android tv box terbaik

Seperti yang kita tahu bersama bahwa TV analog sudah ditinggalkan. Sekarang kita sudah disarankan untuk menggunakan TV digital. Salah satu smart TV yang kerap jadi pilihan adalah yang memiliki OS Android. Tapi gak hanya nonton TV saja. Android TV juga memungkinkan kamu untuk menikmati berbagai jaringan di internet. Sebut saja seperti YouTube, NetFlix, Disney+ Hotstar, dan masih banyak lagi. Tapi untuk mendukung akses ini, kamu perlu memasang perangkat Android TV box terbaik.

Nantinya, TV box ini akan disambungkan ke televisi kamu agar bisa menampilkan berbagai konten hiburan seperti yang sudah dijelaskan di atas. Tenang, TV box ini sudah juga dijual di pasaran jadi bisa kamu dapatkan dengan mudah. Harganya pun sangat beragam. Tapi jika kamu memiliki dana yang terbatas, berikut beberapa rekomendasi merk TV box yang bisa kamu pilih.

BACA JUGA: 7 Smart TV 50 inch Terbaik untuk Nonton Bareng di Rumah!

Rekomendasi Android TV Box

Agar Sedulur semakin mudah untuk bisa menikmati berbagai macam hiburan secara online. Berikut ini deretan rekomendasi Android TV box terbaik yang bisa dicoba.

-->

1. MXQ R9 4K RK3229

Unsplash

MXQ R9 4K RK3229 menjadi salah satu TV box terbaik yang bisa menjadi pilihan. Dengan memakai alat ini, memungkinkan kamu untuk melakukan akses internet, bermain game, streaming video, dan masih banyak lagi.

Android TV box ini menggunakan OS Andrid KitKat 4.4. Tampilan visualnya sudah 4K yang tentunya menyajikan gambar berwarna tajam seperti ketika melihat objeknya secara langsung. Pasti bakal sangat memanjakan.

Kemudian untuk performanya ditenagai prosesor Quad Cortex-A7 dan GPU Mali-400 GPU. Tak hanya itu, MXQ R9 4K RK3229 sudah disokong dengan RAM 1 GB dan ROM 8 GB. Di toko online dijual di kisaran harga Rp375.000.

Spesifikasi:

Jumlah Core: Quad Core
Chipset: RK3229
RAM: 1 GB
ROM: 8 GB
OS Version: 4.4 KitKat
Bluetooth: V4.0
USB: 4 Port(s)
HDMI: 1 Port(s)

2. MXQ Pro 4K S905

MXQ Pro 4K S905 di toko online dijual dengan harga cukup terjangkau, mulai Rp170an ribu. Kelebihan TV box terbaik dari Android ini bisa mengubah TV lama menjadi lebih smart dan modern. Di bekali dengan OS Android Lollipop dan Amlogic S905, membuatnya memiliki kecepatan 2.0GHz.

Dengan menggunakan MXQ Pro 4K S905, membuat kamu bisa menikmati berbagai tayangan hiburan, mulai darig mengakses internet, bermain game, streaming, dan yang lainnya dengan video beresolusi 4K. Mantap ‘kan?

Spesifikasi:

Jumlah Core: Quad Core
Chipset: S905 Cortex A53
RAM: 1 GB
ROM: 8 GB
OS Version: 5.1 Lollipop
USB: 4 Port(s)
HDMI: 1 Port(s)

3. Xiaomi Hezi Mi Box Mini

android tv box terbaik
MI

Kamu bisa bisa menikmati berbagai konten seru di smartphone melalui layar TV hanya menggunakan Xiaomi Hezi Mi Box Mini. Perlu kamu tahu juga, Android TV box ini bisa mengubah TV jadul kamu menjadi smart TV. Jadi bisa menghemat tanpa perlu beli TV baru.

Kamu bisa browsing, streaming video, menonton berbagai acara TV, bermain game, dan masih banyak lagi menggunakan TV box ini. Perlu kamu tahu juga bahwa Xiaomi Hezi Mi Box Mini sudah didukung dengan MTK MT8685 Cortex-A7 yang memiliki CPU quad-core.

Selain itu, alat ini sudah memiliki kecepatan akses yang mumpuni, yaitu mencapai 1.3 GHz. Dengan tampilan visual yang full HD dan kapasitas RAM 1 GB dan ROM 4 GB, kamu bisa sangat puas menonton berbagai hiburan sampai atau bermain game. Di toko online dijual dengan harga Rp 450-an ribu.

