Agar dapat membuat fried chicken yang garing dan renyah, Sedulur tidak perlu membuatnya dengan menggunakan tepung yang bagus untuk fried chicken. Pada dasarnya, setiap tepung dapat menghasilkan ayam goreng tepung yang renyah.

Bukan hanya memilikirkan pemilihan tepung yang bagus untuk fried chicken, justru sebaliknya Sedulur harus tahu bagaimana tips dan cara membuatnya agar ayam goreng bisa garing dan renyah. Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa Sedulur perhatikan. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Fried Chicken Terenak di Indonesia yang Wajib Kamu Coba!

Tips penggunaan tepung untuk fried chicken

tepung yang bagus untuk fried chicken
iStock

Jika Sedulur seringkali gagal membuat ayam goreng tepung garing seharian, hal tersebut sangat wajar. Karena bisa jadi Sedulur membuatnya dengan asal tanpa mengetahui tipsnya. Pada dasarnya, bahan yang digunakan bukan hanya tepung terigu saja.

-->

Namun terdapat campuran dari bahan dan tepung jenis lainnya. Sehingga kerenyahan dan kegaringan yang dihasilkan sangat nikmat. Ditambah lagi terdapat bahan yang wajib Sedulur gunakan jika ingin menghasilkan ayam goreng tepung yang baik.

1. Gunakan dua jenis tepung

tepung yang bagus untuk fried chicken
iStock

Sedulur wajib membuat dua jenis larutan untuk membuat ayam goreng tepung menjadi nikmat. Bukan hanya mencari jenis tepung yang bagus untuk fried chicken. Dua larutan yang wajib Sedulur buat berasal dari dua jenis tepung yang berbeda.

Ada larutan tepung, dan ada juga larutan pencelup. Setelah dibumbui, ayam biasanya akan dimasukkan ke dalam campuran tepung kering, kemudian ke larutan pencelup dan kembali lagi ke larutan tepung. Proses ini bertujuan agar tepung bisa menempel sempurna pada ayam sehingga nantinya ayam bisa krispi dan cantik tampilannya.

Nah, kedua larutan tepung ini juga sangat berpengaruh untuk menghasilkan ayam goreng tepung yang renyahnya bertahan lama.

2. Jangan lupa balur dengan tepung kering

tepung yang bagus untuk friend chicken
Sajian Sedap

Sedulur bisa mengunakan tepung yang bagus untuk fried chicken sebagai adonan tepung kering untuk membalur ayam. Biasanya banyak dari kita hanya menggunakan tepung terigu. Padahal hal tersebut salah besar.

Sedulur juga bisa menambahkan tepung sagu dan tepung beras agar kerenyahan dan kegaringan ayam goreng bertahan lama. Kombinasi dari tepung terigu, sagu, dan tepung beras adalah kombinasi terbaik untuk ayam goreng tepung atau fried chicken.

Perbadingannya adalah 4:1:1. Tepung beras di sini jadi kunci utama ayam goreng bisa garing seharian. Soalnya, tepung beras memberi efek keras begitu dingin. Jadi, makin banyak tepung berasnya, maka ayam goreng akan lebih tahan lama garingnya. Tapi, tentu teksturnya bisa keras seperti batu kalau terlalu banyak.

Sebelum ayam digoreng, celupkan ayam ke dalam tepung kering, lalu celupkan ke tepung pencelup. Nah, setelah kembali lagi pada campuran tepung kering, kali ini bagian kulit ayam harus kita cubit-cubit menggunakan jari tangan. Tujuannya supaya ayam goreng tepung bisa keriting hasilnya.

3. Masukkan lagi ke larutan pencelup

iStock

Nah, ayam goreng tepung sangat membutuhkan larutan pencelup supaya tepung kering bisa menempel sempurna. Larutan pencelup biasanya terbuat dari campuran tepung dan cairan. Nah, tahukah Sedulur jika cairan yang paling baik digunakan adalah air es. Air es akan membuat ayam goreng krispinya lebih tahan lama ketimbang putih telur. Sehingga kerenyahan dari ayam tepung bisa bertahan sangat lama.

BACA JUGA: 20 Resep Bumbu Marinasi Ayam, Rasa Enak dan Tekstur Jadi Empuk!

