10 penemuan aneh

Jika membahas tentang sejarah dunia, tentunya tidak lepas dari penemuan-penemuan aneh yang masih misteri hingga sekarang ini. Beberapa penemuan aneh yang pernah ada di antaranya adalah beda dan tulisan dan tentuna sangat bermanfaat untuk kehidupan zaman dulu. Salah satu dari 10 penemuan aneh dan misterius yaitu Api Yunani. 

Selain Api Yunani, terdapat beberapa penemuan lain yang sangat aneh yang masih menjadi misteri hingga kini. Apa saja 10 penemuan aneh yang pernah ada di dunia? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA : 6 Buah-Buahan dari Surga yang Disebut Dalam Al Quran

1. Api Yunani 

10 penemuan aneh
Kompas

Penemuan aneh yang pertama adalah Api Yunani. Pada masa kekaisaran Bizantium atau sekitar abad ke tujuh, terdapat sebuah senjata yang sangat berguna terutama ketika ketika perang di perairan. Senjata ini berbentuk tabung yang dapat menembakkan api. Menariknya, api yang ditembakkan dengan air.

Komposisi dari senjata ini masih rahasia dan sangat misterius hingga sekarang. Konon yang mengetahui bahan-bahannya adalah Callinicus of Heliopolis, seorang pengungsi Yahudi. Namun komposisinya hilang dan hingga sekarang masih menjadi misteri.

2. Baja Damaskus

10 penemuan aneh
Builder ID

Baja Damaskus merupakan sebutan sebuah senjata yang digunakan oleh umat Islam pada perang salib. Senjata yang digunakan orang Islam ini mempunyai tekstur yang lentur bahkan hingga 90 derajat tanpa ada kerusakan dan bisa memotong sapu tangan yang terbang. Senjata ini masih menjadi misteri terutama bahan apa yang digunakan untuk membuatnya. Setelah diteliti, baja Damaskus ternyata terdiri dari dua macam yaitu baja Damaskus Cor dan juga baja Damaskus pola dilas. Meski sudah diteliti, akan tetapi belum ada hasil pasti yang menemukan bahan yang digunakan.

3. Manuskrip Voynich

Solopos

Penemuan aneh dan misterius yang selanjutnya adalah Manuskrip Voynich. Manuskrip Voynich merupakan sebuah gambar dan tulisan yang dituliskan dengan tangan. Diperkirakan manuskrip ini diciptakan pada abad ke-15 oleh seseorang yang berasal dari Eropa Tengah. Manuskrip ini dijual oleh Wilfrid M. Voynich yang mendapatkannya pada tahun 1912.

Dalam manuskrip itu terdapat tanaman, wanita dan tulisan yang sangat sulit diartikan. Walaupun Nicholas Gibbs, seorang peneliti sejarah baru-baru ini menemukan bahwa itu adalah sebuah buku kesehatan wanita. Hingga kini manuskrip tersebut masih diteliti guna mengetahui detail isi dari manuskrip tersebut.

BACA JUGA : 8 Manfaat Madu Manuka yang Berasal dari New Zealand

4. Mesin Antikythera

Republika

Mesin Antikythera adalah sebuah mesin unik yang ditemukan di dasar laut bersama dengan bangkai-bangkai kapal. Berbentuk serangkaian roda gigi dan kuningan yang ditutup penutup jam, diperkirakan mesin ini adalah jam, kalender, atau alat penghitung.

Para peneliti terus mencari tahu bagaimana cara kerjanya dan untuk apa benda ini diciptakan. Hingga pada tahun 2000-an, akhirnya peneliti mengungkap teks manual dari teks ini. Yang mana benda ini dapat mengukur pergerakan bintang, bulan dan matahari dengan mekanisme yang rumit. Mesin ini masih dalam penelitian terkait untuk apa alat ini diciptakan dan apakah masih banyak alat seperti ini yang masih belum ditemukan.

5. Zhang Heng Seismoscope

10 penemuan aneh
ancient origins

Zhang Heng Seismoscope merupakan sebuah alat yang dapat mendeteksi akan adanya gempa bumi. Alat ini diketahui berbentuk tabung dengan bentuk naga dan katak yang yang menganga yang terletak di bagian luarnya. Dengan penelitian yang lebih mendalam, kemungkinan ini adalah sebuah alat untuk mengetahui arah gempa yang sedang terjadi.

Diperkirakan jika ada gempa bumi, naga akan mengeluarkan bola perunggu ke mulut katak. Namun ada pula yang mengatakan bahwa tongkat yang terdapat di tabunglah yang membuat naga tersebut mengeluarkan bola perunggu sehingga mengetahui letak gempa terjadi. Sebuah indikasi kasar namun sangat berguna pada zaman dahulu terutama di wilayah Cina yang merupakan daerah rawan terjadi gempa.

6. Pedang Ulfbertht

Kompas

Sebuah pedang tajam lainnya yang diperkirakan masih mempunyai unsur saudara dengan baja Damaskus. Pedang Ulfberht atau yang juga dikenal dengan pedang viking ini memiliki karakteristik lebih tajam, lebih kuat, dan lebih fleksibel.

Pedang ini hampir mirip dengan karakteristik baja Damaskus. Hal ini dibuktikan ketika pada tahun 2014 saat dilakukan penggalian pada kuburan viking, ditemukan tulisan for/to Allah. Diperkirakan pedang ini memiliki cara yang sama dalam pembuatan atau bahannya dengan baja Damaskus.

