Salah satu minuman yang banyak disukai oleh orang-orang di Indonesia adalah es teh. Entah saat berkunjung ke rumah makan pinggir jalan sampai restoran mewah, minuman satu ini selalu jadi pilihan untuk melepas dahaga. Tidak heran, jika es teh memiliki potensi yang sangat besar untuk dijadikan ide usaha. Minuman satu ini juga sangat mudah dikombinasikan dengan berbagai macam resep sehingga memiliki banyak rasa yang bisa dicoba.

Apabila Sedulur tertarik untuk memulai usaha es teh dan sedang mencari tips usaha es teh agar bisa sukses dalam bisnis ini, yuk simak saran dan trik berikut!

BACA JUGA: Cara Membuat Bir Pletok, Minuman Tanpa Alkohol khas Betawi

Buat perencanaan bisnis & modal

Usaha es teh
Pinterest

Untuk bisa memulai bisnis minuman seperti es teh, Sedulur tentu memerlukan modal. Namun, modal ini bisa sangat fleksibel dan jumlah tidak harus besar kok. Misalnya, jika Sedulur hanya memiliki untuk berjualan es teh biasa maka cobalah dan fokus pada penjualan tersebut terlebih dahulu.

-->

Jika keuntungan sudah meningkat dan penjualan sudah stabil. Mulai buat rencana mengembangkan bisnis minumanmu dengan berbagai macam inovasi baru. Inovasi ini bisa menggunakan hasil keuntungan yang didapat dari penjualan sebelumnya.

Perencanaan dan pandangan pengembangan usaha inilah yang harus Sedulur perhatikan sedari awal agar usaha bisa memiliki sustainability yang tinggi.

Pilih jenis teh

tips usaha es teh
Pexels

Dalam memulai bisnis es teh, tentu Sedulur harus bisa menentukan mana varian teh yang cocok untuk usaha. Jadi dalam memilih jenis teh ini, sebaiknya lihat sisi ekonomis teh tersebut. Ini menjadi tips usaha es teh yang penting banget untuk Sedulur ketahui.

Sedulur bisa mencari tempat kulakan teh terbaik agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan harga pasaran. Misalnya adalah Aplikasi Super, lewat aplikasi ini Sedulur bisa mendapatkan segala kebutuhan bisnis dengan mudah dan murah. Cukup download aplikasinya, semua kebutuhan berjualan akan langsung dikirim ke rumah.

Tak hanya itu, ada beberapa produk unggulan teh yang bisa Sedulur temukan lewat Aplikasi Super seperti berikut ini.

– Sariwangi

teh sariwangi
Detik

Teh Sariwangi merupakan salah satu brand teh lokal yang sudah sangat terkenal. Ciri khas teh satu ini adalah warna coklat tidak terlalu pekat dengan rasa teh yang lembut. Selain itu, aroma teh Sariwangi juga sangat enak dan cocok untuk semua orang.

Bila Sedulur tertarik untuk menjadikan teh Sariwangi sebagai bahan untuk membuka bisnis es teh, ada beberapa pilihan harga yang bisa dicoba. Pertama satu pack teh isi 100 kantong dengan harga Rp 202.000 atau membeli satu karton teh dengan pack isi 25 kantong yang dijual seharga Rp 225.000 saja.

– Teh Dandang

teh dandang
Youtube GegeDtea

Produk teh selanjutnya yang bisa Sedulur jadikan minuman adalah teh dandang. Brand satu ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat dan memiliki rasa teh khas nusantara.

Jika Sedulur tertarik, Teh Dandang bisa dibeli lewat Aplikasi Super dengan harga pack ecer senilai Rp 5.000 atau jika ingin langsung membuat stok besar, cukup Rp 240.000 sudah bisa mendaptkan satu karton.

– Prendjak Wangi

teh prendjak
Pinterest

Variasi teh lainnya yang bisa Sedulur coba adalah Prendjak Wangi. Teh ini memiliki rasa yang khas karena memiliki sensasi sepet dan asam. Namun, salah satu kunci yang membuat Teh Prendjak enak adalah aroma wanginya.

