perbedaan light dan palm sugar

Sedulur mungkin tahu terdapat beberapa jenis gula yang bisa digunakan untuk membuat suatu minuman atau makanan. Gula yang paling sering digunakan yaitu gula putih yang terbuat dari tebu. Namun, terdapat juga gula palem yang dikenal dengan nama palm sugar dan brown sugar yang dikenal dengan light. Sama-sama berwarna coklat, banyak yang masih bingung apa perbedaan light dan palm sugar.

Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas perbedaan light dan palm sugar serta gula berwarna coklat lainnya. Hal ini penting diketahui supaya Sedulur bisa menentukan bahan memasak yang tepat ketika berada di dapur. Jadi langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Merk Gula Terbaik untuk Kebutuhan Sehari-hari

Kandungan gula

perbedaan light dan palm sugar
iStock

Perbedaan light dan palm sugar yang pertama yaitu kandungan gulanya. Umumnya light sugar atau brown sugar terbuat dari sukrosa 95 persen dan molase 5 persen. Sukrosa terdiri dari 50 persen fruktosa dan 50 persen glukosa.

-->

Sementara palm sugar terbuat dari sukrosa 70 persen dan sisanya terdiri dari molekul individu fruktosa dan glukosa. Jadi pada dasarnya kedua jenis gula ini terdiri dari molekul yang sama yakni gula. Untuk lebih lengkapnya, berikut penjelasan terkait kandungan gula yang dimaksud:

1. Palm sugar

perbedaan light dan palm sugar
iStock

Kandungan palm sugar atau gula kelapa yaitu 70 persen dengan sisanya terdiri dari molekul individu fruktosa dan glukosa. Hal tersebut disebabkan karena palm sugar dibuat melalui dua tahap untuk menghasilkan gula berbentuk butiran, blok atau cair.

Palm sugar juga dikenal dengan nama lain yaitu gula nira. Cara pembuatannya yaitu gula nira diambil dan dikumpulkan dari pohon kelapa. Kemudian nira ditempatkan dalam wajan besar dan dimasak dengan api sedang sampai kandungan airnya menguap.

Proses memasak menyebabkan terjadinya karamelisasi menyebabkan gula berwarna coklat. Saat membeli gula kelapa, pastikan kamu memeriksa label bahan untuk memastikan bahwa gula kelapa yang dibeli murni, tidak mengandung gula tebu. Sebab ada sebagian besar produsen menambahkan gula tebu ke dalam gula palem untuk menghemat biaya produksi.

2. Light/brown sugar

perbedaan light dan brown sugar
iStock

Perbedaan light dan palm sugar selanjutnya terkait kandungan dari light/palm sugar. Mungkin salah satu perbedaan terbesar dalam brown sugar dibandingkan palm sugar adalah asal usulnya. Brown Sugar adalah gula putih yang ditambahkan dengan molase pada sari tebu atau disebut juga tetes tebu.

Molase itu memberi warna cokelat pada gula, sedangkan pada produksi gula putih biasa molase akan dipisahkan dari sari tebu. Ada sekitar 10 persen molase yang ada di dalam brown sugar.

Rasa dan tekstur

iStock

Perbedaan light dan palm sugar selanjutnya yaitu terkait rasa dan tekstur. Palm sugar dan brown sugar memiliki rasa yang sangat mirip, yakni rasa seperti karamel. Namun, tekstur kedua gula ini yang membedakan. Brown sugar mempunyai tekstur sedikit lembap karena penambahan molase.

Karena gula ini berasal dari gula putih, ukuran butirannya halus dan seragam. Brown sugar akan mudah larut di dalam cairan seperti mentega leleh. Palm sugar memiliki butiran yang jauh lebih besar karena dibuat dengan mengeringkan getah.

Proses produksi palm sugar dilakukan secara alami, sehingga karena pengolahannya menyebabkan rasa dan teksturnya kurang mencolok dibanding brown sugar.

Palm sugar tidak dapat larut dengan baik jika dicampur ke dalam mentega dan dapat meninggalkan corak butir-butir pada makanan yang dipanggang. Namun, palm sugar akan larut dengan baik jika dicampurkan ke dalam air. Oleh karena itu, palm sugar dapat ditambahkan ke dalam minuman kopi atau teh. 

Nutrisi gula

iStock

Perbedaan light dan palm sugar selanjutnya yaitu nutrisi gula. Pada satu sendok makan palm sugar dan brown sugar, terkandung setidaknya 4 gram karbohidrat dalam bentuk gula, sama dengan 16 kalori per sendok makan.

Namun jika diteliti lebih dalam, brown sugar mengandung kalsium, zat besi, tembaga, kalium fosfor, mangan, dan magnesium. Nutrisi tersebut ada karena penambahan molase pada brown sugar. Palm sugar secara alami mengandung vitamin C, kalium, fosfor, magnesium, kalsium, seng, besi dan tembaga.

Palm sugar juga mengandung inulin yang merupakan jenis serat makanan. Inulin bertindak sebagai prebiotik yang memberi makan bakteri baik di usus.

BACA JUGA: Resep Gulai Sapi Empuk dan Super Gurih Bumbunya

Dampak pada tubuh

iStock

Perbedaan light dan palm sugar terakhir yaitu pengaruh pada tubuh. palm sugar memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada brown sugar. Artinya palm sugar meningkatkan kadar glukosa darah pada tingkat yang lebih lambat.

Indeks glikemik dapat menjadi alat yang membantu ketika mengelola gula darah. Perlu diingat bahwa indeks glikemik dapat bervariasi pada setiap orang. Seperti kebanyakan makanan, gula bukan jenis produk yang berdampak pada kesehatan.

Melainkan jumlah produknya yang memengaruhi kesehatan. Sehingga jika berlebihan mengonsumsinya, akan memberi dampak pada kesehatan.

Nah itulah penjelasan terkait perbedaan light dan palm sugar serta perbedaan dengan jenis gula lainnya. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur memahami kandungan dan perbedaan gula. Hal ini juga dapat membuat Sedulur bisa menggunakan gula yang tepat untuk beberapa makanan dan minuman.

Untuk memenuhi kebutuhan gula di rumah, Sedulur bisa belanja gula di Aplikasi Super. Belanja kebutuhan harian dan kebutuhan dapur di Aplikasi Super dijamin mengguntungkan Sedulur. Karena tidak perlu repot keluar rumah dan banyak promo serta voucher potongan harga.

Makanya rajin-rajin belanja di Aplikasi Super dan jangan lupa segera download Aplikasi Super di PlayStore bagi Sedulur yang belum download aplikasinya!