kamar pastel

Kamar merupakan ruangan yang paling privasi bagi setiap orang. Oleh karena itu, banyak orang yang berusaha untuk membuat kamarnya sangat nyaman. Salah satunya yaitu dengan menentukan warna cat yang tepat. Salah satu yang bisa Sedulur gunakan yaitu rekomendasi warna cat kamar pastel.

Karena banyak tersedia warna pastel yang bisa membuat Sedulur nyaman ketika berada di kamar. Warna-warna pastel sendiri sangat memberikan kenyamanan, terutama untuk istirahat. Lantas apa saja rekomendasi warna cat kamar pastel yang bisa Sedulur pilih? Yuk, langsung saja kita simak rekomendasinya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Inspirasi Warna Cat Untuk Dapur, Cantik Memanjakan Mata! 

1. Warna abu-abu dan putih

rekomendasi warna car kamar pastel
Unsplash

Rekomendasi warna cat kamar pastel yang pertama yaitu warna abu-abu dan putih, yang dapat membuat suasana kamar lebih modern. Terutama jika di kamar dilengkapi dengan kamar tidur serta lemari yang komplit. Dua warna ini merupakan perpaduan yang tepat untuk memberikan ketenangan dan kenyamanan istirahat.

-->

Pilih sprei dengan warna pastel juga, sehingga kamar terasa nyaman. Kamar dengan cat warna abu-abu dan putih juga memberikan kesan minimalis. Bagi anak kost, jika mendapatkan kost warna pastel tersebut, kamar bisa terlihat modern dengan tambahan cermin hias.

2. Warna khaki dan putih

rekomendasi warna cat kamar pastel
Unsplash

Rekomendasi kedua yaotu dengan menggunakan warna khaki dan putih yang bisa jadi alternatif. Warna ini sangat cocok untuk Sedulur yang ingin menjadikan kamar tidur sebagai tempat beristirahat nyaman. Dengan memilih warna khaki yang dipadukan warna putih, kesan teduh di kamar bisa didapatkan.

Kamar yang disewakan untuk kost-kostan pun dapat dicat dengan perpaduan warna tersebut. Agar kamar tidak terlihat pucat, berikan sentuhan tirai atau properti pendukung lainnya. Kamar dengan nuansa tersebut dijamin akan menjadi pilihan terbaik.

Kost-kostan pun akan ramai oleh penyewa, karena dapat memberikan kenyamanan yang dibutuhkan setelah seharian beraktivitas. Salah satu contoh dan rekomendasinya sebagaimana dapat Sedulur lihat dalam contoh gambar di atas.

3. Warna biru muda dan putih

rekomendasi warna cat kamar pastel
Unsplash

Rekomendasi warna cat kamar pastel selanjutnya yaitu warna biru mudah dan putih. Kombinasi warna ini dapat diterakna untuk berbagai ruangan, terutama untuk kamar. Selain itu, warna putih merupakan warna yang sangat cocok untuk diterapkan dan dipadukan dengan berbagai warna.

Kombinasi warna ini juga dapat memberikan ruangan terasa lebih lapang sehingga dapat membuat nyaman. Warna biru diyakini sebagai warna yang memberikan ketenangan. Namun, sesuaikan penataan ruangan kamar tidur agar seluruh warnanya tetap senada.

Hindari memilih warna yang mencolok, seperti pink neon atau oranye yang mencolok. Memadukan dua warna mencolok dapat membuat kontras dan sangat tidak nyaman dipandang. Jika digunakan untuk kamar, akan merusak kualitas istirahat Sedulur

4. Warna peach dan maroon

rekomendasi warna cat kamar pastel
Unsplash

Warna cat untuk kamar perempuan biasanya dibedakan dengan cat kamar laki-laki. Di kamar perempuan, cat yang digunakan identik dengan warna merah muda atau warna-warna pastel yang feminim.

Salah satu kombinasi warna yang dapat Sedulur gunakan untuk mengecat kamar adalah warna peach dan maroon. Meskipun warna maroon bukan termasuk warna pastel, berikan sentuhan warna tersebut pada bagian khusus.

Jadi, warna dominan yang ada di kamar tetap peach. Kombinasi warna peach dan maroon juga sangat cocok diterapkan untuk kamar kost untuk membuat kamar terasa hangat. Dijamin dapat membuat waktu istirahat menjadi semakin maksimal dan siap untuk melakukan aktivitas di hari selanjutnya. 

