Seringkali laptop tiba-tiba hang saat tengah digunakan, jika hal tersebut terjadi Sedulur wajib sekali mengetahui bagaimana cara mengatasi laptop hang. Karena, seperti yang kita ketahui, di tengah pandemi Covid-19 saat ini, segala aktivitas mulai dari bekerja, sekolah, kuliah hingga pengajian dilakukan secara online. Salah satu alat yang digunakan adalah laptop.

Akan sangat merepotkan jika di tengah aktivitas yang kita lakukan di depan laptop, kemudian laptop tiba-tiba hang. Kondisi hang pada laptop di kenal juga dengan istilah stuck. Stuck artinya terjebak, laptop tidak bisa bergerak dalam kondisi terjebak. Istilah dunia IT dikenal dengan nama hang.

Berikut ini beberapa hal yang bisa Sedulur lakukan sebagai cara mengatasi laptop hang, jika saja Sedulur tiba-tiba mengalami hal yang menyebalkan ini. Yuk, kita simak langkahnya satu persatu di bawah ini!

BACA JUGA: Ini 8 Cara Mematikan Laptop Error yang Benar & Aman, Simpel!

-->

1. End Task

cara mengatasi laptop hang
thegeekpage

Cara mengatasi laptop hang yang pertama adalah dengan melakukan End Task, atau Akhiri Program yang tengah dilakukan dalam laptop. Ini merupakan cara yang umum digunakan oleh setiap orang yang mengalami hang di tengah kegiatan di depan laptop. Karena bisa jadi penyebab hang pada laptop dari banyak program yang berjalan.

Cara yang bisa Sedulur lakukan cukup mudah, pertama Sedulur tekan tombol CTRL+ALT+Del, kemudian akan muncul Task Manager, yang memperlihatkan apa saja program yang berjalan, dan program mana yang menghabiskan kapasitas RAM dan Memory yang banyak. Ini yang menyebabkan laptop hang. Pilih beberapa program dan end task. Laptop Sedulur pun akan normal kembali.

2. Melalui BIOS

pintarkomputer

Cara mengatasi laptop hang Windows 10 yang paling efektif adalah dengan menggunakan BIOS. Langkah untuk menggunakan cara ini agak banyak, Sedulur bisa memperhatikan dengan seksama di bawah ini:

  • Jika sudah terlanjut hang, Sedulur bisa mematikan kemudian menyalakan kembali laptop. Atau Sedulur juga bisa lakukan Force Shutdown dengan menekan dan menahan tombol power.
  • Setelah mati, nyalakan lagi laptop Sedulur dan segera masuk ke BIOS. Ada banyak cara untuk masuk ke BIOS.
  • Sedulur bisa menggunakan F12, F11, F8, F2, atau tombol lain sesuai dengan fitur laptop Sedulur.
  • Setelah berhasil masuk, silahkan pilih menu Advanced BIOS Features.
  • Cari yang ada kaitannya dengan BIOS Cache. Kemudian disable.
  • Jika sudah, simpan lalu klik Enter dan nyalakan lagi laptop SEdulur.
  • Cara ini merupakan cara yang efektif bagi Sedulur yang tidak tahun bagaimana cara mengatasi laptop hang saat dinyalakan.

3. Mengatasi hang akibati Not Responding

cara mengatasi laptop hang
tedieka

TIba-tiba program yang sedang Sedulur jalankan akan Not Responding, hal ini menghambat kerja laptop tentu saja. Sedulur bisa melakukan cara mengatasi laptop yang hang akibat Not Reseponding dengan langkah di bawah ini:

  • Silahkan tekan bersamaan tombol Shift, CTRL, dan Esc atau CTRl+Alt+Del.
  • Kemudian setelah Sedulur masuk ke Task Manager, tekan End Task pada program yang Not Responding.
  • Kalau sudah, biasanya laptop akan berjalan normal lagi. Jika masih ngehang, maka mungkin persoalannya ada pada program yang rusak, atau laptop Sedulurtidak kuat.
  • Kalau itu terjadi, segera hentikan sebelum merusak bagian lain di laptop. Kemudian lakukan konsultasi pada teknisi.

