cara mencari septic tank

Septic tank merupakan tempat pembuangan kotoran rumahan yang biasanya terletak di dalam tanah dan terkubur rapat. Penempatan lokasi yang sulit dicari ini supaya menahan dan mencegah terjadinya pencemaran limbah seperti aroma atau cairan kotoran. Bagi orang awam, tentu mencari septic tank akan sulit apabila tidak mengetahui letaknya di dalam tanah. Namun, ada beberapa cara mencari septic tank rumah yang bisa dilakukan saat keadaan genting terjadi.

Mengetahui keberadaan septic tank juga hal penting bagi pemilik rumah karena fasilitas ini perlu dicek secara rutin baik untuk penyedotan maupun pembersihan. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama bagaimana cara mencari septic tank rumah yang mudah dan simpel. Seperti apa langkahnya? Simak berikut ini!

BACA JUGA: Berapa Modal Usaha Bengkel Motor? Ini Rincian Lengkapnya!

Cara mencari septic tank rumah

Unsplash

Entah berada di bawah rumah yang ada di dalam tanah, atau di bawah tanah di bagian halaman depan atau belakang, septic tank memang disimpan di tempat tersembunyi dan jauh dari jangkauan. Hal ini merupakan hal dasar dalam proses membuat bangunan.

-->

Seringkali ada yang lalai membuang benda asing ke dalam kloset, yang umum terjadi yaitu membuang tisu yang membuat kloset mampet dan septic tank penih. Karena benda asing yang masuk dalam septic tank tidak akan terurai oleh bakteri dan dapat menyebabkan penumpukan.

Hal ini yang menyebabkan septic tank penuh dan kloset yang mampet. Maka tidak ada cara lain yang dapat dilakukan selain melakukan cara mencari septic tank rumah dan membersihkannya. Karena disimpan di tempat tersembunyi, seringkali kita lupa letak persis dari septic tank.

Maka dari itu, hal pertama yang dapat dilakukan yaitu mencarinya. Berikut ini terdapat beberapa cara mencari septic tank rumah, yaitu:

1. Cari saluran udara

cara mencari septic tank rumah
iStock

Cara mencari septic tank rumah yaitu dengan mencari saluran udara dari tangki septik. Sedulur  bisa mencari terlebih dahulu saluran ventilasi tangki septik di permukaan tanah halamam atau permukaan dinding bangunan.

Untuk memudahkan Sedulur dalam pencarian, saluran ventilasi biasanya terbuat dari pipa PVC atau paralon yang dibuat sedikit keluar di permukaan tanah untuk menyalurkan udara. Jika saluran udara dan lubang ventilasi telah ditemukan, maka Sedulur bisa mengetahui letak dari septick tank. Setelah itu, Sedulur bisa melakukan pengecekan dan membetulkan permasalahan yang terjadi. Sehingga gangguan ini bisa selesai.

2. Cari letak septic tank

cara mencari septic tank rumah
iStock

Setelah saluran udara Sedulur temukan dan lubang ventilasi Sedulur dapatkan, selanjutnya yaitu dengan menelusuri di mana letak tangki septiknya. Jika Sedulur belum bisa mengingat letak tangki yang terkubur, maka cara yang tepat yaitu dengan melakukan penggalian.

Sedulur bisa melakukan penggalian dan mengikuti lubang saluran udara atau ventilasi untuk mengetahui letak tangki berada. Namun jangan lupa untuk berhati-hati dalam melakukan penggalian, jangan sampai terkenal lubang saluran pipa pembuangan. Jika tidak hati-hati, hal tersebut dapat menyebabkan kebocoran dan tentu menambah pekerjaan rumah yang harus diperbaiki.

3. Buat lubang kecil pada pipa

cara mencari septic tank rumah
iStock

Cara mencari septic tank rumah selanjutnya yaitu dengan membuat lubang kecil pada pipa, terutama bagi Sedulur yang telah mengetahui saluran horizontal dari pipa ventilasi. Sedulur bisa memasukkan besi dengan ukuran 608 mm ke dalam hinga mencapai ujung pipa.