BACA JUGA : Manfaat Ikan Lele yang Tinggi Protein untuk Ibu Hamil

7. Pilar besi Delhi

Detik

Pilar besi Delhi juga termasuk penemuan aneh yang ada di dunia. Pilar ini terletak di masjid Quwwatul, Delhi, India. Pilar ini diperkirakan sudah berumur 1600 masehi yang dibuat sekitar abad ke-4. Keunikan dari pilar ini adalah pilar ini tak bisa berkarat. Pilar setinggi 7,21 meter dengan diameter 41 cm tertanam di dalam tanah sedalam 93 cm ini memiliki banyak klaim terkait dengan misteri yang terkandung di dalamnya.

Peneliti lingkungan mengatakan pilar tersebut terletak di tempat yang tepat sehingga tahan karat. Peneliti bahan mengatakan pilar tersebut tergabung dari bahan-bahan yang mengandung fosfor dan tak ada belerang dan mangan sehingga tahan karat. Belum ada kepastian sebab tahan karat, pilar ini tetap berdiri hingga sekarang.

8. The Phaistos Disk

Word History

The Phaistos Disk atau dengan nama lain cakram Phaistos adalah sebuah cakram dengan lebar diameter 6 inci. Cakram ini ditemukan pada tahun 1905 yang diperkirakan sudah berumur 4000 tahun. Cakram yang ditemukan di kota Kreta, Yunani ini disusun dengan 241 kata yang dibuat dari 45 simbol individu serta disusun dalam bentuk spiral.

Saat diteliti, kemungkinan arti dari simbol ini adalah doa untuk Dewi Minoa. Yang mana terdapat tiga huruf utama yaitu IQEKURJA artinya ibu hamil atau dewi,  IQE artinya ibu atau dewi dan IQEPAJE atau IQE-PHAE artinya ibu yang bersinar atau dewi.

9. Roman Dodecahedra

Historic Mysteries

Roman Dodecahedra diyakini dibuat pada masa abad ke-2 atau ke-3. Benda berukuran antara 1,6 dan 4,3 inci ini banyak ditemukan di tempat seperti Wales, Hongaria, Spanyol, Italia timur, Jerman dan Prancis lebih dari 100 buah. Benda ini memiliki bentuk yang geometris dengan gabungan dari segilima dengan lima sisi.

Dilengkapi dengan tombol-tombol di setiap sudut pentagonnya. Peneliti  masih terus mencari tahu apa guna dari benda ini, meski banyak yang beranggapan bahwa benda ini adalah tempat lilin, hiasan, mainan anak-anak dan lain sebagainya.

BACA JUGA : 15 Manfaat Habbatussauda Bagi Kesehatan Tubuh & Kulit

10. Bola raksasa Kosta Rika

Anehdidunia

Bola Raksasa Kosta Rika ditemukan di delta Diquis, Isla del Caño lebih dari 300 buah. Las Bolas atau disebut juga Bola Diquis ini diperkirakan telah ada antara tahun 200 SM hingga 800 Masehi.

Peneliti sedikit mengalami kesusahan dalam meneliti benda raksasa ini. Hal ini dikarena orang-orang berusaha memindahkan dari tempatnya bahkan ada yang berusaha meledakkannya dengan harapan ada emas di dalamnya. Padahal mungkin saja bola raksasa ini merupakan alat bantu menghitung pergerakan bulan, bintang atau matahari

11. Terowongan zaman batu, Skotlandia Turki

Grid

Seorang Arkeolog dari Jerman Dr Heinrich Kusch menjelaskan bahwa terowongan ini ditemukan di bawah ratusan pemukiman Neolosthic di seluruh Eropa. Dalam buku ecrets Of The Underground Door To An Ancient World, ia mengklaim jaringan terowongan asli pasti sangat besar. Di hampir seluruh Eropa Sendiri juga ditemukan ribuan meter terrowongan mulai utara Skoltandia hingga ke wilayah Mediterania.

Beberapa ahli meyakini, jaringan ini menjadi cara berlindung orang zaman batu dari predator. Sementara yang lainnya, yakin terowongan ini digunakan sebagai jalan untuk bepergian dengan aman meski sedang terjadi perang atau kekerasan bahkan cuaca. Selain itu, buku tersebut mencatat, dalam beberapa kitab, terowongan ini dikabarkan menghubungkan ke gerbang neraka.

12. Gapura matahari Bolivia

Penemuan aneh yang pernah ada di dunia terkahir adalah Gapura Matahari. Gapura Matahari ini dapat ditemukan di wilayah Tiwanaku, sebuah kota purba dan misterius di Bolivia. Beberapa arkeolog meyakini jika ini merupakan pusat dari sebuah kekaisaran besar selama milenium pertama sebelum masehi. Tidak ada yang mengetahui mengenai arti dan makna pahatan pada Gapura ini. Kemungkinan mereka juga memiliki beberapa signifikansi astrologi atau astronomi.

Demikianlah rangkuman tentang 10 penemuan aneh dan misterius yang ada pernah ada. Meski dianggap aneh, penemuan-penemuan di atas ternyata cukup canggih dan sangat bermanfaat untuk kehidupan zaman dulu.