pompa air rumah terbaik

Saat ini, tidak sedikit yang menggunakan rekomendasi pompa air rumah untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Bahkan, penggunaan mesin pompa air rumah tangga di Indonesia mendominasi dibandingkan menggunakan air dari pemerintah, yang mungkin memang belum bisa melayani seluruh masyarakat karena berbagai kendala. Meski begitu, pompa air juga bisa diandalkan saat layanan dari pemerintah bermasalah.

Bagi Sedulur yang sangat mengandalkan air tanah untuk kebutuhan sehari-hari, tentu akan merasa kesal ketika membutuhkan air bersih namun mesin pompa air Sedulur bermasalah, sehingga ketersediaan air menjadi berkurang. Untuk itu, Sedulur harus teliti dalam memilih merk pompa air terbaik.

BACA JUGA: 13 Rekomendasi Microwave Terbaik dan Terbaru Tahun 2023!

Trik memilih pompa air

Pinterest

Mencari mesin pompa air yang paling bagus tidaklah gampang. Hal ini bisa terjadi karena pada dasarnya hampir semua produsen mengatakan bahwa produk mereka yang terbaik. Padahal Sedulur harus cepat-cepat mengganti pompa air di rumah yang sedang rusak.

Sebelum Sedulur membeli mesin pompa air yang bagus, ada baiknya ketahui terlebih dahulu kedalaman sumur atau tanah yang digali. Hal ini sangat penting mengingat pompa air ada yang untuk sumur pendek ataupun sumur yang dalam.

Bila sumur atau tanah yang digali tidak sampai 10 meter, Sedulur bisa menggunakan mesin pompa air dangkal. Namun, jika perlu menggali tanah hingga lebih dari 10 meter, pompa air sumur dalam adalah yang paling tepat untuk digunakan. Oh iya, kalo lebih dari 20 meter Sedulur pastikan untuk membeli mesin dengan teknologi Jet Pump.

Lalu Sedulur bisa memilih mesin pompa air yang tidak berisik. Mengapa hal ini penting untuk dipertimbangkan? Bayangkan bila Sedulur bisa mendapatkan kapasitas serta kemampuan yang baik dari sebuah mesin, tapi saat mesin itu digunakan rumahmu jadi berisik sekali. Sangat mengganggu, bukan?

Oleh sebab itu, pastikan Sedulur memilih pompa air terbaik dengan suara mesin yang masih bersahabat untuk didengarkan. Kecuali Sedulur memilih mesin untuk pabrik maka pompa air dengan suara besar pun tidak akan menjadi suatu masalah.

Selain pertimbangan di atas, Sedulur juga harus memperhatikan konsumsi daya dari mesin pompa air. Karena pompa air yang bagus biasanya datang dengan konsumsi listrik yang sedikit. Hal tersebut membuat harganya pun menjadi lebih mahal.

Namun, jangan sampai Sedulur membeli mesin pompa air yang paling bagus dengan banyak fitur, tetapi tagihan listrikmu naik tajam. Beli produk yang bisa menghasilkan air sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu Sedulur membeli mesin pompa air yang terbaik. Agar Sedulur tidak bingung saat hendak membeli mesin pompa air, Berikut rekomendasi pompa air rumah terbaik di tahun 2023.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Atap Transparan Terbaik Segala Ruangan 2023

1.  Pompa Air Shimizu JET-108 BIT

Shimizu

Pada rekomendasi Pompa Air Rumah pertama ada Shimizu JET-108 BIT yang bisa dijadikan pilihan. Mesin pompa air ini bisa dipakai sebagai pompa pendorong atau untuk melakukan transfer air. Dengan daya hisap maksimal mencapai 11 meter, produk ini masuk dalam jenis pompa air sumur dangkal.

Agak sedikit berbeda dengan pompa air lain, produk pompa air dari Shimizu ini hanya punya daya dorong sebesar 19 meter. Namun, produk ini memiliki kapasitas debit air yang lebih besar, yaitu sekitar 50 liter per menitnya. Oh iya, selain itu untuk garansi resminya pun hanya berlaku selama satu tahun.

Spesifikasi:

  • Jenis: Pompa air sumur dangkal
  • Kemampuan hisap: Max 11 meter
  • Konsumsi listrik: 100W
  • Harga pompa air Shimizu JET-108 BIT: Rp690 ribuan.

