warna cat dapur abu-abu

Dapur merupakan bagian rumah yang perlu diperhatikan dan dibersihkan setiap waktu. Hal ini lantaran ruangan tersebut menjadi tempat untuk memasak dan menyajikan makanan. Agar dapur bisa selalu bersih dan tidak mudah terlihat kotor, bisa mencoba warna cat dapur abu-abu yang sedang tren.

Pemilihan warna abu-abu sendiri tidak lepas dari munculnya konsep industrial dalam desain hunian modern. Selain karena menggunakan warna netral, warna cat dapur abu-abu juga memberikan kesan mewah dan elegan di dalam rumah.

Nah, jika Sedulur tertarik menggunakan warna cat dapur abu-abu untuk rumahmu. Coba simak beberapa referensi berikut ini ya!

BACA JUGA: 20 Desain Dapur Cantik dan Elegan Idaman di Tahun 2022

-->

1. Soft grey

warna cat dapur abu-abu
Tom Howley

Warna abu-abu memiliki sifat psikologikal yang menenangkan. Dalam beberapa momen, warna ini juga memberikan kesan minimalis dan tidak membosankan. Dapur minimalis yang memadukan pencahayaan akan terlihat segar, modern, dan menyenangkan dengan warna cat abu-abu dengan tone lembut untuk sebuah rumah.

2. Ironside

Ingin memilih warna cat dapur abu abu yang umum, yakni tidak terlalu gelap maupun tidak terlalu terang? Ironside bisa dijadikan pilihan karena warna ini memiliki komposisi yang cukup seimbang antara cerah dan gelap.

Untuk menciptakan kesan yang lebih elegan, warna ini bisa dikombinasikan dengan warna putih. Perpaduan ini akan memberikan suasana monokrom yang manis dan minimalis di sudut dapurmu.

3. Sealskin

warna cat dapur abu-abu
Buster

Sealskin, seperti namanya, warna ini memiliki karakteristik seperti kulit anjing laut. Dibandingkan dengan variasi warna abu-abu yang telah disebutkan sebelumnya, sealskin memiliki sentuhan warna cokelat.

Dengan demikian, warna ini bisa dibilang sebagai warna abu-abu kecokelatan yang mampu memberikan sentuhan hangat.

4. Hurricane gaze

Kalau dilihat dari namanya, hurricane haze mungkin jadi warna cat dapur abu-abu yang paling keren. Warna ini merupakan hasil inspirasi badai yang memiliki awan mendung berwarna abu-abu pekat.

Meski begitu, jika diaplikasikan dalam dapur, warna ini memiliki karakteristik yang cerah sehingga menarik untuk dikombinasikan dengan berbagai aksen terang lainnya. Dengan menggunakan kombinasi seperti itu, dapur pasti akan tampil lebih elegan dan menawan. Sedulur pun akan dibuat betah saat memasak di dapur kesayangan.

5. Dark grey

warna cat dapur abu-abu
Vevano

Jika Sedulur tidak terlalu menyukai warna terang, maka bisa mencoba untuk memainkan lebih banyak palet monokromatik. Dan, salah satu pilihan terbaik adalah menggunakan warna abu-abu gelap atau dark grey.

Jangan khawatir, dapur dengan warna abu-abu gelap juga bisa manampilkan suasana tenang dan clean. Bahkan, Sedulur tidak perlu khawatir ada noda yang menempel di tembok karena akan sedikit tersamarkan.

6. Gropius grey

Gropius gray adalah variasi warna abu-abu yang cenderung gelap, tetapi warnanya juga tidak terlalu pekat. Variasi warna abu-abu ini justru bisa dibilang terkesan pudar dan memiliki sedikit sentuhan warna hangat.

Kalau kamu ingin dapur terlihat lebih elegan, warna ini bisa jadi pilihan yang tepat. Ini juga menjadi salah satu warna favorit para sultan di luar negeri lho.

7. Blackjack

Variasi warna cat dapur abu abu yang satu ini terkesan sangat abu-abu dan cenderung gelap dengan permukaan doff. Kalau kamu ingin dapur yang kental dengan nuansa elegan, warna blackjack bisa jadi pilihan tepat.

