Allah Azza wa Jalla

Allah SWT merupakan Dzat Maha Tinggi, Maha Kuasa dan Maha Yang Memiliki Segalanya. Ada banyak ungkapan yang disematkan untuk Tuhan Semesta Alam, salah satunya adalah Allah Azza Wa Jalla. Ungkapan tersebut adalah gelar yang termasuk dalam Asmaul Husna.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahasa terkati gelar Allah Azza Wa Jalla yang terdapat dalam Asmaul Husna. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kit simak pembahasannya.

BACA JUGA: Bacaan Ratib Al Haddad, Memohon Perlindungan Allah SWT

Asmaul Husna dalam Islam

Amirctzx

Dalam Islam, kumpulan nama atau gelar Allah SWT terkumpul atau tercantum dalam Asmaul Husna, atau nama dan sifat-sifat Allah SWT. Sebagaimana pengertiannya, nama tersebut menunjukan gelar yang sesuai dengan sifat-sifatNya.

Sebagai umat muslim, wajib untuk mengimani dan meneladani sifat-sifat Allah SWT tersebut. Salah satunya dengan menyebut Asmaul Husna setiap kali berdzikir dan berdoa serta senantiasa menyematkannya pada lafaz Allah, termasuk dengan menyebutkan Asmaul Husna ini.

Arti Allah Azza Wa Jalla

Allah Azza wa Jalla
Ceramah Motivasi

Azza Wa Jalla merupakan sifat Allah yang terdapat dalam Asmaul Husna. Kata ‘Azza’ berasal dari ‘Izzah’ yang artinya kekuatan. Kata tersebut mewakili sifat Allah Al-Aziz. Sedangkan kata ‘Jalla’ berasal dari Al-Jalaal yang berarti kebesaran dan penghormatan.

Penyematan gelar kepada Allah SWT merupakan bentuk rasa tunduk dan patuh dari umat manusia sebagai hamba dan makhluk ciptaanNya. Wajar belaka setiap umat muslim harus mengetahui setiap sifat dan gelar Allah SWT.

Arti kata Azza

Fiqih Muslim

Lebih lanjut dan lebih lengkap lagi, Azza merupakan kata yang berasal adari Izzah yang berarti kekuatan dan mewakili Asmaul Husna Al-Aziz. Allah Al-Aziz artinya Allah Mahaperkasa. Allah Maha Mengalahkan siapa pun yang menentang-Nya dan Dia tak terkalahkan oleh siapa pun. Dialah Yang Mahaperkasa dan Mahamulia.

Dalam Al Quran ditegaskan bahwa, “Barang siapa yang menghendaki kemuliaan (izzah), maka (ketahuilah) kemuliaan itu semuanya milik Allah…” (QS. Fathir: 10).

BACA JUGA: Arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum & Cara Menjawabnya

Arti kata Jalla

Jam Masjid

Sementara itu, Jalla berasal dari Al-Jalaal yang berarti kebesaran dan penghormatan. Al-Jalil secara bahasa berarti kedudukan yang tinggi atau peran yang penting. Al-Jalil berarti Allah Mahaluhur yang mempunyai kekayaan, kekuasaan, dan kesucian. Dialah yang memiliki sifat-sifat agung dan kesempurnaan.

Ini juga dijelaskan dalam Al Quran, “Mahasuci nama Tuhanmu pemilik keagungan dan kemuliaan.” (QS. Ar Rahman: 78).

Dari penjelasan di atas, maka dari itu Azza Wa Jalla merupakan sebuah gelar atau penghormatan yang mengandung sifat-sifat Allah SWT yang Maha Besar dan Maha Segalanya. Azza Wa Jalla juga berarti Dialah pemilik kebesaran dan kehormatan, Allah lah Yang Maha Kuat dan tidak terkalahkan.

Sebagai umat muslim, sudah seharusnya mengetahui hal tersebut dan sudah menjadi keharusan melafazkannya dalam setiap dzikir dan doa kepada Allah SWT.

Nah itulah penjelasan Allah Azza Wa Jalla, semoga penjelasan di atas membuat Sedulur menjadi paham dan lebih mengerti lagi terkait Asmaul Husna atau gelar dan sifat-sifat kebesaran Allah SWT. Agar dengan mengetahui hal tersebut, membuat kita semua menjadi umat muslim yang lebih taat dan tunduk atas segala kehendakNya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.