

Arti belanga

Kemdikbud

Belanga berasal dari bahasa Indonesia yang di dalam KBBI berarti kuali besar berbahan tanah liat untuk merebus sayur-sayuran dan sebagainya. Namun, dalam lagu “Hati-hati di Jalan”, belanga Tulus artinya tidak hanya sebatas kuali saja, melainkan pada makna peribahasa yang terkandung di dalamnya. Asam dan garam bertemu di belanga merupakan peribahasa yang bermakna walau tinggal berjauhan, kalau sudah berjodoh akan bertemu juga.

Dalam lagu “Hati-hati di Jalan”, Tulus menceritakan tentang pertemuan seseorang dengan kekasihnya yang ternyata tidak berjodoh karena hubungan mereka mesti berpisah dan tidak berakhir bersama. Meski demikian, ia tetap harus melanjutkan kehidupannya dan bertemu dengan orang baru nantinya. Jadi, arti bertemu di belanga maknanya pertemuan yang terjadi di dunia ini.

Itulah arti belanga dalam lagu Tulus, “Hati-hati di Jalan”. Semoga ulasan ini membuat Sedulur makin memahami arti lagu romansa ini dan jadi lebih menghayati saat mendengarnya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!