bahasa tersulit di dunia

Bahasa tersulit di dunia sering kali menarik untuk dipelajari. Dengan belajar bahasa, kita bisa memperluas wawasan karena nantinya bisa digunakan untuk berinteraksi dengan lebih banyak orang. Jika tidak, bahasa bisa menjadi jendela dunia melalui buku atau bacaan apa pun yang sebelumnya sulit dipahami karena perbedaan bahasa.

Sedulur, kali ini tidak hanya pembahasan tentang 10 bahasa tersulit di dunia, namun ada 15. Urutan bahasa tersulit di dunia ini tidak bisa dijadikan acuan sepenuhnya. Bahasa paling sulit di dunia berikut ini bersumber dari Foreign Service Institute (FS) dengan acuan bahasa sulit dituturkan oleh penutur asli bahasa Inggris.

BACA JUGA: Macam-macam Gaya Bahasa Beserta Pengertian & Contohnya

Bahasa-bahasa tersulit dunia

bahasa tersulit di dunia
Lembaga Bahasa LIA

Banyak faktor yang menyebabkan bahasa menjadi sulit, terutama bagi seseorang yang ingin belajar tersebut. Faktor budaya dan tradisi memengaruhi perkembangan bahasa menjadi sulit atau mudah dipelajari.

Bahasa merupakan bagian dari budaya yang berjalan sangat lama, beberapa bahasa juga memiliki akar yang sama dan berkembang sesuai dengan budaya dan tradisi masing-masing. Nah, apa saja bahasa tersulit di dunia? Yuk kita simak di sini daftarnya!

1. Bahasa Mandarin

Honeymoon Journal Blog

Bahasa tersulit di dunia nomor 1 adalah Mandarin. Penggunanya adalah orang-orang di negara Cina, Taiwan, Hongkong, dan Singapura. Dari segi penulisan, Mandarin jelas memiliki sistem penulisan sendiri yang terdiri dari ribuan karakter. Selain itu, cara penuturannya juga harus diperhatikan. Nada yang berbeda bisa mengandung arti yang berbeda pula.

2. Bahasa Arab

bahasa tersulit di dunia
Deposit Photos

Bahasa kedua ini memiliki huruf tersendiri yang terdiri dari 28 huruf hijaiah. Untuk orang muslim, mengenali hurufnya saja bisa lebih mudah karena dipelajari sejak kecil. Hal itu juga menunjukkan betapa bahasa Arab sulit dipahami sehingga belajar menulisnya pun membutuhkan waktu lama. Tak hanya itu, penulisannya juga harus dimulai dari kanan ke kiri.

3. Bahasa Polandia

Bukalapak

Bahasa Polandia banyak digunakan di negara-negara Eropa, di antaranya Rusia, Slovakia, Republik Ceko, Rumania, dan Ukraina. Bahasa Polandia atau Polski ini dinyatakan sebagai bahasa tersulit karena pengucapannya. Misalnya, dalam satu kata hanya diisi dengan huruf konsonan dengan pengejaan yang asing. Salah satu contohnya “szczęście” yang berarti kebahagiaan.

4. Bahasa Rusia

bahasa tersulit di dunia
Alibaba

Berikutnya adalah bahasa yang digunakan di Rusia, Ukraina, Kazakhstan, Belarus, Kyrgyzstan, dan masih banyak lagi. Untuk bisa mempelajari bahasa Rusia, pastikan agar Sedulur paham dahulu huruf yang digunakan. Mereka menggunakan huruf dan alfabet Cyrillic yang berbeda dengan huruf latin. Pengucapannya pun banyak didominasi kata konsonan sehingga perlu dibiasakan.

BACA JUGA: 18 Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris dan Tipsnya

5. Bahasa Turki

Keluyuran

Banyak kata dalam bahasa Turki yang sama dengan bahasa Arab. Selain itu, pengucapan kata kerja cenderung panjang serta membutuhkan vokal yang berbeda antara tulisan dan pengucapan. Seperti halnya bahasa Rusia, bahasa Turki juga banyak menggunakan huruf konsonan. Untuk belajar bahasa tersulit di dunia yang satu ini, coba saja banyak menonton dramanya.

6. Bahasa Denmark

Deposit Photos

Bahasa Denmark atau Danish ada di urutan keenam. Penggunanya di Skandinavia sebenarnya memiliki bahasa yang relatif sederhana dan hampir sama dengan bahasa Inggris. Namun, pengejaannya lagi-lagi bisa terasa sulit untuk orang asing yang membutuhkan ketelatenan untuk terbiasa dengan ejaan-ejaan bahasa Denmark.

