17.32

Masifnya penggunaan media sosial tidak hanya berdampak pada semakin terbukanya arus penyebaran informasi. Sebab, saat ini media sosial juga telah menjadi wadah lahirnya tren-tren baru. Salah satunya adalah dengan terciptanya beragam bahasa gaul seperti kode “17.32” yang sempat viral beberapa waktu lalu.

17.32 sendiri bukanlah satu-satunya kode angka yang ramai digunakan oleh warganet di media sosial. Masih ada beragam kode angka lain yang ternyata memiliki makna filosofis. Lantas apa makna dari kode 17.32? Serta apa saja kode angka yang viral di media sosial? Berikut rangkuman informasinya.

BACA JUGA: Arti Mutualan dalam Bahasa Gaul yang Digunakan di Sosmed

Bahasa gaul 17.32 yang viral di medsos

17.32
Freepik

Beragam kosakata bahasa gaul terus bermunculan dari waktu ke waktu. Bahasa gaul yang berupa laras bahasa informal merupakan hasil dari komunikasi antarmasyarakat dalam sebuah kelompok. Dalam beberapa tahun terakhir, bahasa gaul juga muncul sebagai hasil dari interaksi para pengguna media sosial. Tidak jarang warganet menggunakan istilah tertentu saat memberikan komentar dalam sebuah postingan. Salah satu bahasa gaul yang sempat ramai diperbincangkan adalah 17.32.

Dihimpun dari berbagai sumber, tidak diketahui secara pasti kapan awalnya kode yang terdiri atas angka 1, 7, 3, dan 2 itu menjadi populer di kalangan warganet. Namun dilansir Kumparan, kode tersebut digunakan oleh warganet untuk menyuarakan perintah menjauhi zina sebagaimana yang diajarkan dalam agama Islam.

Arti 17.32 dalam Islam

Freepik

Adapun 17.32 disebut merupakan kode angka yang mewakili surat dan ayat dalam kitab suci Al-Qur.’an. Dikatakan, angka 17 merujuk pada surat ke 17, yaitu Surat Al Isra’. Sementara angka 32 menunjuk pada ayat ke 32 dari Surat Al Isra’. Mengutip dari laman Quran Kemenag, Surat Al Isra’ ayat 32 berbunyi sebagai berikut.

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنٰىٓ اِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً ۗوَسَاۤءَ سَبِيْلًا

Artinya:

“Janganlah kamu mendekati zina. Sesungguhnya (zina) itu adalah perbuatan keji dan jalan terburuk.”

Ayat tersebut memiliki tafsir mengenai larangan untuk mendekati zina termasuk melakukan perbuatan yang dapat menjerumuskan kepada zina. Dinyatakan bahwa zina merupakan perbuatan keji yang mendatangkan penyakit dan merusak keturunan serta jalan yang menyebabkan seseorang disiksa dalam neraka. 

Sehingga ketika seorang warganet melontarkan komentar 17.32 maksudnya adalah memberikan peringatan atau nasihat kepada orang lain mengenai larangan zina. Di sisi yang lain, kode 17.32 diketahui kerap digunakan sebagai nasihat untuk warganet lain maupun figur publik terutama konten kreator yang memamerkan kemesraan bersama kekasihnya di media sosial.

BACA JUGA: Arti YGY dalam Bahasa Gaul yang Lagi Viral di TikTok

Daftar kode angka selain 17.32 yang jadi viral di medsos

17.32
Freepik

Seperti yang disampaikan sebelumnya, arti 17.32 bukanlah satu-satunya bahasa gaul berwujud kode angka yang populer di tengah pengguna media sosial. Masih banyak kode-kode angka lainnya yang juga jamak digunakan oleh warganet terutama dari kalangan anak muda. Berikut Super sudah merangkum beberapa kode angka yang viral di media sosial beserta maknanya.

a. 143 atau 1432

Kode angka yang pertama adalah 143 atau ada pula yang menggunakan 1432. Kode ini disebut memiliki arti “I Love You” atau “I Love You Too” untuk 1432. Makna ungkapan kasih sayang ini sendiri bukan muncul secara acak. Sebab hal itu ternyata juga memiliki kaitan dengan kode angka 143 atau 1432.

