komprehensif adalah

Apakah Sedulur pernah mendengar istilah komprehensif? Secara sederhana, komprehensif adalah istilah yang merujuk pada pembahasan yang bersifat menyeluruh. Istilah ini banyak digunakan dalam ragam formal, seperti di lingkup akademis dan penulisan ilmiah. Selain itu, komprehensif juga kerap digunakan dalam penulisan teks berita, baik yang disiarkan melalui radio dan layar kaca televisi maupun surat kabar.

Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan komprehensif? Untuk mengetahui jawabannya, berikut sudah Super rangkum informasi lengkap mengenai komprehensif artinya dan contohnya. Simak sampai habis, ya, Sedulur!

Pengertian komprehensif adalah

komprehensif
Freepik

Disampaikan sebelumnya, komprehensif adalah kata atau istilah yang umum dijumpai dalam ranah formal. Kendati demikian, tidak sedikit orang yang masih belum memahami arti kata komprehensif secara memadai.

Seperti yang sudah disinggung pada bagian pembuka, arti komprehensif adalah pembahasan yang bersifat menyeluruh. Sementara itu, pengertian komprehensif adalah menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) diuraikan menjadi tiga poin.

Pertama, komprehensif adalah bersifat mampu menangkap atau menerima dengan baik. Kedua, komprehensif adalah luas dan lengkap, yang mana pengertian ini berkaitan dengan masalah ruang lingkup atau isi. Sedangkan pengertian komprehensif yang terakhir yaitu mempunyai dan memperlihatkan wawasan yang luas.

BACA JUGA: Interpretasi adalah: Pengertian, Contoh & Jenis-Jenisnya

Asal kata komprehensif

komprehensif adalah
Freepik

Komprehensif merupakan kata sifat atau adjektiva yang diserap dari bahasa Inggris, yakni “comprehensive.” Mengutip dari Kamus Cambridge, arti kata comprehensive adalah lengkap dan memuat segala hal yang diperlukan. Di sisi lain, Kamus Britannica menjelaskan pengertian komprehensif adalah kata sifat atau adjektiva yang berarti mencakup banyak hal atau lengkap.

Adapun berdasar uraian mengenai pengertian komprehensif menurut berbagai kamus di atas, dapat disimpulkan bahwa komprehensif adalah kata yang menunjuk pada sesuatu yang lengkap atau mencakup banyak detail. Contohnya adalah penjelasan yang komprehensif artinya penjelasan yang berisi keterangan secara lengkap dan kaya akan pengetahuan.

Sinonim kata komprehensif

komprehensif adalah
Freepik

Setelah memahami pengertian kata komprehensif, Sedulur dapat menyimak sinonim atau padanan kata dari komprehensif. Dikutip dari laman Tesaurus Bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud, komprehensif sinonimnya adalah sebagai berikut.

  • analitis
  • eksploratif
  • menyeluruh
  • adil
  • inklusif
  • lengkap
  • utuh
  • global
  • universal
  • umum

BACA JUGA: Profesional adalah: Pengertian, Ciri, Etika, Cara & Konsepnya

Komprehensif dalam berbagai bidang

 
Freepik

Istilah komprehensif digunakan dalam berbagai bidang kehidupan, mulai dari bidang filsafat, pelayanan, kesehatan, akuntansi, hingga kepemimpinan. Berkaitan dengan itu, komprehensif memiliki makna yang berbeda-beda pula di setiap bidangnya. Berikut penjelasan tentang komprehensif dalam beberapa bidang yang bisa Sedulur simak.

1. Komprehensif dalam bidang filsafat

Komprehensif dalam bidang filsafat adalah sebuah cara untuk melihat suatu hal secara lengkap yang meliputi berbagai aspek. Sehingga seseorang bisa menangkap dan memahami sesuatu secara menyeluruh hingga bagian yang terkecil. 

2. Komprehensif dalam bidang pelayanan

Secara sederhana, komprehensif dalam bidang pelayanan ialah upaya untuk memberikan pelayanan secara menyeluruh bagi pelanggan maupun masyarakat yang membutuhkan. Pelayanan yang komprehensif ini meliputi pemberian upaya preventif atau pencegahan, promotif atau promosi, kuratif atau mengobati, dan rehabilitatif.

3. Komprehensif dalam bidang kesehatan

Berikutnya adalah komprehensif dalam bidang kesehatan. Sederhananya, komprehensif dalam bidang kesehatan ialah pemberian penanganan terhadap pasien secara menyeluruh, mulai dari pendeteksian penyakit hingga proses penyembuhannya. 

4. Komprehensif dalam bidang akuntansi

Dalam bidang akuntansi, istilah komprehensif digunakan untuk menjelaskan tentang suatu proses atau prinsip membuat laporan keuangan, termasuk laporan laba dan rugi secara menyeluruh. Hal ini dilakukan untuk mengukur tingkat keberhasilan kinerja suatu perusahaan dalam periode tertentu.

5. Komprehensif dalam kepemimpinan

Selanjutnya, istilah komprehensif juga digunakan dalam bidang kepemimpinan. Terkait hal ini, seorang pemimpin yang memiliki pola pikir komprehensif akan cenderung memiliki sikap yang proaktif. Sehingga kepemimpinannya pun juga berjalan secara efektif dan efisien.

BACA JUGA: Komunikasi adalah: Pengertian, Unsur, Tujuan dan Fungsinya

Contoh penerapan istilah komprehensif dalam kalimat

Freepik

Untuk lebih memahami tentang istilah komprehensif, berikut beberapa contoh penggunaan komprehensif dalam kalimat beserta artinya.

1. Pemikiran komprehensif Raden Ajeng Kartini bisa membuktikan betapa berharganya wanita di mata dunia.

Pada kalimat di atas, kata komprehensif memiliki arti pemikiran atau wawasan yang luas dan menyeluruh.

2. Rumah Sakit Super menyediakan layanan komprehensif kepada pasien.

Kalimat di atas memiliki makna bahwa rumah sakit memberikan pelayanan secara menyeluruh, mulai dari upaya preventif hingga pengobatan.

3. Seluruh mahasiswa semester akhir mengikuti ujian komprehensif.

Kata komprehensif pada kalimat di atas berarti ujian yang bersifat menyeluruh atau mencakup semua aspek dalam bidang ilmu tertentu.

Manfaat pola pikir komprehensif

Freepik

Berdasarkan contoh kalimat di atas, diketahui bahwa istilah komprehensif juga digunakan sebagai kata sifat yang menggambarkan pola pikir seseorang. Adapun pola pikir komprehensif dapat dimaknai sebagai pola pikir yang terbuka. Sehingga seseorang dengan pola pikir ini cenderung dapat menghargai pemikiran orang lain. Tak hanya itu, pola pikir komprehensif juga ditandai dengan pemikiran yang proaktif, kreatif, dan juga positif.

Adapun memiliki pola pikir komprehensif memiliki beragam manfaat. Misalnya, seseorang dengan pemikiran yang proaktif cenderung dapat berperan sebagai pemimpin yang baik dalam sebuah kelompok. Selain itu, pemikiran kreatif juga bisa mendorong seseorang untuk menciptakan inovasi.

Demikian tadi pembahasan mengenai komprehensif yang dilengkapi dengan contoh penerapannya dalam berbagai bidang kehidupan. Berdasarkan ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa komprehensif merupakan kata sifat atau adjektiva yang memiliki makna sesuatu yang lengkap dan mencakup detail tentang suatu hal. Nah, semoga artikel ini dapat membantu Sedulur dalam memahami pengertian komprehensif, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.