surat resign

Surat resign biasanya dibuat oleh karyawan yang memutuskan ingin berhenti kerja di perusahaan tempat mereka mencari nafkah. Biasanya, surat ini dibuat terkait alasan ingin pindah kerja atau mungkin ingin rehat dari pekerjaan.

Mengajukan surat semacam ini adalah hal yang lumrah dalam dunia pekerjaan dan merupakan bentuk sikap yang profesional lho Sedulur. Lantas seperti apa surat resign yang baik dan benar tersebut? Dan bagaimana cara pengajuannya? Berikut tim Aplikasi Super merangkumnya buat Sedulur

BACA JUGA : Potensi Usaha Handycraft Rumahan & Contohnya, Datengin Cuan!

1. Apa itu surat resign?

 Jangan Asal, Ini Contoh Surat Resign yang Baik
jobsfore

Surat resign kerja merupakan bentuk surat yang ditunjukan untuk memenuhi syarat dalam administrasi yang ditulis oleh karyawan yang ingin melakukan pengunduran diri dari sebuah jabatan atau tugas yang mungkin sedang dijabat saat itu.

-->

Bisa dibilang, surat ini merupakan bentuk resmi seorang karyawan berhenti dari sebuah pekerjaannya. Jadi, setiap perusahaan mungkin memang memiliki ketentuan sendiri terkait surat pengunduran ini.

BACA JUGA : 8 Cara Budidaya Ayam Kampung Modal Kecil, Untuk Pemula

2. Alasan karyawan mengundurkan diri?

 Jangan Asal, Ini Contoh Surat Resign yang Baik
pexels

Banyak sekali alasan mengapa karyawan memilih untuk mengajukan pengunduran diri, nah berikut ini adalah beberapa poin yang biasanya dialami oleh karyawan yang akhirnya memutuskan  untuk mundur dari sebuah pekerjaan.

  • Pertama karena alasan keluaga yang mendesak
  • Kedua kurangnya rasa kepercayaan karyawan dan otonomi di tempat kerja
  • Ketiga karyawan kurang mendapat rasa hormat dan dukungan dari rekan kerja atau atasannya.
  • Keempat karena merasa tidak berkembang di bagian pekerjaannya.
  • Kelima adalah komunikasi yang buruk di antara karyawan dan manajemen atau bahkan bos.
  • Lingkungan kerja kurang nyaman
  • Karyawan merasa stress karena mungkin terlalu banyak dalam pekerjaan dan tekanan pekerjaan lainnya.
  • Pindah tempat tinggal
  • Gaji yang tidak sesuai dengan keinginan.
  • Mencari tantangan baru di tempat pekerjaan baru
  • Melanjutkan studi

BACA JUGA : Jadi Peluang Usaha, Ini 8 Kreasi Parcel Buah yang Cantik

3. Mengapa perlu surat resign?

 Jangan Asal, Ini Contoh Surat Resign yang Baik
forbes

Surat semacam ini memang diperlukan, sebagai bentuk sikap profesionalitas dalam bekerja. Nah berikut  adalah alasan mengapa Super harus membuat semacam surat resign kerja dengan baik dan sopan:

Terlihat memiliki profesionalisme tinggi

Sebuah surat pengunduran diri atau resign, dibuat dengan baik dan sopan serta menunjukan bahwa Super memiliki profesionalisme yang tinggi.  Jadi, Super masih memiliki image yang positif di perusahaan tersebut. Etikanya memang sudah sewajarnya karyawan tidak bisa hengkang begitu saja tanpa melakukan pemberitahuan saat pengunduran diri.

Membantu perusahaan mencari karyawan baru

Surat ini sebenarnya memberikan pemberitahuan kepada perusahaan untuk segera mencari karyawan pengganti. Jadi jika ada karyawanya, yang mengundurkan diri saja.  Pentinngnya surat pengunduran diri ini adalah, bahwa segala mekanisme harus melalui sebuah prosedur yang berlaku.

Memberikan penjelasan mengenai status karyawan

Dalam sebuah surat pengunduran diri atau resign yang perusahaan berikan akan memberikan  sebuah kejelasan untuk perusahaan mengenai struktur karyawannya dan status pekerja dalam bagian tertentu di perusahaan tersebut.

BACA JUGA : 7 Usaha Online Kecil kecilan & Tips Menjalankannya

4. Format surat pengunduran diri yang benar

 Jangan Asal, Ini Contoh Surat Resign yang Baik
cnbc

Nah, sebelum ke contoh surat resign, berikut ini adalah beberapa poin penting yang wajib kamu ketahui ketika menyusun sebuah surat pengunduran diri. Yuk simak.

  • Nama Jelas, Kota dan Tanggal
  • Nama lengkap perusahaan dan alamat perusahaan
  • Salam pembuka
  • Alasan menagapa Sedulur ingin mengundurkan diri
  • Memberikan ucapan maaf dan terima kasih kepada pihak perusahaan
  • Terakhir berikan salam penutup dan tanda tangan

BACA JUGA : Usaha Cuci Motor, Modal Kecil tapi Menguntungkan di Tengah Pandemi

5. Contoh surat resign kerja

 Jangan Asal, Ini Contoh Surat Resign yang Baik
Linguaholic

Berikut adalah beberapa contoh surat resign yang wajib kamu ketahui dan wajib kamu pahami sebelum mengajukan pengunduran diri. Yuk simak beberapa contoh di bawah ini.

