Ayam poland merupakan salah satu unggas hias yang memiliki keunikan tersendiri. Ciri khas yang dimilikinya adalah jambul cantik yang terletak pada kepala. Bahkan, bulu-bulu yang disebut jambul di kepalanya itu sampai menutupi bagian mata. Karena itu, ayam ini disebut juga dengan ayam mahkota atau jambul.

Jenis unggas ini merupakan hasil persilangan antara jenis biasa dengan hias. Menurut beberapa sumber, jenis yang satu ini berasal dari Belanda. Akan tetapi, masih belum diketahui lokasi asal pastinya. Penasaran dengan serba serbi ayam Poland yang menarik untuk diketahui? Berikut adalah ulasannya untuk Sedulur. 

BACA JUGA: Mengenal Ayam Kalkun: Jenis, Harga dan Cara Budidayanya

1. Asal usul ayam poland

ayam poland
omkicau

Meskipun asal usul pastinya belum ditemukan, ada salah satu tanda bahwa unggas ini berasal dari Eropa. Hal tersebut berdasarkan adanya referensi paling tua yang ditemukan berupa patung unggas berjambul yang ada di Vatikan. Selain itu, ditemukan juga tulang tengkorak di Romawi oleh beberapa arkeolog yang strukturnya mirip dengan unggas hias unik ini.

Pada beberapa negara, unggas berjambul ini dipelihara untuk hiasan di rumah dan juga untuk mengikuti beberapa kontes. Di Indonesia sendiri, kontes unggas berbulu lembut ini belum begitu populer. Meskipun begitu, ada beberapa kota besar yang pernah mengadakan kontesnya. 

Sebagai salah satu unggas hias yang populer, jenis yang satu ini banyak digunakan untuk hiasan yang diletakkan di pekarangan rumah. Sehingga, jarang dimanfaatkan untuk diambil dagingnya, walaupun jenis ini dikenal cukup produktif dan tidak langka. 

Ketika bertelur, indukan ayam poland kurang pandai merawat anaknya. Kebanyakan, indukan tidak mau mengerami anak-anaknya. Sehingga, perlu dilakukan penetasan melalui mesin penetas agar bisa maksimal. 

2. Ciri ayam poland

ayam poland
versesofuniverse

Setiap jenis hewan memiliki ciri khas yang menjadi daya tariknya tersendiri. Tak terkecuali ayam poland yang ciri-cirinya adalah memiliki mahkota atau jambul pada bagian kepalanya. Jambul tersebut mirip dengan bulu-bulu halus yang menjuntai hingga menutupi bagian mata. Bulu yang dimilikinya termasuk lebar dan memiliki tekstur yang lembut juga tebal. 

Postur yang dimiliki unggas berjambul ini cenderung lebih pendek dibanding dengan yang biasanya. Dadanya juga membusung, sehingga memiliki tampilan yang unik dan indah. Paruh yang dimilikinya juga bersih dan cerah, sehingga menambah daya tariknya tersendiri.

3. Cara membedakan ayam poland jantan dan betina

ayam poland
lummoshop

Jika Sedulur yang masih awam dalam membedakan jenis betina dengan jantan, pasti cukup sulit jika dengan melihatnya secara sekilas. Cara membedakan ayam poland jantan dan betina adalah dengan melihat pada bagian jenggernya. 

Untuk jenis yang berkelamin jantan, bentuk jengger yang dimiliki menyerupai tanduk dengan warna merah. Sedangkan untuk jenis betina, jengger yang dimilikinya tidak terlalu terlihat karena tertutupi oleh bulu jambul.

Selain itu, ada pula hal lain yang membedakan keduanya, yaitu ayam poland jantan memiliki pial yang berwarna merah dan menggantung di dagu. Postur sang jantan juga lebih pendek dan membusung ke depan. Dibandingkan dengan betina, jantan memiliki tubuh yang lebih besar. 

BACA JUGA: Ayam Mangon Asli: Kenali Ciri, Kelebihan, Jenis & Harganya

4. Makanan ayam poland

ayam poland
pinhome

Agar bisa tumbuh dengan sehat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah pemberian makanan yang bergizi dan cocok. Makanan yang cocok diberikan untuk ayam poland adalah campuran dari voer, jagung giling, dan konsentrat. 

Letakkan makanannya pada wadah khusus yang posisinya lebih tinggi. Sehingga, unggas unik ini bisa dengan mudah mengambilnya ketika lapar. Usahakan makanan yang Sedulur berikan tidak mengenai jambulnya. 