Spesifikasi:

Jumlah Core: Quad Core
Chipset: MTK MT8685 Cortex-A7
RAM: 1 GB
ROM: 4 GB
OS Version: 6.0 Marshmallow
Bluetooth: v4.0
HDMI: 1 Port(s)

4. Xiaomi Hezi Mi Box 3 Pro

Selain Xiaomi Hezi Mi Box Mini, rekomendasi yang selanjutnya adalah Xiaomi Hezi Mi Box 3 Pro. TV box ini hadir dengan dukungan tampilan beresolusi tinggi yaitu 4K yang tentunya sangat tajam. Dengan begitu, kamu akan disuguhkan dengan gambar atau objek yang sangat mendetail serta warna yang kaya.

Androis TV ini dibekali dengan CPU MT8693 2 Cortex-A72 + 4 Cortex-A53 64 yang memiliki kecepatan akses hingga 2.0GHz. Didukung pula dengan GPU Power VR GX6250 yang membuat tampilan visualnya terlihat lebih atraktif. 

Perlu kamu tahu juga Hezi Mi Box 3 Pro ini sudah memiliki kapasitas RAM 2 GB dengan ROM 8 GB yang bisa kamu andalkan meski memakai beberapa aplikasi secara bersamaan. Untuk harganya di toko online di kisaran Rp705.000.

Spesifikasi:

Jumlah Core: Quad Core
Chipset: Cortex-A53
RAM: 2 GB
ROM: 8 GB
OS Version: 6.0 Marshmallow
Bluetooth: v4.0
USB: 1 Port(s)
HDMI: 1 Port(s)

5. Polytron PDB-M11

Selanjutnya ada Polytron PDB-M11 memiliki kualitas gambar yang mumpuni yakni Full HD (1080p). TV box ini memberikan fasilitas on-demand, yang memungkinkan kamu menonton acara live atau pertandingan yang sudah terlewat. Jadi, kamu gak bakalan ketinggalan update.

Polytron PDB-M11 sudah dilengkapi dengan 4 Live Channel Molla TV yang di antaranya Mola Sport 1, Mola Sport 2, Mola Movies, dan Mola Kids. Jadi sudah cukup komplit. Didukungan kapasitas RAM 2 GB dan ROM 8 GB, kamu tidak perlu khawatir untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan ataupun mengunduh berbagai aplikasi yang diingiinkan. Sudah pasti performanya akan tetap mumpuni. Untuk harganya sendiri di toko online di kisaran Rp1.299.000.

Spesifikasi:

Jumlah Core: Quad Core
RAM: 4 GB
ROM: 2 GB
Bluetooth: 4.2
USB: 2 Port(s)
HDMI: 1 Port(s)

BACA JUGA: Ini Perbedaan TV Digital dan Smart TV, Jangan Sampai Salah Beli!

6. Xiaomi Hezi Mi Box 3s Pro

Unsplash

Selain ada Xiaomi Hezi Mi Box Mini dan Xiaomi Hezi Mi Box 3 Pro, ada ‘saudara’ lainnya yang gak kalah mumpuni, yaitu Xiaomi Hezi Mi Box 3s Pro. TV box Android ini sudah dilengkapi berbagai fitur layaknya sebuah smartphone. Tampilannya pun dapat menyajikan tayangan video streaming dari berbagai channel dengan resolusi 4K yang sangat berkualitas.

Selain itu, seri Xiaomi Hezi ini sudah dilengkapi dengan kapasitas memori internal sebesar 8 GB dan RAM sebesar 2 GB. Dengan kapasitas tersebut, tentunya kamu bisa mengunduh berbagai aplikasi tanpa takut kekurangan space. Kecepatannnya pun sudah membuatmu nyaman melihat berbagai hiburan. Xiaomi Hezi Mi Box 3s Pro sendiri sudah berjalan dengan OS Android 5.1 Lollipop dengan chipset MT8693 sehingga mempunyai kecepatan akses tanpa kendala. Untuk harganya di kisaran Rp6.760.000.

Spesifikasi

Jumlah Core: Quad Core
Chipset: Cortex-A53
RAM: 2 GB
ROM: 8 GB
OS Version: 6.0 Marshmallow
Bluetooth: v4.0
USB: 1 Port(s)
HDMI: 1 Port(s)

7. Minix Neo U1

Dengan kapasitas memori internal 16 GB dan RAM 2 GB, Minix Neo U1 bisa menjadi Android TV box andalan kamu. Alat ini sudah didukung prosesor Amlogic Quad-Core 64-bit ARM Cortex-A53 yang mumpuni. Perangkat ini sendiri sudah menggunakan sistem operasi Android 5.1 Lollipop dan bisa di-update ke versi terbarunya.

