rekomendasi mifi

MiFi atau Mini WiFi Router merupakan modem portabel yang praktis dan bisa dibawa kemana pun. MiFi sangat praktis dan tidak membutuhkan sambungan kabel ke router. Dengan memiliki rekomendasi MiFi terbaik, Sedulur tidak perlu khawatir dengan akses jaringan internet ketika melakukan perjalanan dimanapun.

Terdapat beberapa rekomendasi MiFi terbaik yang bisa jadi pilihan Sedulur untuk menjawab kebutuhan jaringan internet setiap bulannya. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas daftar rekomendasi MiFi yang dibutuhkan. Lantas apa saja rekomendasi MiFi yang dimaksud? Yuk mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi WiFi Adapter Terbaik di 2023

Apa itu MiFi?

Digital Trend

Sebagaimana yang dijelaskan secara singkat sebelumnya, bahwa MiFi merupakan Mini WiFi yang dapat memberikan kebutuhan internet Sedulur. MiFi merupakan salah satu perangkat jaringan internet yang banyak diminati dan kian populer.

Sebagaimana yang dikemukakan oleh perusahaan bernama Novatel Wireles, istilah MiFi didapat dari singkatan mobile Wi-Fi. Akan tetapi, banyak sebutan lain yang juga menjadi rujukan istilah MiFi, seperti modem Wi-Fi, my Wi-Fi, dan lain-lain.

MiFi adalah modem portable yang berfungsi membagi jaringan internet secara wireless. Jaringan yang dihasilkan berupa radiasi hotspot sehingga berbagai perangkat, seperti handphone, tablet, dan laptop dapat terhubung.

Alat ini menggunakan daya dari baterai dan koneksi data dari operator seluler. Oleh karena itu, penggunaan MiFi sangat ideal untuk Sedulur yang memiliki mobilitas tinggi. Di pasaran, Sedulur juga bisa menemukan produk serupa, yaitu modem Wi-Fi dongle.

MiFi menggunakan baterai dan bisa digunakan oleh beberapa perangkat sekaligus. Sementara itu, modem Wi-Fi dongle digunakan dengan cara dicolokkan ke slot USB yang ada di laptop atau komputer. Dengan demikian, jaringan internetnya pun hanya bisa dipakai oleh satu perangkat saja.

BACA JUGA: Cara Melihat Password Wifi di Laptop dan PC dengan Mudah

Daftar Rekomendasi MiFi Terbaik

Cellular News

Di era digital saat ini, di saat semua aktifitas sangat bertumpu dan mengandalkan jaringan internet, maka dari itu kebutuhan terhadap jaringan internet hampir tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

MiFi hadir untuk menjawab kebutuhan jaringan tersebut. Nah, berikut ini kita akan bahas bersama beberapa rekomendasi MiFi terbaik yang sesuai kebutuhan Sedulur. Semoga dari daftar di bawah ini, terdapat MiFi yang Sedulur butuhkan.

1. TP-Link TL-MR6400

Rekomendasi MiFi terbaik pertama yaitu TP-Link TL-MR6400. MiFi ini menawarkan kemudahan pemakaian. Karena mengacu asas plug and play, Sedulur tinggal pasang kartu SIM di MiFi ini lalu internet langsung bisa dinikmati. Dengan memanfaatkan koneksi 4G LTE, Sedulur bisa memperoleh kecepatan unduh hingga 150 Mb/detik dari MiFi ini.

Selain mudah, TP-Link TL-MR6400 juga fleksibel. Pasalnya, ia juga bisa disambungkan ke internet kabel selain internet dari jaringan seluler. Colokkan saja ke modem internet kabel via kabel LAN, maka MIFi ini langsung berubah fungsi jadi router biasa.

Jumlah yang bisa memanfaatkan internet dari MiFi ini adalah 32. TP-Link TL-MR6400 dijual seharga Rp800 ribuan dan mendapat garansi 1 tahun. Semua kartu SIM dari berbagai provider bisa dipasang karena MiFi ini bersifat unlock dari pabriknya.

