pohon natal dari kardus

Tidak terasa Hari Natal akan segera tiba! Untuk menyambut hari istimewa ini, Sedulur bisa menghias rumah dengan dekorasi khas Natal. Tak hanya itu, Sedulur juga bisa membuat hiasan Natal sendiri, seperti pohon Natal dari kardus yang tak hanya menciptakan nuansa Natal namun juga mengasah kreativitas.

Seperti diketahui, pohon Natal adalah salah satu benda yang tidak pernah ketinggalan dalam perayaan Natal. Biasanya, pohon Natal dibuat dari pohon cemara yang dihias dengan beragam ornamen dan kemudian dipajang di rumah ataupun tempat umum seperti pusat perbelanjaan.

Menariknya, Sedulur bisa menggunakan berbagai benda di sekitar termasuk kardus untuk membuat pohon Natal. Ingin tahu bagaimana cara membuat pohon Natal dari kardus? Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: 17 Puisi Natal yang Penuh Makna dan Menyentuh Hati

-->

Mengenal makna pohon Natal

pohon natal dari kardus
Unsplash

Sebelum mencari tahu cara membuat pohon Natal dari kardus, ada baiknya Sedulur menyimak makna pohon Natal dalam perayaan Natal. Seperti yang telah disinggung pada bagian pembuka, biasanya pohon Natal dibuat dari pohon cemara. Selain itu umat Kristiani juga biasa membuat pohon Natal dari bahan lain dengan bentuk menyerupai pohon cemara.

Pemilihan bentuk pohon Natal ini ternyata bukan tanpa alasan. Melainkan ada makna filosofis di balik bentuk pohon tersebut. Mengutip laman History via Kumparan, pohon Natal dari pohon cemara disebut melambangkan harapan dan kehidupan. Hal ini berkaitan dengan karakteristik pohon cemara yang dapat tetap tumbuh subur di berbagai musim.

Menurut kepercayaan umat Kristiani, karakteristik pohon cemara tersebut menggambarkan kasih Tuhan Yesus yang tidak pernah berubah dan berhenti kepada manusia. Tuhan Yesus terus melimpahi umat-Nya dengan kasih dan berkat tanpa henti.

Sementara itu, ornamen yang dipasang pada pohon Natal juga memiliki arti mendalam. Misalnya, ornamen bintang yang dipasang di puncak pohon cemara merupakan simbol bintang timur yang menuntun tiga orang majus dan gembala menuju palungan tempat bayi Yesus dilahirkan. Kemudian, lampu kerlap-kerlip mewakili cahaya roh Tuhan serta menjadi pengingat pentingnya kehangatan cinta di tengah keluarga.

BACA JUGA: 95 Caption Hari Natal Penuh Makna untuk Dibagikan ke Medsos

Cara membuat pohon Natal dari kardus

pohon natal dari kardus
Pink Stripey Socks

Cara membuat pohon Natal dari kardus tidak sulit sehingga Sedulur bisa mencobanya sendiri di rumah. Selain itu, Sedulur juga bisa memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar, seperti kardus bekas. Namun pastikan kardus yang digunakan masih dalam kondisi baik sehingga nantinya pohon Natal yang dibuat juga memiliki tampilan yang cantik.

Sementara, berikut alat dan bahan yang diperlukan serta langkah-langkah membuat pohon Natal dari kardus yang perlu diperhatikan.

Alat dan bahan yang diperlukan:

Langkah pertama yang harus Sedulur lakukan sebelum membuat pohon Natal adalah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Berikut alat dan bahan yang harus disiapkan untuk membuat pohon Natal dari kardus.

  • 2 kardus berukuran 45 cm x 60 cm
  • Alas potong atau cutting mat
  • Cutter
  • Penggaris
  • Pensil
  • Cat akrilik warna hijau
  • Double tape
  • Kancing baju atau kertas origami emas untuk hiasan

BACA JUGA: Sejarah Hari Natal, Memperingati Kelahiran Yesus Kristus

Cara membuat:

Setelah alat dan bahan sudah disiapkan, Sedulur bisa mulai membuat pohon Natal. Berikut langkah-langkah atau cara membuat pohon Natal dari kardus yang bisa Sedulur ikuti.

