Mengenal Ayam Aduan Mnagon, Ciri Hingga Harganya

Bagi para pecinta ayam petarung, mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ayam mangon. Ya, jenis ayam ini memang cukup terkenal di kalangan para peminat aduan ayam. Menyandang sebutan ayam jagoan nampaknya juga tepat, karena kemampuan bertarungnya yang cukup kuat.

Ayam mangon ori adalah bentuk dari hasil kawin silang antara ayam pama dan ayam saigon. Ya, jika dilihat dari indukan asalnya , jenis ayam yang satu ini memang cukup menjanjikan. Jadi banyak pecinta ayam aduan yang mencari jenis satu ini.

Nah, bagi Sedulur yang ingin tahu lebih dalam tentang ayam bangkok mangon, langsung saja simak informasi  di bawah ini ya.

BACA JUGA: Ciri Ayam Pakhoy Petarung Handal Berkualitas Tinggi

Sejarah ayam mangon

ayam mangon
killerrr

Seperti yang tadi sudah dikatakan, ayam mangon ini dihasilkan dari ayam pama dan ayam saigon. Pama sendiri merupakan jenis ayam yang berasal dari negara Myanmar, atau di Indonesia lebih dikenal sebagai ayam birma. Sedangkan dalam bahasa Thailand, pama itu berasa dari kata pa & ma yang berarti Myanmar.

Jadi sekitar 300-400 tahun lalu, ada sebuah pertandingan antara Raja Thailand dengan Raja Myanmar. Namun mereka tidak bertarung atau berperang secara langsung, melainkan menggunakan ayam sebagai alat tempur.

Sang Raja Thailand menggunakan jenis ayam dari negaranya, yakni LHK. Sementara dari pihak Myanmar, mewakilkan ayam Pama. Dan pada akhirnya, Raja Thailand lah yang berhasil memenangkan pertandingan tersebut.

Setelah kalah dalam pertandingan, beberapa orang dari Myanmar memutuskan untuk menyempurnakan ayam tersebut. Jadi mereka mencoba untuk menyempurnakan ayam pama dengan cara mengawinkan silang dengan ayam saigon yang berasal dari Vietnam.

Chiang Mai adalah salah satu kota terbesar dalam penyebaran ayam pama, dan kota tersebut juga menjadi tempat penyilangan pertama antara pama dan jenis saigon. Tidak heran jika Sedulur akan banyak menemukan jenis ayam pama di kawasan tersebut.

Ciri ciri ayam mangon

ayam mangon
kompak

Sama seperti jenis-jenis ayam yang lain, ayam mangon ini juga mempunyai ciri khasnya tersendiri. Nah, berikut ini ciri-ciri dari jenis persilangan antara ayam pama dan ayam saigon tersebut.

Ciri khas

Ayam ini mempunyai bulu yang lebat, biasanya warnanya gelap dan cenderung kurang menarik dibandingkan dengan ayam aduan lain. Warna tubuh ayam ini cukup bervariasi.  Ada yang coklat, hitam, kelabu, jalak, dan juga merah.

Bentuk telur

Seperti kebanyakan ayam hasil persilangan lainnya, magon betina juga bisa bertelur. Bentuk telurnya, kurang lebih sama dengan telur ayam pada umumnya. Namun hanya sedikit lebih oval.

Warna Telur

Warna telur dari ayam ini juga tidak jauh beda dengan telur pada umumnya, yakni memiliki warna hampir kecoklatan. Jika dibandingkan telur ayam petelur, warnanya lebih muda dan coklat pudar.

Fisik

Dengan ukuran tubuhnya yang terbilang besar, ayam ini bisa bertarung dengan kuat dan memiliki daya pukul yang tangguh.

Untuk bobotnya, berkisar antara 3 sampai 4 kg, namun ada beberapa yang bisa mencapai 5kg. Kaki yang dimiliki juga cukup besar, dan biasanya berwarna gelap. Kemudian untuk postur tubuh tegap dan besar. Hal ini yang jadi kelebihan ayam mangon.