2. Huawei E5576

MiFi Huawei E5576 dijual seharga Rp700-anribu. MiFi ini juga disebut dengan Huawei Mobile WiFi 3s. Dengan memanfaatkan frekuensi 4G LTE, Mifi ini dapat menawarkan kecepatan download hingga 150 Mb/detik serta upload 50 Mb/detik.

Sedulur dapat mengandalkan MiFi ini saat berada di kantor, di perjalanan, hingga di lokasi yang tidak menyediakan layanan internet kabel ataupun WiFi publik. Huawei E5576 bisa disambungkan hingga ke 16 perangkat berbeda.

Jadi Sedulur bisa memanfaatkan koneksinya dengan HP, laptop, dan tablet yang tersambung secara sekaligus. Asalkan seluruh perangkat berada dalam radius 10 meter. MiFi ini cukup awet dipakai. Baterai 1500 mAh-nya bisa menjamin pemakaian hingga 6 jam secara terus-terusan, dengan standby mencapai 300 jam.

3. HKM M21

Ketika bepergian di luar negeri, Sedulur mungkin belum tahu di mana lokasi yang menyediakan akses internet. Daripada sampai sana tak bisa internetan, mending Sedulur beli MiFi HKM M21 yang di-bundling dengan XL GO IZI. Ada kuota utama 256 GB dengan masa berlaku selamanya yang bisa dinikmati

MiFi seharga Rp500 ribuan ini langsung bisa dipakai di 10 negara meliputi Indonesia, Hong Kong, Malaysia, Sri Lanka, Singapura, Macau, Kamboja, Bangladesh, Taiwan, dan Nepal. Kecepatan transfer data yang ditawarkan pun mencukupi, yakni 150 Mb/detik untuk unduh dan 50 Mb/detik buat unggah.

MiFi ini mendukung koneksi ke 10 perangkat yang berada dalam radius 10 meter. Kapasitas baterai HKM M21 adalah 2005 mAh. Hanya saja, tidak diterangkan berapa lama daya tahannya. Uniknya, jika nanti baterai MiFi rusak, Sedulur tetap bisa memakai MiFi ini dengan mencolokkan langsung adaptornya ke sumber listrik.

4. Advan A10

Advan A10 adalah MiFi lokal dengan bundling provider Telkomsel. Di toko online, MiFi ini dijual dengan nama Telkomsel Orbit Star A1. Ia menawarkan kecepatan unduh sampai 150 Mb/detik. Perangkat yang bisa terhubung ke MiFi ini ialah sebanyak 32.

MiFi ini punya port LAN, sehingga Sedulur bisa memanfaatkannya untuk memperoleh koneksi interent yang lebih stabil. Yang paling menarik dari Advan A10 adalah adanya fitur statistik penggunaan internet, pengaturan WiFi tamu, atur nama WiFi, dan website filtering.

Dengan demikian, Sedulur bisa melihat rata-rata kebutuhan data Sedulur dalam sebulan. Sedulur juga bisa menyeleksi situs mana saja yang bisa diakses oleh anak. Modem ini dikunci pada provider Telkomsel. Meski begitu beberapa seller ada yang sudah membuka kunciannya.

5. HKM 0128

HKM 0128 bisa Sedulur jumpai di toko online dengan harga Rp500 ribuan. MiFi ini juga disebut dengan Telkomsel Orbit Star N2 karena memang di-bundling dengan paket Telkomsel. Berkat dukungan jaringan 4G LTE, MiFi ini dapat menyuguhkan kecepatan pengunduhan sampai 150 Mb/detik.

Untuk uploadnya tidak terlalu pelan di 50 Mb/detik. Penampilan modem ini simpel dan ringkas. Ada antena yang bisa dibongkar pasang. Antena bisa dipasang kalau jangkauan sinyalnya kurang bagus.