Selain itu, sebagai tambahan kamu juga bisa menyelipkan Micro SD dan USB untuk berbagai aksesoris. Misalnya, kamu ingin memasang keyboard, menambah webcam, gamepad, mouse, dan yang lainnya. Perangkat ini juga bisa kamu gunakan sebagai home theater ataupun home audio. Untuk harganya sendiri di kisaran angka Rp1,5 jutaan di toko online.

Spesifikasi

Jumlah Core: Quad Core
Chipset: Amlogic S905
RAM: 2 GB
ROM: 16 GB
OS Version: 5.1.1 Lollipop
Bluetooth: v4.0
USB: 3 Port(s)
HDMI: 1 Port(s)

8. Minix Neo X8 Plus

android tv box terbaik
Pinterest

Untuk nonton berbagai saluran favorit, pilihan lainnya ada Minix Neo X8 Plus. Perangkat ini bisa kamu pilih karena memiliki berbagai dukungan aplikasi. Jadi bisa kamu gunakannya untuk menonton berbagai konten hiburan, mengakses internet, sampai bermain game.

Dengan harganya yang cukup terjangkau, kamu tetap mendapatkan fitur-fitur yang lengkap. Minix Neo X8 Plus hadir dengan OS Android KitKat serta GPU Octo-Core Mali 450 yang menyuguhkan tampilan atraktif. Android TV Box ini juga sudah didukung dengan CPU Quad-Core yang lebih gesit untuk digunakan. Ditambah dengan kapasitas RAM 2 GB serta ROM 16 GB dengan tampilan visual 4K yang tajam. Untuk harganya di kisaran Rp2,3 jutaan di toko online.

Spesifikasi

Jumlah Core: Quad Core
Chipset: Cortex A9r4
RAM: 2 GB
ROM: 16 GB
OS Version: 4.4 KitKat
Bluetooth: v4.0
USB: 3 Port(s)
HDMI: 1 Port(s)

9. Transvision XStream Seru!

Dengan menggunakan Transvision XStream Seru, kualitas tampilan akan tetap HD biar pun sinyal internet terbatas. Android TV box ini memiliki kelebihan kualitas gambar HD dengan kompresi yang irit bandwith. Kemudian memiliki ratusan channel live TV resmi.

Namun meskipun memiliki berbagai keunggulan, TV box ini terkadang beberapa aplikasi streaming video HBO Go belum optimal atau terdapat error. Internet yang sering naik turun juga bisa mengganggu kualitas gambar di layar televisi. 

Dengan Transvision XStream ini, kamu bisa menikmati gambar hingga kualitas HD meski kecepatan internet kurang stabil. Selain mampu menyediakan 100 lebih channel TV live, alat ini juga menampung lebih dari 5000 aplikasi Android, termasuk berbagai macam game. Jika kamu sering mengalami kendala sinyal internet, pertimbangkan produk ini. Untuk harganya di toko online di kisaran Rp870.000,00.

Spesifikasi

Android 10 (Q)
2 GB RAM / 8 GB ROM
HDMI 2.0 4K Support
Slot Micro SD Card
Port USB (2 x USB 2.0 Host, support Ext. HDD)
Port Ethernet Cable
Multi Mode Smart Navigation (Infrared Remote TV dan Mouse Mode)
Screen Mirroring via Airscreen Apps
Market Apps: Google Play Store dan Aptoide
Pre-Installed Apps : YOUTUBE, Netflix APK, AirScreen Apps, Catchplay.
Transvision XSTREAM dilengkapi dengan fitur canggih lainnya:
100+ channel Live TV (fitur resmi Live TV).
1000+ Konten VOD dari berbagai genre (Drama Korea, dll).
5000+ Android Apps termasuk aplikasi/apps video streaming yang bisa anda nikmati seperti Vidio, Viu, WeTV, Prime Video, HBO Go, Spotify, dll.
Dilengkapi dengan fitur TV Guide dan TV on Demand (Catch-Up).