5. Warna merah muda dan hitam

rekomendasi warna cat kamar pastel
Unsplash

Suasana kamar yang nyaman bisa Sedulur dapatkan dengan mengombinasikan warna merah muda dengan warna hitam. Mulailah dengan mengecat seluruh bagian kamar dengan warna merah muda. Kemudian tambahkan hiasan atau gambar di dinding menggunakan cat warna hitam.

Warna yang terlihat kontras tersebut tidak akan membuat kamarmu terasa gelap. Justru sebaliknya, kamar akan semakin unik dan terlihat modern. Sehingga dapat memberikan kenyamanan untuk mendapatkan waktu istirahat yang maksimal.

6. Warna lilac dan biru langit

rekomendasi warna cat kamar pastel
Unsplash

Sedulur ingin kamar terasa lebih nyaman saat ditempati? Sedulur bisa menggunakan rekomendasi warna cat kamar pastel satu ini. Warna lilac dan warna biru langit merupakan kombinasi yang dapat membuat mata terasa nyaman saat memandang.

Sedulur bisa mengecat sebagian dinding dengan warna lilac, sedangkan bagian dinding yang lain dengan warna biru langit. Agar ruangan terlihat modern, berikan warna putih untuk bagian atap ruangan kamar.

7. Warna merah muda dan krem

Unsplash

Dapatkan suasana kamar yang modern dan mewah dengan kombinasi cat warna merah muda dan krem. Ada banyak tingkatan warna merah muda yang bisa Sedulur dapatkan, sehingga Sedulur bisa menyesuaikannya dengan selera.

Perpaduan kedua warna tersebut sangat cocok diterapkan untuk kamar tidur yang tidak terlalu besar, namun memiliki jendela. Berikan sentuhan akhir berupa tirai berwarna cokelat tua atau dekorasi lampu tidur dan cermin warna putih.

Warna merah muda dan krem juga bisa diaplikasikan untuk kamar tidur kost. Pastinya penghuni kost akan semakin nyaman dengan kombinasi warna tersebut. Tambahkan sedikit sentuhan sesuai selera penghuni, dan kost pun akan terasa lebih mewah.

8. Warna sky dan beige

Unsplash

Kesan kamar yang modern namun tetap nyaman bisa didapatkan dengan mengombinasikan warna sky (biru langit) dan beige. Warna tersebut sangat cocok diterapkan untuk kamar berjendela yang bisa dibuka.

Ketika pagi tiba, cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan akan membuat kamar terasa luas. Sesuaikan perabot yang ada di dalam kamar, misalnya dengan bantal berwarna biru tua atau warna lain yang senada. Warna sky dan beige juga bisa diterapkan untuk kamar kost.

Dengan memilih warna ini, listrik di kost bisa dihemat. Penghuni kost akan mengandalkan sinar matahari sebagai sumber penerangan sampai sore hari.

9. Warna hijau army dan karamel

Unsplash

Tidak ada salahnya mencoba untuk mewarnai kamar dengan warna hijau army serta karamel. Kombinasi kedua warna tersebut sangat cocok untuk Sedulur yang menyukai tumbuh-tumbuhan. Letakkan beberapa tanaman dalam pot minimalis di sudut kamar.

Agar tidak repot merawat tanaman, tersedia pilihan tanaman palsu atau tanaman hias dari bahan plastik. Kesan modern pun akan Sedulur dapatkan meskipun hanya di dalam kamar. Dengan suasana kamari seperti demikian, dijamin Sedulur akan mendapatkan kenyamanan yang dibutuhkan setelah seharian beraktivitas.

10. Warna peach dan cokelat

Unsplash

Rekomendasi warna cat kamar pastel selanjutnya ada warna peach dan warna cokelat. Padukan warna peach dan cokelat untuk membuat kamar tidur terasa lebih luas. Kombinasi kedua warna tersebut juga menciptakan kesan minimalis nan modern.

Untuk membuat kamar semakin nyaman, berikan tirai dengan warna senada atau perabot pendukung lainnya. Kamar kost yang menggunakan kombinasi kedua warna tersebut akan membuat penghuni semakin betah. Apalagi jika bagian dalam kamar terdapat jendela yang bisa dibuka dan ditutup.

