Salah satu karya seni yang paling estetik adalah patung, berikut ini adalah beberapa teknik pembuatan patung sebagai informasi dasar bagi Sedulur. Agar lebih mengetahui karya seni dan dapat menikmatinya lebih baik lagi. Patung merupakan karya dimensi karena ukuran lebar, panjang dan tinggi. Sehingga bisa dinikmati dari segala arah.

Seni patung sendiri dapat digunakan dari bahan lunak, seperti tanah liat, bubur kertas dan adonan tapioka. Bisa juga menggunakan sabun balok dan lilin mainan. Terdapat beberapa teknik pembuatan patung yang biasa digunakan oleh para seniman. Seperti apa saja informasinya? Yuk, simak ulasannya di sini.

BACA JUGA: 12 Kerajinan dari Botol Bekas, Jadi Peluang Usaha & Bisa Cuan!

Apa itu Seni Patung?

teknik pembuatan patung
grid.id

Sebelum membahas teknik pembuatan patung, lebih baik kita bahas terlebih dahulu apa itu seni patung. Seni patung merupakan karya seni trimatra yang dapat diraba dengan tangan keberadaannya. Sementara itu, berdasarkan KBBI, seni patung adalah tiruan dari bentuk orang, hewan, yang dibuat dengan pahatan.

Pada dasarnya, seni patung merupakan seni tiga dimensi yang dapat diraba oleh tangan dan disaksikan langsung oleh mata. Dengan bentuk tiga dimensi yang dapat diukur panjang, lebar dan tingginya.

Bentuk-bentuk Seni Patung

studentterpelajar

Sementara itu, teknik pembuatan patung sendiri dapat dipisahkan berdasarkan bentuknya. Bentuk-bentuk dari seni patung itu sendiri adalah:

  • Naturalis: Bentuk yang merupakan peniruan dari alam, di mana wujud gambarannya hampir menyerupai apa yang ditirunya.
  • Figuratif: Bentuk patung yang merupakan intisari dari alam, ada yang disederhanakan (deformasi) dan diperumit (stylir).
  • Abstraksi: Terdiri dari abstrak murni, geometris, non geometris, abstrak simbolis, dan abstrak filosofis.

Aliran Seni Patung

kumparan

Setiap karya seni memiliki beberapa aliran, begitu juga dengan seni patung. Hal ini juga akan mempengaruhi bentuk dari teknik pembuatan patung itu sendiri. Berikut ini adalah aliran seni patung itu sendiri, yaitu:

  • Simbolisme: Bentuk patung yang bermakna perlambangan.
  • Robot Art: Bentuk patung yang divisualisasikan secara kaku dan statis.
  • Kontruktivisme: Gambaran patung dengan bentuk geometris.
  • Mobile Sculpture Art: Patung yang bisa digerakkan atau bergerak.

Lantas apa saja teknik pembuatan patung? Berikut ini akan di jelaskan empat teknik pembuatan patung dengan beberapa teknik lainnya. Yuk langsung kita simak!

1. Teknik Pahat

tirto.id

Teknik tertua dalam pembuatan patung yang kita kenal adalah teknik pahat. Selain menggunakan bahan dasar kayu, teknik ini juga biasa menggunakan batu dan bahan keras lainnya. Namun, teknik ini membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang sangat tinggi. Karena teknik ini sangat cukup untuk diaplikasikan.

Tidak selesai dengan memahat, setelah pahatan selesai dan patung terbentuk, finasilasi adalah amplas agar patung bisa lebih halus dan lembut untuk dinikmati. Teknik pahat merupakan teknik tertua dalam seni patung. Di Indonesia sendiri teknik ini sudah dikenal sejak lama, bajak prasasti dan candi yang merupakan hasil dari karya pahat sekaligus menjadi salah satu warisan dunia.

BACA JUGA: Seni Makrame: Definisi, Teknik Menyimpul & Cara Membuatnya

2. Teknik Cor

teknik pembuatan patung
wira

Teknik pembuatan patung dari bahan keras adalah teknik cor. Saat ini, teknik ini adalah yang paling sering digunakan oleh para seniman. Namun, sebelum membuat patung, kita sebagai seniman harus terlebih dahulu membuat cetakan. Entah itu membeli atau membuat cetakan sendiri.

