doa allahumaghfirlahu

Mendengarkan kabar duka tentu saja membuat diri merasa sedih. Namun, ada cara yang lebih bijak untuk menyikapi hal tersebut, yaitu dengan membaca doa. Doa untuk orang meninggal dunia yang sering diucapkan adalah allahummaghfirlahu.

Mendoakan orang yang sudah meninggal dunia adalah perilaku yang terpuji. Kita bisa berdoa untuk mengharapkan seseorang dilapangkan alam kuburnya, diterima di sisi Allah SWT, serta diampuni segala dosa-dosanya ketika berada di dunia. Nah, bagaimana doa yang biasa dibacakan untuk orang yang meninggal dunia? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: Bacaan & Doa I’tidal Lengkap Beserta Latin, Arab & Artinya

Doa allahummaghfirlahu singkat

allahummaghfirlahu
iStock

Doa allahummaghfirlahu singkat secara umum dibaca ketika pertama kali mendengar kabar duka dari seseorang yang meninggal dunia. Doa ini biasanya diucapkan setelah melafalkan kalimat “Innalillahi wa innailaihi rojiun”. 

Berikut adalah bacaan doanya beserta tulisan Arab dan artinya.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ

Allahumaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu’anhu

Artinya : “Ya Allah, ampunilah dia, belas kasihanilah dia, hapuskanlah dan ampunilah dosa-dosanya.

BACA JUGA: Doa Sakit Gigi Sesuai Ajaran Rasulullah SAW Beserta Artinya

Perbedaan doa untuk jenazah

allahummaghfirlahu
iStock

Sebenarnya, pelafalan doa untuk jenazah harus disesuaikan dengan jenis kelamin jenazah tersebut. Hal ini karena dalam fiqih Islam, doa untuk jenazah perempuan dan jenazah laki-laki memiliki perbedaan. 

Doa untuk jenazah laki-laki

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ

Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu. 

Artinya : “Ya Allah, ampunilah dia (mayit laki-laki tunggal itu), belas kasihanilah, hapuskanlah dan ampunilah dosa-dosanya.”

Doa untuk jenazah perempuan

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا

Allaahummaghfirlaha warhamha wa’aafiha wa’fu anha

Artinya, “Ya Allah! Ampunilah almarhumah (jenazah perempuan),berilah dia rahmat-mu, kesejahteraan, serta maafkanlah kesalahannya.”

BACA JUGA: Doa dan Bacaan Maulid Nabi Lengkap Arab, Latin & Terjemahan

Doa allahummaghfirlahu pada takbir ketiga sholat jenazah

doa
Orami

Doa allahummaghfirlahu sebenarnya juga dibaca pada takbir ketiga ketika melakukan sholat jenazah. Berikut adalah bacaan lengkap doa tersebut beserta tulisan Arab, latin, dan artinya. 

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahumaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu anhu, wa akrim nuzulahu wawassi’ madkhalahu wa aghsilhu minal khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubulabyadlu minad danas. Wa abdilhu daaraan khairam mind daarihi wa ahlan khairam min ahlihi wa as khilhul jannata wa aidzhu min `adzabil qobri wa min `adsaabin naar.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dia, belas kasihanilah dia, hapuskanlah dan ampunilah dosa-dosanya, muliakan tempatnya (ialah surga) dan luaskanlah kuburannya.Basuhkanlah kesalahan-kesalahannya sampai bersih sebagaimana bersihnya kain putih dari kotoran.

Gantikanlah rumah lebih baik daripada rumahnya dahulu, keluarganya lebih baik dari yang dahulu, dan masukkanlah ia ke surga dan jauhkanlah ia dari siksa kubur dan siksa neraka.

Nah, itulah informasi mengenai bacaan doa allahummaghfirlahu yang dibaca ketika ada seseorang yang meninggal dunia. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Sedulur mengenai doa-doa dalam kehidupan sehari-hari. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.