4. Hang saat starting

windowsloop

Tidak hanya hang saat digunakan, laptop juga kadang hang saat baru menyala atau starting. Sedulur bisa mengatasi masalah ini dengan melakukan langkah dan cara mengatasi laptop hang Windows 8 di bawah ini:

  • Pertama masalah yang terjadi mungkin karena ada file yang hilang di sistem, atau karena virus dan corrupt. Cara mengatasi dengan scan registry memakai CCleaner atau lakukan scanning dengan antivirus.
  • Kalau masih terjadi masalah yang sama, mungkin RAM laptop Sedulur kotor. Bersihkan segera RAM dengan penghapus karet atau vacuum cleaner.
  • Jika masih saja ngehang, maka masalahnya ada di motherboard. Silahkan diperiksakan motherboard Sedulur.
  • Kalau sudah rusak, artinya tidak bisa dibenahi lagi. Adapun untuk membenahinya hanya ada 1 cara yakni mengganti motherboard yang harganya sama seperti harga laptop baru.

BACA JUGA: Cara Login WhatsApp Web di PC/Laptop Tanpa Download Aplikasi

5. Laptop hang saat bermain game

cara mengatasi laptop hang
dell

Bukan hanya bekerja atau sekolah online, laptop juga kini digunakan untuk bermain gami. Sangat menjengkelkan jika laptop tiba-tiba hang saat bermain game, terutama hang layar hitam yang muncul. Tips yang bisa Sedulur lakukan sebagai cara mengatasi laptop hang layar hitam, yaitu sebagai berikut:

  • Pertama, laptop Sedulur memang tidak kuat untuk bermain game itu. Solusinya, jangan main game atau upgrade laptop Sedulur.
  • Kalau terasa sangat panas, maka mungkin kipas di laptop Sedulur mati. Solusinya adalah segera ganti kipas.
  • Kalau kipas tidak masalah, maka mungkin persoalannya ada di Hardisk yang rusak.
  • Jika hardisk baik-baik saja tapi masih ngehang, mungkin thermal paste habis. Segera ganti.
  • Thermal paste aman, kipas tidak masalah, maka persoalannya ada di RAM atau VGA yang rusak. Solusinya, tentu saja mengganti semua komponen yang disebutkan di atas.

6. Scan virus dan malware

idntimes

Bisa jadi beberapa penyebab hang adalah virus dan malware. Jika hal ini yang terjadi, maka Sedulur harus memasang aplikasi antivirus dan malware di laptop Sedulur. Hal ini merupakan langkah yang tepat untuk mencegah laptop Sedulur hang terus menerus. Di tambah, virus dan malware dapat membahayakan keamanan laptop Sedulur.

Ancaman virus malware merupakan hal yang serisu, laptop Sedulur berpotensi diretas dan dibobol. Hal ini akan berbahaya jika di laptop Sedulur terdapat dokumen-dokumen penting. Lakukan scanning atau pemindaian pada laptop Sedulur segera, kemudian hapus dan lenyapkan virus malware yang bersarang dilaptop Sedulur.

7. Install ulang driver terbaru

cara mengatasi laptop hang
nesabamedia

Ini merupakan cara yang paling sederhana dan mulai dianggap remeh. Dengan instal ulang driver terbaru di laptop Sedulur, segala virus dan malware yang ada di laptop akan lenyap. Laptop pun akan kembali sehat seperti saat baru membelinya. Cara mengatasi laptop hang ini juga efektif jika virus dan malware yang Sedulur pindai muncul kembali dan tidak kunjung menghilang.

Setelah Sedulur mengetahui beberapa cara di atas, Sedulur juga wajib mengetahui apa saja kemungkinan penyebab laptop Sedulur hang. Dalam penjelasan di atas telah disinggung sekilas faktor-faktor yang menyebabkan laptop Sedulur hang. Untuk lebih memudahkan, berikut daftar yang menyebabkan laptop Sedulur bisa hang:

  • Driver atau sistem laptop sudah ketinggalan zaman atau tidak up to date
  • Adanya infeksi virus atau malware
  • Kurangnya ruang RAM/Memory
  • Sistem yang menyababkan overhaeting
  • Perangkat lunak telah kadaluarsa
  • Masalah hard drive atau kapasistas penyimpanan
  • Sering menjalankan program yang tidak perlu
  • Tidak menginstall pembaruan Windows paling mutahir

Beberapa penyebab di atas harusnya Sedulur ketahui, karena beda penyebab beda juga cara menangani. Dengan mengetahui penyebabnya, Sedulur bisa melakukan beberapa penanganan yang tepat untuk permasalahan laptop Sedulur yang hang.

Sekian tips dan cara mengatasi laptop hang, semoga penjelasan dalam artikel di atas bisa membantu Sedulur yang seringkali kesulitan dalam mengatasi gangguan dalam laptop. Hal pertama yang harus Sedulur lakukan ketika laptop Sedulur hang, yaitu jangan panik dan lakukan beberapa tips yang telah dijelaskan di atas.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.