BACA JUGA: 12 Inspirasi Cat Kamar Warna Biru dan Pink, Kesan Feminim

11. Warna lavender dan biru langit

rekomendasi warna cat kamar pastel
My Domaine

Rekomendasi warna cat kamar selanjutnya yaitu warna lavender dan biru langit. Lavender muda dan warna biru langit pucat memperkenalkan sisi manis yang akan sangat nyaman menyambut Sedulur masuk kamar untuk beristirahat.

enuh dengan warna di antara dinding galeri, sandaran biru, dan dekorasi berwarna cerah, elemen kontras ini menciptakan keseluruhan yang unik dan personal. Warna yang berakar dari abad pertengahan ini akan terasa santai dan praktis tanpa kehilangan karakter.

12. Warna pastel untuk aksen dinding

rekomendasi warna cat kamar pastel
Berita99

Rekomendasi warna selanjutnya adalah menggunakan cat warna pastel untuk aksen dinding di kamar tidur anak. Sedulur bisa menggunakannya untuk menandai area kasur agar tampak lebih menonojol. Aplikasikan cat membentuk segitiga di area headboard kasur, lalu tutup sisa area tembok lainnya dengan cat putih.

Jangan lupa untuk menghiasi area dinding dengan lukisan berwarna senada agar tampilan kamar terlihat lebih menawan. Untuk rekomendasi, Sedulur bisa mencontoh warna yang  ada pada gambar di atas.

13. Warna cat hijau dengan wallpaper

rekomendasi warna vat kamar pastel
Indo Interior

Rekomendasi lainnya dengan warna cat hijau yang dikombinasikan dengaan wallpaper. Sedulur bisa mengaplikasikannya hanya pada tiga sisi dinding kamar. Sementara, di sisi keempat, gunakan wallpaper motif dengan warna senada.

Untuk rekomendasi aplikasi dan penerapan warna ini dengan wallpaper bisa Sedulur lihat sebagaimana yang terlihat dalam gambar di atas. Dijamin sangat menarik dan sangat nyaman untuk istirahat. Warna yang sangat baik untuk memberikan relaksasi dan kenyamanan saat istirahat.

14.  Warna grounded sage

rekomendasi warna cat kamar pastel
My Domaine

Rekomendasi warna cat kamar pastel terakhir yaitu warna grounded sage. Sage sendiri merupakan warna yang menenangkan. Hijau pudar dengan nada kuning ini dapat membuat kamar sebagai ruang privasi terasa sangat nyaman dan menenangkan.

Untuk memadukan cat sage ke dalam desain ruang kamar yang halus dan  mulus, padukan dengan warna alami pada furnitur rumah seperti warna kulit gelap, kayu hangat, dan warna putih lembut. DIjamin kamar akan sangat nyaman sebagai tempat istirahat.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Pilihan Merek Cat yang Bagus Untuk Dapur

Panduan memilih warna cat kamar pastel

Decoholic

Selain mengetahaui rekomendasi warna cat kamar pastel, penting bagi Sedulur untuk mengetahui bagaimana panduan memilih warna cat kamar pastel. Hal tersebut dikarenakan ada banyak jenis warna pastel yang tersedia dan seringkali membuat bingung.

Ada beberapa panduan yang bisa memudahkan Sedulur untuk menentukan warna cat kamar pastel yang sesuai. Berikut ini beberapa panduannya:

  • Jika Sedulur bingung dan tidak mengetahui nama warna yang dimaksud, Sedulur bisa membawa contoh gambar dan warna yang dicari, lalu tanya secara detail kepada penjualnya.
  • Tentukan arah, jika ingin nuansa cottage makan memadukan warna patel dalam satu ruangan merupakan pilihan yang bagus. Namun, untuk sesuatu yang lebih tradisional, pilih untuk tetap dalam satu warna dan variasikan nadanya.
  • Hadirkan aksen hitam dengan tujuan untuk mendekorasi dengan pastel untuk membantu membumikan pastel agar ruang terasa lebih hidup., Aksen hitam juga akan memberikan tempat yang netral bagi mata tamu untuk beristirahat.

Nah itulah rekomendasi warna cat kamar pastel beserta dengan panduan memilih warna cat kamar pastel yang dapat memudahkan Sedulur. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Sedulur untuk menentukan pemilihan warna cat kamar pastel yang tepat, ya!