privasi postingan IG

Cara mengatur privasi postingan IG tengah menjadi topik yang banyak dicari warganet. Seperti yang diketahui, IG alias Instagram merupakan media sosial yang banyak digunakan masyarakat di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir. Tingginya pengguna Instagram rupanya menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi sebagian orang.

Bukan tanpa sebab, ternyata tidak sedikit orang yang merasa risih ketika unggahannya dilihat oleh orang tak dikenal ataupun orang tertentu. Tak heran, banyak orang yang mencari bagaimana cara mengatur privasi postingan IG. Di sisi lain, tidak sedikit pula yang memilih mengatur akunnya dalam mode private sehingga tidak sembarang orang bisa membuka profilnya.

Apakah Sedulur juga ingin tahu bagaimana cara mengatur privasi postingan IG? Nah, dalam artikel berikut ini Super sudah merangkum informasinya secara lengkap. Tak hanya itu, akan dipaparkan pula berbagai informasi lainnya yang terkait dengan pengaturan privasi di Instagram. Yuk, langsung disimak!

BACA JUGA: 6 Cara Download Foto Instagram Tanpa Aplikasi Gratis & Mudah

-->

Mengenal aplikasi Instagram

privasi postingan IG
Freepik

Sebelum mencari tahu bagaimana cara menyembunyikan postingan IG (Instagram), tak ada salahnya Sedulur menyimak tentang apa itu Instagram dan sejarahnya terlebih dahulu.

Dirangkum dari Kompas.com, Instagram atau biasa disebut IG merupakan media sosial berbasis foto dan video. Platform ini diluncurkan pada 6 Oktober 2010 lalu. Kala itu, IG dirilis secara eksklusif untuk ponsel atau gadget Apple melalui Apple App Store. Nama aplikasi Instagram sendiri disebut merupakan gabungan dari kata “instan” dan “telegram.”

Adapun aplikasi tersebut kemudian dikembangkan sebagai wadah untuk berbagi pengalaman atau cerita melalui foto dan video dengan beragam fitur serta filter seperti saat ini. Menurut data per 2022, jumlah pengguna Instagram di seluruh dunia telah mencapai 1,45 miliar orang.

BACA JUGA: Cara Tambah Followers Instagram Gratis, Mudah & Aman

Cara menyembunyikan postingan IG dari akun tertentu

privasi postingan IG
Freepik

Dihimpun dari berbagai sumber, Sedulur dapat menyembunyikan postingan Instagram (IG) dari seseorang atau akun tertentu. Berikut cara menyembunyikan postingan dari seseorang yang dapat Sedulur ikuti.

  • Pertama, buka aplikasi Instagram dan login ke akun Sedulur, lalu masuk ke halaman profil.
  • Klik tiga garis yang ada di pojok kanan atas lalu klik “Settings”
  • Pilih menu “Privacy” kemudian gulirkan layar (scroll) ke bawah hingga menemukan menu “Connections” dan pilih “Restricted Accounts”
  • Dalam menu tersebut, Sedulur dapat memilih akun tertentu yang mana Sedulur tidak ingin berinteraksi dengan mereka melalui Instagram.

Sekadar informasi, pengaturan tentang pembatasan interaksi dengan akun-akun tertentu di Instagram juga bisa Sedulur lakukan melalui fitur “Limits” pada menu “Privacy.”

Cara menyembunyikan story IG dari seseorang

privasi postingan IG
Freepik

Cara yang dipaparkan sebelumnya dapat Sedulur ikuti sebagai cara menyembunyikan akun Instagram dari orang tertentu. Sebab pengaturan tersebut akan membatasi interaksi Sedulur dengan akun-akun yang masuk dalam daftar “Restricted Accounts.”

Di sisi lain, adapula cara privasi postingan IG khususnya Story. Seperti yang diketahui, saat ini Instagram memiliki fitur Story yang ditujukan untuk berbagi cerita di mana foto atau video yang diunggah akan terhapus secara otomatis setelah 24 jam.

Berikut adalah 5 cara menyembunyikan postingan IG dari seseorang.

  • Pertama, buka aplikasi Instagram di smartphone atau gadget Sedulur. Jangan lupa login dengan akun pribadi atau akun lain yang kamu kelola yang ingin diatur privasinya.
  • Kedua, masuk ke halaman profil akunmu dan klik garis tiga di sebelah kanan atas.
  • Ketiga, klik “Settings” di jendela baru.
  • Keempat, pilih opsi “Privacy.”
  • Kelima atau terakhir, klik menu “Story.”
  • Pada menu tersebut, Sedulur dapat mengatur privasi untuk postingan Story pada akun Sedulur, termasuk memilih akun siapa saja yang tidak diperbolehkan untuk melihat Story Sedulur pada pengaturan “Hide story from.”

