wifi adapter bagus

Zaman sekarang kebutuhan manusia gak hanya sandang, papan, dan pangan. Melainkan ada tambahan lagi yaitu internet. Pasalnya, sekarang apa-apa kamu membutuhkan akses internet. Misalnya untuk berkomunikasi, berkerja, mencari konten hiburan, dan masih banyak lagi. Itulah kenapa gak sedikit orang yang memakai wifi adapter.

Jika kamu ingin merasakan pengalaman berselancar di internet atau streaming film tanpa lag, tentu kamu membutuhkan sebuah adapter WiFi bagus yang harus terpasang di laptop atau PC kamu. Perangkat ini dapat membantu kamu untuk terhubung ke jaringan wifi dengan optimal dan kecepatan hingga ribuan Mbps, tergantung spesifikasi adapternya.

Di pasaran ada banyak merek wifi adapter berkualitas yang bisa menjadi pilihan. Jika kamu bingung memilih mana yang terbaik, dalam artikel kali ini akan memberikan beberapa rekomendasi wifi adapter yang bisa kamu pilih!

BACA JUGA: Ini Provider Internet Terbaik yang Bisa Kamu Pasang di Rumah!  

-->

Apa itu wifi adapter?

bisnis wifi rumahan
Product Nation

Wifi adapter juga sering disebut sebagai USD Wifi. Alat ini bisa memudahkan kamu dalam mendapatkan akses internet dengan cara yang praktis. Lalu apa sih  wifi adapter? Adalah perangkat yang bentuknya mirip USB dan berfungsi menghubungkan suatu perangkat ke internet.

Sebuah adapter WiFi biasanya berbentuk seperti stik USB yang dapat langsung dicolokkan ke port komputer. Namun ada juga adapter yang berbentuk kartu jaringan PCI yang ditancapkan ke slot PCI pada motherboard komputer. Jadi kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan karena merek wifi adapter juga sangat beragam.

Meski berukuran kecil dan tanpa kabel, alat ini bisa digunakan untuk mengakses Internet dari mana saja. Mengutip laman Home Net Work Geek, cara kerja USB WiFi ini adalah mengirim dan menerima data dengan jaringan wifi terdekat dalam bentuk gelombang radio. Setelah jaringan wifi mengizinkan akses dengan cara memasukkan kata sandi, perangkat akan menerima alamat IP dan memiliki akses ke jaringan. 

Di pasaran, kamu bisa menjumpai banyak merek wifi adapter yang memiliki berbagai model dan variasi harga. Nah, bagi kamu yang membutuhkan rekomendasi wifi adapter untuk PC kamu, kamu bisa menyimak artikel kali ini sampai selesai. Untuk itu berikut beberapa wifi adapter bagus untuk kamu.

Fungsi USB Wifi Adapter

Meskipun memiliki bentuk yang tidak terlalu besar, namun USB wifi adapter memiliki fungsi yang cukup dibutuhkan oleh banyak orang. Fungsi utamanya adalah menangkap sinyal wifi di sekitar perangkat menggunakan gelombang radio kemudian adapter akan mengirimnya melalui port USB atau slot PCIE (wifi adapter PC).

Pada sistem jaringan yang lebih luas, wifi adapter juga bisa kita gunakan untuk menukar koneksi antara PC dan laptop sehingga kamu bisa mengirim atau menerima berbagai file dari PC ke laptop atau sebaliknya.

Selain itu, wifi adapter juga bisa memperkuat sinyal wifi sehingga PC atau laptop kamu bisa mengakses internet dengan lebih cepat dan leluasa.

Tips Memilih USB WiFi Adapter yang Bagus

informasi adalah
Unsplash

Ada banyak sekali merek wifi adapter bagus di pasaran. mungkin beberapa kamu ada yang bingung, terutama jika ini merupakan pengalaman pertama kamu membeli perangkat ini. Agar lebih mempermudah kamu dalam memilih USB wifi adapter yang bagus dari berbagai merek, pertimbangkan poin-poin berikut ini terlebih dahulu.

1. Pilih bentuk USB wifi adapter sesuai yang diinginkan

Biasanya ada dua bentuk USB wifi adapter yang bisa kamu temukan di pasaran, yaitu memiliki antena internal dan eksternal. Dengan antena yang sekaligus ada di dalam atau internal device tersebut, tentunya akan membuat tampilannya semakin kecil dan ramping. Perangkat yang dicolokkan pada port USB sampingnya menjadi tidak terganggu.