MiFi dengan satu port LAN ini bisa disambungkan ke 32 pengguna. Ia juga punya fitur website filtering yang berguna untuk menyaring situs mana saja yang bisa diakses.

BACA JUGA: 5 Cara Setting Router Wifi di Rumah, Langsung Connect!

6. D-Link DWR 932C

rekomendasi mifi
GadgeTren

Kehilangan jaringan internet dapat menganggu aktivitas Sedulur, bahkan bisa mengganggu produktivitas harian Sedulur. Maka dari itu, Sedulur jangan biarkan hal tersebut terjadi. Untuk mencegah hal tersebut, Sedulur bisa bisa mengandalkan D-Link DWR 932C sebagai MiFi 4G dengan kualitas jaringan yang stabil.

MiFi memiliki dukungan koneksi 4G FDD LTE Band 1, 3, 7, 8, 20 yang juga menangkap sinyal 3G seandainya di tempat Sedulur tidak terdapat sinyal 4G. Dari segi portabilitas, ia pun memiliki desain bodi yang lumayan ringkas atau sebesar 106 x 16 c 65 mm.

Sungguh cocok dibawa berpergian tanpa banyak memakan tempat di tas Sedulur. MiFi D-Link ini memiliki kecepatan download hingga 150 Mb/detik dan kecepatan upload hingga 50 Mb/detik, tapi kecepatan ini dipengaruhi oleh kualitas operator jaringan juga.

Bagi Sedulur yang sudah terlanjur memotong kartu SIM menjadi micro atau nano, Sedulur perlu menggunakan adapter. Pasalnya, MiFi ini mendukung kartu SIM berbentuk mini. Terdapat juga slot microSD agar Sedulur bisa membagikan file antar perangkat dengan mudah. Selain itu, baterainya berkapasitas 2000 mAh dan sanggup bertahan hingga 5 jam. Sedulur bisa membelinya seharga Rp500 ribuan.

7. Huawei B535

Huawei B535 dijual dengan harga Rp1,6 jutaan. MiFi ini di-bunling dengan Telkomsel Orbit Pro, makanya disebut juga dengan Telkomsel Orbit Pro H1 Modem WiFi. Namun, jangan khawatir, beberapa seller ada yang sudah membuka gemboknya agar MiFi ini bisa dipasangi kartu SIM dari provider lain.

Yang jadi keunggulan modem ini adalah bisa disambungkan hingga ke 32 perangkat. Lalu MiFi 4G LTE ini juga mampu menghantarkan sinyal data lewat jaringan WiFi 2,4 GHz atau 5 GHz.

Jika memerlukan koneksi yang lebih stabil, Sedulur bisa menghubungkan laptop ke MiFi ini melalui port LAN. Ada empat port LAN yang disediakan. Kecepatan download MiFi ini bisa sampai 300 Mb/detik, dengan upload 33 Mb/detik.

Sementara itu, benefit yang didapat dari bundling Telkomsel Orbit Pro adalah paket data 256 GB/30 hari dalam 6 bulan pertama. Plus bonus 150 GB selama periode tersebut. Perangkat ini tidak menggunakan baterai, jadi Sedulur harus mencolokkannya ke sumber listrik.

8. HKM M22

HKM M22 memang dijual dengan bundling paket XL GO IZI. Kendati demikian, MIFi seharga Rp600 ribuan ini sudah di-unlock sejak awal agar pengguna tidak kerepotan saat ingin mencoba provider lain. Keunggulan MiFi ini ada di layar tampilannya yang besar, sehingga Sedulur bisa membaca notifikasi dengan nyaman.

HKM M22 – yang memanfaatkan jaringan 4G LTE – dapat meraih kecepatan unduh maksimum 150 Mb/detik dan kecepatan unggah sampai 50 MB/detik. Itu sudah cukup untuk streaming video, main game online, atau sekadar Zoom meeting.