1. Membuat pola pohon Natal dari kardus

99

Pertama-tama, Sedulur perlu membuat pohon Natal di kardus. Untuk memudahkan pembuatan pola, Sedulur bisa menggambar garis atau titik di kardus sebagai acuan ukuran. Hal ini dimaksudkan agar nantinya pola yang dibuat bisa rapi dan simetris.

Sebagai contoh, Sedulur bisa membuat 5 garis horizontal dan 10 garis vertikal. Buat garis mengikuti ukuran kardus yang digunakan. Adapun nantinya Sedulur akan mendapatkan garis-garis yang membentuk kotak-kotak menyerupai tabel.

Pada garis-garis yang sudah dibuat tersebut, Sedulur bisa membuat pola pohon Natal dengan menarik garis diagonal dari satu sudut ke sudut lain seperti pada gambar. Ulangi langkah tersebut hingga terbentuk pola pohon Natal.

2. Memotong pola pohon Natal

Setelah pola terbentuk, langkah selanjutnya adalah memotong kardus mengikuti pola pohon Natal. Untuk mendapatkan hasil potongan yang rapi, Sedulur bisa menggunakan cutter dan penggaris. Hal ini dimaksudkan agar potongan dapat mengikuti garis pola yang dibuat dan menghindari terjadinya salah potong yang dapat merusak tampilan pohon Natal.

3. Membuat bagian pohon Natal kedua

Setelah pola pohon Natal terpotong, Sedulur bisa menggunakannya untuk membuat bagian yang kedua pada kardus yang lain. Untuk membuat pola pohon Natal yang kedua, Sedulur bisa mengikuti pola yang pertama. Caranya yaitu dengan meletakkan bagian pohon Natal pertama di atas lembaran kardus kedua. Kemudian gambar polanya menggunakan pensil dengan mengikuti garis tepi pada pola pertama. Terakhir, potong bagian pohon Natal yang kedua.

BACA JUGA: 15 Doa Natal untuk Menyambut Kelahiran Yesus, Yuk Dibaca!

4. Membuat celah

99

Untuk menggabungkan kedua bagian pohon Natal, Sedulur perlu membuat celah. Perlu diperhatikan bahwa letak celah untuk masing-masing bagian tidaklah sama.

Misalnya, untuk bagian pertama dibuat celah dari titik tengah hingga ke bawah. Sementara untuk bagian kedua dibuat celah dari titik tengah ke atas. Dengan begitu, kedua bagian tersebut bisa disatukan.

5. Mewarnai pohon Natal

Setelah celah dibuat pada kedua bagian pohon Natal, Sedulur dapat melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu mewarnai pohon Natal. Lakukan pengecatan dengan cat akrilik untuk mendapatkan hasil warna yang cantik.

Sebenarnya Sedulur bisa menggunakan cat warna apa saja. Namun agar mendapatkan nuansa khas Natal yang identik dengan pohon cemara, tak ada salahnya memilih cat warna hijau.

6. Menggabungkan pohon Natal

iStock

Setelah cat kering, Sedulur bisa menggabungkan kedua bagian pohon Natal dengan cara mempertemukan celah bagian pertama dengan celah bagian kedua. Dengan begitu, pohon Natal bisa berdiri tegak.

Nah, agar pohon semakin meriah, Sedulur bisa menghiasnya dengan beragam ornamen. Misalnya kertas origami berwarna emas untuk membuat bentuk menyerupai ornamen yang biasa dipasang pada pohon Natal. Selanjutnya, Sedulur dapat memajang pohon Natal sebagai hiasan di sudut ruangan untuk menyemarakkan nuansa Natal di rumah.

Demikian tadi penjelasan mengenai cara membuat pohon Natal dari kardus yang bisa Sedulur ikuti. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat untuk Sedulur, dan selamat berkreasi!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.