10. Xtreamer Prodigy 4K

android tv box terbaik
Kompas

Hadir dengan fitur Ultra HD 4096×2160 30FPS, Xtreamer Prodigy 4K juga didukungan dengan video dan audio DSP 3D Blueray. Kamu bisa memakainya Android TV box terbaik ini secara online baik itu untuk menonton video maupun musik. Untuk menambah aplikasi kamu bisa menginstal dengan membuka akses Google Playstore.

Selain itu, Xtreamer Prodigy 4K sudah memberikan tampilan 4K yang mampu memanjakan mata. Jadi saat nonton berbagai acara hiburan, akan memberikan visual yang tajam dan warna yang memikat. Selain itu, TV box ini sudah memiliki RAM 2 GB dan internal memori 8 GB. Untuk harganya sendiri di kisaran Rp900-an ribu di toko online.

Spesifikasi

Jumlah Core: Quad Core
Chipset: ARM Cortex A9 Mstar 9180
RAM: 2 GB
ROM: 8 GB
OS Version: 4.4 KitKat
Bluetooth: v4.0
USB: 4 Port(s)
HDMI: 1 Port(s)

11. Polytron Android Box Play

Setelah dengan berbagai pilihan TV box tadi, jika kamu belum menemukan pilihan yang cocok tenang. Masih ada pilihan lain yang mungkin bisa menjadi pertimbangan. Kali ini ada pilihan Android TV Box yang gak kalah okeh yaitu Polytron Android Box Play. 

TV box ini sudah didukung dengan Chipset Amlogic S912 dan GPU MALI-T820 3-core. Kemudian juga memiliki kapasitas RAM 3 GB serta ROM 32 GB bisa kamu gunakan untuk berbagai hal. Jadi kamu sudah tak perlu mengkhawatirkan soal performa. Pasalnya, juga pasti berjalan lancar tanpa kendala.

Selain itu, kamu juga perlu tahu Polytron Android Box Play sudah menggunakan OS Android 6.0 Marshmallow. Jadi, bisa dikatakan perangkat ini sudah cukup modern, kekinian, dan gak kalah dengan TV box lainnya. Untuk tampilannya sendiri sudah kaya akan warna dengan UHD 4K yang memanjakan mata. Di toko online Polytron Android Box Play dijual dengan kisaran harga mulai Rp500 ribuan.

Spesifikasi

Jumlah Core: Octa Core
Chipset: Amlogic S912
RAM: 3 GB
ROM: 32 GB
OS Version: 6.0 Marshmallow
Bluetooth: v4.0
USB: 2 Port(s)
HDMI: 1 Port(s)

12. MiniQ3 Android TV Box

Dengan harga kisaran Rp325.000 di toko online, kamu sudah bisa mendapatkan MiniQ3 Android TV Box yang cukup serbaguna. TV box ini memiliki beberapa kelebihan, seperti didukung dengan siaran resolusi 4K. Jadi sudah memiliki visual yang cukup oke. Kemudian menggunakan  jaringan internet Wi-Fi dual band.

Selain keunggulan, MiniQ3 Android TV Box sayangnya hanya memiliki memori internal hanya 16 GB. Jadi, beberapa dari kamu mungkin perlu penyimpanan tambahan. Android TV box dari Tripsky ini menawarkan kabel AV atau kabel RCA dalam paket pembeliannya. Tentunya, kamu yang memiliki TV tabung tidak perlu repot lagi membeli kabel tambahan.

Secara fitur dan spesifikasi, MiniQ3 Android TV Box sudah lengkap dan cukup canggih. Pasalnya peralatan ini sudah mendukung streaming 4K, support banyak aplikasi streaming, dan ditenagai prosesor quad core. Cocok untuk TV tabung maupun LED karena memiliki kabel yang lengkap dan fitur yang bagus

Dengan spesifikasi yang baik dan kemampuan decoding 4K (full-HD), Mini Q3 menjadi pilihan yang ideal untuk semua jenis TV seperti TV Tabung, LCD, LED, dan Smart TV. TV box ini dilengkapi dengan spesifikasi memori internal 16 GB dan RAM 2 GB. Untuk sistem operasinya menggunakan Android 9.0 yang sudah disukung dengan chip S905L dan GPU Mali-450 yang membuat Mini Q3 dapat memproses data dengan cepat dan lancar.

Tak hanya itu saja, Mini Q3 juga dapat dihubungkan ke internet melalui LAN, WiFi, atau Hotspot seluler. Jadi kamu dapat menonton konten streaming tanpa hambatan dan serba dimudahkan. Kemudian, salah satu keuntungan Mini Q3 adalah kemampuan untuk memproyeksikan layar ponsel, baik melalui fungsi proyeksi ponsel atau fungsi mirroring, dengan menggunakan aplikasi DLAN atau WiFidisplay. 

