desain rumah dapur di depan

Umumnya dapur memang ditempatkan di bagian belakang pada rumah. Hal ini karena dapur dianggap sebagai area yang seolah harus disembunyikan dari tamu yang datang. Akan tetapi, anggapan tersebut kini mulai bergeser. Makin banyak orang yang mengaplikasikan desain rumah dapur di depan.

Bahkan tidak jarang yang meletakkan area memasak ini secara berdekatan dengan ruang tamu. Selain lebih efisien tempat, konsep dapur depan juga akan memberikan berbagai macam kemudahan. Nah, bagi yang tertarik, berikut beberapa desain dapur di depan yang perlu diketahui.

BACA JUGA: 10 Inspirasi Kamar Mandi Warna Pink Paling Manis!

1. Dapur casual dekat ruang tamu

desain rumah dapur di depan
ArchDaily

Secara tidak langsung, desain rumah dapur di depan akan memberikan suasana yang terasa lebih casual dan homey. Terlebih jika interior rumah yang digunakan mengusung gaya Scandi yang hangat dan cerah. Namun agar suasana ruang tamu tidak terganggu dengan aroma bauan masakan, sebaiknya area dapur di depan ini juga dilengkapi dengan cooker hood.

-->

2. Dapur minimalis di depan

Untuk menyiasati ukuran ruang yang terbatas, tak ada salahnya untuk meletakkan dapur di area depan. Sedulur dapat mendesain dapur dengan gaya minimalis. Tidak hanya praktis, tampilan dapur minimalis juga terlihat bersih dan rapi. Walaupun satu area dengan ruang yang lain, coba gunakan lantai yang berbeda sebagai pembeda visual.

3. Dapur di area depan tersembunyi

dapur minimalis
Kitchen Design

Jika tidak ingin area dapur terlihat terlalu jelas dari ruang tamu, Sedulur dapat menggunakan desain dapur yang satu ini. Jadi walaupun masih satu area dengan ruang tamu, dapur yang dibuat lebih menjorok ke dalam tidak akan begitu terlihat. Sehingga ketika ada tamu, Sedulur tidak perlu sungkan ketika ingin menggunakan dapur.

4. Dapur kering di area depan

Keberadaan dari dapur di depan juga memudahkan Sedulur ketika menjamu tamu. Sedulur bahkan dapat berbincang sekaligus menyiapkan hidangan. Namun jika merasa tidak terlalu nyaman, bisa memilih desain dapur kering pada area depan. Desain dapur semacam ini biasanya tidak digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas masak-memasak yang berat.

5. Dapur tanpa sekat dekat void

desain rumah dapur di depan
Pinterest

Desain rumah tanpa sekat ini terlihat menarik jika diposisikan di dekat ruang tamu ataupun ruang keluarga. Meski berada di satu ruang yang sama, dapur akan tetap terlihat privat dengan penggunaan kitchen set sebagai pembatas ruangan. Jangan lupa dekatkan area dapur dengan void, agar aktivitas memasak tidak akan terasa terlalu pengap dan sumpek.

6. Dapur depan dengan meja bar minimalis

Sama seperti desain yang sebelumnya, konsep dapur yang satu ini juga dilengkapi dengan kitchen set yang dibuat lebih tinggi. Tempatkan meja di bagian samping sebagai penyekat dan juga penjaga privasi. Dengan begitu, area dapur tidak akan terlihat dari ruang tamu secara penuh. Nah, dapur Sedulur juga bisa dilengkapi dengan beberapa fitur seperti cooker hood, wastafel, kompor dan lain sebagainya.

7. Dapur mini cantik di area depan

Adanya kemungkinan dapur terlihat dari luar, membuat Sedulur harus membuat tampilan desain secantik mungkin. Hal ini bisa dilakukan dengan memilih model kitchen set kecil dan minimalis. Selain itu, coba pilih warna biru yang akan membuat dapur terlihat lebih menarik. Dengan ini, maka desain rumah dapur di depan justru akan membuat para tamu terkesan.

8. Dapur minimalis depan tanpa kitchen set

desain dapur modern
Architectural Digest

Tanpa perlu menggunakan rangkaian kitchen set, dapur minimalis akan terlihat cantik. Terlebih lagi dengan pemilihan warna earth tone yang senada, akan membuatnya terlihat rapi dan bersih. Sedulur juga dapat memanfaatkan ruang kosong di bagian bawah untuk menyimpan peralatan yang dibutuhkan.

9. Dapur minimalis terbuka

Untuk desain rumah dapur di depan yang berikutnya, coba gunakan rak gantung untuk menyimpan berbagai barang. Ya, hal ini bisa dilakukan agar dapur tidak terlihat berantakan. Nah, Sedulur dapat memilih model pintu laci dengan kaca bening sebagai penggantinya.

10. Dapur depan dengan meja bar multifungsi

desain rumah dapur di depan
The Spruce

Tidak hanya menambah gaya, penggunaan meja bar dengan kursi stool yang lebih hemat ruang. Selain bisa digunakan sebagai tempat makan, meja bar ini juga dapat digunakan untuk berbagai kegiatan lain. Jadi area kosong di depan tetap bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Mungkin bagi beberapa orang, desain rumah dapur di depan memang terlihat kurang pantas. Namun jika Sedulur bisa menerapkan desain yang tepat dan selalu menjaga kebersihan, keberadaan dari dapur tersebut justru mampu menambah estetika desain interior hunian, lho!