MiFi ini bisa disambungkan ke 10 perangkat berbeda. Kapasitas baterainya 2050 mAh. Nah, karena punya dukungan fitur bypass charging, Sedulur bisa mengecas MiFi ini tanpa khawatir baterainya rusak. MiFi ini bahkan bisa dioperasikan tanpa baterai alias langsung dicolokkan ke listrik rumah.

9. PROLINK PRT7011L

Rekomendasi MiFi terbaik lainnya yang bisa membuat berbagai perangkat terhubung dengan koneksi WiFi yang stabil. Hadir dengan harga Rp600 ribuan, fitur pada modem ini cukup layak untuk dilirik. Sedulur bisa menghubungkan 11 perangkat – 10 perangkat secara wireless dan 1 perangkat menggunakan kabel.

MiFI ini mendukung koneksi 4G, 3G, dan 2G dengan kartu SIM dari berbagai operator. Khusus untuk koneksi 4G LTE, MiFi ini menawarkan kecepatan hingga 300 Mb/detik. Terdapat tampilan layar LED untuk menampilkan indikator SMS, WiFi, baterai, dan jaringan. Baterai berkapasitas 2000 mAh yang diusungnya juga mampu bertahan hingga 10 jam.

BACA JUGA: 9 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Handphone, Agar Lancar

11. Huawei E5577

rekomendasi mifi
GameTaco

Rekomendasi MiFi dari Huawei lainnya yaitu Huawei E5577. Perbedaan dengan Huawei E5576 yaitu MiFi ini dijual dengan bundling Bolt. Sama dengan Huawei E5576, Huawei E5577 juga di-unlock untuk memudahkan kartu provider bisa mengakses.

MiFi ini berjalan di frekuensi 4G LTE 1800, 2100 dan 2300 MHz. Seandainya di tempat Sedulur belum mendukung jaringan 4G LTE, Huawei E5577 masih bisa menggunakan modem jaringan 3G.

Huawei E5577 berada di kisaran harga Rp700 ribuan dengan kecepatan download hingga 110 Mbps. Sayangnya, kecepatan itu tergantung pada internet provider. Sedulur dapat menyambungkan maksimal 10 perangkat dalam satu waktu.

12. HKM 001

HKM 001 juga menjadi salah satu rekomendasi MiFi 2023. Produk ini mendapat bundling oleh operator Telkomsel atau XL. Hadir dalam kondisi unlocked yang bertujuan untuk penggunaan kartu SIM dengan jaringan 4G dan 3G dari operator lain.

MiFi HKM 001 juga dilengkapi dengan layar besar yang dapat menampilkan informasi sisa kuota. Bisa tersambung maksimal 10 perangkat dalam satu waktu. Sedangkan, untuk ketahanan baterai mencapai 10 jam saat pemakaian dan 300 jam dalam keadaan standby. Harga MiFi HKM 001 kisaran Rp500 ribuan.

13. HKM G008

HKM G008 dapat menjadi solusi ketika mengharuskan Sedulur pergi ke luar negeri yang memang membutuhkan koneksi internet. MiFi 4G LTE ini khusus dipasang dengan dua kartu SIM yaitu kartu SIM fisik dan kartu SIM elektronik (cloud SIM).

HKM G008 dijual dengan bundling provider jaringan XL dan Telkomsel di kisaran harga Rp700 ribuan dan sudah di-unlock agar dapat digunakan oleh berbagai operator.

Namun sayangnya, modem tersebut hanya dapat tersambung ke lima perangkat. Daya tahan mencapai 15 jam karena menggunakan baterai 3500 mAh. HKM G008 ini bergaransi 3 tahun yang menawarkan kecepatan download mencapai 150 Mbps dan upload 50 Mbps.

