shallow frying adalah

Memahami Teknik Shallow Frying

shallow frying adalah
Unsplash/Thomas Park

Sedulur yang kerap berkutat di dapur tentu perlu tahu tentang salah satu teknik menggoreng ini, yaitu shallow frying. Teknik shallow frying adalah cara memasak dengan menggunakan sedikit minyak dan menggoreng makanan di atas permukaan wajan bersuhu sedang hingga tinggi. Metode menggoreng ini juga dikenal sebagai teknik pan-frying atau sautéing

Shallow frying biasanya diterapkan untuk memasak makanan dengan cepat dan mempertahankan kelembaban serta rasa alami makanan. Selain itu, teknik ini juga mampu membuat makanan memiliki tekstur renyah di luar dan super lembut di dalam. 

Kira-kira, shallow frying biasa dipakai untuk memasak apa saja, ya Sedulur? Nah, untuk menjawab rasa penasaran Sedulur tersebut, teknik ini biasanya digunakan untuk memasak daging, ayam, ikan, sayuran, dan makanan ringan seperti kroket, bakwan, dan kentang goreng.

Walaupun terkesan sederhana, tetapi Sedulur perlu memperhatikan penggunaan minyak dan pengaturan suhu kompor pada metode shallow frying ini. Salah-salah, makanan bisa jadi gosong dan berubah rasanya, lho!

Jika berbicara mengenai kelebihan dan kekurangan dari metode penggorengan makanan ini, salah satu keuntungan dari teknik shallow frying adalah dapat menghasilkan makanan yang lezat dengan waktu cepat. Dari segi kesehatan, teknik ini juga lebih baik ketimbang deep frying yang memasak dengan menggunakan banyak minyak. Selain itu, cara shallow frying juga dapat mempertahankan rasa dan kandungan gizi makanan yang dihasilkan.

Namun, shallow frying juga tidak lepas dari beberapa kekurangan jika Sedulur tidak melakukannya dengan benar. Salah satunya adalah makanan dapat menjadi terlalu berminyak dan kehilangan kelezatannya.

Maka dari itu, metode shallow frying ini perlu dilakukan dengan hati-hati dan teliti. Pemilihan minyak yang digunakan juga harus tepat (minyak zaitun atau minyak kelapa). Selain itu, suhu dan waktu memasak juga harus Sedulur perhatikan untuk menghasilkan makanan yang renyah dan super enak.

BACA JUGA: 20 Ide Warna Cat Kamar Bikin Nyaman dan Menenangkan