Namun, agar dapur tidak terkesan suram, dapur dengan warna ini sebaiknya memiliki bukaan agar cahaya matahari bisa masuk. Di samping itu, dapur seperti ini sebaiknya juga dilengkapi dengan lighting atau pencahayaan yang tepat.

8. Water ouzel

warna cat dapur abu-abu
Home Beautiful

Water ouzel adalah warna abu-abu yang diambil dari warna bulu burung water ouzel atau the American dipper. Karakteristik warna abu-abu yang satu ini cenderung gelap dan pekat sehingga bisa memberikan sentuhan elegan pada dapur.

Di samping itu, warna ini juga menarik dikombinasikan dengan warna putih. Sedulur akan sangat puas ketika mengkombinasikan dua warna tersebut dalam dapurmu.

9. Grey web

Warna grey web ini bisa dijadikan pilihan terbaik jika Sedulur ingin memiliki dapur yang elegan dan bernuansa futuristik. Agar dapur tampil lebih menarik, kamu bisa memilih warna grey web dengan permukaan glossy atau mengilat.

Ini juga jadi pilihan yang oke ketika Sedulur ingin memiliki kitchen set dengan warna silver atau warna-warna stainless. Dijamin, suasana dapur akan sangat profesional!

10. Abu-abu hijau

Pinterest

Menurut penjelasan para ahli warna dan desain interior, warna cat dapur abu-abu hijau adalah pilihan warna yang mampu melahirkan suasana “dramatik”.

Selain itu, jika dilihat dari pandangan feng shui, warna ini adalah salah satu warna terbaik untuk ruang dapur. Dengan tone warna yang ringan dan bisa berfungsi seperti layaknya warna netral, abu-abu hijau bisa menjadikan dapur menjadi salah satu tempat yang lembut dan inviting.

BACA JUGA: 10 Ide Model Meja Dapur Cor Sederhana yang Indah

Warna Cat Lain yang Menarik

Selain warna abu-abu, ada beberapa warna cat dapur yang juga tak kalah menarik untuk Sedulur coba.

11. Biru muda

Premier Kitchen

Bagi Sedulur yang memiliki dapur kecil, warna biru muda bisa jadi rekomendasi untuk digunakan. Karena warna biru muda bisa memberikan kesan terang sehingga dapur tidak terasa begitu sempit.

Sedulur juga bisa mengaplikasikan setiap permukaan rak dan kabinet dengan warna biru muda agar hasil lebih maksimal. Aplikasikan di setiap permukaan rak dan kabinet dapur untuk hasil yang maksimal.

Sedulur bisa memadukannya dengan dinding serta meja dapur putih agar ruangan tidak terlihat monoton. Jangan lupa, sesuaikan juga warna pernak-pernik dapur yang digunakan agar warna dapur tidak belang dan tumpang tindih.

12. Putih

Warna putih memang selalu menjadi pilihan yang populer dan klasik untuk diaplikasikan pada tembok dapur. Selain memberikan kesan bersih, warna putih juga dapat membuat dapur terlihat lebih terang dan luas, terutama pada dapur dengan ukuran yang lebih kecil. 

Selain itu, keuntungan lain dari warna putih adalah kemampuannya untuk mudah diintegrasikan dengan berbagai pilihan warna lainnya. Ini artinya Sedulur bisa memadukan kitchen set dengan warna apapun yang diinginkan, seperti hitam, cokelat, abu-abu, atau bahkan warna yang lebih mencolok seperti merah atau biru.

13. Krem

Homes Garden

Jika ingin memiliki dapur dengan warna yang tenang dan pastel, pilihan tepat adalah warna krem. Warna ini hampir sama dengan warna putih, sehingga mudah dipadukan dengan warna lain.

Selain itu, warna krem memberikan kesan bersih dan luas, mirip dengan warna putih. Untuk kitchen set, kita bisa memilih warna coklat muda atau tua. Pilihan kitchen set berwarna hijau juga bisa membuat dapur terlihat berbeda dan menarik.

