rekomendasi cat tembok luar

Pada saat membangun sebuah rumah atau bangunan tertentu, pemilihan cat tembok eksterior merupakan salah satu hal yang tidak bisa dilewatkan. Tidak hanya mempercantik tampilan, rekomendasi cat tembok luar terbaik juga memiliki fungsi untuk melindungi tembok rumah.

Bahkan, ada juga beberapa merek cat telah dilengkapi dengan formula khusus. Formula ini biasanya berfungsi untuk mencegah noda dan kebocoran pada dinding. Oleh sebab itu, penting untuk memilih cat tembok luar yang terbaik untuk rumah Sedulur.

Nah, untuk saat ini memang ada banyak sekali merek cat eksterior yang dapat ditemukan di pasar. Masing-masing dari merek cat tersebut tentunya mempunyai keunggulan dan kualitas masing-masing. Namun bagi yang ingin memilih yang terbaik, berikut ini beberapa rekomendasi cat tembok luar yang dapat dicoba!

BACA JUGA: 20 Ide Desain Laundry Room Sederhana untuk Rumah Mungil

1. Cat Propan Decorshield DW-500

rekomendasi cat tembok luar
Unsplash/Anshu A

Rekomendasi cat tembok luar yang pertama adalah Propan Decorshield DW-500. Ini adalah produk cat eksterior dari Propan, salah satu produsen cat ternama yang ada di dunia. Produk ini ini dirancang untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap sinar UV, hujan, dan suhu ekstrem.

Dengan begitu, Propan Decorshield DW-500 mampu mempertahankan warna dan kekuatannya dalam jangka waktu yang lebih lama. Formulasi yang ada pada cat eksterior ini meliputi bahan anti-jamur dan anti-lumut, yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan organisme yang merusak permukaan cat.

2. Cat Dulux Weathershield Powerflexx

Dulux Weathershield Powerflexx dirancang untuk melindungi dan mempercantik permukaan eksterior bangunan. Cat ini dapat memberikan warna sempurna yang tahan lama terhadap cuaca ekstrem dan kondisi lingkungan yang keras. Cat yang satu ini juga memiliki teknologi fleksibel.

Teknologi tersebut memungkinkan cat untuk merentangkan dan menyusut sesuai dengan perubahan suhu dan kondisi cuaca, membantu mencegah retak dan pengelupasan. Ya, kelebihan yang ditawarkan oleh Dulux Weathershield Powerflexx ini memang tidak main-main.

Selain itu, Dulux Weathershield Powerflexx juga dirancang untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap cuaca ekstrem, hujan, panas, dan sinar UV.

3. Cat Nippon Weatherbond Solareflect

Weatherbond Solareflect adalah rekomendasi car tembok luar, yang dirancang untuk memberikan perlindungan terhadap cuaca ekstrem, tahan lama, dan juga memberikan perlindungan termal dengan mengurangi absorpsi panas yang dapat merusak permukaan cat tembok.

Cat ini dibuat dengan menggunakan teknologi Solareflect untuk mengurangi absorpsi panas dan memantulkan sebagian sinar matahari. Hal ini dapat membantu menjaga suhu di dalam bangunan dan mengurangi beban pendinginan.

Weatherbond Solareflect juga dirancang untuk memberikan perlindungan terhadap sinar UV, hujan, angin, dan berbagai kondisi cuaca ekstrem yang lainnya.

4. Cat Belmont All In One

Belmont All In One merupakan sebuah cat tembok yang dirancang untuk memberikan beberapa fungsi cat dalam satu produk. Mulai dari primer, cat dasar, dan cat akhir, ataupun sejenisnya.

Hal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan penggunaan dan meminimalkan jumlah langkah yang diperlukan dalam proses pengecatan tembok luar rumah. Cat Belmont All in One ini dibuat dari bahan akrilik yang dapat melapisi dan melindungi berbagai jenis bidang bangunan.

Ini adalah cat yang sangat serbaguna. Selain waterproof, catnya tahan cuaca dan tahan akan rembesan air, sehingga memastikan dinding yang dicat dengannya tidak akan bocor.

5. Cat Propan DLI480 Decorlotus

Seperti yang telah kita ketahui, Propan merupakan salah satu produsen cat yang telah dikenal di beberapa negara. Nah, Propan DLI480 Decorlotus menjadi salah satu produk unggulan yang mereka tawarkan, dan telah banyak digunakan di berbagai bangunan.

Propan DLI480 Decorlotus sendiri adalah rekomendasi cat tembok luar yang dibuat dari bahan Teflar Fuloro Polymer generasi ketiga. Bahan tersebut mempunyai keunggulan berupa tidak mudah kotor, karena kotoran tidak akan bisa menempel dengan mudah dan mudah untuk dibersihkan kembali.

6. Cat Jotun Jotaplast

Pexels/Malte Luk

Jotun Jotaplast adalah cat emulsi akrilik yang cocok diterapkan di dinding luar dan juga plafon rumah Sedulur. Cat yang satu ini cukup mudah untuk diaplikasikan, konsisten, dan juga dapat diandalkan. Jotaplast mampu memenuhi kebutuhan dasar dinding serta langit-langit rumah.

Cat yang satu ini diformulasikan dengan bahan pengikat akrilik yang dimodifikasi, sehingga Sedulur bisa dapat menutup ketidaksempurnaan dari permukaan dinding dengan praktis. Formulasi yang bebas logam berat, juga menjadikannya lebih aman untuk lingkungan.

Dan yang paling menarik, yakni Jotun Jotaplast ini mampu menjamin ketahanan warna dan memberikan perlindungan terhadap tembok sampai 6 tahun.