Teh ini juga hanya dijual dengan konsep teh bubuk, bukan teh celup. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan bahan utama membuat es teh. Harga Prendjak Wangi juga tidak terlalu mahal, untuk satu pack kecil Sedulur hanya perlu membayar Rp 26.100 per 50 gram.

Sementara itu, untuk kebutuhan porsi besar, Sedulur bisa membeli satu karton teh Prendjak Wangi dengan harga Rp 508.000 saja. Murah ‘kan!

– Teh Hitam Prendjak

Medical News Today

Selain varian the wangi, Prendjak juga memiliki teh hitam yang terkenal nikmat. Namun untuk teh ini kurang cocok untuk dijadikan bahan utama es teh karena hanya dijual dalam bentuk kemasan celup.

Apabila Sedulur ingin membuat variasi rasa teh, teh hitam dari Prendjak mungkin juga bisa menjadi pilihan. Harganya juga termasuk murah jika dibandingkan dengan kemasan Prendjak Wangi, yaitu Rp 14.700 untuk satu pack isi 6 kantong atau Rp 292.000 untuk kartonnya.

BACA JUGA: 10 Makanan Terpedas di Dunia, Ada dari Indonesia?

Berikan topping

es teh boba
Pexels

Minuman es teh original memang memiliki tempat tersendiri bagi orang-orang. Namun agar bisa bersaing dengan minuman kekinian lainnya, Sedulur juga perlu mengembangkan minuman es teh yang Sedulur jual. Misalnya dengan menambahkan topping khusus agar minuman semakin menarik.

Beberapa pilihan topping yang cocok untuk minuman es teh juga tidak boleh sembarangan. Sedulur bisa melakukan riset macam topping yang bisa dipakai. Tapi melihat beberapa bisnis minuman yang sukses, ada tiga topping populer seperti boba, jelly, maupun buah berry. Pengembangan variasi minuman seperti ini cocok jadi tips usaha es teh untuk Sedulur.

Ukuran besar jadi keuntungan

NYT Cooking

Porsi minuman menjadi salah satu hal yang sebaikinya Sedulur pikirkan ketika ingin memulai usaha ini. Biasanya orang-orang menyukai minuman dengan ukuran besar karena bisa diminum dalam jangka waktu yang lama.

Ukuran minuman ini bisa jadi salah satu daya tarik yang bisa Sedulur berikan kepada para pembeli. Jadi pikirkan baik-baik seberapa banyak porsi minuman yang hendak Sedulur jual, karena semakin besar maka besaran harga juga akan ikut naik.

Jangan takut ikut festival makanan

Suffolk News

Salah satu cara untuk bisa mengenalkan usaha es teh Sedulur ke masyarakat luas adalah dengan mengikuti festival makanan. Walaupun hanya bermula dari bisnis rumahan biasa, dengan mengikuti acara festival makanan maka akan membuka banyak peluang untuk usahamu.

Apalagi festival makanan biasanya dikunjungi oleh ratusan orang dan minuman es teh menjadi salah satu menu yang paling laris. Jadi tidak ada salahnya jika Sedulur mencoba untuk ikut dalam event tersebut.

Demikian tadi tips dan trik agar Sedulur bisa sukses dalam menjalankan bisnis minuman khususnya es teh. Minuman satu ini memang banyak jadi favorit masyarakat di Indonesia karena rasanya yang enak dan murah.

Bila Sedulur tertarik untuk menjalankan bisnis makanan atau minuman, jangan lupa untuk menjadikan Aplikasi Super sebagai tempat mencari kebutuhan usaha ya. Terdapat banyak sekali kebutuhan usaha yang bisa dibeli dengan harga yang murah. Selain itu, kemudahan berbelanja juga akan Sedulur dapatkan karena hanya menggunakan sentuhan jari, barang yang dicari akan langsung diantar sampai rumah.

Jadi buruan download aplikasinya sekarang juga ya. Belanja lewat Aplikasi Super itu mudah, murah, dan bikin untung melimpah!