Jenis-jenis ayam mangon

ayam mangon
kompak

Ayam mangon super istimewa

Harga ayam mangon super jenis ini cukup mahal, yakni sekitar 1 hingga 2 juta rupiah. Namun pernah ada juga yang berhasil menjual jenis ayam ini seharga 5 juta rupiah. Warna kakinya tidak terang alias agak buram, dan warna kukunya gelap atau bahkan ada yang hitam pekat.

Ayam magon import

Bisa dibilang ciri-ciri dari jenis magon ini tidak berbeda dari jenis yang lain. Jadi perbedaannya hanya ada pada asalnya saja.

Ayam magon original

Jenis ini merupakan hasil persilangan dari ayam pama dan sangon secara langsung. Jadi untuk jenis yang satu ini masih benar-benar murni, belum disilangkan lagi dengan ras yang lain.

Ayam magon ori Thailand

Dalam arena pertandingan, jenis magon ori thailand biasanya suka berlarian memutari arena tersebut. Hal ini adalah salah satu taktik yang digunakan untuk mengecoh lawannya, dan kemudian menyerang secara tiba-tiba ketika lawan sudah lelah mengejar.

Ayam magon betina

Untuk ayam ini, mempunyai jari yang halus dan bulu badan yang mengkilap. Bentuk kepalanya menyerupai ular, serta jarinya runcing dan halus. Selain itu, bulu dari mangon betina juga terlihat cantik dan mengkilap.

BACA JUGA: Ayam BIrma Asli Aduan Kenali Ciri, Jenis & Kelebihannya

Cara memilih ayam mangon yang bagus

ayamkompak

Untuk memilih ayam magon yang bagus, Sedulur harus memperhatikan beberapa ciri-ciri yang ada pada ayam tersebut. Untuk indukan jantan, pilihlah ayam dengan bentuk kepala menyerupai buah pinang dan posisi berdirinya tegak serta berbadan kekar.

Pastikan juga bentuk paruhnya melengkung seperti burung elang, serta sayapnya kuat dan rapat dengan badan. Selain itu, pilih yang warna bulunya mengkilap, jari kaki halus dan runcing panjang, dan kakinya kokoh.

Sementara untuk memilih magon induk betina, Sedulur perlu memperhatikan bentuk kepala yang mirip dengan kepala ular, warna bulu yang mengkilap, tidak pernah sakit, memiliki taji, dan juga jarinya runcing serta halus.

Kelebihan dari ayam magon

kompak

Di dalam pertarungan, ayam magon ini memiliki keunggulan dalam kecerdasan. Bahkan dalam keadaan mendesak sekalipun, ayam tersebut masih bisa membalikkan keadaan dan menyerang balik. Ia mempunyai tulang yang sangat kuat dan juga kaki yang kokoh.

Selain itu, jenis ayam tersebut gesit dan fleksibel dalam pergerakannya. Hal ini dapat terjadi dari kondisi fisiknya yang cukup besar, sehingga pukulan yang dilayangkan cukup keras, terutama pada bagian kepala dan leher.

Kekurangan ayam mangon

twitter/টুইটারে

Ayam mangon ini kurang bagus dalam akurasi pukulan yang dilontarkan jika tidak dari arah depan. Dalam laga unggas, ayam ini tidak mempunyai teknik yang beragam dan bervariasi. Jadi dapat dibilang jika gaya bertarungnya selalu monoton dan dianggap kurang pantas, namun inilah yang menjadi ciri khasnya.

Apabila mencari referensi peternak mangon yang berkualitas dan sudah malang melintang, maka Sedulur perlu menyiapkan dana yang cukup besar. Ini karena para peternak tidak asal-asalan dalam proses breeding, supaya mangon yang dihasilkan sesuai dengan yang diinginkan.