Dari satu sisi USB wifi adapter dengan antena eksternal memang bisa sedikit mengganggu, terlebih lagi ukurannya agak sedikit lebih besar. Namun jika dilihat dari kualitasnya, adapter tipe ini memiliki tingkat sensitivitas yang lebih tinggi. Dengan begitu, transmisi maupun penerimaan sinyalnya akan lebih kuat dan koneksinya lebih stabil.

2. Ketahui berbagai fitur yang ditawarkan

Setiap produk yang dijual di pasaran tentu saja memiliki fiturnya masing-masing. Ada berbagai fitur yang bisa ditemukan, seperti mendukung dual band 2.4GHz dan 5GHz yang mana perangkat kamu akan secara otomatis terhubung ke frekuensi 5 GHz ketika beban di jalur frekuensi 2.4 GHz meningkat. 

Kemudian, ada juga produk yang dilengkapi dengan teknologi OFDMA dan MU-MIMO untuk meningkatkan efisiensi koneksi sehingga kapasitas jaringan pun bisa meningkat. Anda bisa menemukan adapter terbaik yang memiliki teknologi beamforming untuk meningkatkan kekuatan sinyal agar perangkat kamu bisa memiliki jangkauan yang lebih baik. 

Selain itu, ada juga fitur baru pada WPA3 yang bisa menyederhanakan keamanan wifi sekaligus membuat koneksi menjadi jauh lebih aman. Jadi, kamu bisa memilih sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.

3. Pastikan adapter kompatibel dengan perangkat kamu

Dengan spesifikasi USB wifi adapter yang berbeda-beda, maka poin ini harus kamu perhatikan. Perlu diketahui bahwa setiap USB adapter tidak bisa digunakan pada semua perangkat. Biasanya hal ini berkaitan dengan sistem operasi yang ada pada perangkat kamu. 

Ada yang mendukung OS Windows XP/Vista/Win7/Mac/Linux, Windows XP/Vista/7/8/8.1/10/MacOS10.6-MacOS10.15/Linux, Windows 10/11, Windows 10/8/7/XP (32/64-bit), bahkan ada juga yang bisa digunakan pada Set Top Box TV Digital. Jadi pastikan kamu memilih produk secara jeli. Pelajari dulu dan jangan sampai salah beli.

4. Perhatikan fungsi tambahan yang tersedia

Selain standar komunikasi dan kecepatan koneksi, fungsi tambahan pada adaptor juga tak kalah penting demi kenyamanan komunikasi. Ada beberapa fungsi pada wireless LAN adapter yang bergantung pada unit dasar atau perangkat yang digunakan bersama. Misalnya fungsi Beamforming dan MU-MIMO. 

Fungsi Beamforming untuk penggunaan di ruangan terpencil. Beamforming adalah teknologi yang menembakkan sinyal wifi langsung ke perangkat yang kompatibel daripada menyebarkannya ke segala arah.

Fungsi ini digunakan untuk meningkatkan kekuatan sinyal dan jangkauan wifi. Dengan begitu, kecepatan dan stabilitas sinyal wifi dapat meningkat, bahkan di tempat-tempat yang sulit dijangkau gelombang radio.

Namun, fungsi tersebut tidak dijamin dapat efektif di semua lingkungan. Kamu juga hanya dapat menggunakannya apabila menggunakan wifi adapter dan router yang kompatibel. Karena itu, harap periksa ketersediaan fungsi ini terlebih dahulu di router yang kamu gunakan.

Fungsi MU-MIMO digunakan oleh banyak perangkat secara bersamaan. Dulu, koneksi atau sambungan dengan banyak perangkat secara bersamaan akan menyebabkan penurunan kecepatan internet. MU-MIMO adalah teknologi komunikasi yang memungkinkan koneksi stabil dan tidak melambat meski digunakan oleh beberapa perangkat sekaligus. 

Sama seperti fungsi Beamforming, kamu juga membutuhkan perangkat yang kompatibel untuk menggunakan sesuai fungsi ini. Periksa buku petunjuk atau deskripsi produk untuk mengetahui apakah perangkat yang kamu gunakan mendukung atau tidak.

5. Sesuaikan adapter dengan sistem operasi perangkat 

Saat memilih wifi adapter, pastikan kamu memeriksa kompatibilitasnya dengan sistem operasi atau OS yang digunakan oleh perangkat kamu. Hal ini karena adaptor mungkin tidak dapat bekerja dengan baik jika dipasang pada perangkat yang tidak sesuai.