7. Bahasa Hungaria

Bukalapak

Dalam bahasa Hungaria, terdapat 14 vokal yang berbeda ketika diucapkan. Bahasa konsonannya bahkan lebih banyak dibandingkan yang terdapat pada bahasa Inggris. Misalnya, ada kata “sz” yang bisa diucapkan dengan “s” atau “sh”. Pengucapan itu tergantung pada kata yang digunakan.

8. Bahasa Bulgaria

bahasa tersulit di dunia
Deposit Photos

Bahasa Bulgaria ini banyak digunakan di negara-negara Eropa Timur. Yang membuatnya menjadi salah satu bahasa tersulit di dunia adalah pengucapan dan kata-kata yang berbeda dengan bahasa Inggris. Bahasa Bulgaria memiliki huruf vokal dan konsonan yang sulit pula untuk dipelajari.

BACA JUGA: 80 Kumpulan Peribahasa Lengkap Beserta Artinya

9. Bahasa Serbia

Semut Aspal

Sedulur ingat dengan huruf Cyrillic yang digunakan dalam bahasa Rusia? Ya, untuk mempelajari bahasa Serbia, Sedulur juga wajib memahami huruf ini dan huruf latin. Dalam pengucapannya juga ada huruf konsonan dan vokal. Tak hanya itu, bahasa Serbia sering kali menggunakan keterangan jenis kelamin dalam setiap katanya.

10. Bahasa Albania

Ali Express

Bahasa tersulit di dunia berikutnya adalah bahasa Albania yang merupakan bahasa resmi Balkan, Eropa. Sebagai salah satu bahasa tersulit di dunia, bahasa Albania ternyata menggunakan tata bahasa dan kosakata yang diambil dari Yunani dan Latin. Seperti Serbia, bahasa Albania juga banyak menggunakan kata yang mengandung keterangan jenis kelamin.

11. Bahasa Persia

GenPi

Bahasa Persia atau Fars banyak digunakan di negara Timur Tengah seperti Iran dan Afganistan. Bahasa tersulit di dunia ini juga akan sering dijumpai di Uzbekistan dan Tajikistan. Seperti halnya bahasa Arab, bahasa Persia juga menggunakan tulisan Arab yang ditulis dari kanan ke kiri.

12. Bahasa Yunani

bahasa tersulit di dunia
Deposit Photos

Bahasa tersulit di dunia berikutnya adalah bahasa Yunani. Bahasa ini sering kita temui dalam buku sejarah karena memang merupakan salah satu bahasa tertua di dunia. Namun ternyata, ada perbedaan dengan yang ada dalam buku sejarah karena bahasa Yunani Kuno berbeda dengan yang modern. Sama-sama sulit, versi modern ini berakar dari bahasa Spanyol, Prancis, dan Latin.

BACA JUGA: Kata Serapan: Pengertian & Contohnya dalam Berbagai Bahasa

13. Bahasa India

Head Topics

Bahasa India merupakan bahasa resmi negara India, Nepal, dan Pakistan. Mereka mempunyai cara pengucapan yang unik dan cenderung sulit untuk diikuti. Selain itu, penulisan hurufnya juga berbeda dengan yang lain dan memiliki huruf sendiri. Untuk bisa memahami bahasa India, sebaiknya Sedulur coba banyak menonton serial India dan berlatih pengucapannya.

14. Bahasa Vietnam

bahasa tersulit di dunia
Ali Express

Bahasa tersulit di dunia selanjutnya datang dari Asia tenggara. Bahasa ini merupakan rumpun bahasa Vietnamese Austroasiatik atau bahasa di daratan Asia Tenggara. Dalam bahasa Vietnam, pengucapan vokal yang berbeda bisa memberikan arti yang berbeda juga.

15. Bahasa Thailand

Head Topics

Seperti halnya bahasa tersulit di dunia yang lain, bahasa Thailand juga masuk ke dalam jajarannya karena mempunyai huruf sendiri yang harus dipelajari sebelum memahami bahasanya secara utuh. Dalam bahasa Thailand atau Siam, terdapat 5 nada dengan aksara yang terdiri dari 44 konsonan, 18 vokal, dan 6 diftong yang harus dihafalkan.

Itulah 15 bahasa tersulit di dunia menurut Foreign Service Institute (FSI). Untuk mempelajarinya, Sedulur bisa coba perbanyak bacaan atau mendengarkan musik dari bahasa yang tengah dipelajari. Selain itu, tidak perlu ragu untuk mempelajarinya hanya karena masuk daftar jejeran bahasa tersulit. Bisa saja, bahasa tersebut menjadi lebih menarik ketika Sedulur pelajari lebih dalam.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!