Contoh Surat resign yang baik

Jakarta, 12 Desember 2021

Kepada Yth,

Kepala PT  Seno Karya Abadi

Di Jalan Karang Gayam, Surabaya

Dengan hormat

Nama : Bayu Chandra 

Departemen : Marketing

Jabatan : Staf Content Writer

No Induk Karyawan : 8989901

Saya yang merupakan salah seorang karyawan PT  Seno Karya Abadi, ingin mengajukan permohonan pengunduran diri dari pekerjaan dengan alasan ingin melanjutkan bisnis keluarga.

Adapun surat ini dibuat berdasarkan dengan ketentuan dan kontrak kerja yang sudah tertulis pada surat kesepakatan bersama antara karyawan dan perusahaan. Surat ini juga dibuat berdasarkan dengan undang-undang kerja dan sesuai dengan prosedur hubungan industrial PT Seno Karya Abadi tanpa tendensi apapun yang tersembunyi di dalamnya.

Demikian surat ini saya buat dan serahkan dengan sebenar-benarnya, tanpa paksaan dari orang lain. Semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu

Hormat Saya,

Bayu Chandra 

Contoh surat resign simple

Surabaya, 14 Desember 2021

Kepada Yth,

HRD PT. Seno Karya Abadi

Di Jl. Karanggayam, Surabaya

Dengan Hormat,

Melalui surat yang teertulis ini, saya atas nama Bayu Chandra bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT Seno Karya Abadi yang mana saya memiliki posisi sebagai Content Writer.

Saya melakukan permohonan ini, karena ingin melanjutkan bisnis keluarga. Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan kerja yang sudah diberikan kepada saya selama 6 bulan ini. Saya mohon maaf  jika selama bekerjaa banyak melakukan kesalahan yang mungkin merugikan pihak perusahaan.

Demikian surat ini saya buat dan serahkan dengan sebenar-benarnya tanpa paksaan orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. Semoga PT Seno Karya Abadi semakin berkembang dan maju.

Hormat Saya,

Bayu Chandra 

Contoh surat resign yang baik dan benar

Kepada

Yth. Pimpinan

PT  Seno Karya Abadi

Surabaya

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Ilya Nadia

Alamat : Jl. Ketapang Utara, Nganjuk

Jabatan : Content Writer

Nomor ID : 9898701

Melalui surat ini, saya mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari jabatan Content Writer di perusahaan PT Seno Karya Abadi. Terhitung pada tanggal 1/9/2021 bersama dengan kontrak yang telah berakhir.

Dengan rasa syukur yang sebesar-besarnya saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu karena sudah memberikan saya kesempatan untuk bekerja, belajar dan berkembang di perusahaan di PT Seno Karya Abadi selama 6 bulan. Selain itu, saya juga ingin ucapkan banyak terima kasih kepada rekan-rekan kerja karena sudah banyak kerjasama untuk mencapai target perusahaan.

Demikian surat ini saya buat dan serahkan dengan sebenar-benarnta tanpa paksaan orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu.

Hormat saya,

(Ilya Nadia)

Contoh surat resign kerja pindah domisili atau tempat tinggal

 

Surabaya, 2 Desember 2021

Yth.

HRD PT. Seno Karya Abadi

Surabaya

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Yusuf  Jati

Alamat : Jl. Gang Mawar, Surabaya

Jabatan : Staf Content Marketing

Melalui surat ini, saya menyatakan untuk melakukan pengunduran diri dari jabatan saya selaku staf content writer di PT Seno Karya Abadi dan terhitung mulai 2 Desember 2021. Surat pengunduran diri ini saya buat karena adanya urusan perpindahan domisili dari tempat tinggal saya yang sekarang menuju ke tempat domisili yang baru.

Saya ucapkan terima kasih kepada ada pihak perusahaan Seno Karya Abadi yang sudah mengizinkan saya untuk dapat belajar dan berontribusi dalam berjalannya perusahaan ini. Semoga perusahaan ini semakin berkembang dan jaya selama berjalannya waktu. Ilmu yang saya peroleh di perusahaan ini akan sangat berguna untuk pengalaman saya di dunia content writing.

Saya ucapkan pula permohonan maaf kepada rekan kerja dan juga jajaran pimpinan PT Seno Karya Abadi bila semasa saya bekerja di perusahaan ini terdapat kesalahan-kesalahan.

Demikian surat ini saya buat dan serahkan dengan sebenar-benarnya tanpa paksaan orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. Jika ada tutur kata saya yang kurang berkenan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

 

Hormat saya,

Yusuf Jati

Nah, itu tadi penjelasan mengenai beberapa contoh surat resign yang bisa kamu pakai ketika akan mengundurkan diri dari perusahaan lama. Semoga bermanfaat ya Sedulur.