Perbedaan digital dan smart TV

Setelah siaran TV analog dihentikan, saat ini masyarakat Indonesia menyaksikan tayangan TV secara digital. Maka dari itu banyak masyarakat yang beralih dari TV analog ke TV digital secara beramai-ramai. Namun, masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui perbedaan digital dan smart TV . Karena umumnya, masyarakat banyak yang menganggap bahwa TV digital dan smart TV merupakan hal yang sama. Padahal kedua hal tersebut merupakan hal yang berbeda.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas perbedaan digital dan smart TV agar Sedulur tidak kebingungan lagi. Hal ini juga bisa mengantisipasi saat Sedulur ingin membeli TV baru untuk di rumah!

BACA JUGA: Cara Mudah Mengecek Arah Antena TV Digital yang Benar

Perbedaan TV digital dan smart TV

perbedaan digital dan smart tv
Kompas

Secara sederhana, Smart TV memiliki kemampuan internet. Dengan perangkat ini, penonton dapat menyaksikan konten dari aplikasi atau situs seperti Netflix dan Youtube. Sementara itu, TV digital adalah standar TV biasa.

Untuk terhubung dengan internet, TV digital yang bukan Smart TV harus terhubung dengan bantuan perangkat pihak ketiga. Konten yang ada di dalam TV digital didapatkan melalui antena. Penonton juga tidak bisa mengontrol banyak hal di dalamnya, kecuali dengan mengganti saluran dan menunggu program favorit.

1. Sinyal siaran yang digunakan

Unsplash

Perbedaan digital dan smart TV yang pertama yaitu berkaitan dengan sinyal siaran yang digunakan. Seperti namanya, TV digital sudah pasti menggunakan sinyal digital untuk meneruskan siaran tayangan ke televisi. digital TV sudah banyak dijual di pasaran misalnya saja, POLYTRON digital TV Cinemax Soundbar series.

Tersedia dalam beragam ukuran, 32 inci PLD 32BV1558, 40 inci PLD 40BV8958, 43 inci PLD 43BV1558, dan 50 inci PLD 50BV8758. Digital TV Cinemax Soundbar series menjadi satu-satunya TV digital yang sudah dilengkapi dengan speaker soundbar dan subwoofer.

Sedangkan smart TV dalam pemakaiannya, jenis TV ini belum tentu menggunakan sinyal digital, bisa saja masih menggunakan sinyal analog atau koneksi internet. Namun, kini sudah ada juga smart TV yang dilengkapi dengan sinyal digital, seperti POLYTRON Smart TV Cinemax Soundbar series.

Jenis TV ini tersedia dalam ukuran layar 32 inci tipe PLD 32BAG5959, PLD 32BAG9953 dan 43 inci PLD 43BAG5959. Smart TV Cinemax Soundbar series ini sudah menggunakan sistem operasi Android TV dan telah dilengkapi speaker soundbar dan subwoofer.

2. Koneksi internet

perbedaan digital dan smart tv
Unsplash

Perbedaan digital dan smart TV yang kedua yaitu berkaitan dengan koneksi internet. TV digital belum mendukung fitur smart seperti aplikasi streaming sehingga tidak membutuhkan koneksi internet. Sehingga tayangan hiburan terbatas hanya dari siaran digital saja.

Sebaliknya smart TV yang membutuhkan koneksi internet untuk bisa menjelajah tayangan atau konten-konten lainnya melalui aplikasi seperti Youtube, Mola, Netflix, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, TV digital membutuhkan alat lain untuk mengakses tayangan aplikasi digital TV .

3. Tayangan hiburan

perbedaan digital dan smart tv
Unsplash

Perbedaan selanjutnya yaitu pada banyaknya pilihan tayangan yang tersedia. Pada TV digital, biasanya hanya mendapatkan tayangan dari siaran digital saja. Berbeda dengan smart TV yang bisa lebih luas dalam mengakses tayangan, bisa dari aplikasi lain yang disediakan.

Apabila sudah mendukung Android OS bisa juga mengunduh aplikasi lain seperti aplikasi streaming film, musik, hingga game sekalipun melalui PlayStore. Dengan menggunakan smart TV, jangkauan hiburan Sedulur dijamin lebih luas. Sehingga Sedulur memiliki lebih banyak pilihan tayangan hiburan untuk disaksikan.

Lebih banyak pilihan tent dapat membuat Sedulur lebih banyak rekomendasi hiburan. Maka dar itu, smart TV dalam hal ini jauh lebih baik dibandingkan dengan TV digital. Maka dari itu, bagi Sedulur yang belum beralih, bisa segera beralih ke layanan smart TV secepatnya.

BACA JUGA: 30 TV Series Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib untuk Ditonton

Cek TV digital di laman siaran digital

Detik

Bagi masyarakat agar dapat menikmati siaran digital, tentu harus memeriksa terlebih dahulu apakah perangkat TV sudah mendukung siaran digital atau belum. Jika sudah ada pilihan DTV, artinya perangkat TV sudah bisa menerima siaran televisi digital.

Masyarakat juga bisa mengecek apakah perangkat di rumah termasuk TV digital dengan mengunjungi laman siarandigital.kominfo.go.id. Jika model TV yang dimiliki ada dalam daftar TV digital maka sudah bisa menikmati siaran digital. Berikut langkah mengecek TV digital di laman siaran digital:

  • Klik menu perangkat TV digital di bagian atas layar. Akan ada tiga pilihan kategori yakni nama perangkat, merek, dan model/tipe.
  • Pilih kategori Televisi pada bagian perangkat dan masukkan merek dan model TV yang yang dimiliki.
  • Nama model TV akan tersedia jika masuk dalam TV digital.

Nah itulah tadi perbedaan digital dan smart TV yang perlu Sedulur ketahui, kini Sedulur bisa mengetahui apa saja perbedaannya dan jangan lagi menganggap bahwa TV digital dan smart TV merupakan hal yang sama. Juga setelah mengetahui penjelasan di atas, kini Sedulur tidak akan lagi salah dalam membeli TV !