warna karet behel yang bagus

Selain sehat dan bersih, orang juga mengidamkan gigi yang rapi dan tampak apik secara estetika. Sayangnya, tidak semua orang lahir dengan kondisi semacam itu. Beberapa lahir dengan gigi yang pertumbuhannya tidak seberapa rapi. Salah satu solusi yang bisa ditawarkan adalah dengan memasang behel. Setelah itu, ada persoalan lain yang sering bikin galau: “Karet behel yang bagus warna apa, ya?”

Meski kebanyakan disebabkan oleh faktor genetik, ada banyak alasan yang menyebabkan gigi tak rapi seperti pertumbuhan gigi dewasa yang terlambat atau tidak tepat, kebiasaan menghisap jempol di masa kecil, kecelakaan, dan lain sebagainya. 

Perkembangan teknologi kedokteran saat ini memungkinkan Sedulur menjalani prosedur khusus untuk merapikan gigi yang tak rata, berantakan, atau berjarak. Seperti pemasangan kawat, retainer, aligners, hingga operasi. Untuk memilih prosedur mana yang tepat serta cara memilih warna karet behel yang bagus, Sedulur bisa cek ulasan lengkapnya di bawah. 

BACA JUGA: 12 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh yang Bisa Kamu Coba

1. Alasan pentingnya merapikan gigi 

pentingnya pakai behel
unsplash.com

Selain keperluan estetika, ada beberapa alasan yang mungkin membuat Sedulur perlu mempertimbangkan prosedur medis ini. Berikut beberapa alasan kuatnya: 

  • Meningkatkan kenyamanan. Beberapa orang memiliki struktur gigi atas dan bawah yang letaknya tidak pas dan menyebabkan ketidaknyamanan saat berbicara, makan, dan lain sebagainya. 
  • Gigi yang rapi akan lebih mudah dibersihkan dan mengurangi risiko munculnya plak atau karang gigi karena sisa makanan yang tertinggal atau terselip. 
  • Dengan gigi yang rapi dan bersih, risiko penyakit penyerta pun akan berkurang. Salah satunya coronary artery disease yang bisa berakar dari infeksi pada akar dan syaraf gigi. 
  • Mengurangi rasa sakit pada rahang. Gigi yang tak rapi membuat bentuk mulut dan dislokasi posisi rahang dan bisa menimbulkan rasa sakit atau tak nyaman. 

BACA JUGA: Kisaran Biaya Tambal Gigi, Jenis dan Prosedurnya, Bisa Mahal & Murah

2. Pilihan prosedur merapikan gigi 

prosedur merapikan gigi
unsplash.com

Seperti yang sudah dijelaskan ada banyak pilihan prosedur merapikan gigi terbaik yang disarankan dokter gigi. Semuanya punya fungsi, kelebihan, dan kekurangan masing-masing. 

Behel berbahan logam 

Ini adalah prosedur paling tradisional atau tua dalam prosedur merapikan gigi. Behel logam yang disambungkan dengan kawat tipis akan dipasang pada gigi yang butuh dirapikan. Harganya cukup terjangkau dibanding prosedur lainnya dan cocok untuk segala usia, terutama anak-anak dan remaja. Kini behel logam sudah dimodifikasi dengan ukuran yang lebih kecil dan bisa diberi tambahan karet warna-warni yang menarik dan fashionable. 

Behel keramik 

Lain halnya dengan behel keramik yang lebih disukai oleh orang dewasa dan remaja yang lebih tua usianya. Behel keramik tidak memiliki penampilan yang mencolok seperti pelopornya yang berbahan logam dan diberi warna karet behel yang bagus untuk wanita dan pria sesuai dengan selera penggunanya.

Biasanya ia dibuat dengan pilihan transparan atau varian warna yang mirip dengan warna gigi pengguna, sehingga tersamarkan. Untuk efektivitasnya pun sama dengan behel logam, tetapi harganya sedikit lebih mahal. 

Lingual braces 

Untuk orang dewasa yang tidak ingin terlihat memakai behel, lingual braces bisa dipilih. Ia merupakan kawat gigi yang dipasang di gigi bagian dalam. Fungsi dan cara kerjanya sama dengan behel lainnya. Hanya saja letaknya dekat dengan lidah, sehingga bisa mempengaruhi cara bicara dan makan penggunanya. Menggunakan kawat gigi memang butuh penyesuaian, tetapi lingual braces bisa dibilang yang paling sulit karena posisinya tersebut. 

Clear aligners 

Aligners juga bisa jadi alternatif perapi gigi yang tidak terlihat jelas. Ia terbuat dari plastik berwarna bening yang dipasang pada bagian luar gigi. Untuk itu bentuknya pun custom alias disesuaikan dengan gigi pengguna. Alat ini bisa dipasang dan dilepas dengan mudah, sehingga pemakainya dapat makan dengan nyaman. 

Treatment merapikan gigi dengan cara ini mungkin akan lebih lama dibandingkan behel, apalagi jika pemakainya tidak disiplin memasang alat tersebut secara rutin selama 22 jam per harinya. Aligners tidak bisa dipakai bertahun-tahun seperti behel logam dan keramik. Penggunaan maksimalnya adalah 2 minggu dan kemudian dokter akan menggantinya dengan yang baru. 