BACA JUGA: Manfaat Instagram Reels Beserta Fiturnya untuk Marketing

Cara mengatur akun IG menjadi private

Freepik

Selain menyembunyikan postingan dan membatasi aktivitas dengan akun tertentu di Instagram, Sedulur juga bisa mengatur akun Sedulur menjadi private. Mode private ini bisa menjadi cara privasi postingan di IG karena hanya pengikut (followers) yang telah diizinkan (approved) saja yang bisa melihat postingan di akun Sedulur.

Berikut adalah cara mengatur akun IG menjadi private.

  • Pertama, buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun Sedulur.
  • Lalu, masuk ke halaman profil dan klik tiga garis di sebelah kanan atas.
  • Klik “Settings” kemudian pilih “Privacy”
  • Pada baris paling atas, aktifkan mode “Private account” dengan menggeser tombol atau toggle hingga berubah menjadi biru.
  • Selanjutnya, akun Sedulur secara otomatis akan berubah menjadi mode private.

Cara menyembunyikan postingan tanpa menghapusnya

Freepik

Cara hide feed Instagram atau menyembunyikan postingan pada halaman feed Instagram juga bisa dilakukan secara manual. Maksudnya adalah, Sedulur dapat menyembunyikan postingan tertentu tanpa harus menghapusnya. Caranya adalah dengan memanfaatkan fitur “Archive.” Melalui fitur ini, postingan yang dipilih akan diarsipkan sehingga tersembunyi dari feed tanpa menghapusnya secara permanen.

Berikut cara menyembunyikan postingan dengan fitur Archive.

  • Pertama, buka halaman profil akun Sedulur.
  • Kemudian pilih postingan yang ingin disembunyikan.
  • Klik titik tiga yang ada di sebelah kanan atas dan klik “Archive.”
  • Nantinya secara otomatis postingan tersebut akan menghilang dari halaman profil ataupun feed Instagram.

Menariknya lagi, Sedulur dapat mengembalikan postingan tersebut jika ingin memunculkannya kembali. Caranya yaitu dengan klik tiga garis di pojok kanan atas halaman profil, kemudian klik “Archive.”

BACA JUGA: Cara Melihat Akun Instagram yang Diprivate Tanpa Harus Follow

Cara melihat postingan IG yang di-private

Freepik

Sebelumnya sudah dipaparkan cara mengatur akun Instagram menjadi mode private. Mungkin Sedulur juga penasaran apakah ada cara liat postingan IG yang diprivasi. Nah, ternyata ada cara untuk melihat postingan dari akun Instagram yang diatur dalam mode private.

Dikutip dari iNews, Sedulur bisa memanfaatkan situs hingga aplikasi tambahan untuk membuka akun yang di-private. Misalnya dengan situs Instalooker.com, Instaspy.net, dan aplikasi Spy for Instagram. Namun sebaiknya cara-cara di atas hanya digunakan untuk kepentingan darurat. Sebab boleh jadi cara-cara tersebut sebenarnya melanggar hak privasi orang lain mengingat akun tersebut telah secara sengaja diatur dalam mode private.

Cara membuat akun IG sulit ditemukan

Freepik

Masih berkaitan dengan masalah privasi postingan dan akun Instagram, ada cara lain yang bisa Sedulur ikuti untuk menyembunyikan akun Sedulur. Dikutip dari CNBC, Sedulur bisa membuat akun Instagram yang dikelola menjadi sulit untuk ditemukan oleh pengguna Instagram lainnya. Salah satunya ialah dengan memutus akses kontak atau buku telepon dengan akun Instagram.

  • Pertama, buka akun Instagram Sedulur dan kunjungi halaman profil.
  • Kemudian klik tiga garis di pojok kanan atas lalu pilih “Settings.”
  • Selanjutnya klik “Accounts” dan “Contacts Syncing.”
  • Lalu, atur untuk menonaktifkan “Connect Contacts.”

Dengan menonaktifkan akses kontak, teman atau kerabat yang menyimpan nomor Sedulur tidak bisa menemukan akun Sedulur. Sebab, pengaturan akses kontak dengan akun Instagram tersebut akan menghubungkan buku telepon dengan akun Instagram Sedulur.

Demikian tadi pembahasan tentang cara privasi postingan IG atau Instagram. Selain itu sudah dipaparkan pula berbagai tips untuk mengatur privasi di Instagram. Semoga informasi ini bisa membantu Sedulur dalam mengelola akun Instagram, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.