cara menghilangkan sablon di kaos

Apakah Sedulur memiliki kaos oblong dengan sablon gambar tertentu. Tanpa Sedulur sadari, lama-kelamaan gambar sablon pada kaos akan pecah-pecah dan membuat kaos menjadi rusak. Untuk itu, beberapa orang lebih memilih menghilangkan sablon pada kaos dengan berbagai cara. 

Salah satu cara menghilangkan sablon di kaos yang paling sering digunakan adalah dengan menggunakan setrika. Padahal sebenarnya ada banyak cara yang dapat Sedulur lakukan untuk menghilangkan sablon pada kaos. Apa saja cara tersebut? Yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA : Cara Mengatasi Windows 10 yang Lemot, Dijamin Mudah!

Jenis sablon

cara menghilangkan sablon di kaos
Printing Surabaya

Sebelum beranjak ke pembahasan cara menghilangkan sablon di kaos, Sedulur harus terlebih dahulu mengetahui jeis-jenis salon. Berikut informasinya. 

-->

1. Sablon Rubber

Jenis sablon yang pertama adalah sablon rubber yang daya lekat atau rekatnya sudah tidak diragukan lagi. Tinta yang digunakan timbul dan melar atau elastis sehingga tahan lama. Sablon ini banyak diminati karena selain awet, untuk biaya produksinya juga cenderung lebih terjangkau. 

2. Sablon Plastisol

Jika ingin menyediakan sablon kaos dengan stkamur internasional maka bisa mempertimbangkan sablon plastisol. Sablon jenis ini hadir serta menawarkan banyak pilihan warna yang tentu bisa memberi efek cerah pada desain kaos yang disediakan. Selain itu, jenis sablon plastisol juga sudah sesuai stkamur internasional sehingga nilai jualnya cukup tinggi dan peminatnya pun dipastikan banyak. Hanya saja kebanyakan jasa sablon ini akan menyampaikan bahwa jenis sablon satu ini cenderung kurang tahan lama. Hal ini dikarenakan tinta yang digunakan biasanya tidak tahan terhadap panas. Efeknya tinta ini mudah sekali mengelupas, akan tetapi jika dirawat dengan benar dijamin awet dan tahan lama.

3. Sablon Glow In The Dark

Sesuai dengan namanya, sablon yang satu ini memang unik karena mampu menyala di tempat yang gelap. Saat ini semakin banyak digunakan karena memberi efek glow in the dark . Rahasia kemampuannya bisa bercahaya atau menyala di tempat gelap adalah penggunaan fosfor pada tintanya. Dilihat dari segi kualitasnya, jenis sablon inidak akan mengecewakan karena dijamin awet dan tahan lama. 

3. Sablon Flocking

Jika datang ke sejumlah jasa sablon, dijamin akan menemukan kaos dengan sablon flocking. Sablon ini mempunyai ciri khas berupa kesan berbulu atau flock pada hasil sablonannya. Efek ini didapatkan dari penggunaan bubuk pewarna khusus pada tintanya. Menariknya lagi, sablon jenis ini terbilang cukup awet dan kualitasnya sudah tidak diragukan lagi.

4. Sablon DTG

Rekomendasi jenis sablon terbaik yang selanjutnya adalah sablon DTG atau sablon metode print DTG. Termasuk jenis sablon yang populer karena memang banyak digunakan oleh pemilik jasa sablon untuk kaos oblong di berbagai kota dan daerah. Pilihan warnanya sangat banyak artinya konsumen dapat memakai tinta warna apapun dan kualitasnya pun dijamin tidak mengecewakan. Hanya saja untuk jenis sablon ini dibutuhkan print dan peralatan khusus lainnya untuk hasil yang maksimal. Selain itu tidak bisa melayani pemesanan sablon satuan melainkan dalam partai yang besar.

BACA JUGA : Wajib Tahu! Ini Tata Cara Tayamum di Pesawat Beserta Niatnya

Cara menghilangkan sablon kaos

Berikut beberapa cara yang dapat Sedulur lakukan untuk menghilangkan sablon kaos. 

1. Cara menghilangkan sablon di kaos dengan sertika

cara menghilangkan sablon di kaos
Hipwee
  • Panaskan setrika selama 3 hingga 5 menit.
  • Siapkan kaos dan letakkan pada bagian yang datar.
  • Masukkan kain kering tebal ke dalam baju.
  • Letakkan kain kering kedua di atas sablon.
  • Tempelkan setrika yang telah panas selama beberapa detik.
  • Ambil kain kering dan oleskan dengan alkohol secara merata di bagian sablon selagi panas.
  • Ulangi cara tersebut sebanyak 3-4 kalo hingga sablon pada kaos terangkat sepenuhnya. 

2. Cara menghilangkan sablon jaket dengan bensin

SIntesa Konveksi

Cara menghilangkan sablon pada jaket tentunya akan sedikit lebih sulit dari cara menghilangkan sablon di kaos oblong biasa. Hal ini disebabkan karena jenis sablon di jaket merupakan jenis yang merekat lebih kuat. Sedulur bisa mencoba cara menghilangkan sablon pada kaos di atas terlebih dahulu. Jika tidak berhasil, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan jaket. Balikkan jaket, letakkan di tempat rata, dan tempatkan kain lap tebal di bawahnya agar bensin tidak merembes ke mana-mana.
  • Usap-usap dengan bensin. Gunakan kain bersih dan kering untuk mengusap-usapkan bensin di atas bagian yang bersablon. Diamkan hingga bensin kering.
  • Kelupas sablon dengan pisau. Secara hati-hati, cobalah mengangkat sablon dengan menggunakan pisau atau gunting.
  • Ulangi langkah 2 dan 3 hingga seluruh sablon terangkat seutuhnya. Jangan lupa mencuci dan membilas jaket dengan seksama untuk menghilangkan bau bensin.