14. Wireless Mobile WiFi Pro E5785 Pro

Rekomendasi MiFi ini memiliki performa yang unggi dengan kecepatan jaringan dan kapasitas baterai yang tinggi. Kelebihan secara lengkapnya yaitu kecepatannya tinggi hingga 300 Mbps, kapasitas baterai yang besar dan bisa menyala hingga 10 jam.

Selain itu, MiFi ini juga mendukung fitur SMS. Namun ada satu kekurangan dari MiFi ini yaitu Hanya bisa dipakai oleh 10 perangkat secara bersamaan. Tidak bisa digunakan lebih dari 10 perangkat.

15. Huawei B311

Rekomendasi MiFi terakhir yaitu Huawei B311. MiFi ini dijual dengan bundling Telkomsel Orbit Star. Sedulur tidak perlu langganan, tetapi cukup membeli kuotanya ketika diperlukan. Untuk kecepatannya, MiFi ini mirip dengan MiFi lainnya yang memanfaatkan konektivitas 4G LTE. Unduhnya 150 Mb/detik, sedangkan unggahnya 50-an Mb/detik.

Namun, keunikan MiFi ini terletak pada fitur NFC. Fitur tersebut memungkinkan pengguna ponsel tak perlu mengetikkan password untuk autentikasi sambungan. Cukup dekatkan ponsel dengan modem ini, maka koneksi internet pun dapat dinikmati.

Selain itu, MiFi Rp500 ribuan ini dapat juga difungsikan seperti router karena bisa menyalurkan koneksi internet dari modem lain lewat empat port LAN yang dimilikinya. Huawei B311 bisa tersambung ke 32 perangkat secara wireless plus empat via kabel LAN.

BACA JUGA: 8 Cara Memulai Bisnis Wifi Rumahan yang Pasti Bawa Untung!

Tips dan Cara Memilih MiFi Terbaik

rekomendasi mifi
NY Times

Bagi Sedulur yang kesulitan memilih MiFi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Sedulur, Sedulur bisa menyimak tips dan cara memilihnya di bawah ini. Di Indonesia sendiri, Sedulur dapat menemukan dua jenis MiFi yang dijual di pasaran.

Sebagai panduan untuk memudahkan Sedulur, berikut ini beberapa tips dan cara memilih MiFi terbaik yang bisa Sedulur jadikan pantokan, yaitu:

1. Pilih MiFi berdasarkan paket penjualan

Di Indonesia terdapat dua jenis MiFi yang dijual, ada yang hanya menjual unit MiFi saja, ada juga yang dijual bundling bersama operator seluler. Sedulur bisa mempertimbangkan produk mana yang lebih menguntungkan untuk Sedulur.

Pertama jenis MiFi bundling operator yang bisa langsung digunakan. MiFi bundling operator ialah MiFi yang dijual bersama paket internet dari operator seluler tertentu. Kelebihan MiFi ini adalah kemudahan penggunaannya.

Sedulur tidak perlu membeli SIM card atau paket internet lagi sebab sudah tersedia di dalamnya. Sedulur hanya perlu registrasi dan bisa langsung menikmati kuota internet yang ditawarkan.

Selain itu, MiFi jenis ini biasanya juga menyediakan banyak promo, mulai dari harga pembelian pertama hingga harga paket internetnya. Tak jarang, promo internetnya berkelanjutan sehingga jadi lebih menguntungkan.

MiFi jenis ini memiliki lock yang membuatnya tidak dapat bekerja bila SIM card-nya diganti. Sedulur hanya dapat menggunakan MiFi tersebut dengan kartu SIM dari operator yang bekerja sama.

Namun, MiFi ini sekarang memiliki skema kerja sama yang berbeda, yakni sudah di-unlock. Jadi, Sedulur bisa mengganti SIM card sesuka hati bila tidak cocok dengan paket internet dari operator yang tersedia.