2.  Pompa Air Shimizu PC-268 BIT

Rekomendasi Pompa Air Rumah Berikutnya giliran Shimizu lagi yang bisa Sedulur jadikan pilihan untuk mesin pompa air terbaik. Produk yang bisa Sedulur jadikan pilihan selanjutnya adalah Shimizu PC-268 BIT. Mesin ini sudah memiliki kemampuan otomatis serta tenaga Jet Pump, sehingga cocok untuk dipakai sebagai pompa air sumur dalam.

Pompa air Shimizu PC-268 BIT memiliki kemampuan untuk menyedot air dari kedalaman maksimal 30 meter dengan kapasitas 55 liter per menitnya. Bila Sedulur membeli produk ini tak perlu khawatir akan motornya, karena Shimizu memberikan garansi hingga 3 tahun.

Spesifikasi:

  • Jenis: Pompa air sumur dalam
  • Kemampuan hisap: Max 30 meter
  • Konsumsi listrik: 250W
  • Harga pompa air Shimizu PC-268 BIT: Rp1,6 jutaan.

3.  Pompa Air Shimizu PS-116 BIT

Masih dengan produk Shimizu. Namun, produk ini dibekali dengan impeller berbahan kuningan yang ketahanannya tak perlu diragukan lagi. Untuk Sedulur yang ingin membuat irigasi taman, cobalah untuk memilih produk ini.

Sedulur tak perlu khawatir suara pompa air yang terpasang mengganggu aktivitas Sedulur karena pompa air ini tidak akan mengeluarkan suara bising seperti mesin pompa air lain.

Selain itu, produk ini juga memiliki bodi ramping sehingga tidak akan makan tempat atau mengganggu pemandangan. Dari segi performa, mesin ini dapat menghasilkan air mencapai 24 liter per menit. Meskipun tidak otomatis, terdapat perlindungan Circuit Breaker untuk mencegah motor overheat atau terbakar.

Spesifikasi:

  • Jenis: Pompa air sumur dangkal
  • Kemampuan hisap: Max 9 meter
  • Konsumsi listrik: 125W
  • Harga pompa air Shimizu PS-116 BIT: Rp480 ribuan.

4.  Pompa Air Airlux 225A

Pilihan lain untuk mesin pompa air dengan kualitas bagus jatuh pada Airlux 225A. Produk berikut ini merupakan pompa air untuk sumur yang dalam. Hal ini karena kemampuannya untuk menghisap mencapai 30 meter pada kemampuan maksimal.

Pompa air Airlux 225A juga memiliki daya dorong hingga 30 meter dengan konsumsi listrik sebesar 225W. Debit air yang dihasilkan oleh mesin ini sekitar 75 liter per menitnya. Untuk paket pembeliannya pin sudah disertai dengan tabung.

Spesifikasi:

  • Jenis: Pompa air sumur dalam
  • Kemampuan hisap: Max 30 meter
  • Konsumsi listrik: 250W
  • Harga pompa air Airlux 225A: Rp1,455 jutaan.

5.  Pompa Air Panasonic GA-130JAK

Rekomendasi pompa air rumah kelima dalam daftar kami adalah pompa air sumur dangkal Panasonic GA-130JAK. Kelebihan lain pompa air ini adalah sudah memiliki sistem otomatis teknologi Jepang, yang membuat pompa langsung menyala ketika sumber air dihidupkan.

Kelebihan lainnya adalah konsumsi daya listrik yang kecil, hanya 125 watt, sangat hemat listrik, kan. Daya hisapnya pun mencapai 9 meter dengan kapasitas maksimal 32 liter per menit. Sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan air bagi keluarga kecil.

Sama seperti pompa air Panasonic lainnya, body motor pompa ini terbuat dari alumunium yang tahan karat, plus dilengkapi thermal protector yang menjaga keamanan motor mesin pompa.

Spesifikasi:

  • Jenis: pompa air sumur dangkal
  • Kemampuan hisap: Max 9 meter
  • Konsumsi listrik: 125W
  • Harga pompa air Panasonic GA-130JAK: Rp650.000-an

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Kasur Lantai Terbaik yang Nyaman dan Empuk

6.  Pompa Air Panasonic Submersible Pump

Panasonic

Mencari pompa air untuk sumur yang sangat dalam? Pompa dengan jenis submersible dijamin cocok untuk kebutuhan Sedulur. Alasannya, pompa air tersebut memang didesain agar mampu mendorong air dengan tekanan tinggi.

Salah satu produsen pompa air submersible adalah Panasonic. Perusahaan tersebut setidaknya memiliki empat produk pompa jenis ini, yakni GS-03H232, GS-04H311, GS-05H315, dan GS-07H320.

