vacuum sealer terbaik

Kebutuhan vacuum sealer terbaik untuk aktivitas rumah tangga memang cukup penting. Tak hanya membantu menjaga daya tahan bahan mentah masakan, tapi juga  menjaga kebersihan dari paparan bakteri dan kuman.

Beruntung sekarang sudah ada banyak sekali pilihan vacuum sealer terbaik yang bisa Sedulur coba. Jika dahulu barang satu ini cukup mahal karena menjadi kebutuhan utama sebuah bisnis, kini para produsen elektronik sudah menyediakan pilihan untuk kebutuhan rumah tangga. 

Nah, apabila Sedulur ingin memiliki vacuum sealer terbaik untuk food prep di rumah. Mari simak rekomendasi vacuum sealer berikut ini!

BACA JUGA: Jangan Sampai Salah! Ini Tips Menyimpan Sayur di Kulkas

Manfaat Vacuum Sealer

vacuum sealer terbaik
All Recipes

Sebelum kita mulai memberikan rekomendasi vacuum sealer terbaik untuk di rumah, Sedulur sebaiknya mengetahui tentang penggunaan vacuum selater terlebih dahulu. Barang satu ini ternyata tak hanya penting untuk menjaga kebersihan makanan tapi juga untuk hal lain. Berikut ini diantaranya.

  • Bahan masakan bebas pengawet

Makanan yang sifatnya olahan biasanya tidak dapat bertahan lama dan dapat cepat kedaluwarsa. Oleh sebab itu, sebagian produsen makanan menggunakan bahan pengawet pada makanan yang dipasarkan. Tidak semua bahan pengawet aman untuk dikonsumsi bahkan berbahaya.

Teknologi pengemasan makanan dengan mesin vakum menjadi alternatif terbaik untuk mengurangi penggunaan bahan pengawet. Cara kerja mesin vakum adalah dengan menyedot semua udara dari dalam kemasan sebelum disegel.

  • Menjadi tahan lama

Makanan akan lebih mudah basi dan kedaluwarsa jika terlalu banyak udara di dalamnya. Makanan seperti keripik dan kacang biasanya dikemas dengan metode seperti ini agar tetap gurih dan renyah. Pengemasan dengan menggunakan mesin vakum juga membuat makanan tampak lebih rapi dan praktis, dengan demikian meningkatkan nilai jual dari makanan itu sendiri.

  • Penyimpanan jadi ringkas

Tidak hanya makanan olahan saja, mesin vakum juga bisa digunakan untuk mengemas sayur dan buah. Jenis dan bentuk mesin vakum juga beragam, disesuaikan dengan besar usaha. Untuk usaha rumahan, sebaiknya menggunakan mesin vakum yang kecil agar tidak memakan banyak tempat. Manfaat lain yang bisa didapatkan adalah waktu pengemasan yang singkat, yaitu hanya 3 detik saja.

Manfaat ini tentu bisa memberikan Sedulur kemudahan setelah belanja. Tak hanya membuat persediaan bahan pangan di rumah jadi lebih lama, tapi penyimpanan di kulkas juga lebih rapi dan tertata.

BACA JUGA: Cara Mudah Menghilangkan Bau Kulkas, Dijamin Ampuh!

Rekomendasi Vacuum Sealer Terbaik

Ada cukup banyak produk vacuum sealer yang bisa Sedulur coba. Namun, berikut ini pilihan terbaik yang cocok untukmu.

1. CANEL & CO Vacuum Sealer

vacuum sealer terbaik
Daring Kitchen

Canel & Co Vacum Sealer merupakan pilihan pertama yang bisa Sedulur coba. Ini bisa Sedulur gunakan untuk menyimpan aneka makanan basah, kering hingga frozen food. Cocok untuk yang punya usaha kecil di rumah.

Dilengkapi timer sehingga lebih mudah memakainya. Ada juga perlindungan terhadap panas berlebihan sehingga alat otomatis mati. Sedulur bisa memakainya untuk obat-obatan, komponen elektronik, peralatan kamera, perhiasan, lukisan, sayur, daging dan buah-buahan.

