plafon dapur minimalis

Konsep plafon dapur minimalis biasanya cukup berbeda dengan dapur modern biasa. Dimana penggunaan desain dan bentuk plafon dapur minimalis lebih simpel tapi memiliki banyak fungsi. Jadi tidak heran jika model konsep ini mulai semakin disukai ketika membangun sebuah rumah.

Beruntung dengan semakin luasnya jangkauan informasi, Sedulur bisa mendapatkan banyak referensi tentang plafon dapur minimalis yang menarik untuk dibuat. Kali ini, kami juga akan membantu untuk memberikan 11 inspirasi menarik untuk plafon rumahmu.

Kira-kira seperti apa model plafon dapur minimalis yang unik dan multifungsi? Simak bersama ya!

BACA JUGA: 20 Inspirasi Warna Cat Dapur Abu-Abu yang Elegan

1. Plafon dapur minimalis sederhana

plafon dapur minimalis
Decorpot

Model plafon dapur minimalis yang pertama adalah dengan memanfaatkan gypsum. Bahan yang terbuat dari campuran kapur putih itu bisa membantu menciptakan finishing elegan pada ruangan dapur.

Penggunaan gypsum juga menjadi pilihan paling dasar jika ingin menciptakan suasana minimalis di dalam rumah. Jadi jika Sedulur memiliki bujet sedikit, maka bahan ini bisa menarik untuk digunakan. Selain itu, penggunaan gypsum juga sangat fleksibel dengan dikombinasikan berbagai jenis lampu yang sesuai selera Sedulur.

2. Ide plafon kombinasi kaca minimalis

Model plafon satu ini cocok untuk Sedulur yang menginginkan rumah dengan konsep minimalis eco living. Dengan menggunakan kaca sebagai plafon, pencahayaan akan lebih maksimal dan hemat energi.

Namun, untuk bisa menciptakan model plafon minimalis ini, Sedulur harus memastikan posisi dapur tidak berada dekat dengan rumah padat penduduk atau menempel langsung dengan rumah tetangga. Desain plafon ini juga bisa memberikan ambience tersendiri karena memasak bisa lebih nyaman dan tenang.

3. Model plafon bertingkat minimalis

Houzz

Plafon bertingkat seperti ini bisa memberikan ambience luas pada dapur rumahmu. Hal ini tak lepas dari tampilan plafon yang terlihat lebih tinggi dan memiliki dimensi. Sehingga jenis plafon satu ini sangat cocok bagi Sedulur yang memiliki ruang dapur yang sempit.

Sedulur juga bisa mengkombinasikan konsep plafon ini dengan berbagai warna-warna yang memiliki mood dingin untuk memberikan tampilan fancy. 

4. Gaya plafon dapur minimalis full lighting

Model plafon satu ini cukup populer dan banyak digunakan karena memiliki looks minimalis yang bersih. Namun, Sedulur bisa memaksimalkan tampilan minimalis ini dengan menambahkan banyak lampu agar suasana dapur menjadi lebih hangat.

Dengan konsep seperti ini,suasana dapur akan lebih nyaman dan bisa jadi tempat untuk berkumpul keluarga yang menyenangkan. Tentunya ini jadi model plafon dapur minimalis yang bisa Sedulur coba ya!

BACA JUGA: 10 Inspirasi Desain Rumah Dapur di Depan, Minimalis Modern!

5. Model plafon dapur lampu gantung

plafon dapur minimalis
MagicBricks

Jenis plafon ini cocok bagi Sedulur yang memiliki rumah mungil dengan konsep dapur yang sempit dan kecil. Apalagi dengan menggunakan model lampu gantung, ada efek dimensi ruangan yang dimunculkan menjadi lebih unik.

Sedulur bisa mencoba beragam model lampu gantung yang digunakan bisa membuat dapur menjadi elegan dan chic. Jangan khawatir ruangan dapur gelap, pancaran lampu gantung bisa disesuaikan dengan kebutuhan agar semua sudut bisa terkena cahaya kok.

