Ponsel adalah hal krusial di era digital ini. Dengannya kita biasa melakukan banyak hal, mulai dari berkomunikasi dengan rekan kerja, memesan layanan transportasi, sampai melakukan pembayaran dengan mobile banking atau e-wallet. 

Namun, ukurannya yang kecil membuat HP gampang banget hilang. Bisa karena kelupaan lokasi menaruhnya sampai dicuri. Kabar baiknya, Sedulur bisa menemukannya dengan mode perangkat saya. Baik ponsel Android atau iOS semua memiliki fitur ini. Begini cara pakainya. 

BACA JUGA: 10+ Aplikasi Edit Video Terbaik di HP dan PC yang Mudah dan Praktis

1. Temukan perangkat saya di mesin pencarian Google

unsplash.com

Ini berlaku untuk HP Android, namun pastikan dulu ponselmu dalam keadaan berikut. 

-->
  • Menyala atau aktif, tidak dimatikan
  • Sudah masuk ke salah satu akun Google yang kamu pegang
  • Terkoneksi dengan internet, baik paket data atau WiFi 
  • GPS-nya aktif 
  • Fitur Temukan Perangkat Saya aktif 

Jika semua terpenuhi, lakukan langkah berikut. 

  • Buka browser apapun dengan perangkat lain, bisa PC atau ponsel 
  • Buka mesin pencarian Google dan login ke akun email yang sama dengan yang ada di ponsel yang hilang. 
  • Kemudian, ketik “Temukan Perangkat Saya” atau “Find My Phone” di kolom pencarian
  • Secara otomatis, Google akan langsung mendeteksi nama perangkatmu dan Google akan meminta izin untuk menemukan perangkat.  Klik Allow 

Sedulur akan diarahkan pada halaman baru yang berisi peta dan beberapa menu pilihan di bagian kiri layar, antara lain.

  • Nyalakan alarm sehingga ponsel akan berbunyi selama 5 menit meski dalam mode senyap. 
  • Amankan perangkat sehingga HP tidak bisa digunakan pencuri sebagaimana mestinya. Kamu bisa menambahkan pesan pada layar ponsel yang sudah terkunci tersebut. Bisa isi dengan nomor telepon yang bisa dihubungi bila penemu atau pencuri ingin mengembalikannya. 
  • Hapus data dari perangkat secara keseluruhan, sehingga data-datanya tidak disalahgunakan.

2. Cara menggunakan temukan perangkat saya untuk iOS

temukan perangkat saya
unsplash.com
  • Buka browser dan pergi ke alamat https://www.icloud.com/find
  • Silakan isi AppleID dan password Sedulur 
  • Situs akan langsung mendeteksi lokasi perangkat Sedulur yang hilang. Sedulur juga bisa melaporkan dengan memilih menu Mark As Lost. Menu tersebut akan otomatis mengunci ponsel Sedulur, tetapi tetap akan tersambung pada aplikasi Find My milik Apple. 

BACA JUGA: 10 Aplikasi Ini Jadi Cara Mengusir Nyamuk Dengan Hp, Canggih!

3. Find My Mobile untuk pengguna Samsung 

temukan perangkat saya
unsplash.com

Selain itu, Sedulur bisa juga temukan perangkat yang hilang dengan aplikasi bawaan dari HP. Salah satunya Samsung yang memiliki aplikasi Find My Mobile.  Agar bisa memanfaatkannya, pastikan ponsel sudah masuk ke akun Samsung dan terhubung dengan internet. Berikut langkah selanjutnya. 

  • Buka browser di perangkat lain dan pergi ke situs https://findmymobile.samsung.com/
  • Kemudian, login ke akun Samsung milik Sedulur yang terhubung dengan ponsel. 
  • Lokasi perangkat akan muncul beberapa menit kemudian. 

4. Temukan perangkat saya dengan nomor HP

unsplash.com

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menemukan perangkat saya yang hilang adalah menggunakan nomor HP. Ini langkahnya. 