2. Nankai Vacum Sealer

Produk ini bisa jadi salah satu pilihan terbaik untuk Sedulur yang memiliki anggaran terbatas. Sedulur bisa mendapatkan sebuah sealer sekaligus fungsi vakum dengan harga yang sangat ekonomis. Dengan demikian, selain berhemat, bahan makanan Sedulur pun jauh lebih awet.

Selain itu, penggunaan alat ini terbilang cukup mudah sebab dirancang dengan sangat sederhana. Tidak banyak menu atau tombol yang terpasang sehingga tidak membuat bingung pemula sekalipun. Yuk, segera check out produk dari NANKAI ini untuk penggunaan di rumah.

3. Bonkyo Vacuum Sealer

Sedulur bisa memilih bonkyo Portable Food Vacuum Sealer – VM2 sebagai pilihan. Produk yang satu ini bisa untuk makanan basah hingga makanan kering. Vacuum selaer ini mudah digunakan karena dilengkapi dengan touchscreen. Fiturnya lengkap dan mudah dibersihkan. Produk memiliki daya 110 watt.

4. Taffware Sealer

Taffware Pompa Vacuum Sealer SX-101 adalah pilihan lain untuk Sedulur. Sebelum menyimpan makanan dalam kulkas, Sedulur bisa memakai alat ini untuk memvakum makanannya agar lebih awet. Gunakan plastik sealer dan kemudian gunakan vacuum sealer ini untuk menutup plastik tersebut. Udara dalam plastik akan tersedot keluar sehingga kesegaran makanan lebih terjaga.

5. Ronegye Vacuum

Ronegye dianggap sebagai merk vacuum sealer terbaik karena bisa mengemas dalam waktu 6-10 detik. Dengan waktu secepat itu, konsumsi daya listrik alat ini mencapai 110 watt dan bisa digunakan untuk kemasan toples dan botol. Sedulur dapat menggunakan plastik sealer emboss pada pompa vacuum sealer. Bahan sealer menggunakan stainless steel yang kokoh dan tahan lama.

6. Sealer Fresh DZ-280

vacuum sealer terbaik
Pinterest

Vacum Sealer Fresh DZ-280 adalah pilihan selanjutnya untuk Sedulur. Ukurannya yang kecil sehingga sangat portable dan mudah dibawa kemanapun. Pengoperasian alat ini juga sangat simple jadi Sedulur tidak akan bingung.

Vakum ini bisa digunakan untuk berbagai macam makanan. Jadi tak hanya membuat makanan jadi lebih awet dan terjaga dari bakteri, Sedulur juga bisa menyimpan dalam kondisi yang ringkas. Produk ini membutuhkan daya 100 watt.

7. Powerpack Household Vacuum

Ini dia salah satu vacuum sealer yang multifungsi. Tidak hanya makanan kering, Sedulur juga bisa mengemas makanan basah, seperti daging, kue, atau olahan makanan lainnya. Produk ini sangat cocok untuk Sedulur yang tengah merintis bisnis olahan makanan. Makanan jadi lebih awet dan tahan lama, terlebih apabila disimpan dalam lemari es.

Alat ini bekerja dengan mengisap udara yang ada dalam kantong plastik dan menguncinya dengan rapat. Kemasan pun jadi kedap udara sehingga terhindar dari bakteri dan terjaga kualitasnya.

8. Kris Vacuum Sealer

Hadir dengan panjang sealer 32 cm, alat ini bisa menyegel makanan basah maupun kering. Ini juga berkat teknologi pulse vac yang mampu menyesuaikan tekanan dan durasi proses vacuum. Harga Kris Vacuum Sealer mulai dari Rp1.400.000 per unit. Dengan harga tersebut, penyegelan produk bisa dilakukan dengan sangat rapat dan kedap udara.