Kedua yaitu jenis MiFi non-bundling yang lebih fleksibel. MiFi non-bundling adalah jenis MiFi yang dijual per unit, tanpa bundling dengan SIM card operator mana pun. Kelebihan MiFi ini sudah pasti soal fleksibilitas penggunaannya. MiFi jenis ini tidak di-lock untuk operator seluler tertentu sehingga Sedulur bebas memilih kartu apa pun yang Sedulur sukai.

Sedulur juga bisa memilih paket internet yang sesuai dengan bujet dan kebutuhan. Oleh karena itu, sebaiknya pilih operator yang memiliki jaringan kuat dan harga paket internet yang terjangkau.

2. Periksan kecepatan jaringan MiFi

Kecepatan internet yang dihasilkan MiFi juga cukup beragam. Adapun kecepatan yang umum dimiliki oleh MiFi ialah 150 Mbps. Meski begitu, ada juga produk yang kecepatannya mencapai 300 Mbps. Namun, harap diperhatikan bahwa saat digunakan, kecepatan yang Sedulur dapatkan biasanya tidak sebesar klaim yang tertera.

Banyak hal yang memengaruhi kecepatan MiFi, misalnya jaringan operator yang digunakan dan jumlah perangkat yang terhubung. Meski demikian, tidak ada salahnya bila hal ini menjadi salah satu pertimbangan Sedulur. Dengan angka kecepatan yang tertera, setidaknya Sedulur tahu seberapa maksimal MiFi Sedulur nanti bekerja.

Selain itu, pertimbangkan juga jenis jaringannya, misalnya 4G atau 5G. Jika Sedulur ingin koneksi yang lebih cepat, MiFi 5G lebih direkomendasikan. Sayangnya, MiFi 5G masih sulit ditemukan di Indonesia karena penyebaran sinyal 5G masih belum merata.

Penting juga untuk memperhatikan frekuensi pada MiFi, apakah menggunakan single band (2.4 GHz) atau dual band (5 GHz). Pada frekuensi 2.4 GHz, transmisi data lebih lambat dibandingkan frekuensi 5 GHz.

3. Cek kapasitas baterai dan waktu penggunaan

Tips dan cara memilih MiFi selanjutnya yaitu dengan cek kapasitas baterai dan waktu penggunaannya. Pilihlah kapasitas baterai yang besar sehingga MiFi dapat dipakai lebih lama. Hal itu juga membuat Sedulur tidak perlu terlalu sering mengisi daya, terutama saat bepergian.

Sebagai acuan, rata-rata MiFi di pasaran memiliki kapasitas baterai sebesar 1.500 mAh dengan durasi pemakaian selama 6 jam. Baterai berkapasitas besar biasanya akan memengaruhi ukuran MiFi. Makin besar baterai yang digunakan, akan makin besar dan berat ukuran serta bobot MiFi.

Di samping itu, Sedulur juga perlu mempertimbangkan produk yang dilengkapi fungsi bypass. Fitur ini memungkinkan Sedulur tetap bisa menggunakan MiFi sambil dicolok charger tanpa baterai. Selain membuat MiFi menyala tanpa kehabisan baterai, fitur ini juga membuat baterai lebih awet.

4. Pertimbangkan jumlah pengguna maksimal

Biasanya, satu MiFi bisa digunakan untuk beberapa perangkat. Kebanyakan MiFi yang dijual di Indonesia dapat digunakan untuk 10 sampai 16 perangkat sekaligus. Karena itu, pastikan untuk memeriksa jumlah perangkat yang didukungnya.

Maka dari itu penting untuk mempertimbangkan jumlah pengguna maksimal dari MiFi. Semakin banyak yang dapat menggunakan maka MiFi akan semakin baik.

Nah itulah beberapa daftar rekomendasi MiFi terbaik beserta tips dan cara memilihnya. Tujuannya agar Sedulur tidak salah pilih dan bisa mendapatkan MiFi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Sedulur. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan dapat memudahkan Sedulur, ya!