surga

Hamba Allah yang selalu taat kepada perintah Allah, beriman, dan bertaqwa akan mendapat hadiah surga pada kehidupan akhir kelak. Allah menciptakan tempat terbaik ini hanya untuk orang-orang terplih yang berhasil memperoleh amal kebaikan selama hiduonya di dunia. 

Fiman Allah dalam surat Az-Zumar ayat 73 berbunyi:

وَسِيقَ ٱلَّذِينَ ٱتَّقَوْا۟ رَبَّهُمْ إِلَى ٱلْجَنَّةِ زُمَرًا ۖ حَتَّىٰٓ إِذَا جَآءُوهَا وَفُتِحَتْ أَبْوَٰبُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَا سَلَٰمٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَٱدْخُلُوهَا خَٰلِدِينَ

Wa sīqallażīnattaqau rabbahum ilal-jannati zumarā, ḥattā iżā jā`ụhā wa futiḥat abwābuhā wa qāla lahum khazanatuhā salāmun ‘alaikum ṭibtum fadkhulụhā khālidīn.

Artinya: Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhan dibawa ke dalam surga berombong-rombongan (pula). Sehingga apabila mereka sampai ke surga itu sedang pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu. Berbahagialah kamu! maka masukilah surga ini, sedang kamu kekal di dalamnya.’” (Q.S. Az-Zumar: 73).

Lantas apakah Sedulur mengetahui 10 nama-nama surga dan untuk siapa yang berhak menghuninya? Simak penjelasan tentang nama surga di bawan ini.

BACA JUGA : Internet adalah: Pengertian, Sejarah, Perkembangan & Manfaat

Nama-nama surga mengikut urutan tingkatannya

Nama-nama surga mengikut urutan
islamidia.com

Tingkatan surga Islam dibagi menjadi delapan berdasarkan calon penghuninya. Simal ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA : Sejarah Muhammadiyah Beserta Tujuan dan Perkembangannya

1. Firdaus

Firdaus
iStock

Seorang muslim tentu tidak asing dengan nama surga Firdaus. Tempat ini menjadi tingkatan pertama dan paling tinggi derajatnya bagi umat muslim. Firdaus dijelaskan dalam surat Al-Kahfi ayat 107:

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّاتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُلًا

Artinya: “Sungguh, orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, untuk mereka disediakan surga Firdaus sebagai tempat tinggal,” (QS. Al-Kahfi : 107).

Calon penghuni surga Firdaus adalah orang beriman yang khusu’ dalam sholat, selalu menunaikan zakat, menghindari zina dan senantiasa taat pada perintah Allah SWT.

2. ‘Adn

nama-nama surga dan artinya
iStock

‘Adn diciptakan Allah SWT dari intan putih. Calon penghuninya adalah kaum mukmun, baik laki-laki dan perempuan. Allah berfirman tentang surga ‘Adn dalam surat As-Shaff ayat 12 yang berbunyi:

يَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَيُدْخِلْكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ وَمَسَاكِنَ طَيِّبَةً فِي جَنَّاتِ عَدْنٍ ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

Artinya: “Niscaya Allah mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan ke tempat-tempat tinggal yang baik di dalam surga ‘Adn. Itulah kemenangan yang agung.”

3. Na’im

Na’im
Behance

Surga Na’im dipenuh dengan kenikmatan dan keberkahan bagi para penghuninya, karena mereka bisa meminta makanan, minuman, pakaian, tempat tinggal, serta kebahagiaan lahir dan batin. Ini sesuai dengan firman Allah dalam surat Luqman ayat 8:

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ جَنَّاتُ النَّعِيمِ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan,” (QS. Lukman : 8).

BACA JUGA : Pengertian Sejarah: Unsur, Fungsi, Manfaat & Klasifikasinya

 4.  Ma’wa

Ma’wa
iStock

Ma’wa adalah tingkatan surga yang ditujukan kepada umat Muslim yang selalu takut kepada Allah SWT. Hal ini dijelaskan dalam surah An-Naziat ayat 40 dan 41.

وَاَمَّا مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهٖ وَنَهَى النَّفْسَ عَنِ الْهَوٰىۙ

فَاِنَّ الْجَنَّةَ هِيَ الْمَأْوٰىۗ

Artinya: Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari (keinginan) hawa nafsunya. Maka sungguh, surgalah tempat tinggal(Nya).

5. Darussalam

Darussalam
iStock

Dari nama-nama surga dan artinya, darussalam adalah rumah keselamatan dan akan menjadi tempat tinggal yang kekal bagi penghuninya. Yaitu orang-orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah, merenungkan tanda-tanda kebesaran-Nya, dan orang yang selalu mengakui kebesaran Allah. Allah berfirman dalam surat Al An’am ayat 127:

لَهُمْ دَارُ السَّلَامِ عِنْدَ رَبِّهِمْ ۖ وَهُوَ وَلِيُّهُمْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Artinya: “Bagi mereka (disediakan) tempat yang damai (surga) di sisi Tuhannya. Dan Dialah pelindung mereka karena amal kebajikan yang mereka kerjakan.” (QS Al- An’am: 127).