9. Vacum DZ-300N

Sedulur juga boleh mencoba Vacuum Sealer DZ-300N sebagai vakum portabel yang mudah digunakan. Ukurannya kecil sehingga mudah dipindahkan. Daya yang dibutuhkan juga kecil yakni 60 watt. Produk memiliki daya hisap kuat sehingga bisa menutup dengan sempurna. Mudah dibersihkan dan dioperasikan.

10. Deli W14888

Jangan ragu membeli Deli Vacuum Sealer W14888. Ini adalah mesin vakum yang cocok untuk makanan basah hingga kering. Daya yang dibutuhkan kecil, hanya 80 watt. Kapasitas lebar plastik vakum maksimalnya 320 mm.

Terbuat dari bahan ABS mudah dibersihkan. Produk ini hadir dengan safety protection sehingga lebih aman dioperasikan.

11. Goto Zip Vacuum Sealer

vacuum sealer terbaik
Pinterest

Goto Zip Vacuum Sealer adalah produk yang sayang dilewatkan. Produk ini dilengkapi dengan indikator lampu untuk memudahkan penggunaan dan penghitungan waktu. Daya yang dibutuhkan hanya 90 watt.

Produk memiliki seal yang berkualitas sehingga bisa menjaga makanan dari jamur dan bakteri. Ada pengunci pada kedua sisi alat untuk memaksimalkan hasil vakum makanan.

12. FreshWorld Vacuum Sealer

Jika banyaknya fitur adalah yang Sedulur cari, produk ini bisa Sedulur pilih. Terlebih lagi, dengan fitur yang sangat komplet, harga yang ditawarkan pun masih relatif terjangkau. Alat ini tidak hanya dapat melakukan vakum dan segel saja, tetapi juga melakukan blow.

Fungsi ini biasanya digunakan untuk mengemas makanan ringan yang mudah hancur seperti keripik. Dengan ditiup hingga berisi udara, bentuk keripik pun dapat terjaga dengan lebih baik. UMKM penganan keripik wajib punya alat yang satu ini!

13. Wirasta HVC

Bila membutuhkan sealer dengan kapasitas besar, Sedulur bisa membeli Wirastar HVC 260. Alat ini kerap dipakai untuk mengemas elektronik, bahan kimia, hingga obat-obatan. Beratnya mencapai 35 kg dengan konsumsi daya listrik 370 watt dengan tekanan sealer yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

14. Samono SW-VSW60

Samono Mesin Vakum SW-VSW60 merupakan pilihan yang tepat. Bisa untuk mengemas segala jenis makanan. Dengan mesin ini maka makanan bisa terjaga bentuk aslinya dalam waktu yang cukup lama. Pemakaian yang tepat bisa membuat makanan jadi anti jamur, anti oksidasi, anti pembusukan dan anti karatan. Sedulur bisa memakai menggunakan plastik vakum embos untuk hasil lebih maksimal.

15. Getra Vacum Sealer

Keunggulan dari Getra ET 2500 sebagai mesin vacuum sealer terbaik adalah fitur semi otomatisnya. Alhasil, makanan yang diinginkan dapat dihisap dan di press secara otomatis.

Konsumsi daya listriknya mencapai 150 watt dengan kapasitas vacuum 75-80 Kpa. Alat ini dapat digunakan untuk mengepres kacang-kacangan hingga buah-buahan. Produk memiliki garansi servis selama setahun dan 3 bulan untuk spare part.

16. XZXZ Vacuum Sealer

Epicurious

Jangan ragu memilih XZXZ Vacuum Sealer. Produk ini bisa digunakan untuk mengemas segala jenis makanan. Alat sudah lolos uji kualitas dari para ahli sehingga aman digunakan. Lebih cocok untuk makanan kering atau frozen food. Tidak direkomendasikan untuk yang berair atau makanan mengandung banyak air.

Demikian tadi deretan rekomendasi vacuum sealer terbaik yang bisa Sedulur miliki. Tak hanya memiliki banyak manfaat untuk menjaga kebersihan bahan masakan, vacuum sealer juga membuat beanja lebih hemat karena bahan pangan lebih tahan lama. Jadi selamat memilih ya Sedulur!