tips belanja bulanan hemat

Dalam kehidupan rumah tangga, berbelanja kebutuhan pokok merupakan hal yang sangat utama. Tidak heran banyak yang berusaha menerapkan tips belanja bulanan hemat agar bisa memenuhi seluruh kebutuhan tapi juga menyisihkannya untuk masa depan.

Namun, mengatur belanja bulanan dalam kenyataannya tak semudah itu. Sedulur harus bisa menahan keinginan sebelum semua kebutuhan terpenuhi. Kalau tidak, keinginan yang merupakan kebutuhan sekunder malah didahulukan dari pada kebutuhan pokok seperti sandhang, pangan dan papan.

Nah, berikut ini beberapa tips belanja bulanan hemat yang cocok diaplikasikan dalam rumah tangga khususnya bagi Sedulur yang merupakan pasangan baru. Yuk simak bersama!

BACA JUGA: Tips Beli Rumah Cash Keras Tanpa Was- Was

Buat daftar belanja bulanan

Belanja bulanan
Pexels

Dalam menghemat belanja bulanan, satu hal yang wajib dibuat adalah daftar belanja. Daftar belanja sendiri harus dibuat seefektif mungkin, yakni dengan memprioritaskan barang yang menjadi kebutuhan dan bukan keinginan.

Pembuatan daftar belanja ini bisa dibuat dalam skala waktu mingguan maupun bulanan. Sehingga ketika Sedulur ingin pergi ke pasar atau toko grosiran, sudah tahu barang apa saja yang akan dibeli. Cara ini juga sangat efektif menekan keinginan kita untuk membeli barang-barang yang hanya keinginan.

Berikut ini ada contoh daftar belanja bulanan untuk Sedulur:

  • Buat daftar belanja sembako (seperti beras, minyak goreng, dll)  untuk sebulan. Lalu gas, perlengkapan mandi, perlengkapan bersih-bersih dan cuci pakaian, dan kebutuhan diri lainnya.
  • Buat daftar belanja mingguan. Beli kebutuhan pokok penting yang tahan seminggu. Barang-barang ini biasanya merupakan kebutuhan makan seperti telur, galon air minum, daging, bumbu dapur, makanan instan, dan bahan olahan lainnya.
  • Daftar belanja harian (bisa per 2-3 hari). Daftar ini khusus untuk belanja bahan makanan yang tidak mampu bertahan lama. Misalnya, buah, sayur, dan roti.
  • Buat daftar belanja yang tidak termasuk kebutuhan pokok tapi penting untuk dibeli. Misalnya, vitamin untuk menambah imun tubuh, masker dan hand sanitizer.
  • Buat daftar belanja yang termasuk catatan barang yang ingin dibeli namun sifatnya tidak darurat. Misal skincare, baju, tas, sepatu dan lain sebagainya. Barang-barang ini menjadi prioritas ketika semua daftar di atas sudah terpenuhi.

Tetapkan anggaran belanja

Belanja bulanan
Super

Tips belanja bulanan hemat selanjutnya adalah menetapkan anggaran belanja. Setelah mengetahui seluruh daftar kebutuhan yang diperlukan, maka Sedulur bisa membuat berapa besar anggaran yang dibutuhkan.

Hal ini penting agar ada proyeksi pembagian dari pendapatan untuk pengeluaran kebutuhan pokok dan kebutuhan lain-lain. Penentuan skala prioritas ini sering dianggap sepele, tapi malah menjadi kunci hemat dalam belanja.

Misalnya saja, Sedulur memiliki pendapatan 3 juta per bulan. Maka cara menghemat uang belanja 1 juta dalam sebulan bisa dilakukan dengan membeli seluruh kebutuhan pokok untuk makan, kebersihan diri, dan juga obat-obatan.

Hal ini sendiri bisa dilakukan dengan cara menghitung uang belanja bulanan seperti berikut ini:

  • Metode 50-20-30

Metode pengeluaran yang bisa diterapkan adalah 50/20/30. Apa artinya? 50% dari pendapatan harus digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Usahakan uang tersebut cukup. Sementara itu, 20% dari penghasilan harus dialokasikan untuk tabungan. Baru kemudian sisanya (30%) digunakan untuk memenuhi keinginan seperti jalan-jalan, membeli barang yang sifatnya sekunder atau bahkan tersier, berwisata, dan lainnya.

  • Metode 80-20

Untuk metode 80-20, konsep yang digunakan itu lebih simpel. Sedulur perlu mengalokasikan 80 persen pendapatan untuk segala kebutuhan baik itu primer, sekunder dan tersier. Sementara itu, 20 persen dari pendapatan wajib dimasukkan ke dalam pos uang darurat atau tabungan.

  • Metode 40-30-20-10

Metode yang ketiga adalah 40% kebutuhan pokok, 30% membayar cicilan, 20% tabungan, dan 10% untuk memenuhi keinginan seperti jalan-jalan dan makan-makan. Metode ini lebih rinci dan lebih bisa membuat Sedulur tahu mana yang jadi prioritas.

Hindari penggunaan kartu kredit tidak penting

Belanja bulanan
Pexels

Keberadaan kartu kredit memang bagai kartu ajaib untuk banyak orang. Namun, dibalik kemudahan yang didapatkan ada resiko yang sangat besar. Untuk itu, bijaklah dalam menggunakan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan. Khususnya untuk membeli barang-barang tersier seperti ponsel, sepatu mewah, dan perhiasan.

Selain kartu kredit, ada juga fitur terkini seperti paylater yang konsepnya tidak berbeda jauh dengan kredit. Untuk itu Sedulur harus benar-benar tahu penggunaan kartu kredit dan paylater akan memiliki resiko besar jika digunakan diluar membeli kebutuhan pokok.

