arti taqabbalallahu minna wa minkum

Ketika Hari Raya Idul Fitri tiba, Sedulur tentu sering mengucapkan doa Taqabbalallahu minna wa minkum baik secara lisan maupun tulisan. Doa ini bermaksud agar ibadah puasa dan amal yang kita kerjakan selama bulan puasa diterima oleh Allah SWT. 

Mengucapkan doa ini kepada orang lain merupakan salah satu sunnah nabi dan para sahabatnya yang sudah sepatutunya kita amalkan. Lantas, apa itu Taqabbalallahu minna wa minkum rumaysho dan bagaimana cara menjawabnya? Yuk simak ulasannya berikut ini. 

BACA JUGA : Arti Ukhti, Akhi, Akhwat, Ikhwan Beserta Makna & Contohnya

Taqabbalallahu minna wa minkum adalah

taqabbalallahu minna wa minkum
Freepik

Perlu Sedulur ketahui bahwa taqabbalallahu minna waminkum  merupakan sebuah doa yang sering kita ucapkan ketika hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha. Doa tersebut didasarkan pada sebuah riwayat dari Jubair bin Nafir, yang mengatakan bahwa “Apabila sahabat-sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bertemu pada hari raya, mereka saling mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum.”

Pengucapan Taqabbalallahu minna wa minkum untuk perempuan tidak berbeda dengan laki-laki. Karena doa ini umum dan tidak dikhususkan untuk laki-laki maupun perempuan saja. 

Hukum menjawab

taqabbalallahu minna wa minkum
iStock

Perlu Sedulur perhatikan bahwa ketika ada seseorang yang mengucapkan Taqabbalallahu minna wa minkum siyamana wa siyamakum maka menjawabnya adalah wajib. Dalam Majmu Fatawa (24/253) Ibnu Taimiyah pernah ditanya tentang dasar hukum syariat dalam ucapan Idul Fitri. Setelah itu beliau mengisahkan bahwa ucapan taqabbalallahu minna wa minkum wajib hukumnya untuk dijawab.

“Taqabbalallahu, dan semacam itu, maka ini telah diriwayatkan oleh sebagian sahabat bahwa dahulu mereka melakukannya, dan dibolehkan sebagian Imam seperti Ahmad dan lainnya. Tetapi Ahmad berkata: Aku tidak mau memulainya lebih dahulu, namun jika seseorang mengucapkannya kepadaku maka aku menjawabnya, karena itu jawaban ucapan selamat yang hukumnya wajib.”

Sedangkan untuk doa Taqabbalallahu minna wa minkum wa taqabbal ya karim artinya “Mudah-mudahan Allah menerima amal ibadah kita dan kamu semua, dan terimalah ya (Allah) yang maha Mulia. 

BACA JUGA : Sejarah & Isi Perjanjian Hudaibiyah, Diplomasi Rasulullah SAW

Jawaban taqabbalallahu minna wa minkum lengkap

taqabbalallahu minna wa minkum
iStock

Mungkin beberapa diantara Sedulur masih bingung mengenai bagaimana jawaban doa yang sering diucapkan saat lebaran ini. Jawabannya pun cukup sederhana. Sedulur cukup menjawabnya dengan mengucapkan “Aamiin” atau “semoga Allah SWTmengabulkan”

Akan tetapi, alangkah baiknya Sedulur menjawabnya dengan yang lebih baik lagi. Sebagaimana dengan firman Allah SWTdalam Al-Qur’an surat An Nisa ayat 86 yang artinya: “Jika kalian diberi salam dalam bentuk apapun maka balaslah salam yang lebih baik atau jawablah dengan yang semisal.” (Q.S. An Nisa ayat : 86).

Jadi apabila ada seseorang yang memberikan doa “taqabbalallahu minna wa minkum”, maka Sedulur semua dapat menjawab dengan ucapan atau doa “minna waminkum taqobbal ya karim”.

Arti dari jawaban itu adalah: “Ya Allah Yang Maha Mulia terimalah amal kami dan kamu”.

BACA JUGA : Arti Lauhul Mahfudz dan Sifatnya yang Disebut Dalam Al Quran

Keutamaan Taqabbalallahu minna wa minkum wa ja’alana minal wa iyyaakum

taqabbalallahu minna wa minkum
Freepik

Berikut keutamaan bacaan doa yang sering kita ucapkan saat Idul Fitri maupun Idul Adha yang perlu Sedulur ketahui.

1. Menghidupkan sunnah

Keutamaan yang pertama adalah adalah menghidupkan sunnah yang telah dicontohkan oleh para sahabat serta telah mendapatkan legalitas dari Rasulullah saw. Keutamaan menghidupkan sunnah diantaranya adalah akan mendapatkan pahala seperti pahala orang-orang yang mengikutinya. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah yang berbunyi:

مَنْ أَحْيَا سُنَّةً مِنْ سُنَّتِى فَعَمِلَ بِهَا النَّاسُ كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا لاَ يَنْقُصُ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا

Artinya: “Barangsiapa yang menghidupkan satu sunnah dari sunnah-sunnahku, kemudian diamalkan oleh manusia, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala orang-orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun“ (HR. Ibnu Majah; shahih lighairihi).

2. Allah akan mengabulkan doa

Allah akan mengabulkan doa hamba-Nya jika ia berdoa. Dan sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 186 yang berbunyi:

أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ

Artinya : “Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepadaKu” (QS. Al Baqarah: 186).

Dengan hal tersebut maka ucapan doa taqabbalallahu minna waminkum dapat mendatangkan pengabulan doa oleh Allah SWT.

3. Allah SWT menerima amalnya

Sedulur tentu ingin puasa dan amalnya diterima oleh Allah SWT. Untuk itu, bisa untuk mencoba mencontoh cara berdoa para sahabat seperti membaca taqabbalallahu. Karena Allah telah berjanji akan menerima doa hamba-Nya, kita harus yakin bahwa jika kita berdoa dengan doa ini, Allah akan mengabulkan dengan menerima amal kita dan amal saudara yang kita ucapkan selamat hari raya dengan kalimat ini kepadanya,”

Demikianlah penjelasan mengenai ucapan doa yang sering digunakan saat Idul Fitri maupun Idul Adha. Banyak sekali manfaat doa Taqabbalahhu minna waminkum ini, salah satunya menghidupakan sunah Rasulullah, yang mana akan mendapatkan pahala seperti orang-orang yang mengamalkannya. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.