Perbedaan ayam mangon dan ayam magon

sasanangapak

Jika dilihat dari namanya, mungkin banyak yang masih bingung apakah ayam mangon dan ayam magon itu berbeda? atau sebenarnya sama? Jadi untuk ayam mangon itu merupakan hasil dari kawin silang ayam pama dan saigon.

Kemudian istilah ayam magon digunakan untuk hasil penyempurnaan dari ayam pama itu sendiri. Dilihat dari segi fisik, ayam magon cenderung lebih besar, kuat, dan juga kokoh. Sementara untuk ayam mangon, cenderung lebih kecil dan lehernya yang pendek.

Variasi warna dari bulu ayam mangon juga tidak sebanyak ayam magon.  Kebanyakan jenis ayam ini memiliki bulu berwarna merah kecoklatan, atau bahkan menyerupai warna dan pola batik.

Harga ayam magon

jualayampukul

Bisa dibilang jika ayam magon adalah salah satu jenis ayam petarung unggulan. Jadi tidak heran jika harga yang ditawarkan oleh penjual pun cukup bervariasi, tergantung dengan jenis ayam yang seperti apa yang diinginkan oleh pembeli.

Tidak hanya itu, kondisi, karakteristik, dan umur ayam juga berpengaruh pada harga. Untuk harga ayam mangon ori atau asli, harganya berkisar antara Rp 400.000,00 sampai Rp 800.000,00.

Sementara untuk jenis magon betina, harga di pasaran dipatok antara Rp 1.750.000,00 sampai dengan Rp 5.000.000,00.

Atau jika Sedulur mempunyai budget lebih, maka bisa mempertimbangkan ayam magon bulbi. Harga dari jenis ayam bisa ini mencapai di atas Rp 1.000.000,00, atau bahkan mencapai Rp 12.000.000,00 tergantung dari kondisi ayam itu sendiri.

Cara merawat ayam magon

noxinfluencer

Dalam pemeliharaan jenis ayam ini, terdapat tiga aspek yang harus diperhatikan dengan teliti agar hasilnya lebih bagus. Tiga aspek tersebut adalah makanan, memandikan, dan juga melatih.

Makanan

Dalam pemberian pakan, Sedulur perlu memperhatikan usia dari ayam. Hal ini karena ayam yang berusia 3 bulan membutuhkan jenis dan komposisi makanan yang berbeda dengan ayam usianya sudah 6 bulan.

Beberapa jenis makanan yang baik untuk ayam ini seperti keong mas, gabah, beras merah, cacing tanah, jagung, dan singkong.

Memandikan

Untuk menjaga kesehatan ayam, Sedulur bisa rutin memandikannya. Pemandian ayam ini bisa dilakukan dua kali dalam seminggu.

Dalam proses memandikan, Sedulur hanya perlu menggunakan handuk atau kain bersih yang dibasahi.  Kemudian lap seluruh badan ayam sampai benar-benar bersih.

Melatih

Dalam proses pelatihannya, ada empat jenis latihan yang bisa digunakan. Pertama, memijat leher secara perlahan saat dimandikan. Kedua, gantungkan kaki ayam dengan tali selama beberapa saat.

Ketiga, melempar ayam dari ketinggian yang wajar. Dan yang terakhir, melatih mentalnya dengan cara mengadu dengan ayam lain.

BACA JUGA: Ayam Shamo Aduan: Kenali Jenis, Ciri-ciri & Kelebihannya

Mungkin hanya informasi mengenai ayam mangon yang bisa disampaikan pada kesempatan kali ini. Ketangguhan dan kesuksesan ayam tersebut dalam pertandingan, tentunya dipengaruhi oleh bagaimana si pemilik merawatnya.

Namun selain itu, asal usul atau indukan juga memiliki peranan penting dalam hal tersebut. Jadi, pahami semua informasi di atas, sebelum Sedulur memelihara ayam mangon kesayangan.