2 ayat terakhir surat al baqarah

Surat al-baqarah merupakan salah satu surat yang cukup panjang dan terdiri dari 2-5 juz dalam Al- Quran. Surat ini diturunkan dalam beberapa periode dan merupakan surat pertama yang diturunkan di Madinah kecuali ayat 281.  Namun, ada yang istimewa di balik 2 ayat terakhir surat Al-Baqarah tersebut, tepatnya pada pada ayat 285 dan 286.

Terkait seperti apa keutamaan dari 2 ayat terakhir surat al-baqarah, berikut tim Aplikasi Super memberikan penjelasan secara lengkap. Yu simak penjelasan di  bawah ini:

BACA JUGA : Doa Nabi Sulaiman Menundukan Jin dan Mendatangkan Rezeki

1. 2 ayat terakhir surat Al Baqarah latin dan artinya

2 ayat terakhir surat al baqarah
Unsplash

Banyak sekali surat-surat di Al-quran yang memiliki manfaat bagi pembacannya. Salah satunya adalah surat Al- Baqarah. Ada beberapa keutamaan 2 ayat terakhir surat Al- Baqarah yang pertama, siapa pun yang membacakan dua ayat dari akhir surat Al-Baqarah di  malam hari, itu akan cukup baginya terhindar dari kejahatan yang dibenci.

Berikut bacaan surah Al-Baqarah Ayat 285 dalam bentuk tulisan bahasa Arab, latin, dan terjemahannya:

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

“A Manarrasuulu Bimaa Unzila Ilaihi Min Robbihi Wal Mu’minuna Kullu Amana Billahi Wamalaa Ikatihi Wakutubihi Warusulihi La Nufarriku Bayna Ahadin Min Rusulihi Wakulu Sami’naa Wa Atho’naa Ghufronaka Rabbana Wailaikal Masyiiru.”

Artinya : Rasul telah beriman kepada Alquran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya. Kitab-kitab Nya dan rasul-rasul- Nya.

Mereka mengatakan : Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun dengan yang lain dari rasul-rasul Nya”, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami taat”.

Berikut bacaan surah Al- Baqarah Ayat 286 dalam bentuk tulisan Arab, latin dan terjemahannya:

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

“Laa Yukallifullahu Nafsan Illa Wus’ahaa Lahaa Makasabat Wa ‘Alaihaa Maktasabat Rabbanaa Laa Tuwaa Khidnaa Inna Siinaa Au Akhtho’naa Rabbanaa Walaa Tahmil ‘Alainaa Isron Kamaa Hamaltahu ‘Alalladzina Minkoblina Rabbanaa Walaa Tuhammilnaa Maa Laa Thoo Qotala Naa Bihi Wa’fu ‘Ana Wakhfirlanaa Warhamnaa Anta Mailaanaa Fansurnaa ‘Alal Qoumil Kaafiriina.”

Artinya : “Allah tidak membebani seseorang, melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahaa dari kebajikan yang diusahakan dan ia mendapat siksa (dar kejahatan) yang dikerjakan. (Mereka berdoa) : “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami  lupa atau kami tersalah.

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaiman Engkau  bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan  kepada kami apa yang tidak sanggup kami memiulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.

2 ayat terakhir surat al baqarah latin yang disebutkan di atas bisa memudahkan Sedulur untuk menghapal dan mengamalkannya.

2. Keutamaan 2 ayat terakhir surat Al Baqarah

2 ayat terakhir surat al baqarah
Unsplash

Salah satu keutamaan pertama yang didapat jika Sedulur membaca surat Al Baqarah 2 ayat terakhir adalah Allah SWT akan memberikan kehidupan yang sera berkecukupan kepada umatnya. Baik untuk kehidupan maupun akhirat.

Ada salah satu riwayat dari Abu Mas’ud Al-Badri Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAWA bersabda :

مَنْ قَرَأَ بِالآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فِى لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ

Artinya : “Barang siapa  yang membaca dua ayat terakhir surat al-baqarah (ayat 285 dan 286) di waktu malam, maka dia akan diberikan kecukupan,” (HR. Bukhari No 5009 dan Muslim No 808).

Hikmah lain dari membaca dua ayat terakhir surah Al Baqarah juga memiliki kandungan bahwa iman seseorang akan selalu diperbaharui apabia selau mengamalkannya karena terdapat sikap pasrah kepada Sang Maha Pencipta.

Ada lagi yang bisa didapatkan dari membaca ayat terakhir surat Al-Baqarah tersevut adalah agar manusia selalu meminta pertolongan kepada Allah agar tidak tersiksa jika lupa atau keliru.

Dalam sebuah hadis, dituliskan bahwa:

“Sesungguhnya Allah memaafkan dari umatku ketika ia keliru, lupa atau dipaksa,” (HR Ibnu Majah No 2045)

Di sisi lain, dikutip dari laman NU Online, sejumlah keutamaan lain yang juga dimiliki surat Al-Baqarah. Salah satunya adalah, rumah yang akan ditinggali akan terbebas dari gangguan setan.

“Jangan jadikan rumah kalian sebaga kuburan (tanpa lantunan Al-Quran) karena setan akan lari dari rumah yang dibacakan Surat Al-Baqarah,” (HR Ahmad, Muslim, At Tarmizi  dan An- Nasa’i)

BACA JUGA : Doa Setelah Shalat Wajib 5 Waktu yang Dianjurkan, Lengkap!

3. Cara mengamalkan dua ayat terakhir surat Al Baqarah

Unsplash

Ada beberapa cara dalam mengamalkan dua ayat terakhir surat Al-Baqarah untuk ayat 285 dan 286. Pertama 2 ayat terakhir al baqarah sebelum tidur bisa dibaca. Saat sedulur sedang menikmati tidur malam setelah lelah menjalankan seluruh aktivitas seharian, pastikan jangan sampai melupakan untuk doa yang satu ini.

Dalam sebuah sumber dijelaskan, jika Rasullulah menganjurkan membaca dua ayat terakhir Surah Al-Baqarah, yaitu ayat 285 dan 286 sebelum tidur. Supaya diberikan kelancaran dalam rezeki pada paginya. Apabila Sedulur mengamalkan dan membaca dua ayat surat Al-Baqarah ini, maka Sedulur akan dicukupkan dalam urusan rezekinya. Pernyataan ini bukan tanpa alasan. Berdasarkan hadis riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim darii Ibnu:

“Siapa yang membaca dua ayat terakhir surat Al-Baqarah di suatu malam, maka dua ayat tersebut telah mencukupinya.”

Demikian penjelasan mengenai keutamaan 2 ayat surah Al-Baqarah, lengkap beserta artinya. Semoga Sedulur semakin giat dalam berdoa dan lebih mendekatkan diri dengan Allah SWT.

Buat sedulur yang sedang mencari kebutuhan pokok, dengan harga murah dan berkualitas. Bisa langsung mengunduh Aplikasi Super.