Selain membuat jambul menjadi kotor, makanan yang mengenai jambul akan memudahkan jambul untuk terserang jamur. Berikan makanannya selama satu kali dalam sehari agar kesehatannya terjaga. Jangan lupa untuk memberikan vitamin secara berkala dengan cara mencampurkannya pada makanan yang telah disediakan. 

Untuk jenis unggas hias yang berusia satu bulan, berikan vaksin avian influenza dan vaksin ND agar kesehatan semakin terjaga. Pemberian vaksin ini dilakukan ketika unggas dalam kondisi sehat. 

5. Jenis ayam poland

ayam poland
pinhome

Setelah mengetahui ciri-ciri dan makanan apa saja yang diberikan, kini saatnya mengetahui juga beberapa jenis ayam poland. Berikut adalah beberapa jenisnya:

Ayam poland kapas

Jenis yang pertama adalah kapas. Sesuai dengan namanya, jenis yang satu ini memiliki bulu yang lebat, bertekstur lembut, dan berwarna putih bersih layaknya kapas putih yang sedang berjalan. Jenis yang satu ini sangatlah mempesona karena bentuk yang dimilikinya. Tak heran, harga yang ditawarkan pun tergolong cukup merogoh dompet.

Ayam poland batik

Jenis selanjutnya adalah ayam poland batik. Sesuai dengan namanya, ciri khas yang dimiliki jenis ini adalah corak atau motif bulu yang mirip batik. Motif tersebut memiliki pola yang cenderung beraturan dan rapi, seperti kain batik. Motif inilah yang membuatnya sangat indah dan juga unik. Cocok untuk dipelihara di pekarangan rumah.

Ayam poland ori

Ayam poland ori merupakan jenis yang masih murni atau original, alias bukan hasil dari penyilangan dengan jenis yang lainnya. Biasanya. Jenis ini memiliki warna gelap, yaitu hitam. Ada pula jenis yang merupakan perpaduan dari warna hitam dengan cream, coklat, merah, bahkan jingga. Umumnya, jenis ini adalah jenis yang langsung dari negara asalnya.

Ayam poland silangan

Berikutnya adalah jenis silangan yang merupakan hasil perkawinan atau penyilangan dari berbagai jenis lainnya. Bisa jadi jenis kampung, jambul bertanduk, dan ayam poland legun atau leher gundul. Ada juga yang merupakan hasil silangan dari ayam hutan, walik, dan biasa. 

Ayam poland tanduk

Sesuai dari namanya, ayam poland tanduk memiliki ciri khas di jenggernya yang berbentuk mirip dengan tanduk. Apabila dibandingkan dengan jenis lainnya, yang satu ini mempunyai bulu yang lebih indah. Bulunya menjuntai dengan sempurna dengan jambul berbentuk tanduk di bagian kepalanya.

Ayam poland jambul mahkota

Jenis jambul mahkota ini berbentuk sedikit berbeda dengan jenis jambul biasa. Jambul mahkota memiliki bulu jambul yang terletak di kepalanya dan bentuknya menyerupai mahkota. Bahkan, matanya bisa tertutupi karena bulu yang dimiliki jenis ini mengembang dan memenuhi seluruh kepala. Di bagian tengah, bulu jambulnya berdiri tegak dan membuatnya semakin gagah seperti raja bermahkota.

Ayam poland walik

Jenis terakhir adalah ayam poland walik. Dalam bahasa Indonesia, walik artinya adalah balik. Maksud dari kata balik ini adalah bulu yang dimiliki jenis ini terbalik menghadap ke depan. Bulu jenis walik ini akan terlihat berantakan, mengembang, dan seperti tidak disisir. Namun, hal itulah yang justru membuat jenis ini begitu unik dan berbeda dari yang lainnya. Ada pula beberapa orang yang menyebut jenis ini sebagai bulu keriting.

6. Batasi minumnya

ayam poland
pinhome

Selain memberikan makanan, jangan lupa untuk memberinya minum agar kesehatannya terjaga. Jangan terlalu banyak memberikan minum pada ayam poland, agar tubuhnya terhindar dari penyakit pilek. Tak hanya pilek, membatasi minum juga bertujuan agar jambulnya tidak mudah basah. Sehingga, virus tidak mudah menempel pada jambul. Jika virus dan bakteri hinggap di jambulnya, maka bisa jadi menyebar ke seluruh tubuhnya.

BACA JUGA: 4 Jenis & Ciri Ayam Bangkok, Ayam Aduan Terbaik Paling Mahal

7. Kandang ayam poland

gerava

Sebaiknya, kandang dibuat pada tempat yang tidak terlalu banyak angin. Jenis unggas berjambul yang satu ini menyukai tempat yang temperaturnya hangat. Agar tidak mudah stress dan terserang penyakit, keluarkan unggas dua sampai tiga kali sehari. 

