Sedulur tentu tidak asing dengan alat yang bernama generator atau yang lebih dikenal dengan genset ini. Generator mengubah energi gerak menjadi energi listrik. Banyak sekali manfaat dari alat ini, misalnya sebagai pembangkit listrik dan sebagai cadangan listrik. 

Banyak masyarakat yang belum mendapatkan pasokan listrik dari pemerintah, sehingga mereka hanya bergantung pada genset listrik sebagai sumber listriknya. Terdapat beberapa macam sumber energi gerak dari genset. Misalnya, pada pembangkit listrik tenaga angin, genset dapat bergerak karena adanya angin yang menggerakkan kincir untuk berputar.

Lantas apa itu generator dan apa saja fungsinya? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

BACA JUGA : Simpati: Pengertian, Ciri, Contoh & Bedanya dengan Empati

Apa itu generator?

generator
merdeka.com

Generator adalah alat yang memperoduksi energi listrik dari sumber mekanik. Biasanya genator menggunakan induksi elektromagnetik. Jika disederhanakan, genetor adalah mesin dengan energi gerak (mekanik) dan mampu mengubahnya menjadi energi listrik (elektrik)

Alat generator sangat diperlukan dala kehidupan sehari-hari. Alat ini bekerja berdadarkan pada prinsip induksi elektromagnetik, yaitu memutar suatu kumparan yang berada di medan magnet sehingga timbul GGL (gaya gerak listrik) induksi.

Generator listrik merupakan alat yang bekerja dengan sumber listrik konstan, Misalnya seperti generator yang berada di pabrk pengolahan limbah, hotel, bandara dan juga rumah sakit. Fungsi alat ini adalah untuk mencegah diskontinuitas dan gangguan pada operasi bisnis.

Prinsip kerja generator

generator
Merdeka.com

Dalam jurnal yang diterbitkan oleh Politeknik Negeri Sriwijaya, dijelaskan bahwa prinsip dasar genset adalah arus bolak-balik. Prinsip gensetr adalah menggunakan hukum Faraday yang menyatakan jika sebatang penghantar berada pada medan magnet yang berubah-ubah, maka pada penghantar tersebut akan terbentuk gaya gerak listrik.

Besar tegangan pada generator sangat bergantung pada

  1. Kecepatan putaran (N)
  2. Jumlah kawat pada kumparan yang memotong fluks (Z)
  3. Banyaknya fluks magnet yang dibangkitkan oleh medan magnet (f)
  4. Konstruksi Generator

Dijelaskan pula jumlah kutub generator arus bolak-balik tergantung dari kecepatan rotor dan frekuensi dari GGL yang dibangkitkan. Hubungan tersebut dapat ditentukan dengan persamaan berikut:

F = p.n/120

Keterangan:

f = frekuensi tegangan (Hz)

p = jumlah kutub pada rotor

n = kecepatan rotor (rpm)

BACA JUGA : Kata Baku dan Tidak Baku: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Cara kerja

generator
liputan6

Generator adalah perangkat yang dapat  mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Sebenarnya, genset tidak menciptakan energi listrik, melainkan hanya menggunakan energi mekanis yang dipasok untuk mengerakkan muatan listrik.

Sistem generator bekerja dengan cara sinkron berdasarkan induksi elektromagnetik, setelah rotor diputarkan oleh penggerak mula (prime mover), maka kutub-kutub pada bagian rotor akan berputar.

Jika kumparan kutub disuplai oleh tegangan searah, pada permukaan kutub akan timbul medan magnit yang berputar. Sementara itu, generator modern bekerja berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik.

Prinsip alat ini pertama kali ditemukan oleh Michael Faraday pada tahun 1831. Faraday menemukan bahwa aliran listrik dapat diinduksi dengan menggerakkan konduktor listrik, seperti kawat yang mengandung muatan listrik, ke dalam medan magnet.

Secara umum, gerakan ini dapat menciptakan perbedaan tegangan antara kedua ujung kabel atau penghantar listrik, yang nantinya terjadi muatan listrik mengalir dan menghasilkan arus listrik.

BACA JUGA : Konduksi: Pengertian, Ciri-Ciri, Perbedaan dan Contohnya

Konstruksi generator

generator
Liputan6

Dalam jurnal terbitan Pliteknik Negeri Sriwijaya, disebutkan bahwa konstruksi alat ini terbagi menjadi empat bagian.  Berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Stator

Stator merupakan bagian diam dari generator yang mengeluarkan tegangan bolak-balik. Stator terdiri dari badan generator yang terbuat dari baja yang berfungsi melindungi bagian dalam generator. Inti Stator yang terbuat dari bahan ferromagnetik yang berlapis-lapis dan terdapat alur-alur tempat meletakkan lilitan stator.