Perpaduan jenis tepung

iStock

Dari penjelasan di atas, kini Sedulur tentu tahu bahwa tepung yang baik untuk fried chicken bukan hanya satu. Namun berbagai jenis tepung yang dipadukan dapat menghasilkan kerenyahan ketika digoreng bersama ayam goreng.

Setiap jenis tepung akan menghasilkan kerenyahan yang berbeda-beda. Nah, untuk mempermudah, Sedulur wajib tahu berbagai jenis perpaduan tepung dapat menghasilkan kerenyahan ketika digoreng. Berikut ini penjelasannya.

  • Tepung terigu protein sedang menghasilkan tekstur yang renyah
  • Tepung maizena akan menghasilkan kerenyahan yang lebih dibanding tepung terigu
  • Tepung beras akan menghasilkan kerenyaha saat baru matang, ketika telah dingin akan mengeras
  • Tepung sagu akan menghasilkan tekstur yang renyah
  • Tepung sagu obi akan menghasilkan tekstur yang renyah dan berbintik-bintik

Campuran tepung

iStock

Selain beberapa karakteristik tepung yang dijelaskan di atas, jika dicampurkan tepung akan menghasilkan tekstur yang nikmat renyah dan memanjakan lidah saat dikonsumsi. Adapun beberapa campuran tepung yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Campuran tepung terigu dan tepung beras akan menghasilkan tekstur renyah, tapi agak keras setelah dingin
  • Campuran tepung terigu dan maizena akan menghasilkan tekstur renyah, meskipun tidak serenyah maizena saja
  • Campuran tepung terigu dan tepung sagu akan menghasilkan teksture renyah tapi tidak serenyah sagu saja
  • Campuran tepung terigu, tepung beras dan maizena akan menghasilkan renyah dan tidak terlalu keras

Sebenarnya Sedulur hanya perlu memadukan beberapa campuran tepung yang telah dijelaskan di atas agar dapat menghasilkan ayam goreng tepung yang renyah. Hal paling penting, yaitu takaran dan kombinasinya harus sesuai dan seimbang agar selain renyah dan garing, juga dapat bertahan selama mungkin.

Jika Sedulur ingin memasak ayam goreng tepung ala restoran terkenal, Sedulur bisa memilih tepung bumbu yang diformulasi khusus untuk membuat crispy fried chicken. Apabila ingin menggoreng tempe mendoan, tentu tepung bumbu yang dipakai akan berbeda jenisnya dengan yang digunakan untuk membuat bakwan. Bumbu ayam goreng juga akan berbeda dengan bumbu pisang goreng.

Intinya, setiap tepung memiliki kandungan bumbu dan formulasi yang berbeda-beda. Namun, jika ingin lebih praktis, Sedulur juga bisa membeli tepung bumbu serbaguna. Tepung jenis ini lebih fleksibel sehingga bisa digunakan untuk balutan aneka ragam gorengan.

Temukan tepung terbaik untuk ayam di Aplikasi Super

Jika Sedulur sudah mengetahui formula untuk menciptakan ayam fried chicken yang renyah dan krispi, maka perlu juga untuk menemukan tempat terbaik untuk belanja tepung terigu. Sedulur bisa kulakan mudah di Aplikasi Super. Ada banyak sekali produk tepung yang bisa dibeli dengan harga terjangkau. Apa saja mereknya? Coba simak berikut ini.

1. Tepung Crispi Cap Si Buyung

2. Tepung Kompas

3. Tepung Segitiga Biru

4. Tepung Lencana Merah

5. Bola Deli

Nah itulah rekomendasi tepung yang bagus untuk freid chicken beserta dengan tips dan cara membuatnya. Semoga penjelasan di atas bisa memandu Sedulur agar dapat menghasilkan fried chicken yang nikmat agar tidak perlu lagi membelinya.

Agar percobaan membuat fried chicken bisa berhasil, Sedulur juga perlu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan lainnya. Untuk memudahkan Sedulur, bisa kulakan berbagai macam jenis tepung bumbu di Aplikasi Super. Tersedia lengkap berbagai kebutuhan dapur dan kebutuhan rumah tangga lainnya di Aplikasi Super.

Makanya, buruan download Aplikasi Super di Google PlayStore dan rajin-rajin belanja agar bisa mendapatkan untung melimpah!