6. Plafon dapur coffered

Jika Sedulur menginginkan bentuk plafon yang classy dengan banyak tekstur, maka plafon coffered bisa menjadi pilihan menarik. Plafon coffered sendiri adalah desain plafon yang cukup rumit karena terdiri dari banyak panel yang tersembunyi.

Model plafon dapur minimalis satu ini cukup mirip dengan plafon tray namun dengan lebih banyak bagian. Sehingga akan menampilkan hasil 3D dan hias menggunakan banyak lampu untuk pencahayaan yang lebih terang.

7. Model plafon kayu simpel

Pinterest

Model plafon satu ini bisa Sedulur terapkan jika ingin suasana rumah yang simpel dan hangat. Perpaduan plafon kayu berwarna putih dengan warna dasar ruangan putih dan furniture yang serba putih bisa membuat dapur Sedulur terlihat lebih besar dan lebih luas.

Penggunaan kayu dalam plafon ini juga sangat mudah dikombinasikan dengan cat rumah berwarna earth tone. Tentu dengan begitu Sedulur bisa membuat suasana rumah menjadi lebih menyenangkan untuk berbincang dan ngobrol bersama keluarga.

8. Gaya drop ceiling minimalis

Sebenarnya jenis plafon satu ini jarang digunakan pada dapur karena bisa membuat ruangan menjadi lebih kecil. Namun bagi kamu yang memiliki jarak langit-langit yang tinggi, ide satu ini bisa digunakan.

Plafon gantung ini cocok diterapkan pada bangunan kantor atau industrial karena Sedulur bisa menyembunyikan pipa dan kabel di dalam plafon satu ini. Drop ceiling juga bisa menambah volume di dapur sehingga jadi lebih keren.

9. Model plafon dapur groin vault

Home Stratosphere

Jenis plafon satu ini cocok bagi Sedulur yang ingin memiliki konsep rumah bergaya Eropa klasik yang dicampur dengan konsep Timur Tengah. Plafon groin vault sendiri memanfaatkan bata merah dengan finishing kasar.

Model groin vault mampu menampilkan kesan mewah dan elegan. Penggunaan plafon ini sendiri cukup cocok dengan cuaca di Indonesia yang panas. Tapi Sedulur harus berhati-hati agar ruangan tersebut tidak lembab, karena penggunaan bata akan lebih mudah dihinggapi lumut.

10. Plafon dapur minimalis high ceiling

Model plafon dengan konsep high ceiling bisa jadi pilihan menarik jika Sedulur ingin suasana rumah yang lega dan bersih. Penggunaan high ceiling sendiri tak hanya bisa memberikan kesan luas, tapi juga membantu sirkulasi udara di dapur agar tetap terjaga dan bebas dari suasana gerah.

11. Gaya plafon PVC untuk dapur

plafon dapur minimalis
Hout

Plafon PVC bisa menjadi solusi untuk menciptakan ruang dapur yang minimalis tapi ringkas. Sedulur juga tidak perlu khawatir soal dana, karena penggunaan PVC bisa menekan bujet dan membuatnya ramah dikantong.

Penggunaan plafon PVC juga cukup simpel, tapi hasil yang diberikan begitu memesona. Ruangan akan terlihat luas dengan menggunakan warna putih meskipun hanya menggunakan satu atau dua lampu penerangan saja.

Demikian tadi deretan model dan inspirasi plafon dapur minimalis yang bisa Sedulur coba. Tak hanya membuat tampilan dapur jadi semakin cantik, penggunaan plafon di atas juga bisa membuat rumah jadi semakin adem dan sirkulasi udara lancar. Semoga ide-ide di atas bisa membantu Sedulur mendapatkan desain rumah terbaik agar semakin nyaman dan enak untuk ditinggali ya!