Umumnya, seller akan menuliskan sistem operasi yang kompatibel di bagian deskripsi produk. Jika tidak ada, kamu bisa memeriksa langsung di website resmi produk yang akan kamu beli. Untuk kenyamanan, pilihlah adaptor yang mendukung sistem operasi terbaru seperti Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Cara Menggunakan USB Wifi Adapter

Setelah mengetahui rekomendasi wifi adapter sampai dengan fungsi hingga tipe memilihnya, kini kamu perlu tahu bagaimana cara menunggunakannya. Sebenarnya cukup mudah dan praktis, tapi jika kamu pemula berikut ini beberapa tipsnya.

  • Colokkan USB wifi adapter pada port USB yang ada pada salah satu sisi laptop atau PC jika menggunakan komputer. Beberapa produk juga ada yang bisa digunakan pada Set Top Box TV Digital.
  • Driver bawaan wifi adapter akan otomatis diinstal, namun kamu bisa melihat petunjuk instalasi yang diberikan apabila hal tersebut tidak terjadi secara otomatis. Biasanya kamu akan diarahkan ke situs resminya.
  • Jika sudah selesai, tentunya ikon sinyal yang ada pada sisi kanan taskbar. Pilihlah jaringan wifi yang ingin digunakan untuk mengakses internet, kemudian klik connect.
  • Isilah apabila kamu diminta untuk mengisi password atau melakukan konfigurasi lainnya. Kini kamu sudah memiliki koneksi internet yang bisa digunakan untuk berbagai hal.

BACA JUGA: Cara Setting APN Indosat Terbaru 2023, Bikin Internet Makin Lancar!

Rekomendasi Wifi Adapter Bagus

NY Times

Tentunya sangat banyak sekali merek adapter wifi yang bisa menjadi pilihan. Semuanya juga memiliki keunggulan masing-masing. Berikut ini beberapa merek yang bisa menjadi pilihan kamu.

1. D-Link DWA-192

Pertama ada rekomendasi wifi adapter merek D-Link. Salah satu adapter wifi bagus ini memiliki model DWA-192. Alat nirkabel ini memiliki bentuk yang unik dan terlihat simpel. Alih-alih persegi, ia berbentuk bulat seperti bola.

Adapter DWA-192 ditenagai dengan desain antena 3 x 3 yang mendukung kecepatan hingga 600 Mbps pada 2,4 GHz dan 1300 Mbps pada 5 GHz. Dengan angka itu tentunya bisa menghadirkan kecepatan nirkabel yang cepat dan lebih sedikit interferensi untuk throughput maksimum.

Fitur-fitur lainnya termasuk antarmuka USB 3.0, adanya tombol WPS, memiliki teknologi Advanced AC SmartBeam yang memfokuskan sinyal nirkabel ke router kamu supaya meningkatkan kualitas koneksi dan lain sebagainya.

2. Prolink DH-5102U AC650

Mereka ini juga termasuk penyedia produk jaringan nirkabel yang gak kalah populer. Lebih dari itu, perusahaan ini memproduksi beragam aksesoris ponsel seperti pengisi daya, power bank, dan produk cadangan daya lainnya.

Satu di antara produk adapter nirkabel yang ditawarkan oleh Prolink adalah Prolink DH-5102U AC650 yang dijual dengan harga mulai dari Rp130 ribuan. Adapter ini mendukung wifi dual band yang menyediakan konektivitas fleksibel yang sesuai dengan standar 802.11 /g/n/ac.

Kecepatan yang ditawarkan oleh adapter WiFi Prolink AC650 adalah 433 Mbps pada 5 GHz yang ideal untuk streaming video HD dan game online serta 200 Mbps pada 2,4 GHz yang cocok untuk penggunaan sehari-hari seperti berselancar di web. Jadi ini bisa menjadi merek pilihan.

3. ASUS USB-AC68

Mungkin banyak dari kamu yang berpikir brand besar seperti ASUS hanya membuat laptop dan HP. Tentu saja tidak. Pasalnya ternyata lini produk ASUS terbilang luas. Merek ini juga menawarkan serangkaian produk adapter nirkabel yang berkualitas baik.

Salah satu model terbaiknya adalah ASUS USB-AC68. Dengan model adapter ini memungkinkan kamu merasakan kecepatan wifi dual-band AC1900 secara instan.  Jadi tinggal colok ke port USB PC atau laptop, kamu bisa berselancar di dunia dengan lancar tanpa lemot.

ASUS USB-AC68 juga memiliki desain 3×4 MIMO yang kuat dengan antena eksternal 3 posisi ganda dan beamforming ASUS AiRadar untuk penerimaan Wi-Fi yang luar biasa. Antarmukanya juga sudah USB 3.0 serta memiliki dudukan untuk pemosisian fleksibel untuk mencapai kinerja terbaik.