6. Darul Muqomah

Darul Muqomah
iStock

Surga tingkatan keenam adalah Darul Muqamah yang diperuntukkan bagi orang-oarang yang semasa hidupnya senantiasa berbuat kebaikan dan menjauhi larangan Allah SWT. Hal ini dijelaskan dalam surat Al-Fatir surat 35:

وَقَالُوا۟ ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ ٱلَّذِىٓ أَذْهَبَ عَنَّا ٱلْحَزَنَ ۖ إِنَّ رَبَّنَا لَغَفُورٌ شَكُورٌ34 ٱلَّذِىٓ أَحَلَّنَا دَارَ ٱلْمُقَامَةِ مِن فَضْلِهِۦ لَا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلَا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوبٌ 35

Artinya: “Dan mereka berkata: ‘Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri 34. Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu.(QA Al Fatir : 35)

7. Muqamal Amin

Muqamal Amin
iStock

Urutan ketujuh adalah surga Muaqamal Amin. Tempat ini dijanjikan Allah SWT untuk hamba yang memiliki keimanan dengan tingkat yang muttaqin. Selain itu, orang muttaqin juga akan mendapatkan kebahagiaan.

Orang yang muttaqin adalah mereka yang beriman kepada hal ghaib, kepada Al-quran dan kitab-kitab sebelumnya serta menginfaqkan hartanya. Dalam surat Ad Dukhan ayat 51 Allah berfirman:

إِنَّ ٱلْمُتَّقِينَ فِى مَقَامٍ أَمِينٍ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman.” (Q.S. Ad-Dukhan: 51).

8.  Khuldi

Khuldi
iStock

Surga tingkatan kedelapan adalah Khuldi. Penghuninya adalah orang-orang selalu bertaqwa kepada Allah SWT. Sedangkan syarat ketaqawaannya dijelaskan dalam surat Al Furqon ayat 15:

قُلْ أَذَٰلِكَ خَيْرٌ أَمْ جَنَّةُ ٱلْخُلْدِ ٱلَّتِى وُعِدَ ٱلْمُتَّقُونَ ۚ كَانَتْ لَهُمْ جَزَآءً وَمَصِيرًا

Artinya: “Katakanlah: “Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa?” Dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka?” (Q.S. Al-Furqan: 15).

BACA JUGA : Bacaan Niat Ganti Puasa Beserta Tata Cara dan Hukumnya

Nama-nama pintu surga

Nama-nama pintu surga
iStock

Terdapat beberapa perbedaan pendapat mengenai pintu surga. Di antara kemungkinannya adalah:

  1. Babul kazhiminal ghaizha (pintu menahan marah) yang dimasuki oleh orang-orang yang bisa menahan amarahnya
  2. Babul ayman (pintu kanan) yang dimasuki oleh orang-orang yang sempurna tawakalnya.
  3. Babur radhiin (pintu ridha) yang dimasuki oleh orang-orang yang ridha kepada takdir Allah
  4. Babut taubah (pintu taubat) yang dimasuki oleh orang-orang yang bertaubat nasuha
  5. Babul walid (pintu berbakti pada orang tua) yang dimasuki oleh orang-orang yang berbakti kepada orang tua
  6. Babul hajji (pintu haji) yang dimasuki oleh orang-orang yang menyempurnakan hajinya
  7. Babudz dzikri (pintu zikir) yang dimasuki oleh orang-orang yang banyak berzikir
  8. Babul ilmi (pintu ilmu) yang dimasuki oleh orang-orang yang memiliki ilmu yang bermanfaat

Nama neraka 

nama neraka
iStock

Selain surga, Sedulur juga wajib mengetahui daftar nama neraka berdasarkan keterangan dalam Alquran:

  1. Neraka Jahannam diperuntukkan untuk orang yang melakukan dosa besar. Neraka ini juga menjad neraka dengan tingkatan yang paling tinggi.
  2. Neraka Izza termasuk tingkatan neraka kedua yang diperuntukkan untuk mereka yang tidak mau mengikuti ajaran Rasulullah dan enggan bersedekah.
  3. Neraka Huthamah diisi oleh orang-orang yang suka mengumpat dan mencela, enggan bersedekah, dan selalu perhitungan untuk sesama. 
  4. Nerka Sa’ir bermakna sesuatu yang berkorbar. Neraka ini untuk orang yang gemar memakan harta anak yatim, mendustakan hari kiamat dan korupsi.
  5. Neraka Saqar memiliki api yang sangat panas dan membakar. Neraka Saqar ditujukan untuk orang yang sombong, tidak menunaikan sholat, dan orang yang tidak memberi makan orang miskin.
  6. Neraka Jahim yang berarti panas sekali. Neraka ini ditujukan untuk orang dusta terhadap ayat-ayat-Nya, dan lupa dengan urusan akhirat karena sibuk dengan urusan duniawai.
  7. Neraka Wail dipersiapkan untuk orang yang selalu riya dan sombong dalam menunjukkan amal kebaikannya kepada orang lain.
  8. Neraka Hawiyah ditujukan untuk orang yang ringan timbangan amal kebaikan.

Surga bagi umat Islam adalah suatu kenikmatan yang sudah Allah SWT persiakan bagi hamba-Nya yang senantiasa beriman dan bertaqwa. Nama-namanya dan neraka beserta penghuninya sudah dijelaskan dalam Alquran dan hadist. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!