tips rumah tidak panas

Memiliki rumah nyaman tentu merupakan idaman. Salah satu rumah yang nyaman adalah rumah yang sejuk dan tidak panas. Untuk mendapatkan rumah seperti itu, Sedulur perlu mengetahui tips rumah tidak panas.

Rumah yang nyaman dan dingin merupakan impian setiap orang. Suhu yang panas tentu tidak nyaman bukan? Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas seperti apa tips agar mendapatkan rumah yang nyaman tidak panas. Nah, yuk mari simak tips rumah tidak panas di bawah ini!

BACA JUGA: Cara Mencari Septic Tank Rumah dengan Mudah dan Cepat

1. Plafon rumah yang tinggi

tips rumah tidak panas
iStock

Tentu sudah bukan rahasia lagi bahwa salah satu tips rumah tidak panas yaitu dengan membuat plafon rumah yang tinggi. Hal ini memungkinkan agar udara di dalam rumah tidak terasa panas. Dengan plafon tinggi atau high ceiling, maka udara panas dari bawha akan mendapt lebuh banyak ruang untuk keluar dan menyebar. Sehingga, tidak terjebak dalam raung sempit bersama dengan sedulur sebagai penghuni rumah.

-->

Namun, tips meninggikan plafon tentulah bukan perubahan yang bisa dilakukan secara tiba-tiba. Apalagi rumah sebelumnya sudah kadung memilki plafon yang tidak tinggi. Artinya perlu renovasi besar-besaran untuk merubah ketinggian plafon rumah.

Mak dari itu, tips rumah tidak panas untuk sedulur yang masih mencari rumah atau berencana pindah, pilihlah rumah yang sudah meilki plafon tinggi dari awal. Sedulur bisa menemukannya dengan bebagai cara tentunya, mulai survei secara langsung, atau pun menggunakan berbagai aplikasi, yang penting poin yang menjadi catatanya untuk salah satu tips rumah tidak panas yaitu memilih rumah yang memilki plafon yang tinggi.

2. Membuat void rumah

tips rumah tidak panas
iStock

Pasti Sedulur tahu dong, salah satu penyebab haw arumah menjadi panas adalah sirkulasi udara yang ada dirumah dlam kondisi kurang baiak. Tips rumah tidak panas lainnya, Sedulur bisa mengatasinya dengan meninggikan void rumah, yang menjadi ruang hampa penghung lanai dengan atap bangunan.

Tentu saja, ini adalah salah satu tips bikin rumah dingin yang cukup efektif. Pasalnya void rumah akan menyerap panas yang bersikulasi di dalam ruangan. Konsep ruangan dengan void juga unik, karena udara panas akan terpecah dan dialirkan menuju bagian atas bangunan rumah. Cara ini juga menjadi salah satu teknik arsitektur untuk mendapatkan rumah yang dingin. Sedulur tentu dapat merancang void rumah saat proses planning,  agar ketika rumah sudah jadi udara yang ada di dalam ruangan lebih sejuk lagi.

3. Pasang insulasi atap

tips rumah tidak panas
iStock

Tips mengatasi rumah agar tidak panas selanjutnya adalah, denganmemasang insulasi atap. Insulasi atap merupaka suatu material yang berfungsi meredam suhu pans dari atas rumah, sehingga ruangan yang ada dibawahnya jadi lebih sejuk.

Bagi sedulur yang belum mengetahui, insulap atap juga ternyata benyak jenis, seperti : alumunium poil, bubble foil, glaswool, polyester, ataupun Styrofoam. Berdasarkan berbagai tips rumah tidak panas yang dihimpun, selain dapat menyerap hawa panas beberapa insulap atap pun sangat efektif untuk meredam suara.

4. Perbanyak sumber ventilasi udara

iStock

Suhu panas di dakam rumah juga terjadi karena disebabkan oleh sirkulasi udara yang tidak lancer dan menyebabkan udara yang didadalam rumah tidak berputar dengan baik. Tips rumah tidak panas bagian ini pada intinya sedulur harus memastikan pergantian udara dari dalam ke luar agar tidak teras panas dan sumpek.

Dengan memperbanyak ventilasi udara menjadi cara agar sirkulasi udara pun dapat berjalan dengan lancer. Selai itu, sirkulasi udara yang lancara dapat mencegah runagan menjadi lemab, jadi, dapi pada sedulur harus mengeluarkan uang untuk membeli himdifier, maka lebih baik menggunakan tips yang lebih sederhana dan gratis dengan memaksimalkan fungsi dari ventilasi rumah.

5. Gunakan kaca anti ultra violet

tips rumah tidak panas
iStock

Menggunakan kaca anti UV pada kaca jendela, meruapakan salah satu tips rumah tidak panas karena memilki e-coating rendah untuj melindungi rumah dari panas. Karena akan memantulkan sinar inframerah, dan sinar UV tetapi memungkinkan spectrum melalui jendela. Sedulur bisa membuka tirai untuk membiarkan sinar matahari masuk tanpa mendapatkan efek panas dan radiasi matahai yang merusak rumah.