14. Navy

Ide warna cat dapur selanjutnya adalah navy. Bagi Sedulur yang  menyukai warna  gelap, warna ini bisa jadi pilihan menarik. Warna ini bisa Sedulur padukan dengan backsplash dapur berwarna putih dan meja bernuansa abu.

Baru kemudian aplikasikan cat navy pada permukaan kabinet dapur secara menyeluruh. Jangan lupa, pajang beberapa peralatan makan bernuansa navy di rak gantung sebagai aksen dekorasi tambahan.

15. Olive

desain dapur modern
Architectural Digest

Rekomendasi warna cat selanjutnya yaitu olive. Warna ini sangat cocok untuk Sedulur yang ingin dapur lebih cerah dan ceria. Selain untuk dapur, warna hijau juga seringkali digunakan untuk kebutuhan ruangan lain, karena efeknya yang memberikan ketenangan sekaligus cerah.

16. Sage peach

aat menggabungkan dua warna kontras agar dapur tetap terasa lapang, Sedulur bisa menggunakan trik memisahkannya dengan warna netral lainnya. Sebagaimana yang dapat Sedulur lihat dalam contoh di gambar di atas, ada bidang backsplash serta top table menggunakan warna putih.

Hasilnya, kedua warna yaitu hijau sage serta peach bisa berdiri sendiri dan memberikan tampilan dapur yang cantik. Pilih pelengkap dekorasi lainnya serba putih, agar terjaga keselarasannya. Campuran warna cat untuk dapur ini dapat membuat dapur terlihat bersih dan mewah.

17. Kuning

Rekomendasi warna untuk dapur yang memberikan kesan cerah selain warna hijau olive yaitu warna kuning. Warna kuning dapat memberikan suasana yang segar dan membuat suasana dapur menjadi lebih ceria.

Agar keseluruhan tampilan enak dilihat, pilih material logam dalam warna hitam atau chrome, jangan dicampur adukkan dengan warna silver maupun bahan plastik berwarna lainnya. Karena ada beberapa warna yang tidak cocok dipadukan dengan warna kuning kunyit.

18. Hazelnut

desain dapur modern
Decoist

Rekomendasi selanjutnya yaitu hazelnut sebagai warna cat untuk dapur. Hazelnut adalah tone warna klasik turunan dari warna coklat. Ini adalah pilihan yang paling tepat bagi Sedulur yang ingin warna cat bagian dapur yang elegan dan mewah.

Pastinya warna ini sangat cocok sekali bagi yang menyongsong tema klasik dalam sebuah ruangan. Kesan hangat dengan balutan tone coklat, membuat warna ini cocok untuk diterapkan pada berbagai ruangan. Dijamin saat memasak, Sedulur bisa semakin nyaman dan betah.

19. Mint

Selain warna hijau olive, Sedulur bisa menggunakan hijau mint sebagai warna cat untuk dapur. Hijau mint dapat menimbulkan kesan manis dan juga unik. Sebagaimana yang dapat Sedulur lihat dalam rekomendasi gambar di atas. Warna hijau mint yang dipadukan dengan warna putih, ditambah dengan aksen lantai yang semakin tegas.

20. Hitam

Elle

Desain dapur cantik kekinian memang biasanya identik dengan warna-warna yang natural. Namun, sebagian orang menganggap bahwa ruangan dengan warna hitam memiliki timeless design. Hitam tidak selalu identik dengan pria yang maskulin, ya. 

Ruangan memasak dengan warna hitam juga cocok untuk Sedulur yang gemar menjamu tamu dengan sajian koktail. Namun, perlu diingat bahwa ruang memasak dengan warna hitam kurang cocok untuk hunian yang memiliki ruangan sempit dan apartemen. 

Nah, itu deretan inspirasi warna cat dapur abu-abu yang bisa Sedulur coba. Warna satu ini memang sedang naik daun bagi para desain interior karena memberikan kesan mewah dan bersih. Jadi selamat memilih ya!