Prioritaskan kebutuhan

Super Agen
Pexels

Membeli ponsel dengan cara mengikuti setiap tren terbarunya tentu bukanlah hal yang bijak. Apalagi kalau Sedulur memiliki pendapatan yang cukup dan memiliki banyak tanggungan lain.

Untuk itu, tips belanja bulanan hemat yang cocok dalam hal ini adalah selalu membeli kebutuhan pokok dari pada kebutuhan tersier. Hindari atau buatlah pos tabungan untuk membeli kebutuhan tersier seperti ponsel, mobil, jam tangan, sampai perhiasan diluar anggaran kebutuhan pokok.

BACA JUGA: 8 Tips Membuka Bisnis Toserba yang Sukses Bagi Pemula

Catat semua pengeluaran

Belanja bulanan
Pexels

Mencatat semua pengeluaran adalah hal yang wajib dalam tips belanja bulanan hemat. Hal ini bisa memberikan Sedulur informasi terkait barang apa saja yang ternyata tidak jadi prioritas dalam sebulan.

Misalnya, Sedulur selalu membeli telur ayam kampung alih-alih telur ayam ternak biasa. Dari segi harga, telur ayam kampung 2 kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan telur broiler. Dan ternyata, telur ayam kampung yang Sedulur gunakan banyak yang tak terpakai, sehingga jumlah pembeliannya bisa dikurangi atau diganti dengan telur biasa yang lebih murah.

Contoh di atas menjadi cara menghemat uang belanja dapur. Hal ini juga bisa diterapkan pada bumbu masakan atau kebutuhan lainnya yang ada di rumah tangga.

Cari toko yang pas

Super Agen
Super

Carilah tempat belanja yang tepat. Ini menjadi tips Tips belanja hemat untuk satu mingguan selanjutnya karena bisa memberikan dampak yang sangat signifikan untuk sistem keuanganmu.

Banyak orang yang kadang memilih belanja di mall, supermarket sampai minimarket karena menilai bahan dan kualitasnya lebih baik. Padahal di toko tradisional dan tempat belanja bulanan secara grosiran, barang yang didapat akan lebih murah dan kualitasnya tidak berbeda jauh.

Jadi pilihlah dengan bijak dimana tempatmu berbelanja. Usahakan cari toko yang memberikan harga terendah dengan kualitas terbaik.

Nah, di era modern sekarang ini berbelanja bulanan lewat ponsel merupakan hal yang lumrah. Namun, ada satu aplikasi yang sangat cocok digunakan masyarakat Indonesia karena selain mudah juga memberikan harga yang relatif murah yaitu Super.

Aplikasi Super merupakan sarana untuk bisa mendapatkan barang kebutuhan pokok seperti beras, telur, sampai bumbu dapur secara murah. Baik itu dalam jumlah grosir maupun satuan.

Sedulur juga bisa mendapatkan keuntungan lain jika menjadi mitra Super Agen karena bisa menambah pendapatan bulanan dengan membuka toko kelontong dan sembako.

Jadi bila Sedulur mencari solui belanja bulanan yang tepat dan hemat, langsung aja download Aplikasi Super di sini.

Belanja produk berkualitas, bukan merek

Super Agen
Super

Ketika memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, bangunlah mindset bahwa yang terpenting adalah kualitas bukan merek. Konsep sederhana ini sering tidak dipikirkan oleh banyak orang karena demi bisa memenuhi hasrat pada merek tertentu.

Padahal dengan mengedepankan kualitas dan mengesampingkan merek, Sedulur bisa mendapatkan barang pokok yang lebih murah lho. Hal semacam inilah yang perlu diperhatikan saat belanja bulanan rumah tangga.

BACA JUGA: 1 Liter Beras Berapa Kg? Ini Cara Hitung Paling Mudah

Bandingkan harga

Belanja bulanan hemat
Super

Cara belanja hemat untuk seminggu selanjutnya adalah dengan membandingkan harga dari tiap toko dimana Sedulur berbelanja. Ini menjadi salah satu hal yang penting akrena perbedaan harga seribu rupiah sampai 5 ribu rupiah bisa berpengaruh pada total belanja.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan saat melakukan perbandingan harga, yakni Sedulur harus mengesampingkan penggunaan brand pada kebutuhan tertentu, selalu cari harga yang lebih murah walaupun selisih seratus rupiah, dan cari barang yang memiliki kualitas bagus.

Tiap toko biasanya memiliki harga yang bervariatif, jadi Sedulur bisa mencatat dimana saja kebutuhan pokok yang memiliki harga termurah dan bisa melakukan pembelian secara terpisah.

Gunakan promo belanja online

Super Agen
Super

Belanja jadi lebih murah karena ada diskon atau potongan harga, cashback, cicilan 0% hingga point rewards. Hal ini merupakan salah satu cara promo yang banyak diberikan oleh marketplace yang ada di Indonesia.

Untuk itu, Sedulur bisa memanfaatkan promo-promo tersebut dengan maksimal. Penggunaan promo juga harus dengan pertimbangan pembelian kebutuhan pokok terlebih dahulu dan bukan barang keinginan semata. Ini menjadi salah satu cara menghemat pengeluaran bulanan rumah tangga di era modern yang paling efektif.

Demikian tadi tips belanja bulanan hemat yang bisa Sedulur terapkan dalam kehidupan rumah tangga. Cara-cara di atas sangat bermanfaat jika Sedulur adalah pasangan muda yang baru saja menikah dan tinggal bersama. Semoga tips di atas bisa membantu dalam menstabilkan sistem keuangan Sedulur semua.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!