6. Pilihlah warna cat yang netral

iStock

Ketepatan dalam memilih warna cat merupakan salah satu tips rumah tidak panas juga. Warna yang lebih gelap, akan lebih meyerap lebih banyak panas karena menyerap lebih banyak energy dari lingkungan.

Agar rumah sedulur tetap sejuk mesi di tengah teriknya panas sinar matahari,pilih warna-warna sperti putih, krem, buru pucat dan merah muda. Tentu warna-warna ini tidak hanya memantulkan cahaya tetapi juga akan membuat rumah sedulur terkesan lebih luas.

7. Pasang dehumidifier dan kipas langit-langit

iStock

Apabila sedulur mencari cara untuk menghemat biaya agar rumah bisa terasa dingin tapi dengan bujet minim, maka pasanglah kpas langit-langit atau dehumidifier. Karena dengan kipas langit-langit sedulur dapat meningkatkan pengaturan thermostat menjadi sekitar 15 derajat celcius.

Sementara, dehumidifier dapat mengurangi tingkat kelembapan yang tinggi dan memerangi efek negatif dari kelembapan yang tinggi. Nantinya apabila tingkat kelmbapan yang tinggi dapat menyebabkan tugau debu, jamur dan lumut. Selain itu, mereka dapat menyebkan gatal, fruam kulit dna iritasi lainnya.

8. Letakan tanaman hias di dalam rumah

iStock

Selain mempercantik rumah, tips rumah tidak panas dengan meletakan tanaman hias di dalam rumah merupakan cara yang praktis dan simple. Tanaman hias juga akan menghasilkan oksigen yang sedulur hirup. Sehingga, kulaitas udara didalam rumah lebih rendah.

Menurut salah satu penelitian NAS, bulir air yang muncul di permukaan tanaman lewat proses transpirasi akan berevaporasu den dapat mengurangu panas udaara. Selain itu banyak juga penelitian yang membuktikan bahwa merawat tanaman dpat berdampak pada postif terhadap kondisi psikologi seorang. Jadi tidak hany membuat rumah jadi lebih sejuk,serta menghilangkan stress.

9. Pasang jendela yang lebar

iStock

Pemasnagan jendela lebar jadi bagian terpenting dalam tips rumah tidak panas. Secara khusu, jendela lebar sebagai ventilasi rumah mampu mendinginkan rauangan lewat sirkulasi udara yang baik. Mengetahui jenis, ukuran, serta tata letaknya adalah tahapan tips supaya rumah punya suasana sejuk selanjutnya.

Sedulur bisa memperhatikan proses pemasangan jendela yang tepat. Melihat pentingnya fungsi jendela tersebut, maka tak heran jika para developer seringkali berlomba-lomba menghadirkan hunian yang asri dan sehat dengan penggunaan jendela yang lebar. Bagi sedulur yang masih kebingungan cari model rumah dengan banyak jendela, bisa cari rekomendasi di berbagai aplikasi media sosial juga yang kini kerap dijadikan media promosi atau review berbagai model rumah yang bisa dijadiin rekomendasi sedulur sesuai yang diinginkan.

10. Matikan alat elektronik yang tidak terpakai

iStock

Tanpa sedulur sadari, panas yang timbul di dalam ruangan pun timbul karena alat elektronik yang menyala namun tidak dipakai secara terus menerus dan berpengaruh terhadap udara di dalam rumah. Misalnya, membiarkan TV atau laptop menyala seharian tentu tudak disrankan. Selain boros energy, tentu panas yang timbul dapat mempengaruhi udara dan mengganggu kenyamanan sedulur juga.

BACA JUGA: 14 Perpaduan Warna Pastel untuk Ruangan Kamar Rumah

11. Pilih AC dan hemat energi

menyalakan ac - ac potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Penggunaan AC bisa jadi diterapkan untuk menciptakan rumah anti panas dan lebih sejuk. Namun sedulur perlu ingat, jangan asal memilih AC, sebaiknya pilih jenis penyejuk ruangan yang lebih hemat energi.

Sebetulnya sedulur gak usah bingung untuk memilik merk atau jenis AC yang seperti apa, yang hemat energy. Karena kini sudah banyak AC yang memiliki fungsi ganda, hemat watt, dan lebih ramah lingkungan tentunya.

12. Gunakan cat anti panas

iStock

Terakhir, jika beberapa tips di atas dianggap sulit, sedulur bisa menggunakan tips ini. Cat pelapis anti panas dapat menjadi solusi karena mampu menyerap panas matahari pada permukaan bangunan.

Pemakaian cat anti panas sangat coco untu rumah yang menghadap langsung pada paparan sinar matahari. Bahkan dengan menggunakan cat tersebut, suhu ruangan di dalam ruangan akan lebih terasa sejuk.

Itulah beberapa tips rumah tidak panas, bagaimana cukup merakin kan tips yang diberikan ini? Bagaimana tidak, tentu sedulur enggak mau kan kalau memiliki rumah yang sirkulasi udara nya tidak baaik sehingga menimbulkan suhu yang panas. Maka, Sedulur menyesuaikan tips-tips di atas sesuai dengan kondisi dan keinginan!