beda daun bawang dan bawang prei

Apakah Sedulur sudah tahu beda daun bawang dan bawang prei? Daun bawang dan bawang prei merupakan jenis sayuran yang banyak digunakan dalam berbagai masakan khas Indonesia. Keduanya biasa ditambahkan terutama untuk meningkatkan cita rasa sekaligus aroma sedap pada masakan.

Selain memiliki kemiripan dari segi manfaatnya untuk menambah kelezatan masakan, daun bawang dan bawang prei juga memiliki kemiripan dari segi bentuk. Tak heran banyak orang yang sulit membedakan keduanya dan bahkan menganggapnya sebagai satu jenis sayuran yang sama.

BACA JUGA: Cara Membedakan Bumbu Dapur, Dijamin Jadi Paham!

Beda daun bawang dan bawang prei

Meski kerap dianggap sama, daun bawang dan bawang prei sebenarnya merupakan dua jenis sayuran berbeda. Namun keduanya memang masih termasuk dalam famili yang sama, yaitu kelompok bawang-bawangan. Lantas, apa ya beda daun bawang dan bawang prei? Untuk mengetahui jawabannya, yuk, langsung disimak rangkuman informasi selengkapnya berikut ini!

-->

1. Nama

iStock

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, daun bawang dan bawang prei merupakan dua jenis sayuran yang berbeda. Namun keduanya sama-sama masuk dalam famili Alliaceae atau bawang-bawangan. Daun bawang memiliki nama latin allium fistulosum. Sementara, nama latin bawang prei adalah Allium ampeloprasum atau Allium porrum.

2. Ukuran

Kompas.com

Perbedaan daun bawang dan bawang prei yang berikutnya bisa dilihat dari ukurannya. Daun bawang memiliki ukuran cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan bawang prei.

3. Aroma

beda daun bawang dan bawang prei
iStock

Aroma daun bawang dan bawang prei juga beda. Sebagaimana sudah dijelaskan, kedua sayuran ini kerap ditambahkan dalam masakan untuk menambah cita rasa sekaligus aroma. Kendati begitu, aroma yang dihasilkan keduanya ternyata tidaklah sama.

Jika diperbandingkan, aroma daun bawang cenderung lebih kuat atau menyengat. Oleh karenanya, makanan yang diberi tambahan daun bawang akan memiliki aroma yang khas. Sementara itu, aroma bawang prei tidak sekuat aroma yang dihasilkan oleh daun bawang.

4. Rasa

beda daun bawang dan bawang prei
iStock

Di samping memiliki aroma yang berbeda, rasa daun bawang dan bawang prei ternyata juga beda. Daun bawang memiliki rasa manis pada bagian batang dan segar atau cenderung hambar pada bagian daun. Sebaliknya, bawang prei memiliki rasa manis di bagian batang hingga daun. Bahkan rasa manis pada bawang prei juga disebut mirip dengan bawang bombay sehingga biasa dimasukkan dalam tumisan.

5. Kegunaan

iStock

Lantaran memiliki aroma dan rasa yang berbeda, kegunaan daun bawang dan bawang prei pun beda. Daun bawang biasa dicampurkan dalam gorengan serta ditaburkan sebagai garnish atau hiasan. Hal itu dikarenakan daun bawang cenderung mudah layu.

Sementara itu, bawang prei digunakan dalam olahan sup, soto, ataupun tumisan. Bawang prei juga umum digunakan untuk membuat kaldu dan salad.

BACA JUGA: 30 Bumbu Dapur Rempah Paling Penting Beserta Manfaatnya

Sekilas soal lokio dan kucai

iStock

Selain daun bawang dan bawang prei, masih ada dua jenis sayuran lain yang juga umum digunakan untuk menambah cita rasa pada masakan. Dua sayuran tersebut adalah lokio dan kucai. Jika dilihat sekilas, keempatnya memiliki tampilan yang mirip sehingga tak sedikit orang yang sulit membedakannya. Agar Sedulur tidak bingung, berikut sudah dirangkum ulasan singkat mengenai lokio dan kucai.

  • Lokio

Lokio atau juga dikenal sebagai fresh chives adalah sayuran jenis bawang-bawangan dan memiliki nama latin Allium schoenoprasum. Jika dibandingkan dengan daun bawang, bawang prei, ataupun kucai, lokio memiliki ciri khas berupa bonggol kecil berwarna putih. Lokio juga biasa dikenal sebagai bawang Batak lantaran banyak digunakan dalam masakan khas Batak.

  • Kucai

Kucai atau garlic chives adalah jenis sayuran yang banyak digunakan dalam masakan Asia Timur. Misalnya gyoza dan bubur ayam khas Tiongkok. Kucai sendiri memiliki bentuk yang khas, yakni berupa daun pipih memanjang dan runcing.

Itu dia pembahasan mengenai beda daun bawang dan bawang prei. Selain itu juga dipaparkan ulasan singkat tentang lokio dan kucai yang juga merupakan jenis bawang-bawangan serta memiliki bentuk yang cukup mirip dengan daun bawang dan bawang prei. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan Sedulur mengenai beragam jenis sayuran, ya!

Sementara itu, bagi Sedulur yang membutuhkan bahan memasak seperti beras, minyak goreng, serta aneka bumbu instan bisa menggunakan Aplikasi Super untuk berbelanja. Sebab, ada banyak diskon dan cashback yang bikin belanja makin untung.

Selain itu juga tersedia layanan pengiriman gratis ongkir sehingga Sedulur tidak perlu repot keluar rumah. Menarik bukan? Yuk, langsung unduh Aplikasi Super dan nikmati pengalaman belanja hemat serta praktis hanya dengan satu aplikasi!