Panasonic menjamin produk pompa air submersible buatannya mampu mendorong air dengan kencang. Beberapa seri pompa Submersible Panasonic mampu menghasilkan atau memompa air hingga 65 liter per menit. Jumlah air tersebut diklaim lebih banyak 16 persen dari produk bikinan kompetitor.

Meski punya spesifikasi yang berbeda, Panasonic GS-03H232, GS-04H311, GS-05H315, dan GS-07H320 punya beberapa kesamaan, terutama dari segi keamanan. Keempat produk tersebut sudah dibekali motor dengan Thermal dan Current Protector.

Thermal Protector berfungsi untuk mematikan motor secara otomatis bila suhu motor mencapai 130 derajat selsius. Sementara itu, Current Protector berfungsi untuk mematikan motor secara otomatis apabila terjadi korsleting atau arus berlebih. Produk pompa air Submersible bikinan Panasonic ini juga dibekali pump assy dengan rating IP68. Rating tersebut menyatakan bahwa produk ini tahan debu dan air.

Control Box menggunakan IPX4 yang dapat melindungi produk dari cipratan air normal atau cipratan dari segala arah. Selain itu, Control Box dilengkapi dengan Capacitor Class dengan tingkat perlindungan keselamatan yang menunjukkan bahwa kapasitor telah dirancang untuk jatuh hanya dalam mode rangkaian terbuka dan dilindungi dari bahaya kebakaran atau sengatan listrik. Control Box sendiri dilengkapi menggunakan cover material ABS UL94-V0 yang tahan api.

Pompa air bikinan Panasonic juga dijamin anti-karat. Pompa submersible dari Panasonic menggunakan frame stainless steel dengan tebal 1.2 mm, jauh lebih tebal dibandingkan dengan kompetitor. Pompa Submersible Panasonic memiliki kualitas Jepang dan telah berstandar SNI. Produk ini juga bergaransi 1 tahun untuk motor dan spare part.

7.     Pompa Air Panasonic GN-130H

Selanjutnya Sedulur bisa memilih mesin pompa air Panasonic seri GN-130H. Mesin yang satu ini termasuk dalam pompa air sumur dalam karena kemampuannya untuk menghisap hingga 18 meter di bawah tanah. Dengan lapisan antikarat, mesin ini bisa lebih awet bila dibandingkan dengan merek-merek lainnya.

Untuk urusan konsumsi listrik pun mesin pompa air Panasonic GN-130H termasuk hemat, karena hanya membutuhkan sekitar 125W saja. Sementara untuk urusan debit air yang bisa dihasilkan berada pada kisaran 25 meter per menitnya.

Spesifikasi:

  • Jenis: Pompa air sumur dalam
  • Kemampuan hisap: Max 18 meter
  • Konsumsi listrik: 125W
  • Harga pompa Air Panasonic GN-130H: Rp1,3 jutaan.

8.  Pompa Air Panasonic GF-205HCX

Demi mencukupi kebutuhan air di rumah, Sedulur wajib punya pompa air yang satu ini. Pompa air sumur dalam ini menggunakan Teknologi Jet yang mengombinasikan sistem hisap dan dorong sekaligus.

Hasilnya adalah mesin pompa air jenis jet pump yang bertenaga, dengan daya hisap hingga kedalaman 27 meter. Pompa air Panasonic GF-205CX juga dapat beroperasi secara otomatis, karena mampu mendeteksi saat sumber air dihidupkan. Volume pressure tank-nya juga dilapisi anti karat sehingga lebih tahan lama.

Pompa air ini juga aman, karena memiliki thermal protector yang berfungsi mematikan otomatis mematikan pompa air jika suhu motornya mencapai lebih dari 130 derajat Celcius. Desain rumah pompanya pun elegan dengan casing cover dan impeller yang terbuat dari kuningan asli yang tahan gesekan dan suhu tinggi.

Spesifikasi:

  • Jenis: Jet pump
  • Kemampuan hisap: Max 27 meter
  • Konsumsi listrik: 200W
  • Harga jet pump Panasonic GF-205HCX: Rp2.600.000-an.

9.  Pompa Air DAB JET 82M

Rekomendasi pompa air rumah  selanjutnya jatuh pada merek DAB dengan pompa air seri JET 82M. Sekilas info, DAB merupakan anak perusahaan Groundfos Pump yang sangat terkenal akan jenis-jenis pompa airnya. Oleh karena itu, DAB JET 82M adalah pompa yang wajib dimiliki.