Namun agar patung lebih orisinal, lebih baik Sedulur membuat cetakan sendiri. Teknik ini digunakan dengan menggunakan bahan cair yang akan mengeras. Bisa menggunakan adonan tapioka atau adonan semen. Penekanan pada teknik ini terletak pada proses cetakan itu sendiri.

3. Teknik Cetak

wix

Teknik pembuatan patung dengan mencetak dapat menggunakan bahan lembut, sebenarnya teknik ini mirip dengan teknik cor, yang membutuhkan cetakan. Namun biasanya pada teknik cetak, bahan adonan yang digunakan merupakan bahan lembut yang tidak terlalu keras.

Selain itu, dalam teknik cetak juga biasanya dilakukan beberapa sentuhan terakhir seperti pahatan atau amplas. Teknik ini biasanya menghasilkan karya seni yang tidak begitu unik, karena berbasis cetakan yang umum dan bisa digunakan dengan banyak untuk kepentingan yang tidak ekslusif.

4. Teknik Modeling

teknik pembuatan patung
kompas

Bahan dan teknik pembuatan patung modeling ini adalah biasa menggunakan tanah liat. . Teknik yang satu ini dilakukan dengan membuat model terlebih dahulu sebelum patung benar-benar dibentuk. Pada teknik ini biasanya model dituangkan dalam gambar. Dalam teknik modeling, bahan yang digunakan dalam membuat patung berbeda dari teknik cor dan teknik cetak, yaitu dengan menggunakan bahan plastis seperti tanah liat atau plastisin.

Biasanya teknik ini dibuat untuk memenuhi karya-karya untuk kebutuhan interior rumah atau perkantoran. Banyak patung yang dijadikan sebagai interior, yang biasanya dihasilkan dari teknik modeling.

BACA JUGA: 15+ Ide Pekerjaan Sampingan Untuk Karyawan dan Mahasiswa

5. Teknik Membentuk

quizizz

Teknik pembuatan patung berdasarkan jenisnya ini dibenakan dengan cara pembuatannya yang dibentuk, biasanya teknik ini membutuhkan bahan seperti tanah liat. Dalam melaksanakan teknik ini membutuhkan ketelitian dan perasaan yang kuat. Dibutuhkan kepekaan dan insting sebagai seniman yang tinggi.

Biasanya, teknik ini menghasilkan hasil yang bagus dengan kualitas yang tinggi. Kualitas yang tinggi dihasilkan dari teknik dikarenakan ketelitian dan tingkat kesulitannya. Banyak penikmat seni dan kolektor patung yang mencari patung yang terbuat dari cara membentuk. Karena detail yang jelas dan baik.

6. Teknik Butsir

grid.id

Teknik pembuatan patung dari bahan lunak adalah teknik butsir. Bahan lukan seperti tanah liat atau gips. Teknik yang satu ini dilakukan dengan menambahkan atau mengurangi bahan pada bagian-bagian dasar patung sehingga hasil patung terbentuk sangat cantik. Sama dengan teknik lainnya, teknik butsir juga perlu dilakukan dengan kesabaran dan ketelitian yang ekstra.

Setelah patung terbentuk, biasanya patung akan dijemur di bawah matahari hingga benar-benar mengeras. Setelah patung mengeras, Sedulur dapat melakukan finishing dengan menyemprotkan cat atau pernis agar patung terlihat lebih cantik lagi. Selain itu bagian luarnya juga akan tahan lama dan dapat dinikmati dengan sempurna

Itulah daftar teknik pembuatan beserta dengan jenis, bentuk dan aliran dari patung itu sendiri. Semoga penjelasan ini bisa membantu Sedulur untuk lebih memahami dunia seni. Agar saat menikmatinya Sedulur lebih bisa memahaminya lagi. Semoga juga penjelasan di atas bisa memberikan inspirasi bagi Sedulur Super sekalian.