8. Suhu di dalam kandang

mahasvin

Usahakan supaya unggas peliharaan Sedulur tetap dalam kondisi yang normal dan tidak mengalami kedinginan karena suhu temperatur yang terlalu panas atau terlalu dingin. Beapabila udaranya terlalu dingin, maka ayam poland akan lebih mudah terserang pilek dan stress. 

Untuk usia unggas 0-3 bulan, sebaiknya diberikan sebuah lampu pijar yang ukurannya 40 atau 45 watt. Hal ini bertujuan supaya kandang tetap dalam keadaan hangat, karena unggas berjambul ini butuh suhu yang selalu hangat. 

9. Pilih indukan yang bagus jika ingin beternak

hobiternak

Jika Sedulur ingin menjadikan ayam poland sebagai ladang bisnis, maka perlu memilih indukan yang berkualitas bagus dan juga sehat. Ciri-ciri indukan yang berkualitas diantaranya adalah tidak ada cacat fisik, bersifat riang dan gesit, memiliki dada yang tegap dan sayap yang tidak lunglai, serta gerakannya lincah. 

Jika sudah menemukannya, maka selanjutnya adalah melakukan tahapan pengawinan. Tahapan ini dilakukan ketika indukan sudah berusia dewasa, kira-kira usia delapan bulan. Jika bisa memilih indukan yang berkualitas baik, maka telur yang dihasilkan akan baik juga.

BACA JUGA: Ayam Shamo Aduan: Kenali Jenis, Ciri-ciri & Kelebihannya

10. Harga ayam poland anakan

pinhome

Jika Sedulur tertarik untuk memelihara atau beternak ayam poland, maka bisa dimulai dari anakannya dulu. Harga anakannya mempunyai kisaran harga sekitar 125 sampai 150 ribu per ekor. Perlu diketahui bahwa harga tersebut merupakan kisaran untuk jenis biasa. Untuk jenis walik atau kapas, harga yang dibanderol pastinya lebih tinggi. Selain berdasarkan jenis, harga juga berbeda tergantung umur dari anakan itu sendiri.

11. Harga ayam poland kapas

wacaberita

Ayam poland harganya memang bermacam-macam tergantung jenisnya, termasuk jenis kapas. Rata-rata harganya terbilang cukup mahal, bahkan ada yang mencapai jutaan rupiah. Pertimbangan harganya berdasarkan dari kualitas bulu yang bersih, lembut, serta elok untuk dipandang. Tampilannya yang menawan membuat jenis unggas ini sering diikutsertakan dalam kompetisi ayam hias. Jika sudah pernah memenangkan kompetisi, maka harga yang dibanderol akan semakin tinggi.

12. Harga ayam poland dewasa

hargaweb

Harga ayam poland sepasang berusia dewasa berkisar pada angka satu jutaan. Jadi, per ekornya dibanderol dengan harga 500 ribuan. Harga akan menjadi bertambah tinggi jika kualitas yang ditawarkan semakin baik. Pertimbangannya adalah memiliki bulu yang bagus, telur yang dihasilkan berkualitas, serta kejuaraan yang diperoleh dari berbagai kompetisi. Untuk jenis indukan dewasa, ciri yang bagus adalah mampu bereproduksi, bebas hama dan penyakit, produksi yang dihasilkan jauh lebih tinggi, dan tentunya sudah mencapai umur dewasa.

BACA JUGA: Ayam BIrma Asli Aduan Kenali Ciri, Jenis & Kelebihannya

13. Kelebihan memelihara

hobiternak

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, unggas bermahkota ini memiliki berbagai macam jenis seperti walik, hitam, putih, dan lain sebagainya. Itulalh yang menjadi salah satu kelebihan yang dimilikinya. Selain itu, ada pula beberapa kelebihan yang dimiliki ayam poland ini diantaranya adalah budidaya yang tergolong mudah dan sederhana, produksi daging dan telur yang tinggi, mudah beradaptasi dengan lingkungan, dan tentunya memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Walaupun bukan untuk dikonsumsi, ayam poland menjadi salah satu jenis unggas hias yang nilai jualnya cukup tinggi. Sehingga, cocok untuk dijadikan lahan bisnis yang menjanjikan. Dengan daya tarik yang dimilikinya yaitu pada jambul dan bulunya, harga yang ditawarkan bisa jutaan rupiah per pasangnya. Bagaimana, tertarik untuk memeliharanya?

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.