Jika ternyata pipa terlalu panjang atau berbelok, maka hal yang dilakukan adalah dengan menggunakan linggis dan besi bertoneser dengan cara dimasukkan ke dalam pipa dan mengikuti arah pipa untuk menemukan letak tangki septik berada.

Apabila ujung besi basah atau kotor, maka artinya Sedulur telah mencapai tangku septik. Biasanya jika telah begini, aroma khas tangki pun akan mulai tercium.

4. Gali dan bongkar tangki

iStock

Jika posisi tangki telah ditemukan, maka cara selanjutnya yang bisa Sedulur lakukan adalah dengan melakukan penggalian, terutama jika ternyata tangki berada di bawah bangunan dan ada di bawah keramik rumah.

Alat yang paling tepat untuk melakukan penggalian yaitu linggis. Lantai rumah yang terdapat tangki septik di bawahnya akan menimbulkan bunyi nyari berbeda dengan bagian lantai rumah lainnya. Pastikan dengan benar posisinya, agar proses penggalian tidak berantakan.

5. Cek denah pembangunan rumah

iStock

Cara mencari septic tank rumah terakhir yaitu dengan cek denah pembangunan rumah. Biasanya, sebelum membangun rumah, akan menggambar terlebih dahulu denah. Denah tersebut berfungsi sebagai panduan untuk membangun rumah.

Jika denah pembangunan rumah masih Sedulur miliki, tentu Sedulur tinggal melakukan penggalian dan membongkar septic tank. Namun umumnya, setiap rumah sudah tidak memiliki denah pembangunan. Jika pun ada, perlu waktu yang sama sulitnya untuk mencari, seperti mencari posisi septic tank itu sendiri.

BACA JUGA: Berencana Renovasi Rumah? Intip 10 Inspirasi Desain Rumah Ini

Cara mengatasi kloset mampet

iStock

Cara yang Sedulur bisa lakukan di atas bertujuan untuk membersihkan tangki septik karena kondisi kloset yang mampet. Tentu persoalan utamanya terletak di kloset yang mampet. Nah, untuk mencegah hal tersebut, tentu Sedulur harus tahu cara mengatasi kloset mampet seperti apa.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan:

1. Gunakan plunger

Agar tidak ribet membongkar septic tank karena kloset mampet, cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan plunger. Plunger atau pompa sedot WC manual memang diperuntukkan mengatasi WC mampet. Caranya, pegang handle plunger dan posisikan bagian karetnya berada di lubang toilet. Lakukan gerakan tekan dan tarik secara berulang dan kuat sampai WC tidak tersumbat lagi.

2. Gunakan soda kue dan cuka

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan campuran soda kue dan cuka untuk mengatasi kloset mampet. Kedua bahan ini apabila dicampur menghasilkan reaksi kimia yang dapat membersihkan kotoran dan melarutkannya. Caranya, campurkan satu cangkir soda kue dan dua cangkir cuka ke lubang WC yang tersumbat. Diamkan selama satu hingga dua jam, setelah itu siram toilet hingga bersih.

3. Gunakan bolot plastik bekas

Cara terakhir dengan menggunakan botol plastik bekas untuk mengatasi mampet pada lubang kloset. Caranya, siapkan botol plastik ukuran sedang, lalu potong 5-7 cm dari bagian bawah botol. Kemudian, masukkan bagian botol yang dipotong ke lubang WC.

Pastikan seluruh bagian botol terendam dalam air WC. Setelah itu, dorong atau tekan lubang toilet dengan botol. Tujuannya agar menciptakan ruang hampa agar sumbatan bisa terdorong masuk ke pembuangan septic tank.

Terdapat beberapa cara mengatasi kloset mampet tanpa melakukan pembongkaran, namun ketika cara di atas merupakan cara umum yang paling mudah dan ampuh untuk melancarkan kembali kloset yang mampet.

Semoga cara mencari septic tank rumah untuk mengetasi permasalah di rumah Sedulur yang telah dijelaskan di atas bisa membantu Sedulur, ya! Jangan lupa untuk melakukan pengecekan dan perawatan untuk bagian rumah lainnya!