Namun, sayangnya perangkat ini tidak mendukung koneksi bluetooth. Tapi Mini Q3 sudah dilengkapi dengan dua port USB 2.0 yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan mouse atau keyboard melalui USB atau nirkabel 2,4 GHz dengan dongle USB. 

Kamu juga dapat menggunakan kabel HDMI atau kabel AV untuk menghubungkan Mini Q3 ke TV, tergantung pada jenis TV yang dimiliki. Biasanya, paket pembelian Mini Q3 termasuk perangkat Android TV Box Mini Q3, pengisi daya DC, kabel HDMI, dan kabel AV.

Spesifikasi

Chipset: S905L dan GPU Mali-450
RAM: 2 GB
ROM: 16 GB
OS Version Android 9.0
USB: 2 Port(s)
HDMI: 1 Port(s)

BACA JUGA: 15 Rekomendasi STB (Set Top Box) TV Digital Terbaik di 2023

Cara Pasang Android TV Box

android tv box terbaik
Tom’s Guide

Setelah mengetahui berbagai macam dan jenis TV box terbaik, tentu yang gak penting untuk diketahui adalah tips pemasangannya. Terutama bagi kamu yang pemula. Tapi tenang dan gak perlu khawatir. Pasalnya, rata-rata TV box sudah dibuat dan didukung dengan perangkat lain yang memudahkan pengguna saat memasang. Untuk itu, berikut ini beberapa tips saat memasang Android TV box terbaik.

  • Mempersiapkan dan lihat kondisi perangkat yang dibutuhkan, mulai dari cek kelengkapan, TV Kabel HDMI sampai alat Android TV Box. Pastikan juga perangkat tidak dalam keadaan rusak atau cacat. 
  • Memasang kabel HDMI untuk menyambungkan jaringan Android dari Android TV Box ke perangkat TV. Jika bingung, kamu bisa melihat instruksi yang ada pada buku panduan.
  • Setelah semua kabel terpasang, mulailah melakukan aktivasi perangkat. Kamu bisa menekan tombol on atau power pada remote. Langkah ini biasanya langsung tersambung. Tapi terkadang juga membutuhkan aplikasi tambahan.
  • Mulai mengaktifkan koneksi internet kemudian disambungkan dengan ke Android TV box.
  • Terakhir pasang Android TV box dan periksa semua komponen apakah sudah terpasang dengan benar. Cek keterjangkauan aplikasi, siaran yang bisa diakses, dan sistem Android yang dijalankan. Pastikan semua berjalan dengan baik.

Tentunya masih banyak lagi pilihan Android TV box yang bisa menjadi pilihan. Pasalnya, sekarang banyak sekali produk yang menawarkan berbagai fitur-fitur unggulan. Tak kalah penting juga saat membeli kamu perlu memperhatikan beberapa hal. mulai dari memeriksa sistem operasi (OS) yang digunakan. Jika memungkinkan, pilihlah produk yang memiliki sistem operasi Android terbaru.

Pasalnya, OS yang up-to-date memiliki sistem keamanan dan kinerja yang lebih baik, serta fitur-fitur yang lebih baru. Setidaknya gunakan produk dengan sistem operasi Android minimal versi 6.0 ke atas. Alasannya, OS Android 6.0 dan setelahnya memiliki user interface yang baik dan mendukung tampilan multi-window.

Lalu pilih berdasarkan kapasitas memori, yaitu random access memory (RAM) dan read only memory (ROM). Pilihlah produk dengan kapasitas memori RAM dan ROM yang lumayan besar. Beberapa produk juga menyediakan slot untuk memory card. Ini bisa menjadi tambahan memori untuk menyimpan file yang Anda suka.

Lalu ketahui juga port yang tersedia. Biasanya terdapat tiga port atau slot penting, yaitu port HDMI, USB, dan Ethernet (LAN) yang masing-masing memiliki kegunaan tersendiri. Pertimbangkan juga produk yang kamu beli sudah memiliki koneksi bluetooth agar memudahkan kamu dalam menggunakannya. 

Itulah beberapa rekomendasi Android TV box untuk kamu. Jadi pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan. Pasalnya di pasaran sangat banyak produk yang tersedia. Semoga artikel ini bisa sedikit membantumu dalam menentukan pilihan ya.