7. Cat Dulux 40504 Aquashield

Dulux 40504 Aquashield merupakan sebuah cat pelapis anti bocor yang direkomendasikan sebelumnya. Cat pelapis anti bocor ini memiliki kualitas yang tinggi, sehingga mampu memberikan perlindungan maksimal dari kebocoran serta rembesan air.

Dengan begitu, rumah Sedulur bisa terlindungi dari air dalam waktu yang lebih lama. Dulux 40504 Aquashield juga dapat membantu memperkuat lapisan luar pada dinding rumah, sehingga rumah Sedulur menjadi lebih kuat dan anti bocor.

Selain itu, produk yang satu ini diklaim mampu mengurangi risiko kerusakan yang diakibatkan oleh garam alkali serta mempererat kerekatan cat pada dinding.

9. Cat Dulux Pentalite Ultra Matt Smooth Finish

Rekomendasi cat tembok luar yang berikutnya adalah Dulux Pentalite Ultra Matt Smooth Finish. Cat yang satu ini dibuat dari bahan dasar air yang berkualitas tinggi, sehingga mampu memberikan hasil akhir pengecatan yang halus dan tidak mengkilap alias matt.

Dulux Pentalite Ultra Matt Smooth Finish juga mampu menghadirkan sentuhan yang maksimal dengan kualitas ProCover TechnologyTM. Teknologi tersebut memiliki fungsi utama terkait daya sebar yang maksimal, dengan hasil akhir menawan dan juga warna tahan lama.

10. Cat Nippon Paint Vinilex Gloss

Nippon Paint Vinilex Gloss merupakan salah satu produk cat unggilan dari Nippon Paint. Ya, Nippon Paint sendiri memang telah dikenal sebagai salah satu produsen cat terkemuka di dunia. Nah, varian Vinilex Gloss ini bisa digunakan sebagai cat pelapis dengan kilap tinggi glossy.

Oleh karena itu, Dulux Pentalite Ultra Matt Smooth Finish akan memberikan tampilan yang lebih mengkilap dan bersinar pada permukaan yang dicat. Selain itu, produk ini juga memiliki daya tutup yang baik, yang berarti mampu menutupi permukaan dengan warna yang konsisten dan merata.

Seperti halnya pada produk cat kebanyakan, daya tahan dan kekuatan dari cat Vinilex Gloss juga tidak perlu diragukan lagi. Kualitas lapisan cat ini mampu bertahan hingga bertahun-tahun.

BACA JUGA: 15 Inspirasi Desain Atap Rumah Dengan 2 Teras yang Minimalis

11. Cat Permacoat Exterior

Pexels/Blue Bird

Cat Permacoat Exterior memang sengaja dirancang untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap efek cuaca ekstrem, seperti halnya hujan, sinar UV matahari, angin, dan juga perubahan suhu. Formulasi dari cat eksterior yang satu ini, memiliki bahan tambahan yang sangat dibutuhkan oleh tembok luar.

Bahan-bahan tambahan yang ditambahkan ini, cat tersebut dapat diandalkan untuk mencegah pertumbuhan jamur dan lumut pada permukaan cat, sehingga membantu menjaga tampilan estetis bangunan.

Tidak hanya itu, cat Permacoat Exterior ini juga dirancang dengan daya lekat dan ketahanan yang sangat tinggi, mencegah kepecahan atau pengelupasan cat dari permukaan tembok yang dicat.

12. Cat Pelapis No Drop

Cat pelapis No Drop hadir dengan sifat tahan air yang sangat baik, sehingga mampu melindungi permukaan yang dicat dari kerusakan akibat air hujan atau air lainnya. No Drop juga memiliki sifat anti bocor, seperti yang selalu dikatakan dalam iklannya.

Dengan kata lain, cat ini dapat membentuk lapisan pelindung yang efektif dan mencegah air menembus ke dalam substrat, seperti dinding atau atap. Kelebihan cat pelapis No Drop juga termasuk dengan daya tahan terhadap cuaca ekstrem, seperti sinar UV, suhu tinggi atau rendah, serta kondisi lingkungan lainnya.

Sifat dari No Drop sendiri, menunjukkan jika cat ini dapat mencegah atau mengurangi pembentukan tetesan air pada permukaan yang dicat.

13. Cat Avian Mosaico Exterior

Rekomendasi cat tembok luar yang terakhir adalah Cat Avian Mosaico Exterior. Bisa dibilang cat outdoor yang satu ini memiliki daya tahan yang sangat tinggi terhadap pengaruh cuaca ekstrem seperti halnya hujan, panas, dan paparan dari sinar UV matahari.

Cat Avian Mosaico Exterior juga dirancang secara khusus untuk melindungi permukaan dari pertumbuhan lumut dan jamur. Sehingga cat yang satu ini mampu membantu menjaga kebersihan dan juga estetika pada sebuah bangunan, terutama bagian tembok luarnya.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Cat Avian Mosaico Exterior, yakni memiliki kemampuan untuk mempertahankan warna aslinya tanpa adanya pudar alias mengalami perubahan warna yang signifikan akibat paparan sinar matahari secara terus menerus.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi cat tembok luar yang bisa Sedulur coba. Jika masih ragu, tidak ada salahnya untuk mencari ulasan online atau minta rekomendasi dari orang-orang yang telah menggunakan cat tersebut. Pengalaman pengguna tentu saja mampu memberikan wawasan yang berharga.

Apabila Sedulur masih tidak yakin, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan profesional cat atau tukang cat. Biasanya mereka akan memberikan saran berdasarkan pengalaman dan pengetahuan mereka. Dengan begitu, maka Sedulur bisa mendapat cat tembok luar yang paling tepat dan sesuai.