Dijelaskan, angka 1 mewakili huruf pada kata “I” yang hanya ada satu huruf. Kemudian angka 4 mewakili jumlah huruf pada kata “love” yang terdiri atas empat huruf. Berikutnya angka 3 menunjukkan kata “you” dan angka 2 mewakili kata “too” yang memiliki pelafalan yang mirip dengan “two,” yakni angkat dua dalam bahasa Inggris.

b. 224

Berikutnya ada kode 224 yang memiliki arti “today tomorrow forever” atau bisa diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sebagai “hari ini, besok, selamanya.” Makna dari kode tersebut mirip dengan makna angka dua pada kode 1432, yakni merupakan permainan kata dengan mengambil dari kata lain yang memiliki pelafalan yang mirip.

Angka 2 yang pertama memiliki arti “twoday” yang merujuk pada “today” atau hari ini. Kemudian angka 2 yang kedua memiliki arti “twomorrow” atau “tomorrow” yakni besok. Terakhir angka 4 artinya “forever” yakni selamanya.

c. 530

530 memang tidak sepopuler kode angka bahasa gaul yang lain. Kendati begitu sebenarnya tidak sedikit pula orang yang menggunakan kode ini.

Kode 530 sendiri berhubungan dengan bahasa Mandarin, yaitu 我想念你 atau “Wo Xiang Ni” yang memiliki arti “I miss you” alias “aku merindukanmu.” Kode ini sering disandingkan dengan 520 yang memiliki arti “I Love You” atau “aku mencintaimu.”

d. 607

Selanjutnya ada kode 607 yang juga memiliki arti “aku merindukanmu.” Namun tidak ada penjelasan khusus tentang bagaimana gabungan angka 6, 0, dan 7 dapat membentuk makna tersebut. Kendati demikian, kode 607 ini banyak digunakan oleh warganet untuk mengungkapkan kerinduannya kepada orang terkasih.

e. 637

Kode 637 juga memiliki makna yang romantis seperti kode-kode sebelumnya. 637 mewakili jumlah huruf dari setiap kata pada ungkapan “always and forever” yang memiliki arti selalu dan selamanya. Jika diuraikan, kata “always” memiliki enam huruf, “and” terdiri dari tiga huruf, dan “forever” dibentuk oleh tujuh huruf.

f. 823

Masih seputar hal romantis dan ungkapan rasa rindu kepada orang terkasih, ada pula kode 823. Menurut berbagai sumber, kode angka ini memiliki arti “thinking of you” atau “aku memikirkanmu.”

Makna ungkapan kerinduan ini disebut berkaitan dengan jumlah huruf di setiap kata pada ungkapan “thinking of you.” Diketahui, kata “thinking” terdiri atas 8 huruf, “of” terdiri atas 2 huruf, dan “you” terdiri atas 3 huruf.

g. 831

Kode 831 juga memiliki arti “I Love You” atau “aku mencintaimu.” Uniknya, filosofi makna tersebut sedikit berbeda dengan kode 143 atau 1432 yang juga memiliki arti “I Love You.”

Angka 8 disebut mewakili jumlah huruf dalam kalimat “I Love You,” kemudian angka 3 mewakili jumlah kata pada ungkapan tersebut, dan angka 1 menunjukkan bahwa 831 hanya memiliki satu makna, yakni “I Love You.”

h. 24434

Terakhir ada kode 24434. Berbeda dengan kode-kode angka sebelumnya yang lebih berhubungan dengan hal romantis, 24434 ternyata mewakili ajaran agama Islam. Kode yang terdiri atas lima huruf itu disebut berasal dari jumlah rakaat dari salat fardu. Seperti yang diketahui, umat Islam diwajibkan menjalankan salat lima waktu yang terdiri atas dua rakaat salat subuh, empat rakaat salat zuhur, empat rakaat salat asar, tiga rakaat salat magrib, dan empat rakaat salat isya.

Demikian tadi penjelasan mengenai bahasa gaul 17.32 dan artinya. Selain itu juga telah dipaparkan ragam bahasa gaul berupa kode angka yang ramai digunakan warganet di media sosial. Nah, apakah Sedulur juga tertarik untuk menggunakan kode-kode angka tersebut?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.