Salah satu surah yang tergolong dalam surat madaniyah ini adalah surah al maidah, yang memiliki arti hidangan. Surah ini terdiri dari 120 ayat dengan berbagai macam kandungan berisi kebaikan tertera disana. Salah satu ayat dalam surah ini adalah surat al maidah ayat 48 yang membahas tentang perintah Allah untuk mengejar dan berlomba-lomba mencari kebaikan. Untuk mengetahui isi dari surah tersebut, kita simak detailnya berikut ini.

BACA JUGA: 2 Ayat Terakhir Surat Al Baqarah dan Cara Mengamalkannya

1. Surat al-maidah ayat 48

al maidah ayat 48
99co

Isi dalam quran surat al-maidah ayat 48 bisa diketahui sebagai berikut:

وَاَنْزَلْنَآ اِلَيْكَ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ الْكِتٰبِ وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ وَلَا تَتَّبِعْ اَهْوَاۤءَهُمْ عَمَّا جَاۤءَكَ مِنَ الْحَقِّۗ لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَّمِنْهَاجًا ۗوَلَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ لَجَعَلَكُمْ اُمَّةً وَّاحِدَةً وَّلٰكِنْ لِّيَبْلُوَكُمْ فِيْ مَآ اٰتٰىكُمْ فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرٰتِۗ اِلَى اللّٰهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيْعًا فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ فِيْهِ تَخْتَلِفُوْنَۙ

Artinya: Dan Kami telah menurunkan Kitab (Al-Qur’an) kepadamu (Muhammad) dengan membawa kebenaran, yang membenarkan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya dan menjaganya, maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang diturunkan Allah dan janganlah engkau mengikuti keinginan mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk setiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Kalau Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikanNya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap karunia yang telah diberikan-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah kamu semua kembali, lalu diberitahukan-Nya kepadamu terhadap apa yang dahulu kamu perselisihkan (Surah Al Maidah ayat 48).

BACA JUGA: Doa Mau Tidur dan Sebelum Tidur Lengkap Beserta Artinya

2. Isi kandungan surat al- maidah ayat 48

unsplash

Setelah membaca serta memahami tajwid surat al maidah 48 beserta artinya di atas, terdapat beberapa kandungan yang bisa Sedulur ketahui. Berikut adalah beberapa kandungan isi dari surah diatas:

  • Allah SWT adalah pencipta manusia dan keberagamannya
  • Allah SWT memberikan kesempatan yang bisa dilakukan oleh kita, agar bisa menebarkan kebaikan kepada sesamanya
  • Al Quran merupakan sumber hukum umat muslim di seluruh dunia
  • Al Quran memiliki kedudukan tinggi
  • Umat Allah yang bisa menebarkan kebaikan akan dibalas sesuai dengan yang dilakukannya, begitu pula sebaliknya.

Demikianlah kutipan surat al maidah 48 beserta isi kandungan surahnya yaitu tentang kebaikan serta perintah Allah SWT. Sebagai manusia, kita berkewajiban untuk berbuat baik serta menolong sesama agar kita bisa terhindar dari hal yang buruk serta dilindungi oleh Allah SWT. Untuk hukum tajwid surat al maidah ayat 49, tunggu pembahasannya pada artikel-artikel selanjutnya ya, Sedulur. Semoga bermanfaat!