3. Cara menghilangkan sablon di jaket/kaos dengan M3

99.co

Jika cara menghilangkan sablon pada jaket atau kaos di atas tidak berhasil, Sedulur bisa mencoba M3, yaitu bahan kimia yang bersifat seperti pelarut. Sedulur juga dapat membelinya secara online atau di toko perlengkapan sablon. Pastikan juga Sedulur harus mengenakan sarung tangan, sebab M3 bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Gunakan pula masker yang menutupi hidung, dan bekerjalah di ruangan dengan sirkulasi udara baik agar tidak menghirup uapnya.

Berikut langkah-langkah yang harus Sedulur lakukan. 

  • Siapkan baju. Cara menghilangkan sablon baju dengan M3 tidak terlalu berbeda dengan kedua metode di atas. Seperti biasa, letakkan di tempat datar dan masukkan kain lap tebal di dalam baju.
  • Usapkan M3 secara langsung ke atas permukaan sablon. Gunakan kain kering dan bersih untuk menggosokkan M3. Jika ada bagian sablon yang ingin dipertahankan, bekerjalah dengan hati-hati agar bagian itu tidak terkena M3.
  • Diamkan beberapa menit agar M3 bereaksi.  Setelah itu Sedulur dapat melihat bahwa sablon akan mulai mengerut dan terkelupas.
  • Kelupas dengan pisau atau gunting hingga semuanya terangkat. Cuci dan bilas dengan seksama karena M3 dapat menyebabkan iritasi kulit.

Cara menghilangkan sablon di baju sebenarnya tidak sulit. Jika sablon sudah hampir sepenuhnya memudar, sebaiknya cobalah cara pertama terlebih dahulu. Jika tidak berhasil, maka Sedulur dapat beralih ke bahan yang lebih keras dan efektif. Ingatlah untuk selalu berhati-hati ketika menggunakan bahan kimia. 

BACA JUGA : Cara Mengganti atau Mereset Password di Gmail dengan Mudah!

4. Cara menghilangkan sablon kaos dengan Aseton

Kanal247
  • Siapkan kaos yang hendak dihilangkan sablonnya.
  • Rendam bola kapas pada aseton.
  • Jika sablon baru dicetak, cuci dengan air dingin terlebih dahulu agar dapat melonggarkan tinta.
  • Gosok aseton pada bagian sablon dengan lembut.
  • Biarkan sebentar, lalu kupas sablon tersebut.
  • Setelah sablonan hilang, cuci pakaian atau kaos untuk menghilangkan penghapus cat kuku dan noda tinta yang tersisa.
  • Ulangi jika dirasa berlum berhasil.

5. Cara menghilangkan sablon dengan plastisol

Cara menghilangkan sablon di kaos menggunakan plastisol.

  • Rendam kain lembut di cairan penghilang plastisol.
  • Jika sudah, letakkan di atas sablonan kaos.
  • Biarkan selama 30 menit.
  • Selanjutnya, gunakan sikat lembut agar membuat sablonan mengelupas.
  • Gunakan kain lembut untuk menyeka sisa pembersih plastisol.
  • Terakhir, cuci kaos dengan mesin cuci agar bersih dan tidak bau.

6. Menggunakan minyak kayu putih

Fimela
  • Balik kaos agar sablonan berada di dalam.
  • Letakkan kain kering dalam kaos.
  • Oleskan minyak kayu putih pada area belakang sablonan tersebut.
  • Diamkan selama beberapa menit sampai meresap ke dalam kain.
  • Jika sudah kering, kupas bagian sablon dengan gunting atau pisau secara hati-hati.
  • Cuci kaos sampai bersih dan ulangi dari awal sampai sablon benar-benar hilang.

7. Mengunakan mesin pengering

Tshirtbar

Mesin pengering ternyata dapat Sedulur manfaatkan untuk menghilangkan sablon di kaos. Caranya, Sedulur hanya perlu memasukkan kaos pada mesin pengering. Kemudian dinyalakan pada suhu yang tinggi selama beberapa saat. Dengan begitu sablon akan memanas dan sedikit mengendur.

  • Gunakan beberapa cara di atas sekaligus jika mau. Anda mungkin perlu menggunakan lebih dari satu cara untuk menghilangkan sablon tempel.
  • Ketahuilah bahwa efektivitas pelarut sablon akan menurun seiring dengan lama waktu sablon menempel di pakaian.
  • Kemampuan Anda untuk menghilangkan sablon ditentukan salah satunya oleh jenis sablon dan lem yang digunakan. Ingatlah bahwa sebagian besar sablon bersifat permanen.

Demikianlah rangkuman informasi tentang jenis sablon dan cara menghilangkan sablon pada kaos yang dapat Sedulur lakukan. Perlu Sedulur perhatikan, bahwa ketika menghilangkan sablon kaos menggunakan bahan-bahan kimia, pastikan untuk memakai masker dan sarung tangan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.