passion adalah

Passion adalah istilah yang sudah tidak asing lagi didengar. Istilah ini sering kali dikaitkan dengan hobi, minat, maupun bakat. Passion artinya suatu tindakan yang dilakukan seseorang sesuai dengan motivasi dan keinginan sehingga membuatnya bisa bersemangat dalam menjalani hidup.

Bagi Sedulur yang ingin lebih jauh memahami makna passion dan masih kerap bertanya-tanya, “apa passion saya?”, membaca artikel bisa ini menjadi pilihan tepat. Sedulur dapat mengetahui pengertian passion, contohnya, manfaat memiliki passion, bahkan cara menemukan passion secara tepat. Yuk, langsung cek pembahasannya!

BACA JUGA: Tes MBTI: Pengertian, Penerapan & Macam Tipe Kepribadiannya

Apa itu passion?

passion adalah
Freepik

Passion adalah kecenderungan seseorang melakukan sesuatu yang disenangi secara terus-menerus. Istilah ini juga diartikan sebagai gairah atau semangat melakukan sesuatu. Berdasarkan Kamus Britannica, passion adalah perasaan yang antusias atau gembira dalam melakukan suatu hal. Sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas, tanpa paksaan, dan suatu bentuk panggilan dari alam bawah sadar seseorang juga dapat disebut passion.

Ada pula yang menyebutnya sebagai jejak dari tujuan hidup dan panggilan dari hati. Masyarakat di Jepang menyebut passion sebagai ikigai. Biasanya, ikigai lebih dikaitkan dengan pekerjaan. Contoh ikigai seseorang yaitu saat melakukan sesuatu yang membuatnya merasa lebih hidup dan tidak terbebani dalam bekerja.

Pengertian passion menurut para ahli

Freepik

Selain pengertian secara umum, beberapa ahli juga memiliki pandangan tersendiri dalam memaknai passion. Menurut Vallerand dan Houlfard, passion adalah kecenderungan yang kuat terhadap suatu aktivitas yang digemari oleh seseorang. Sementara menurut Covey, passion merupakan keinginan membara, keyakinan kuat serta dorongan yang dapat membuat seseorang menjadi disiplin dalam mencapai visinya.

Di lain sisi, Pertula berpendapat bahwa passion merupakan kondisi psikologis yang dapat dicirikan dengan menghadirkan rasa emosi positif dan kuat, dorongan internal, serta keterlibatan tinggi pada suatu aktivitas yang dianggap oleh seseorang bermakna.

Perbedaan hobi dan passion

passion adalah
Freepik

Meski terlihat mirip, hobi dan passion adalah dua hal yang berbeda. Hobi merupakan suatu hal yang seseorang lakukan untuk mengisi waktu luang dan menghibur diri. Biasanya termasuk aktivitas yang Sedulur gemari, namun tidak selalu memiliki dampak atau bermanfaat bagi orang lain. Selain itu, hobi juga bisa berubah-ubah tergantung tingkat kejenuhan seseorang. Tidak menjadi suatu masalah besar apabila seseorang berniat meninggalkan hobinya.

Sementara passion adalah suatu hal yang seseorang lakukan atas dasar cinta dan kesukaan. Biasanya, passion bisa membuat seseorang merasa fokus dan antusias melakukan suatu kegiatan. Seseorang akan begitu mencintai sesuatu sehingga hal tersebut pun menjadi bagian jiwanya. Itulah yang disebut passion. Dalam artian, passion lebih melekat dan tidak mudah tergantikan, lain halnya dengan hobi.

BACA JUGA: Mengenal Ciri Kepribadian Introvert dan Cara Mengatasinya

Contoh passion

Freepik

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali contoh passion yang bisa ditemukan dalam diri seseorang. Contoh passion adalah berlatih sepak bola, bermain alat musik, menulis, dan sebagainya. Supaya Sedulur lebih mudah mengenali passion dalam kehidupan sehari-hari, berikut beberapa poin yang perlu diperhatikan.

  • Perasaan sangat kuat terhadap sesuatu. Ketika melakukan suatu aktivitas, timbul perasaan yang sangat kuat pada hal tersebut dan merasa ada yang kurang saat tidak melakukannya. Contohnya, seseorang akan merasa sedih bila tidak bisa menghadiri kursus bahasa Inggris sesuai jadwalnya.
  • Adanya emosi yang dalam. Saat melakukan sesuatu yang dianggap passion, seseorang akan merasakan ikatan emosional yang mendalam. Sebagai contoh passion mahasiswa seni musik yaitu bermain piano. Mahasiswa tersebut akan merasa sedih atau bahkan putus asa apabila tidak bisa bermain piano disebabkan oleh cedera misalnya.
  • Terpicu oleh antusias dan hasrat. Bila seseorang melakukan suatu hal dan cenderung akan terus berusaha meskipun gagal berkali-kali, bisa jadi hal tersebut adalah passion dalam dirinya. Ia akan terus bersemangat dan antusias mengejar apa yang menjadi keinginannya tersebut. Contohnya seorang atlet sepak bola yang berkali-kali gagal memenangkan kompetisi namun terus berjuang hingga suatu saat timnya berhasil menjadi juara.