  1. Rotor

Rotor merupakan bagian bergerak yang menghasilkan medan magnet yang menginduksikan ke stator. Rotor berbentuk kutub sepatu atau kutub dengan celah  udara sama rata (rotor silinder).

  1. Rangka stator

Rangka stator di buat dari besi tuang. Rangka stator merupakan rumah dari bagian-bagian generator yang lain.

  1. Slip ring atau cincin geser

Slip ring atau cincin geser di buat dari bahan kuningan atau tembaga yang di pasang pada poros dengan memakai bahan isolasi. Slip ring ini berputar bersama-sama dengan poros dan rotor.

Jenis

generator
merdeka.com
  1. Generator AC

Genertor AC atau alternating current adalah alat mesin yang digunakan untuk menghasilkan arus listrik bolak-balik. Biasanya, generator AC memiliki dua buah kabel dengan polaritas kutub positif dan negatif. Dengan rangkaian itu, memungkinkan kedua ujung kumparan tidak saling bersentuhan, karena terkoneksi dengan satu slip ring saja.

  1. Generator DC

Generator DC (Direct Current) merupakan sebuah mesin yang digunakan untuk menghasilkan arus listrik searah. Adapun perbedaan dengan generator AC ialah tidak mempunyai slip ring, melainkan dua buah brush yang terletak di bagian kiri dan kanan kumparan. Nantinya, kedua ujung kumparan yang berpolaritas akan menyentuh brush secara bergantian dan generator mampu menghasilkan arus listrik searah.

BACA JUGA: Reformasi adalah? Yuk Simak Penjelasannya Disini!

Fungsi generator dalam kehidupan sehari-hari 

merdeka.com

Berikut fungsi alat yang lebih dikenal dengan sebutan dinamo atau genset ini yang perlu Sedulur ketahui.

1. Pembangkit listrik

Fungsi generator listrik adalah sebagai pembangkit listrik. Genset merupakan komponen utama yang mampu membangkitkan tenaga listrik. Adapun sumber energi yang digunakan juga bermacam-macam, seperti matahari, air, gas alam, gelombang laut, angin dan sebagainya.

2. Cadangan listrik

Fungsi generator adalah sebagai cadangan listrik. Sebagaimana kita tahu, banyak sekali tempat-tempat umum yang menggunakan generator. Tentu saja, hal ini digunakan sebagai cadangan pasokan listrik.

Beberapa tempat seperti supermarket, hotel, hingga rumah sakit, menggunakan generator berupa genset untuk menyimpan aliran listrik di dalamnya. Keberadaan alat ini sebagai cadangan aliran listrik tersebut dapat membantu aktivitas sehari-sehari. Sehingga, tidak perlu khawatir lagi jika terjadi pemadaman listrik.

3. Mengoptimalkan kegiatan ekonomi

Manfaat genset selanjutnya dalam bidang bisnis yaitu untuk bidang usaha yang membutuhkan pasokan listrik selama 24 jam. Misalnya bisnis jualan makanan beku yang tentu membutuhkan listrik full selama 24 jam. Contoh lain bisnis katering atau wedding organizer yang umumnya ingin memuat pesta kebun maka sangat penting untuk mempunyai listrik sendiri dan tidak bergantung hanya dari pasokan listrik PLN.

4. Solusi listrik daerah pedalaman

Hingga kini masih banyak daerah pedalaman yang belum memperoleh pasokan listrik dari pemerintah, padahal listrik merupakan salah satu kebutuhan primer. Jadi, tak heran jika masyarakat pedalaman masih bergantung pada genset listrik pribadi sebagai sumber listrik.

5. Solusi tambahan daya listrik

Manfaat genset listrik selanjutnya adalah sebagai solusi tambahan daya listrik. Midalnya pada hajatan penting di rumah. Karena listrik di rumah tidak mampu menampung semua kebutuhan listrik yang dibutuhkan maka harus menggunakan genset listrik. Meskipun Sedulur dapat mengajukan penambahan daya sementara kepada PLN tapi tetap saja solusi paling praktis untuk tambahan daya listrik adalah menggunakan genset.

Contoh generator 

merdeka.com
  • PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air)
  • PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi) uap yang berasal dari perut bumi
  • PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya), sinar matahari
  • PLTG (Pembangkit Listrik Tenaga Gas)
  • PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Angin)

Demikianlah penjelasan tentang pengertian generator dan juga fungsi-fungsinya. Alat ini lebih dikenal di masyarakat dengan genset. Banyak sekali fungsi dari genset, salah satunya sebagai pembangkit listrik dan juga cadangan listrik. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.