  • Pergi ke situs https://www.find-my-phone.org/ 
  • Isi nomor HP Sedulur yang hilang dan lakukan pembayaran sebesar 0,99 USD dengan kartu debit online atau kartu kredit. 
  • Masukkan nomor HP lain yang bisa Sedulur gunakan untuk mendapatkan SMS berupa lokasi ponsel yang hilang. 

Menemukan ponsel yang hilang dengan cara ini legal asalkan Sedulur memiliki hak penuh atas perangkat yang akan dilacak keberadaannya. Ini juga legal bila ponsel yang akan dilacak adalah milik putra-putri Sedulur yang masih di bawah umur dan alasannya keselamatan. 

BACA JUGA: 15 Aplikasi Edit Foto Terbaik Ala Selebgram di Android & iOS

5. Menemukan perangkat dengan IMEI

unsplash.com

Cara berikutnya adalah menggunakan International Mobile Equipment Identity (IMEI) atau nomor seri yang menjadi identitas tiap ponsel yang diproduksi secara legal. IMEI terdiri dari 15 digit dan tiap ponsel memiliki seri yang berbeda. Ia bisa dijadikan cara untuk melacak keberadaan smartphone. Untuk tujuan tersebut, Sedulur perlu memasang aplikasi dari pihak ketiga. Misalnya IMEI Tracker – Find My Device dan tinggal ikuti langkah mereka. 

Sedulur wajib tahu atau setidaknya sudah mencatat nomor IMEI perangkat yang hilang tersebut. Untuk tahu nomor IMEI silakan pergi ke menu About Device dan cek nomor IMEI yang tertera. Atau bisa juga pergi ke menu panggilan dan ketikkan *#06# untuk mengecek nomor IMEI yang terdaftar pada ponsel Sedulur. 

6. Aplikasi lain untuk menemukan perangkat yang hilang

temukan perangkat saya
unsplash.com

Selain aplikasi di atas ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa dipakai untuk melacak ponsel yang hilang atau dicuri. Berikut beberapa yang terbaik untuk pilihan Sedulur. 

  • Prey Anti Theft 
  • Find My Device 
  • Cerberus Anti Theft 
  • Life360 

Keempatnya bisa dipakai untuk melacak keberadaan ponsel yang tidak ada di tangan Sedulur. Bisa dipakai untuk mengawasi putra-putri yang masih di bawah umur sampai menangkap potret maling atau pencuri perangkat dengan jebakan tertentu, menghapus semua data dan history di ponsel. Tentunya untuk memanfaatkan fiturnya, aplikasi harus sudah terpasang di ponsel atau perangkat yang hilang, ya. Jika belum percuma pula kamu memasangnya di perangkat lain. 

Namun, gunakan cara ini sebagai langkah terakhir. Sedulur bisa gunakan aplikasi dari Google, Apple, atau Samsung tadi karena lebih aman dan terpercaya. Datanya juga confidential, hanya antar pengguna dan produsen, tidak melibatkan pihak ketiga yang tidak bisa dijamin amanahnya. 

Ponsel tidak hanya berfungsi membantu tugas sehari-hari, tetapi juga jadi penyimpan banyak data-data penting. Utamanya, jika Sedulur memiliki aplikasi-aplikasi untuk mode pembayaran, sangat berbahaya jika pencuri bisa mengakses dan menyalahgunakannya. Untuk itu, saat ponsel hilang segera lakukan langkah-langkah di atas. Bila tidak bisa ditemukan pun, data Sedulur aman karena sudah terhapus dari HP. 

Tentunya iringi pula dengan sikap waspada di lain waktu. Jangan sampai kejadian ini terulang kembali. Bagaimanapun kehilangan sesuatu pasti rasanya tak nyaman dan bikin kepikiran. Tetap hati-hati dan jada diri selalu, Sedulur.