Manfaat memiliki passion

passion adalah
Freepik

Memiliki passion bisa membuat Sedulur lebih bersemangat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Passion adalah salah satu faktor yang bisa membuat hidup seseorang menjadi layak diperjuangkan. Manfaat lainnya yaitu membuat Sedulur tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan maupun kegagalan.

Rasa semangat serta bahagia yang ditimbulkan dari memiliki passion membuat Sedulur dapat mengatasi setiap permasalahan yang ada. Apalagi tantangan yang menghalangi passion Sedulur. Semangat itulah yang kemudian mendasari seseorang terus berkorban dan pantang menyerah memperjuangkan passion yang dimiliki. Passion membuat individu merasa senang, sekaligus mampu memberikan kesenangan kepada orang lain.

Cara menemukan passion

Freepik

Terdapat beberapa tips atau cara menemukan passion yang bisa Sedulur terapkan. Tentunya, cara ini berguna apabila saat ini Sedulur tengah mencari passion yang tepat dalam hidup. Berikut langkah-langkah menemukan passion.

  • Pertama, pikirkanlah kegiatan yang membuatmu merasa bahagia.
  • Kedua, pikirkanlah kegiatan yang disukai, sering dilakukan, atau Sedulur senang saat membicarakan hal tersebut.
  • Ketiga, tulislah sifat yang menjadi kelebihan dan kekuatanmu.
  • Keempat, tanyalah kepada diri sendiri tentang cita-cita maupun impian masa kecil.
  • Kelima, pikirkanlah hal-hal yang memengaruhi keputusanmu selama ini.
  • Keenam, pikirkanlah kegiatan-kegiatan yang selama ini Sedulur lakukan, termasuk dalam pekerjaan. Lalu, tanya kepada diri sendiri, apakah Sedulur bersemangat saat melakukan kegiatan tersebut? Apa kegiatan itu membuatmu bahagia?

Biasanya, dari enam langkah di atas Sedulur akan menemukan satu aktivitas yang bisa jadi itu adalah passion yang ada dalam diri. Passion tersebut bisa berkaitan dengan impian masa kecil, hobi, minat dan bakat, atau bahkan pekerjaan yang dijalani saat ini.

BACA JUGA: 20 Fakta Anak Pertama dari Sifat hingga Kepribadiannya!

Tips menumbuhkan passion dalam diri

Freepik

Selain cara menemukan passion, ada pula 10 cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan passion. Apa saja caranya? Langsung simak di bawah ini.

  • Cari motivasi yang mendasari setiap keputusanmu.
  • Temukan nilai-nilai yang Sedulur yakini.
  • Lakukan refleksi diri.
  • Temukan pola dan tema dari jawaban atas pertanyaan yang Sedulur ajukan kepada diri sendiri.
  • Mulai pikirkan apa yang ingin dilakukan, termasuk kegiatan yang selalu ingin dilakukan.
  • Tentukan tujuan.
  • Buat komitmen dengan diri sendiri agar tidak melakukan perilaku ‘siap—tetapi’, misalnya “aku siap tetapi aku takut gagal nantinya”.
  • Latihan menenangkan pikiran.
  • Sabar dalam menghadapi diri sendiri.
  • Ambil kesimpulan.

Passion dalam karier

passion adalah
Freepik

Passion adalah salah satu hal yang sering dikaitkan dengan karier atau pekerjaan. Pada dasarnya, setiap profesi memiliki unsur passion masing-masing. Contohnya, Sedulur memilih profesi sebagai pekerja sosial atau tentara. Profesi tersebut bertujuan membantu sesama dan menyelamatkan nyawa seseorang. Tentu saja, pekerjaan itu membutuhkan passion yang kuat dari dalam jiwa sehingga Sedulur tidak akan mundur dalam menyelesaikan misi hingga akhir.

Contoh lainnya, guru anak berkebutuhan khusus. Mereka pun memiliki panggilan passion tersendiri, layaknya perawat di rumah sakit yang harus menghadapi luka atau darah mengerikan. Ketika seseorang melakukan pekerjaan, terkadang ia tidak menyadari bahwa itu adalah bagian dari passion. Karena sudah terbiasa dengan profesi tersebut, sering kali seseorang tidak tahu bahwa passion sedang bekerja dalam dirinya.

Itulah pembahasan mengenai passion yang kerap dihubungkan dengan minat dan bakat seseorang. Semoga ulasan di atas dapat membantu Sedulur menemukan passion yang tepat. Tidak perlu terburu-buru menemukannya karena passion muncul secara bertahap dan perlahan.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!