Meskipun harga DAB JET 82M cukup mahal untuk ukuran pompa air dangkal, Sedulur perlu tahu bahwa produk ini punya kualitas debit air hingga 65 liter per menitnya. Dengan demikian, mesin DAB ini memang cocok untuk rumah besar atau industri kecil yang membutuhkan air dengan kapasitas yang besar.

Spesifikasi:

  • Jenis: Pompa air sumur dangkal
  • Kemampuan hisap: Max 11 meter
  • Konsumsi listrik: 250W
  • Harga pompa air DAB JET 82M: Rp1.7 jutaan.

10.  Pompa Air Multipro DP505AMP

Untuk rekomendasi pompa air rumah selanjutnya ada mesin pompa dari Multipro dengan seri DP505AMP yang bisa dilirik. Produk ini merupakan pompa air sumur dalam dengan antikarat dengan tenaga Jet Pump yang sangat bisa diandallkan untuk menghasilkan air.

Mesin pompa air Multipro DP505AMP bahkan bisa bekerja tanpa henti selama 24 jam dengan konsumsi listrik sebesar 500W. Terlalu boros? Tidak juga bila mengingat kapasitas yang bisa dihadirkan oleh mesin ini adalah 100 liter per menitnya.

Spesifikasi:

  • Jenis: Pompa air sumur dalam
  • Kemampuan hisap: Max 100 meter
  • Konsumsi listrik: 500W
  • Harga pompa air Multipro DP505AMP: Rp1,9 jutaan.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi STB (Set Top Box) TV Digital Terbaik di 2023

11.  Pompa Air Sanyo PDH-250B

Sanyo Indonesia

Rekomendasi pompa air rumah lainnya untuk sumur dalam yang bisa dipilih adalah Sanyo PDH-250B.  Mesin pompa model tabung ini bisa digunakan untuk menyedot air hingga kedalaman maksimal 30 meter dengan debit air hingga 30 liter per menitnya.

Mesin pompa air Sanyo PDH-250B ini sangat cocok untuk digunakan di rumah ataupun tempat untuk industri kecil. Hal ini karena daya listrik yang digunakan cukup irit, yaitu 250W saja. Sementara bila terjadi kerusakan, Sedulur cukup klaim saja garansinya yang punya durasi cukup panjang, sekitar 3 tahun.

Spesifikasi:

  • Jenis: Pompa air sumur dalam
  • Kemampuan hisap: Max 30 meter
  • Konsumsi listrik: 250W
  • Harga pompa air Sanyo PDH-250B: Rp3,1 jutaan.

12.  Pompa Air Groundfos JPD 4-54 PT-V

Kalau Sedulur menginginkan sebuah mesin pompa air terbaik yang pernah ada, mungkin Groundfos JPD 4-54 PT-V bisa jadi jawabannya. Pasalnya, produk yang dibuat dari Italia dan dirakit di Tiongkok ini memang terdepan untuk urusan mesin airnya.

Satu hal yang membuat mesin pompa air Grounfos JPD 4-54 PT-V terbaik adalah penggunaan material yang bekualitas dan juga canggih. Tidak percaya? Coba saja beli pompa air ini secara online maka Sedulur akan dikenakan biaya pengiriman untuk barang dengan bobot 23kg.

Produk pompa air Groundfos juga sudah dilengkapi dengan teknologi yang cukup terkini seperti pump assy dengan rating IP68. Rating tersebut menyatakan bahwa produk ini tahan debu dan air sehingga menjamin keawetan pompa air ketika digunakan di daerah yang memang memiliki iklim kering dan berdebu.

Spesifikasi:

  • Jenis: Pompa air sumur dalam
  • Kemampuan hisap: Max 21 meter
  • Konsumsi listrik: 450W
  • Harga pompa air Groundfos JPD 4-54 PT-V: Rp4 jutaan.

13.  Pompa Air Wasser PB-218 EA

Debit air yang dihasilkan pompa booster ini cukup menakjubkan, yakni mencapai 35 liter per menit. Untuk Sedulur yang gemar mandi air hangat menggunakan water heater, gunakanlah produk ini untuk membuat momen mandi makin enjoy. Produk ini bekerja dengan suara yang halus sehingga kenyamanan Sedulur tak akan terganggu dengan berisiknya suara mesin.