4. Netgear A6210 AC1200 WiFi USB Adapter

Netgear adalah perusahaan jaringan komputer terkemuka yang berasal dari Amerika Serikat. Jika kamu sedang mencari adapter wifi berkualitas dan berperforma tinggi, Netgear adalah salah satu merek yang bisa menjadi pilihan kamu.

Salah satu model terbaiknya adalah Netgear A6210 AC1200 WiFi USB Adapter. Dijual harga mulai Rp900 ribuan, wifi adapter ini menawarkan fitur-fitur unggulan, termasuk sudah dilengkapi dengan USB 3.0 untuk akses data yang 10 kali lebih cepat.

Selain itu, Netgear A6210 AC1200 WiFi USB Adapter juga mengadopsi teknologi Beamforming+ yang membuat wifi bisa lebih kencang lagi. Dengannya kamu bisa melakukan streaming video HD secara bersamaan tanpa lemot.

Untuk pemakaian yang mudah dan nyaman, adapter wifi dual band dengan kecepatan hingga 1200 Mbps tersebut juga dilengkapi dengan desktop dock. Sehingga selain dicolok langsung, kamu juga bisa meletakkannya berdiri di atas meja.

5. TP-Link TL-WN725N

TP-Link mengklaim mereka sebagai penyedia perangkat jaringan wifi konsumen nomor satu di dunia. Tentu klaim ini memberi beberapa alasan. Pasalnya produk-produknya, termasuk adapter wifi juga sudah tersebar ke lebih dari 170 negara di dunia, termasuk Indonesia.

Produk wifi adapter TP-Link cukup beragam. Ada yang harganya murah di bawah Rp100 ribu dan ada juga yang dijual jutaan rupiah. Kamu bisa memilih salah satunya yang sesuai dengan budget dan kebutuhan.

Jika bingung, salah satu modelnya yang banyak dipilih adalah TP-Link TL-WN725N dengan harga kisaran Rp80 ribuan. TP-Link model ini memiliki desain mini yang mampu menyajikan kecepatan hingga 150 Mbps. Tentu kecepatan ini ideal untuk melakukan streaming video atau melakukan panggilan internet.

Selain mudah dipasang, adapter wifi bagus ini juga sudah dilengkapi dengan fitur keamanan yang terdepan serta fasilitas utilitas setup yang mudah dan terdapat pada 14 bahasa. Tak salah jika produk ini banyak dipilih oleh pengguna internet di Indonesia.

6. Totolink A650USM

Merek selanjutnya ada Totolink. Brand ini termasuk salah satu produk jaringan komputer yang cukup populer. Totolink memiliki beberapa produk adapter nirkabel yang beberapa di antaranya sudah mendukung pita ganda serta hadir dengan port USB 3.0. Salah satu modelnya adalah Totolink A650USM. 

Adapter ini mengadopsi teknologi Wi-Fi AC Next-GEN dengan MU-MIMO yang didukung untuk meningkatkan komputer berbasis Windows untuk menikmati wifi rumahan yang lebih cepat dan lebih kuat daripada adaptor 11ac biasa.

Adapter tersebut juga mendukung pita ganda dengan kecepatan 633 Mbps (2,4G: 200 Mbps + 5G: 433 Mbps). Selain itu, adapter ini hadir tanpa driver yang dibutuhkan untuk OS Windows, sehingga cukup colok dan tinggal pakai.

7. Edimax EW-7822ULC

Edimax merupakan produsen produk-produk jaringan data yang berasal dari Taiwan. Untuk adapter nirkabel, Edimax menawarkan cukup banyak model yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Edimax EW-7822ULC menjadi salah satu modelnya yang paling populer digunakan oleh banyak orang.

Adapter wifi ini menawarkan kecepatan maksimum hingga 300 Mbps (2,4GHz) dan 867 Mbps (5 GHz) dengan standar Wi-Fi 802.11ac dan kompatibel dengan standar 802.11a/b/g/n. 

Teknologi 11ac terbaru yang digunakannya memungkinkan beberapa perangkat terhubung secara bersamaan. Meski ukurannya mungil, Edimax EW-7822ULC telah hadir dengan dukungan sinyal arah beamforming untuk meningkatkan kinerja wifi dan menghadirkan jangkauan yang lebih baik serta lebih sedikit sinyal yang terbuang.

8. Tenda U3

Tenda merupakan pemasok peralatan dan perangkat jaringan terdepan yang telah ada sejak tahun 1999. Produk-produknya, termasuk adapter nirkabel sudah banyak beredar di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Tenda U3 menjadi salah satu adapter terlaris. 