Retainer 

Biasanya dipasang setelah penggunaan behel dan aligners. Retainer berfungsi untuk mempertahankan bentuk gigi yang sudah berubah agar tetap terjaga kerapiannya dalam jangka panjang. Retainer punya dua tipe, permanen dan yang bisa dilepas pasang sendiri. Biasanya bentuknya bisa berupa kawat tipis atau bisa juga bening seperti plastik. 

Operasi bedah mulut 

Operasi dilakukan untuk kondisi gigi yang strukturnya parah dan mengganggu posisi rahang. Orang yang mengalami masalah seperti ini seringkali merasakan pusing dan tidak nyaman di bagian rahang dan sekitar area gigi. Prosedurnya cukup ribet, perlu dilakukan rontgen dan berbagai tes kesehatan serta persiapan. Namun, dampaknya permanen. 

BACA JUGA: 5 Manfaat Infused Water Untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

3. Memilih warna behel terbaik

warna karet behel yang bagus terbaik
unsplash.com

 Dari semua prosedur di atas, memasang behel memang jadi solusi yang paling sering direkomendasikan dan dipilih pasien. Selain hasilnya nyata, biayanya lebih masuk akal dan perawatannya pun tidak seribet prosedur aligners. Sedulur juga bisa memilih warna behel yang sesuai dengan preferensi. Berikut beberapa pertimbangan memilih warna karet behel yang bagus untuk perempuan maupun laki-laki. 

Transparan 

Warna ini banyak disukai orang yang tak ingin penampilan behelnya tampak mencolok. Namun, di balik keanggunannya, warna transparan rentan akan noda dari makanan yang kita konsumsi. Memang ada sikat gigi khusus, tetapi jika berpikir untuk jangka panjang warna transparan mungkin bukan pilihan yang bagus. Kecuali kalau kamu mau menggantinya di tengah jalan. 

Namun, kamu bisa menjadikan warna ini sebagai warna karet behel untuk pernikahan yang bisa dipakai di hari penting ini. Agar tidak terlalu mencolok, kamu juga perlu melakukan bleaching agar gigi terkesan lebih putih.

Putih 

Sama dengan transparan, karet behel warna putih juga rentan kotor. Ia juga bisa membuat gigi terlihat lebih kuning jika warna putihnya terlalu terang. Mengingat warna gigi asli adalah putih tulang, tidak putih kebiruan seperti warna karet behel yang tersedia di pasaran. 

Navy, maroon, dan magenta

Ini adalah dua pilihan warna karet behel agar gigi kelihatan putih. Ada navy dan maroon. Warna gelap seperti ini juga tidak akan tampak mudah kotor meski dipakai dalam waktu lama. Mereka juga netral bisa dipakai laki-laki maupun perempuan, serta tampak elegan. Tak menimbulkan kesan childish, jadi bisa dipakai untuk orang dewasa. 

Selain itu, masih ada warna behel magenta yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Sangat cocok bila kamu sedang bosan dengan warna netral.

Abu-abu dan perak yang netral 

Opsi lainnya yang bisa dijadikan sebagai warna karet behel yang bagus untuk gigi kuning adalah abu-abu dan perak. Keduanya netral dan juga tidak akan meninggalkan bekas noda makanan yang nyata karena pemakaian saat makan. Warna ini juga jauh dari kesan mencolok, jadi oke dipakai siapa saja dari segala usia. 

Warna karet behel ini juga oke untuk pernikahan, karena tidak akan mengganggu penampilanmu. Netral dan cocok dengan warna tema riasan dan gaun yang dikenakan. 

Coba warna yang sesuai dengan warna kulit 

Warna gelap cocok untuk pemilik kulit putih karena tidak akan menimbulkan kesan pucat di wajah. Sementara untuk pemilik kulit gelap, warna neon atau pastel bisa dipilih. Jika ingin yang gelap, coba warna karet behel maroon atau navy. 

Warna yang wajib dihindari 

Selain warna putih, hindari pula warna hitam pekat yang membuat gigi tampak seperti berlubang. Warna hitam juga bisa menimbulkan kesan seperti ada sesuatu yang menyangkut di sela-sela gigi. Hal serupa berlaku untuk warna hijau dan cokelat. Warna lain yang harus dihindari adalah kuning, karena bisa memberikan kesan gigi makin kuning dan tidak sehat. 

Butuh rekomendasi warna karet behel power chain yang bagus? Kamu bisa coba yang netral dulu, ya. Bila sudah percaya diri, kamu bisa menaikkan level ke warna yang lebih mencolok.

Warna neon untuk yang berkepribadian ceria 

Warna neon juga banyak dipilih terutama untuk anak-anak dan remaja tanggung. Warna ini terlihat ceria dan menarik. Warna yang terang dapat membuat anak-anak lebih percaya diri saat mengenakan kawat gigi. 

Warna karet behel biru tua yang tidak terlalu mencolok juga bisa dijadikan sebagai alternatif. Kamu bisa memadukan warnanya dengan color lainnya.

Tentunya warna karet behel yang bagus tidak akan mudah luntur. Untuk itu, Sedulur disarankan hanya melakukan prosedur pemasangan behel atau alat perapi gigi di dokter gigi yang terpercaya. Jangan mudah tergiur harga murah, tetapi kualitas dan jaminan keamanannya masih dipertanyakan. Prosedur merapikan gigi biasanya memakan biaya Rp6-15 juta rupiah tergantung kondisi gigi dan alat bantu yang dipilih. Silakan dipertimbangkan, Sedulur.