Pompa booster ini dapat digunakan untuk meningkatkan tekanan air pada kamar mandi, dapur, hingga pemanas air. Konsumsi listrik yang dibutuhkan tentunya lumayan besar, yaitu 375 watt. Untuk sistem pengoperasian, pompa air dengan suara paling halus ini dapat dipasang secara manual ataupun otomatis.

Spesifikasi:

  • Jenis: Pompa air sumur dalam
  • Kemampuan hisap: Max 30 meter
  • Konsumsi listrik: 3755W
  • Harga pompa air Wasser PB-218 EA: Rp850 ribuan.

14.  Pompa Air Wasser PW-139

Rekomendasi pompa air rumah terakhir adalah Wasser seri PW-139. Sekadar Informasi, Wasser merupakan produsen asli Indonesia yang sudah cukup lama berkecimpung di dalam bidang mesin pompa air dengan kualitas yang bisa diandallkan.

Pompa air Wasser PW-139 termasuk dalam pompa sumur dangkal karena kemampuannya untuk menghisap hanya bisa sampai kedalaman 9 meter saja. Debit air yang dihasilkan pun cukup banyak hingga 35 liter per menitnya.

Spesifikasi:

  • Jenis: Pompa air sumur dangkal
  • Kemampuan hisap: Max 9 meter
  • Konsumsi listrik: 125W
  • Harga pompa air Wasser PW-139: Rp550 ribuan.

15.  Pompa Air Waterplus JT-388PAT

Bila Sedulur membutuhkan pompa air sumur dalam lainnya, bisa mencoba Waterplus JT-388PAT. Mesin pompa ini sudah mampu untuk menyedot hingga kedalaman 84 meter. Selain itu, motornya pun sudah dilengkapi dengan sensor khusus sehingga tidak akan overheat dan mudah terbakar.

Mesin pompa air Waterplus JT-388PAT juga memiliki konsumsi daya yang lebih kecil bila dibandingkan dengan merek Multipro, yaitu sekitar 375W. Debit airnya juga masih bisa diandallkan dengan 37 liter per menitnya. Oh iya, mesin ini juga tidak berisik bila dinyalakan, lho.

Spesifikasi:

  • Jenis: Pompa air sumur dalam
  • Kemampuan hisap: Max 84 meter
  • Konsumsi listrik: 375W
  • Harga pompa air Waterplus JT-388PAT: Rp2,1 jutaan.

16.  Pompa Air Uchida MP-2199

Opsi lain dalam memilih pompa air terbaik bisa dilihat pada Uchida MP-2199. Mesin ini termasuk dalam jenis pompa sumur dangkal karena hanya mampu menghisap hingga kedalaman 9 meter saja. Selain itu, mesin ini juga selalu dijadikan andalan untuk kemampuannya dalam menghasilkan air.

Konsumsi listrik pompa air Uchida MP-2199 pun tidak terlalu berbeda dengan mesin lain di kelasnya, yaitu 125W. Daya dorong maksimum yang bisa dilakukan oleh mesin ini pun sekitar 11 meter dengan jumlah debit air sekitar 38 liter per menitnya.

Spesifikasi:

  • Jenis: Pompa air sumur dangkal
  • Kemampuan hisap: Max 9 meter
  • Konsumsi listrik: 125W
  • Harga pompa air Uchida MP-2199: Rp690 ribuan.

17.  Pompa Air Yamanax Pro DB-175

Produk ini dibekali dengan kemampuan daya isap maksimal 8 meter yang berarti tergolong dangkal. Untuk Sedulur yang membutuhkan pompa air untuk irigasi atau pengairan sawah, produk ini dapat diandallkan. Terlebih lagi jika sawah Sedulur terletak di dekat sungai, Sedulur tak perlu repot mencari sumber airnya.

Selain irigasi, Sedulur juga dapat menggunakan pompa air ini untuk keperluan budidaya perikanan air tawar. Dengan kapasitas maksimal 72 liter air per menit, Sedulur dapat menghemat waktu pengisian air pada kolam.

Spesifikasi:

  • Jenis: Pompa air sumur dangkal
  • Kemampuan hisap: Max 8 meter
  • Konsumsi listrik: 370W
  • Harga pompa air Yamanax Pro DB-175: Rp985 ribuan.

Nah, itulah daftar merk mesin pompa air yang bagus dan awet, serta berkualitas tinggi untuk menunjang ketersediaan air bersih setiap hari di rumah, ataupun tempat lainnya. Semoga rekomendasi pompa air rumah di atas bisa bermanfaat untuk Sedulur agar ketika hendak membeli produk pompa air yang bisa menghasilkan air sesuai dengan kebutuhan.