AC merupakan sebuah alat elektronik yang memiliki fungsi untuk menjaga suhu di dalam ruangan agar tetap sejuk dan nyaman. Kendati demikian, dibutuhkan setting yang tepat untuk mendapatkan suhu dingin sesuai dengan kebutuhan. Lantas, bagaimana setting AC biar dingin yang benar?

Perangkat pendingin ruangan ini, menggunakan sistem pengaturan suhu melalui remote yang bisa ditemukan di dalam paket penjualannya. Untuk mendapatkan suhu dingin secara maksimal, Sedulur bisa mengaturnya melalui remote tersebut.

Namun, suhu yang terlalu dingin biasanya terasa kurang nyaman dan juga lebih boros listrik tentunya. Oleh karena itu, perhatikan beberapa tips dan cara setting AC biar dingin, nyaman, dan tetap hemat listrik yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Cara dan Tips Rumah Tidak Panas, Dijamin Dingin dan Sejuk!

1. Tentukan suhu standar AC yang tepat

Unsplash/Im3rd Media

Hal pertama yang harus dilakukan, yakni dengan menentukan suhu yang dianggap nyaman, umumnya yakni antara 22 sampai 24 derajat Celcius. Rentan suhu tersebut sering dianggap ideal untuk kenyamanan dan efisiensi energi.

Walaupun mungkin Sedulur tergoda untuk mengatur AC pada suhu yang sangat rendah untuk mencapai pendinginan cepat, hal ini justru dapat mengakibatkan konsumsi energi yang tinggi dan membuat ruangan terlalu dingin dan tidak nyaman.

2. Turunkan suhu AC secara bertahap

Cara setting ac biar dingin yang berikutnya, adalah dengan menurunkan suhu secara bertahap. Jika suhu saat ini pada AC cukup tinggi, mulailah dengan menurunkan suhu secara bertahap. Turunkan suhu sekitar 1 hingga 2 derajat setiap 30 menit, sampai Sedulur mencapai suhu yang diinginkan.

Nantinya setelah mencapai suhu yang diinginkan, Sedulur bisa mengganti mode AC menjadi mode “Fan” atau “Auto.” Mode tersebut akan membantu menjaga suhu tetap stabil, tanpa perlu mendinginkan udara secara intensif.

3. Pastikan AC dalam mode cool

Berikutnya adalah memastikan bahwa Sedulur telah memilih mode “Cool” pada remote atau panel kontrol AC. Mode yang satu ini akan membuat perangkat AC untuk menghasilkan udara yang dingin dengan cara menurunkan suhu yang ada di dalam ruangan.

Beberapa model AC juga telah dibekali dengan opsi pengaturan kecepatan kipas seperti “Low,” “Medium,” dan “High”. Nah, untuk menciptakan udara dingin secara merata, Sedulur dapat mencoba mode satu persatu untuk mendapat suhu yang sesuai dengan keinginan.

4. Atur perputaran kipas menjadi maksimal

setting ac biar dingin
Freepik/Freepik

Jika unit AC yang Sedulur punya tidak memiliki opsi pengaturan kecepatan kipas, maka cukup pastikan bahwa AC berada dalam mode “Cool” atau “Pendingin”. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, mode ini akan membuat AC menghasilkan udara yang lebih dingin dengan menurunkan suhu di ruangan.

Ya, secara tidak langsung perputaran kipas pada kecepatan maksimal dapat membantu menyebarkan udara dingin ke dalam seluruh ruangan dengan lebih cepat. Namun, Sedulur perlu memperhatikan arah semburan angin AC, supaya tidak mengenai tubuh langsung dan menyebabkan gangguan kesehatan.

5. Gunakan mode swing pada AC

Mode “Swing” pada AC merupakan mode di mana bilah kipas dalam unit AC akan bergerak secara otomatis, baik secara horizontal maupun vertikal. Fungsi ini disebut “Swing” karena gerakan bilah kipas AC menyerupai gerakan ayunan.

Nah, mode “Swing” sendiri digunakan dengan tujuan untuk menyebarkan udara dingin lebih merata di seluruh ruangan. Pada remote AC, cari opsi yang mengaktifkan mode “Swing” atau “Otomatis.” Mode ini akan menggerakkan bilah horizontal atau vertikal secara otomatis.

BACA JUGA: 12+ Rekomendasi Cat Tembok Luar Terbaik untuk Rumahmu!

6. Jangan paksa AC bekerja lebih keras

Freepik/Freepik

Memaksa AC untuk bekerja di kapasitas maksimumnya secara terus-menerus dapat menyebabkan beban berlebih pada sistem. Hal ini akan membuat peningkatan suhu komponen-komponen internal AC, yang pada akhirnya mengakibatkan overheating dan kerusakan sistem.

Selain itu, memaksakan AC untuk bekerja di tingkat maksimumnya secara terus-menerus juga bisa menyebabkan keausan lebih cepat pada komponen-komponennya. Dengan begitu, maka umur pakai AC akan berkurang lebih cepat dan membutuhkan perawatan yang lebih sering.

7. Aktifkan mode dry

Pastikan AC berada dalam mode “Dry” atau “Dehumidifier. Mode Dry pada AC dirancang untuk mengurangi kelembaban di ruangan. Beberapa mode AC memungkinkan Sedulur untuk menggabungkan mode “Dry” dengan mode “Cool”.

Dengan begitu, maka hal ini dapat membantu menciptakan lingkungan yang nyaman dengan mengurangi kelembaban dan memberikan pendinginan pada saat bersamaan.

8. Jangan biarkan AC menyala tanpa ada orang di ruangan

Mengatur penggunaan AC dengan bijak dapat membantu meningkatkan efisiensi energi dan menjaga ruangan tetap sejuk. Salah satu langkah yang dapat diambil, yakni dengan mematikan AC ketika tidak ada orang di ruangan.

Banyak model AC dilengkapi dengan fitur timer yang memungkinkan Anda mengatur waktu operasi AC. Untuk itu, atur timer sehingga AC menyala dan mati sesuai dengan jadwal kegiatan harian. Misalnya, atur AC untuk menyala sebelum Sedulur biasanya masuk ke ruangan dan mati setelah meninggalkannya.

9. Gunakan mode auto

setting ac biar dingin
Freepik/Freepik

Selain cara setting ac biar dingin, Sedulur juga perlu tahu tips agar suhu AC tidak terlalu dingin. Dimana caranya sangat mudah, yaitu gunakan mode “Auto” pada AC secara otomatis mengatur suhu dan kecepatan kipas sesuai dengan kebutuhan.

Kemudian pastikan pintu dan jendela ruangan tertutup rapat agar udara dingin tidak keluar dan udara panas dari luar tidak masuk. Jika sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan membuat suhu naik, gunakan tirai atau penutup jendela untuk mengurangi panas yang masuk. Dengan ini, AC tidak bekerja terlalu keras.

Mungkin hanya itu beberapa tips dan cara setting ac biar dingin yang bisa dilakukan. Perlu untuk diketahui, bahwa setiap ruangan bisa saja memiliki kondisi berbeda. Jadi tidak ada salahnya untuk bereksperimen dengan pengaturan AC untuk menemukan kombinasi yang paling efisien dan nyaman.