Produk ini menawarkan kecepatan hingga 300 Mbps dan mendukung mode SoftAP yang memfungsikan AP untuk mengubah jaringan kabel menjadi nirkabel. Jadi bisa membuat jaringan LAN nirkabel cepat dan mudah.

Adapter Tenda U3 juga mendukung teknologi MIMO yang membuatnya dapat diandalkan untuk bermain game online dan streaming video tanpa khawatir terjadi lag.

9. Mercusys MW300UM

Adapter wifi merek Mercusys ini bisa menjadi pilihan yang bagus dengan harga yang terjangkau. Contohnya adalah Mercusys MW300UM yang bisa kamu dapatkan degan harga di bawah Rp100 ribuan.

Adapter yang mirip dengan flashdisk ini menawarkan kecepatan hingga 300 Mbps, ideal untuk beragam keperluan daring, seperti bermain game, streaming, browsing, dan lain sebagainya.

Mercusys MW300UM juga hadir dengan fungsi SoftAP yang bisa mengubah PC atau laptop kamu menjadi hotspot wifi jika menggunakan koneksi kabel yang sudah ada. Jadi, produk ini cukup fungsional dan bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan.

10. Linksys WUSB6300

Linksys merupakan merek produk perangkat keras jaringan data asal Amerika yang berdiri pada tahun 1988. Produk-produk Linksys sudah dapat ditemukan secara resmi di Indonesia. Tentu ini menjadi pilihan yang bagus untuk kamu jika menginginkan produk berkualitas.

Linksys WUSB6300 adalah salah satu adapter WiFi Linksys yang tersedia untuk pasar Indonesia. Dijual seharga Rp 700 ribuan, adapter ini hadir dengan beberapa fitur unggulan, salah satunya adalah enkripsi WPA/WPA2 nirkabel untuk keamanan.

Linksys WUSB6300 juga memiliki kemampuan untuk memilih pita yang diinginkan, 2,4 GHz atau 5 GHz. Fitur semacam ini dapat membantu menghindari gangguan untuk kinerja jaringan yang optimal. Tentunya masih banyak lagi fitur-fitur lain yang bisa kamu dapatkan dari produk ini.

11. Advance WF-01

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan merek yang satu ini karena sudah banyak yang menggunakan produk-produknya. Nah, salah satu produknya adalah USB WiFi adapter tipe WF-01 warna hitam yang dilengkapi dengan antena 2dBi.

Tidak hanya laptop, kamu juga bisa memperoleh sinyal wifi untuk komputer dan TV Set Top Box di rumah dengan jangkauan kurang lebih 10 meter dan kecepatan 150mb/s yang 6 kali lebih cepat daripada koneksi 802.11g.

Dengan desainnya yang portable membuat adapter ini mudah dibawa ke mana pun kamu pergi. Kalau ingin menjalankan produk ini di OS Windows 8 sampai 10, kamu tidak perlu menginstal drivernya menggunakan CD. Langsung saja colokkan produk berukuran 18 x 14 x 6 mm ini pada perangkat kamu lalu mulai melakukan proses instalasi secara otomatis. Mudah, bukan?

12. IPASON WD-1513B

Semua kegiatan yang berkaitan dengan jaringan internet tentunya menjadi hal yang wajar dilakukan setiap hari, entah itu berkaitan dengan pekerjaan ataupun hanya sekadar hiburan. Nah, salah satu peralatan yang bisa dijadikan penunjang kegiatan tersebut USB wifi adapter dari IPASON model WD-1513B.

Dengan adanya produk ini, maka perangkat yang kamu gunakan bisa terhubung dengan wifi sekitar. Kamu bisa memasangkan alat berukuran mini ini pada perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows XP, 7, 8, 8.1, dan 10 64 bit.

Meskipun memiliki antena internal, namun USB wifi adapter ini mampu memberikan kecepatan internet yang mumpuni. Adanya fitur MIMO, menjadikan jaringan internet yang dihasilkan bisa digunakan untuk beberapa perangkat sekaligus dengan koneksi yang stabil.

Itulah tadi pembahasan lengkap wifi adapter bagus lengkap dengan fungsi-fungsinya. Wifi adapter adalah alat yang menghubungkan perangkat elektronik dengan koneksi internet.

Alat ini berguna untuk membantu kamu saat menggunakan komputer tanpa fungsi wireless atau saat fungsi tersebut rusak. Adaptor ini juga ideal untuk meningkatkan standar komunikasi perangkat kamu. Semoga artikel ini bisa memberi manfaat ya.